Skip to main content

Google Hentikan Program Wifi Gratis Di Indonesia, Ada Apa?


Google Hentikan Program Wifi Gratis Di Indonesia, Ada Apa?
AURORATEKNO.COM ~ Dikutip dari kompas.com, Google telah menghentikan program wifi gratis di India, ternyata hal ini juga berlaku di Indonesia.

Menurut Jason Tedjasukmana selaku Head of Corporate Communications Google Indonesia, penyetopan program akan dilakukan di akhir 2020 mendatang dan masih punya waktu beberapa bulan lagi.

"Masih ada beberapa bulan lagi. (Akan berhenti) akhir tahun ini,"

Pernyataan tersebut dikeluarkan pada acara peluncuran program Grow with Google, di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat pada hari selasa 18 Februari 2020.

Perlu diketahui, program wifi gratis atau Google Station ini telah berjalan di Indonesia sejak 2017 silam.

Google bekerjasama dengan perusahaan provider internet asal Indonesia yaitu CBN dan FiberStar dalam upaya meluncurkan program tersebut.
Lihat Juga : Apakah Android Bisa Terkena Virus? Ini Penjelasan & Cirinya
Google berperan dalam mengelola kualitas koneksi dengan memanfaatkan software buatannya sedangkan CBN dan FiberStar berupaya menyediakan kebutuhan kabel serta akses internet yang disebarluaskan.

Saat itu, Tony mengungkapkan pernyataan “Pertama Google Station akan ada di Jakarta, lalu Surabaya, Denpasar, Bandung, lalu kota-kota lain. Kami akan mulai tahun ini, jadi nanti akan ada jutaan orang yang bisa mengakses WiFi publik tersebut,

Namun sayangnya, Google resmi menghentikan program ini pada akhir tahun 2020 dengan alasan perubahan teknologi dan murahnya paket internet seluler di Indonesia.

Jason mengungkapkan "Contohnya di India, semenjak Google Station dibuat tahun 2016, harga data sudah turun 95 persen. Saya enggak tahu di sini bagaimana, tapi saya lihat di sini juga harga datanya turun,"

Jason mengatakan, pada awalnya Google Station dibuat dengan tujuan membantu penyedia jasa internet agar mempunyai koneksi internet yang cepat.

Dia juga belum tahu teknologi atau program apa yang bisa menggantikan Google Station ini. Tetapi ada beberapa produk ringan Google yang bisa membantu, misal Youtube Go, Maps Go atau Google Go.

Menurutnya, aplikasi ringan tersebut tidak hanya ukurannya yang kecil, tetapi juga bisa menghemat data dibanding aplikasi biasa.

Perlu diketahui, Google juga bekerjasama dengan vendor pembuat android dalam mengimplementasikan Android Go, yakni sistem operasi ringan untuk smartphone dengan spesifikasi rendah.
Penting : Jika kalian merasa terbantu dengan konten yang ada di blog ini, mohon subscribe channel youtube utama dan subscribe juga channel keduakami. Terima kasih banyak bagi yang sudah membantu, dukungan kalian sangat berarti.

Kebijakan Berkomentar : Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Tutup Komentar