Skip to main content

Pengertian, Jenis Jenis SATA Dan Versinya

AURORATEKNO.COM ~ Apakah teman-teman sudah tahu apa saja jenis jenis SATA dan versinya? Jika belum, jangan lewatkan postingan ini ya. Pengetahuan ini sangat penting, terlebih lagi untuk kalian yang ingin memasang SSD didalamnya.
Pengertian, Jenis Jenis SATA & Versinya
SATA Cable
Port yang digunakan sebagai media transfer data memang telah banyak mengalami perkembangan, dan yang terbaru untuk saat ini adalah SATA dan slot M.2 (untuk SSD).

SSD sendiri juga ada yang masih menggunakan port SATA sebagai penghubungnya.

Namun saya tidak akan membahas lebih lanjut tentang slot M.2 ataupun SSD, disini kita hanya akan fokus ke jenis jenis SATA saja.

Apa Itu SATA?


SATA atau yang dikenal dengan Serial ATA merupakan sebuah kabel/port/konektor yang menghubungkan media elektronik dengan motherboard.

Komunikasi akan terjalin jika ada perantara, betul kan?

Nah disini SATA adalah perantara komunikasi antara media elektronik seperti HDD, DVD atau SSD dengan motherboard.
Baca Juga : +7 Cara Mengecek & Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu
SATA merupakan perkembangan dari IDE dan ATA, namun SATA sendiri juga mempunyai beberapa versi dimana setiap versi mempunyai kelebihan masing-masing.

Jenis Jenis SATA


Berdasarkan perkembangannya, SATA terbagi menjadi 5 jenis, diantaranya adalah :

1. SATA I

SATA I  atau yang biasa disebut dengan SATA 1.5 Gb/s merupakan generasi pertama yang mempunyai kecepatan hingga 1.5 Gb/s.

Sedangkan untuk bandwithnya sendiri bisa mencapai angka 150 MB/s.

2. SATA II

SATA II merupakan perkembangan dari SATA I yang mempunyai kecepatan hingga 3 Gb/s. Untuk urusan bandwith, SATA II bisa mencapai 300 MB/s.

3. SATA III

SATA III merupakan revisi ke-3 dari jenis SATA. Kecepatan SATA III ini bisa mencapai 6 Gb/s dan mempunyai bandwith sebesar 600 MB/s.

4. SATA 3.1

Tidak cukup sampai disitu, SATA III mempunyai perkembangan lagi yang bernama SATA 3.1. Jenis ini sering disebut juga dengan mSATA dan sudah mendukung SSD.

5. SATA 3.2

SATA 3.2 atau yang biasa disebut dengan SATA M.2 merupakan versi yang terbaik untuk saat ini. Perlu diketahui, SATA 3.2 juga sering digunakan untuk SSD.

Selain desain yang lebih ramping dan solid, SATA 3.2 juga memiliki kinerja & performa yang sangat baik dibanding yang lain serta mempunyai bandwith hingga mencapai 2 GB/s.

Akhir Kata


Seluruh teknologi yang ada pastilah akan berkembang dari waktu waktu. Sebagai orang yang hidup di zaman teknologi, wajib bagi kita mengikutinya agar tidak tertinggal jauh.
Baca Juga : Tips Komputer Agar Terhindar Dari Virus Yang Jarang Diketahui Orang
Oh iya, terkadang orang salah paham dengan mencari apa saja jenis kabel sata, padahal yang mengalami perkembangan SATA-nya, bukan kabelnya saja.

Demikianlah sekilas artikel mengenai pengertian, jenis jenis SATA dan juga perkembangan versinya, semoga bermanfaat.

Kebijakan Berkomentar : Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Tutup Komentar