Apa Itu Windows Old? Penyebab, Kegunaan Dan Cara Menghapusnya Sesuai Prosedur

author photo
AURORATEKNO.COM ~ Apa itu windows old? Mungkin bagi para pengguna komputer yang belum paham merasa risih dengan kehadirannya karena memakan ruang harddisk yang cukup banyak. Disisi lain mereka bingung, apakah boleh dan bagaimana cara menghapusnya serta apa penyebab folder ini muncul.

Disini admin akan kupas tuntas sampai kalian paham mengenai apa itu windows old dan cara menghapus windows old dengan benar.

Biasanya, folder ini dapat kita lihat di partisi C: setelah kita melakukan install ulang maupun update windows.
Apa Itu Windows Old? Penyebab, Kegunaan Dan Cara Menghapusnya Sesuai Prosedur
Windows Old Via https://www.auroratekno.com
Lalu apa isi didalamnya?

Windows.old berisi data/file, program aplikasi yang diinstall dan juga sistem operasi versi sebelumnya.

Lalu apa penyebab folder windows old ini bisa muncul?

Penyebab Folder Windows Old Muncul


Ada 2 alasan mengapa windows old bisa muncul, yang pertama adalah kalian lupa melakukan format disk C: (System) saat menginstall ulang komputer dan yang ke-2 adalah melakukan update windows.

Pada umumnya, saat melakukan install ulang komputer maka partisi C: (System) diformat agar bersih dan tanpa ada sisa file.

Namun ada kalanya seseorang lupa / tidak tahu atau bahkan sengaja tidak melakukan format, nah jika begini maka folder windows old pun akan muncul serta memakan ruang pada harddisk
Selain itu, windows old juga bisa muncul karena kita melakukan update windows. Seperti kemarin, setelah saya selesai meng-update windows 10 maka folder windows old pun muncul.

Kegunaan Windows Old


Mungkin ada yang bertanya, mengapa windows old bisa muncul? Apa sih fungsi / manfaat / kegunaannya? Jangan salah, mereka selaku pihak windows bukan tanpa alasan menciptakan hal ini.

Ini merupakan solusi ketika kalian ingin melakukan install ulang namun takut kehilangan data didalamnya.

Misalnya komputer kalian tiba-tiba tidak bisa masuk windows, sudah mencoba berbagai cara dan akhirnya harus install ulang, namun kalian tidak ingin kehilangan data didalamnya, maka kalian bisa menimpa sistem operasi yang ada dan mengakses file lama tersebut melalui folder windows old.

Walaupun masih ada cara menyelamatkan data saat windows rusak, namun windows old adalah solusi yang cocok bagi kalian yang tidak suka ribet.

Selain hal diatas, windows old juga sangat berguna untuk mengembalikan sistem ke versi sebelumnya jika terjadi gagal update sistem / bermasalah setelah update.

Bagi pengguna seperti saya, update windows merupakan hal yang cukup penting. Saya sendiri sudah sangat sering mengalami masalah setelah update windows (hampir setiap ada update).

Senjata utama saya ketika ada kesalahan sistem setelah update windows adalah memanfaatkan system restore dan go back to previous version of windows 10.

Untuk info seputar system restore sudah saya buatkan artikelnya yah, silahkan klik tautan diatas dan pelajari lebih lanjut.

Sedangkan go back to previous version of windows 10 berarti kembali ke versi windows sebelumnya, opsi ini memanfaatkan windows old dan dieksekusi melalui safe mode windows 10.

Namun jika menggunakan 2 solusi tersebut tentu saja update windows terbaru yang telah di download akan hilang.

Sayang kan udah download update lama-lama tapi harus dihapus?

Saya sendiri alhamdulilah selalu berhasil mengatasi bug (kegagalan sistem) yang muncul setelah update windows tanpa perlu menghapus update menggunakan 2 cara tersebut.
Baca Juga : Solusi Setelah Update Windows 10 Tidak Bisa Masuk Desktop (Stuck Di Login Screen) = Mohon maaf artikel baru akan dibuat
Nah oleh karena itu, jangan sembarangan menghapus windows old ya, karena ada manfaatnya juga. Bagi kalian yang merasa windows old tersebut tidak dibutuhkan lagi, simak cara menghapus windows old di windows 10.

Cara Menghapus Windows Old Di Windows 10


1. Masuk ke partisi C: (System)Klik kanan pada ruang kosong dan pilih Properties
Apa Itu Windows Old? Penyebab, Kegunaan Dan Cara Menghapusnya Sesuai Prosedur
Pilih Properties
2. Pilih Disk Cleanup
Apa Itu Windows Old? Penyebab, Kegunaan Dan Cara Menghapusnya Sesuai Prosedur
Disk Cleanup
3. Masuk ke Clean Up System Files
Apa Itu Windows Old? Penyebab, Kegunaan Dan Cara Menghapusnya Sesuai Prosedur
Clean Up System Files
4. Ceklist opsi Previous Windows Installation(s). Ukuran file bisa berbeda-beda, tergantung seberapa besar aplikasi yang terinstall dan juga file sistem versi windows sebelumnya
Apa Itu Windows Old? Penyebab, Kegunaan Dan Cara Menghapusnya Sesuai Prosedur
Previous Windows Installation(s)
5. Jika sudah, klik Ok dan Yes, tunggu prosesnya hingga selesai
Bukankah cara menghapus windows old di windows 10 sangat mudah? Yang terpenting adalah ikuti langkah-langkah dengan benar seperti diatas.

Jika dirasa ada yang kurang jelas silahkan berkomentar dan jangan lupa subscribe channel baru saya ya :), thanks.

0 Komentar

Jika anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal

Tidak diperbolehkan menyalin atau mencuri seluruh konten yang saya tulis di blog ini untuk di publikasi di blog lain, namun Anda boleh menyalin untuk kepentingan sekolah, tugas atau "Menyimpannya secara pribadi"

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post