--> Skip to main content

HP Dengan Banyak Kamera, Fungsinya Buat Apa?


hp dengan kamera banyak
AURORATEKNO.COM ~ Mungkin dari kalian ada yang bertanya-tanya, kenapa sih HP sekarang kameranya bisa lebih dari 1, bahkan ada yang sampai 4 kamera, apakah 1 saja tidak cukup? Terus fungsinya buat apa?

Sebenarnya jawabannya sangat simpel, dan jawabannya malah berbentuk pertanyaan :
Apakah kalian mau punya mata cuma 1 saja?
Eh nanti ngeri jadinya, malah dikira da**al :v
Sebelum masuk ke inti pembahasan, terus terang saja artikel ini saya buat berdasarkan pengetahuan yang ada saat ini.

Biasanya, saat membuat artikel saya akan research & mencari info lengkap untuk dirangkum. Namun untuk artikel kali ini berbeda, dan mungkin akan ada banyak kekurangan.

Namun innsyaallah artikel ini akan menambah wawasan kalian semua, dan jika sempat akan saya perbaharui artikel ini.

Pandangan Mata Vs Kamera HP


Ciptaan tuhan memang sangat berbeda dengan manusia, semua sadar akan hal tersebut. Pandangan mata bisa menciptakan rasa cinta, namun pandangan kamera bisa membuat kita jadi pendusta.

Kok pendusta? Iyalah kan bohong, aslinya jelek di kamera jadi bagus, hehe.

Mengapa saya membahas poin ini?

Karena angle/sudut pandang mata dan kamera sangat sangat berbeda, dan inilah yang membuat pabrikan smartphone mengusung kamera lebih dari 2 (untuk saat ini).

Jika kita mencoba menutup mata kanan dan kiri secara bergantian, tidak ada perbedaan dari segi fokus (jika mata normal).

Namun jika kita membuka kedua mata, jarak pandang akan menjadi lebih luas.
8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru
Berbeda dengan kamera smartphone, luas tidaknya bukan ditentukan dari kombinasi kedua kamera, melainkan salah satu kamera saja.

Sedangkan salah satu kamera-nya berfungsi untuk jarak dekat, dan bahkan seperti sedang di zoom (perbesar), padahal tidak.

Lensa yang bertugas memotret secara luas dinamakan ultawide, sedangkan yang dekat adalah lensa tele foto.

Lalu untuk smartphone yang memiliki lebih dari 2 kamera, biasanya adalah untuk low light (pencahayaan rendah) dan kombinasi sudut yang terang & gelap.

Jadi, kamera yang satu menangani area yang terang, satunya lagi menangani area yang gelap saja, sehingga warna akan terlihat seperti nyata, natural dan tidak hancur.

Namun, teknologi AI semacam ini baru sedikit yang mengusungnya. Banyak HP dengan 4 kamera namun tidak ada fungsi spesial dari kamera tersebut, alias jadi hiasan saja.

Jadi, kita harus bijak memilih smartphone ya gaes.

Cara Membuktikan Kamera Bukan Hiasan


Ini memang sedikit teknis, karena saya ingin membahasnya secara santai jadi mohon maaf jika belum bisa menambahkan penjelasan berupa gambar.

Saya punya solusi yang paling mudah, diantaranya adalah :

1. Tonton Review Youtube

Cara pertama, tonton review dari 5 atau lebih channel yang membahas jenis smartphone yang sama (yang membahas sektor kameranya)

Kemudian, kalian bisa membuktikan apakah lensanya benar-benar punya fungsi spesial atau hanya hiasan belaka.

2. Buktikan Hasil Zoom Kamera & Zoom Foto

Jika kalian ragu apakah kamera punya lensa tele (jarak dekat) atau tidak, cukup buktikan hasil foto biasa dengan hasil foto yang di zoom (di zoom sebelum memotret).

Jika memang lensa-nya bukan abal-abal (alias pasangan belaka), maka hasil foto yang sudah di zoom sebelum memotret akan lebih bagus dibanding hasil foto biasa yang di zoom.

Bingung?

Gini, coba ambil salah satu foto dengan cara zoom kamera sampai mentok, lalu potret, kemudian satu foto lagi tidak usah di zoom, tapi langsung potret saja.

Kemudian di galeri kalian lihat, antara foto yang di zoom di kamera langsung vs foto yang di zoom di galeri, foto akan lebih bagus yang mana?

Dan pastikan, galeri yang kalian gunakan mendukung resolusi tinggi.

Kalau bagusan yang di zoom di kamera langsung, kemungkinan besar HP kalian punya lensa tele. Tapi jika hasil foto sama saja, maka bisa jadi kamera lain cuma buat hiasan, tidak ada fungsi khusus.
5 Detik!!! Cara Menghilangkan Background Foto Secara Online

3. Pahami Spesifikasi Dari Web Resmi

Memang agak susah memahami hal baru, namun dengan belajar sedikit demi sedikit kita akan jadi lebih tau.

Membaca spesifikasi dari web resmi sangatlah penting, jika ada istilah aneh maka cari dulu baru lanjutkan membaca.

Sebagai contoh : "Smartphone ini mempunyai 4 camera, menggunakan sensor terbaik dari sony dan dilengkapi dengan leica optik serta terbaik versi dxomark tahun 2020"

Dari pernyataan diatas, cari tahu dulu mengenai apa itu sensor kamera beserta fungsinya, kemudian cari tahu apa itu dxomark dan cari tahu juga apa itu leica jika belum paham.

Dari situ kita akan lebih jeli saat memahami sesuatu.

Karena bukanlah salah pabrik pembuatnya, kita saja yang minim pengetahuan dan malas membaca, sehingga salah paham dan nggak tau bahwa 4 kamera hanya sebagai hiasan saja.

4. Hal Lain

Memang tidak cukup sampai disitu, ada banyak yang harus kita lakukan, diantaranya adalah mengecek melalui software khusus seperti cpu-z, aida, dll

Dan bahkan, saya pernah menemukan HP yang memalsukan info kamera, kapasitas RAM & internal pada software diatas.

Nah kalau sudah begini, udah susah, tinggal banyakin saja pengalaman & pengetahuan kita.

Teknologi Semakin Maju


4 fungsi kamera yang saya jelaskan diatas belum sepenuhnya terekspos, masih banyak yang belum saya pahami dan belum saya sebutkan pula.

Dan seperti yang saya katakan diatas, ini baru pengetahuan dasar dimana kadang saya akan menemukan hal baru setelah memposting sesuatu, jadi kadang ada/banyak hal penting yang tidak tersampaikan.

Tapi yang jelas, saya luangkan seluruh waktu untuk berbagi pengetahuan kepada orang banyak, saya sadar, amal saya nggak seberapa, semoga ilmu saya kelak jadi penolong 😊.
Edit Foto Jadi Keren Banget!!! Cuma Modal Android (Full Tutorial)
Setiap koreksi saya terima dengan baik, jika ada kesalahan & kejelekan yang pernah saya bagikan, mohon untuk dimaafkan.

Kebijakan Berkomentar : Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Tutup Komentar