--> Skip to main content

AE : Crash Occurred While Invoking Effect Plug-In "Color Control"


AURORATEKNO.COM ~ Bulan September lalu, saat mengedit salah satu template after effects untuk keperluan youtube, AE saya mengalami error "After effects error : crash occurred while invoking effects plug-in "color control".
crash occurred while invoking effects plug-in "color control"
After Effects Error Crash
Ini bukan pertama kalinya saya menghadapi error dan crash di Adobe After Effects, ada banyak sekali error yang pernah saya hadapi ketika menggunakan software ini.

Sudah pakenya rumit, ngeditnya lama, fiturnya kebanyakan, bikin PC lag parah dan banyak sekali hal teknis yang harus dipahami.

Disini saya sadar, After Effects bukan dibuat untuk orang yang sederhana dan tidak suka ribet, melainkan ditujukan kepada professionalis dan orang yang suka belajar hal baru.

Terlepas dari itu semua, permasalahan yang kita hadapi saat menggunakan After Effects ini harus diimbangi dengan kreatifitas & intuisi kita dalam menemukan solusi.

Jadi, tak hanya saat membuat konten saja yang harus kreatif, namun memecahkan masalahnya pun harus demikian.

Termasuk pada artikel yang saya bahas kali ini, yakni mengenai kode error yang saya sebutkan diatas. 

Kalian tidak bisa berpatokan sama persis dengan apa yang saya lakukan, namun kalian bisa lebih kreatif lagi.

Cara Mengatasi Error Crash Occurred While Invoking Effect


Berhubung saya lagi males ngetik panjang, langsung saja kita ke solusinya.

Tapi sebelum itu saya jelaskan dulu maksud dari kata : Crash occurred while invoking effect plug-in "color control" itu adalah : efek plugin "color control" tidak bisa dimuat/error.

Jadi bisa saja "color control" itu bukan pesan yang ditampilkan pada PC kalian, tergantung errornya dimana, karena tiap template punya elemen/bahan yang berbeda.

Misalnya gini : kalian ngedit template intro youtube, tiba-tiba muncul error mirip dengan diatas, tapi tulisannya error plugin "shadow", brarti elemen "shadow" yang ada di plugin itulah yang bermasalah.

Tidak hanya plugin saja, bisa jadi yang lain, misal : lumetri, preset, atau mungkin essential graphics.
Ibaratnya, komputer kalian sedang terkena virus, nah virus itu kan tentu harus kalian basmi/hapus agar tidak mengganggu.

Setelah diteliti, virus tersebut ternyata berada di sebuah folder dan menempel pada file, maka kalian harus mencari folder tersebut dan menghapus file yang telah terinfeksi tadi.

Kalian tidak perlu menghapus foldernya, karena ada banyak file lain yang penting dan tidak perlu dihapus, cukup 1 file yang sudah terinfeksi saja agar komputer menjadi normal.

Nah sama seperti kasus di judul artikel ini, Plug-in ibarat foldernya dan "color control" adalah file-nya, jadi yang harus dihapus adalah file "color control" agar template yang kalian pakai bisa normal kembali.

Sebenarnya, efek ini bisa dihapus secara manual agar tidak tampil sama sekali di software, letaknya ada di C:\Program Files\Adobe\Adobe After Effects CC 2019\Support Files\Plug-ins\Effects. (yang saya beri warna merah itu error yang saya alami, mungkin kalian bisa beda lagi letaknya).

Namun menghapus file root seperti diatas terlalu beresiko, bisa jadi kita membutuhkannya di lain waktu untuk project yang berbeda, jadi cukup menghapus file yang ada di project saja.

Nah masalahnya, bagaimana kita mau hapus di projectnya, sedangkan pas di klik Ok saja malah PC kita ngelag, betul tidak?

Kita masih bisa mengakalinya dengan cara mengaktifkan Caps Lock pada keyboard sebelum membuka project/template-nya.

Ini bertujuan agar After Effects tidak diperbolehkan merender apapun, sehingga tidak me-load elemen "color control" yang rusak tadi.

Setelah membuka project (dalam keadaan Caps Lock aktif), saya yakin tidak ada peringatan error. Nah inilah kesempatan kalian menghapus elemen yang rusak tadi di Project Window.

Sebagai contoh, error yang saya alami adalah di elemen color control plugin, maka saya hanya perlu menghapus elemen tersebut di Project Window.
hapus elemen di project window
Delete Composition In Project Window
Mengapa saya sarankan kalian menghapusnya langsung di Project Window? Bukan di Timeline?

Karena kalau kita hapus di Project Window maka secara otomatis efek tersebut akan terhapus secara keseluruhan (sampai akarnya).
project window and timeline
Project Window And Timeline
Nah setelah itu, kalian bisa menonaktifkan Caps Lock dan menyimpan project-nya kedalam file yang baru (Save As).

Jadi Gini Gan...


Solusi diatas tidak dibahas dimanapun, saya menemukannya sendiri dengan kombinasi melihat sana-sini.

Saya juga cukup pusing karena tidak ada solusi yang membantu, namun entah mengapa setelah menonton beberapa video dan membaca artikel, tiba-tiba saya kepikiran sesuatu, jadi saya coba.

Eh ternyata berhasil.
Tadinya saya nggak mau bahas soal ini, tapi sepertinya ini bakal jadi arsip yang berguna untuk orang yang sedang belajar.

Tanpa mengurangi rasa hormat, jika kalian merasa terbantu, kalian juga bisa membantu saya dengan cara subscribe salah satu/semua channel Anton JR, Sampai Nanti dan (satunya lagi masih rahasia, tapi khusus membahas soal teknologi, tutorial & tips trik, sama seperti blog ini).
Saya tidak berharap kalian melakukannya, tapi saya akan sangat berterima kasih jika kalian mau berpartisipasi mengklik tombol subscribe-nya 😊.

Kebijakan Berkomentar : Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Tutup Komentar