Skip to main content

Apa Itu Script? Pengertian & Cara Membuat Aplikasi Sederhana

Apa Itu Script? Pengertian & Cara Membuat Aplikasi Sederhana
AURORATEKNO.COM ~ Jika kalian sering berkecimpung di dunia internet dan teknologi, pasti tidak asing lagi dengan istilah script, tapi apakah kalian paham apa itu script? Bagaimana sejarahnya dan apa saja jenisnya?

Sebelum berbicara mengenai apa arti script, mari kita contohkan ilustrasinya terlebih dahulu, tujuannya agar kalian lebih mudah memahami penjelasan intinya.

Ilustrasi pertama :

Ketika membuat halaman web seperti yang sedang kalian baca sekarang, kita membutuhkan script-script khusus berupa javascript/html yang dirancang untuk menerjemahkan situs web tersebut menjadi halaman yang interaktif serta terlihat menarik.

Ilustrasi kedua :

Ketika membuat suatu aplikasi/game kita pasti menyisipkan suatu perintah, misalnya jika tombol play ditekan, maka permainan akan segera dimulai.

Nah perintah ini membutuhkan sebuah bahasa yang bisa dimengerti oleh mesin, perintah tersebut tidak lain adalah script.


Apa Itu Script?


Jika melihat 2 ilustrasi diatas, sebenarnya kita sudah bisa menyimpulkan apa itu script secara umum.

Berikut 2 pengertian script menurut beberapa sumber :
Yang pertama dari Fine Blogge yang ditulis oleh Hach Smith :
Script adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah pada sebuah situs/aplikasi agar bisa di akses oleh manusia.

Sebuah skrip pemrograman adalah kode yang dapat meningkatkan fungsionalitas dari sebuah situs web ataupun aplikasi.

Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin menarik, interaktif dan terlihat lebih bagus (namun biasanya loadingnya akan lebih lama).
Pengertian kedua menurut wikipedia :
Scripting language / Script adalah bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas penerjemahan serta kompilasi kode dalam satu rangkaian proses secara integratif sehingga memungkinkan kode dibuat dapat langsung dijalankan sebagai program secara dinamis.
Baca Juga : Cara Mudah Menyelamatkan Data Penting Saat Windows Rusak
Jika disimpulkan, script artinya sebuah ragam bahasa yang digunakan pada sebuah aplikasi/situs untuk menjalankan perintah dan menerjemahkannya kedalam suatu tampilan yang lebih fungsional dan menarik untuk dilihat. (Fungsi dan Tampilan)

Seperti pada ilustrasi diatas, ketika membuat suatu halaman web kita harus memasukkan script-script khusus yang tidak mudah dipahami oleh manusia dan terlihat rumit (bahasa scripting).

Namun dengan bantuan script tersebut, konversi akan dilakukan dan kita bisa menciptakan sebuah web yang interaktif dan terlihat menarik untuk dilihat oleh semua orang.

Script tersebut juga berfungsi untuk mengaktifkan perintah-perintah yang kita butuhkan dalam pembuatan sebuah aplikasi, situs web maupun layanan berbasis teks lainnya.

Sejarah Singkat


Sistem tampilan/antarmuka berbasis text pertama dikembangkan pada tahun 1960-an dimana seorang pengguna bisa berinteraksi secara langsung dengan komputer tersebut, setiap perintah yang dimasukkan oleh user/pengguna akan langsung dieksekusi oleh sistem.

Bahasa pemrograman (script) tertentu seperti Tcl dan Lua secara spesifik didesain sedemikian rupa sebagai bahasa skrip dengan tujuan untuk keperluan umum serta dapat disisipkan sebagai pustaka ke dalam aplikasi utama sehingga menyediakan fitur eksekusi skrip dalam berbagai jenis aplikasi

Jenis-Jenis Script


1. Script Berbasis Server

  • ColdFusion
  • JSP (Java Server Pages)
  • Perl
  • PHP
  • Python
  • Ruby

2. Script Berbasis Client

  • Adobe Flash (Plugin)
  • Control ActiveX
  • Java (Plugin)
  • JavaScript
  • VBScript

Membuat Sesuatu Menggunakan Script


Eitsss jangan beranjak dulu, karena admin akan berbagi hal unik yang dapat kalian pelajari sebagai pemula.

Tapi perlu ditegaskan lagi, ini hanya contoh sederhana, jika ingin membuat yang "wah" atau yang menarik lagi mungkin di lain postingan admin akan membahasnya.

Selain membuat aplikasi sederhana menggunakan script, ada hal lain yang mungkin perlu kalian coba. (Untuk tips yang lainnya akan admin update sesegera mungkin)

Berhubung admin telah menuliskannya di lain artikel, maka untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada artikel berikut ini :
Baca Juga : Cara Mengungkapkan Perasaan Kepada Seseorang Yang Kita Suka Lewat Aplikasi. Gampang Banget!!! - Part 1 
Baca Juga : Cara Mengungkapkan Perasaan Kepada Seseorang Yang Kita Suka Lewat Aplikasi / Script. Gampang Banget!!! - Part 2 
Baca Juga : Cara Membuat Password File Dan Folder Dengan Notepad Pada Flashdisk / Harddisk
Jika kalian seorang pemula dan ingin mencoba beberapa trik diatas, silahkan lakukan sesuai panduan agar berhasil.

Kalian juga bisa memodifikasi script tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing, jika terjadi kegagalan maka tidak masalah.

Karena dengan sebuah kegagalan kita bisa mengetahui dimana letak kesalahan yang terjadi dan bagaimana cara memperbaikinya.

Demikianlah artikel tentang arti java script secara umum, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain artikel.
Kebijakan Berkomentar : Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Tutup Komentar