author photo
Susah Bangun Tidur? Lakukan 7 Cara Jitu Ini
AURORATEKNO.COM ~ Kalian punya masalah susah bangun tidur di pagi hari? Selalu kesiangan? Telat saat berangkat ke sekolah / kerjaan? Mulai sekarang buang jauh - jauh rasa gelisah tersebut karena kali ini admin akan membagikan sebuah trik yang terbukti ampuh telah admin lakukan agar tidak susah bangun tidur di pagi hari.

Masalah yang kerap dihadapi anak muda sekarang yaitu susah bangun tidur di pagi hari, fenomena yang satu ini memang bukan lagi hal yang langka.

Hampir setiap anggota keluarga punya seseorang yang hobinya bangun siang, atau bahkan tidurnya di pagi hari (soalnya saya juga kadang gitu, hehe) 😁

Namun hal ini tak boleh dibiasakan, karena akan berakibat buruk untuk kesehatan kita ke depannya, segeralah untuk merubah kebiasaan buruk ini sebelum terlambat.

Tak mau kan, jika waktu di hari tua nanti hanya digunakan untuk bersakit - sakitan??? Bahkan sebelum hari tua saja kita sudah merasakan sisi negatif dari bangun kesiangan / tidur di pagi hari.

Beberapa diantaranya yaitu badan terasa tidak enak, tidak energik, badan lemas, pusing, merasa ngantuk terus menerus, malas melakukan sesuatu (mager), tidak sholat subuh (bagi yang muslim), mempersempit jalannya rizqi dan lain sebagainya.
Dari sekian banyak masalah yang terjadi, salah satu penyebabnya yaitu karena insomnia / susah tidur di malam hari yang akhirnya membuat porsi tidur berkurang sehingga belum merasa cukup tidur di pagi hari.

Mau tidak mau, kita harus memperbaiki pola tidur kita agar kualitas tidur kita tercukupi dan sesuai porsinya.

Namun di balik itu semua, ada hal lain yang bisa kita lakukan agar tidak susah bangun tidur di waktu pagi. Apa saja itu? Berikut 7 cara agar bisa bangun lebih pagi versi Aurora Tekno.

7 Tips Ampuh Agar Tidak Susah Bangun Pagi

1. Minum Air Putih Yang Cukup Sebelum Tidur

Trik pertama yang dapat kalian lakukan yaitu minum air putih yang cukup sebelum tidur. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar saat bangun pagi tidak terjadi dehidrasi yang akan menyebabkan pusing dan susah untuk bangun tidur.

Selain itu, dengan meminum air putih yang cukup maka di pagi hari kita akan merasa kebelet sehingga terpaksa bangun untuk buang air kecil.

Tapi jangan minum air putih terlalu banyak ya, karena hal ini bisa menyebabkan kita terbangun pada jam - jam yang tidak kita harapkan, yaitu di malam hari.

2. Langsung Nyalakan Lampu

Tips ampuh kedua yang dapat kita lakukan yaitu langsung nyalakan lampu saat terbangun, cahaya dari lampu akan menjadi stimulus agar kita cepat bangun.

Salah satu penyebab mengantuk adalah intensitas cahaya yang kurang, dengan menyalakan lampu maka kita akan merasa silau dan bisa membantu kita agar bangun secepatnya.

3. Pakai Alarm Clock Extreme
Susah Bangun Tidur? Lakukan 7 Cara Jitu Ini
Clock Via https://pixabay.com
Alarm yang biasa - biasa saja mungkin tidak akan mempan bagi beberapa orang. Bahkan ada yang sengaja memasang alarm sampai berderet - deret, mulai dari jam setengah 4 pagi sampai jam 6.

Namun yang terjadi kita malah bangun di jam 6 😂. Ini memang sering terjadi di kalangan kita, apalagi jika malam-nya sudah begadang.

Nah untuk mengatasinya kita bisa menggunakan aplikasi Alarm Clock Extreme. Aplikasi ini tersedia grais di playstore.

Aplikasi ini akan membantu kita agar dipaksa untuk bangun pagi, saya sendiri biasa memasang soal perkalian dengan tingkat kesulitan yang tinggi sehingga memicu otak agar aktif kembali dan bekerja untuk menyelesaikan perkalian tersebut.

Seperti yang telah saya katakan diatas, cara ini akan memaksa kita untuk bangun. Namun banyak efek yang muncul ketika kita dipaksa untuk bangun. Biasanya ada rasa sedikti kesal / emosi karena soal yang terlalu banyak / sulit.
Hadeeh, aneh - aneh aja, bikin aturan sendiri kok emosi sendiri... 😂
Tapi ini adalah hal yang wajar, ada beberapa orang yang jika belum merasa cukup tidurnya maka saat dibangunkan akan merasa emosi dan marah - marah.

Mungkin kalau baru pertama pasang alarm ini rasanya biasa - biasa saja, namun lama - lama kita akan merasa sedikit kesal dan mematikan HP secara langsung.

Lalu gimana dong solusinya? Saran dari saya yaitu coba kombinasikan cara ini dengan cara nomor 4 dibawah.

4. Main HP

Jika sebelum tidur kita tidak di rekomendasikan untuk bermain HP, hal ini tidak berlaku saat bangun pagi. Inilah tips ampuh yang dapat membangunkan saya di pagi hari.

Kebanyakan orang malah terbalik, ketika malam hari mereka menghabiskan waktu bersama gadget, namun di pagi hari HP menjadi tak berguna.

Bahkan ada pula yang memasang alarm lalu saat berbunyi di snooze (tunda) dan dilempar lagi HP tersebut ke kasur, saya tak menyalahkan karena saya kadang juga begitu, hehe.

Seperti yang saya katakan diatas, lebih baik menggunakan aplikasi alarm extreme yang telah saya sarankan diatas.

Jika sudah terbangun oleh alarm tersebut, biasanya saya langsung menonaktifkan mode pesawat lalu mengecek pesan WhatsApp dan juga sosmed lainnya.

Cahaya biru dari layar smartphone akan memicu mata agar tegang dan tidak merasa ngantuk lagi. Dengan begitu, kita akan bangun tidur tanpa terpaksa dan tidak dalam keadaan masih mengantuk.
5. Jangan Begadang!!!
Susah Bangun Tidur? Lakukan 7 Cara Jitu Ini
Man In Night Via https://pixabay.com
Seperti yang saya katakan diatas, mau tidak mau kita harus memperbaiki pola tidur dan mendapatkan porsi tidur yang cukup sehingga tidak merasa berat saat bangun pagi.

Jauhkan segala hal yang dapat memicu otak menjadi tegang, misalnya HP dan masalah - masalah yang ada.

Bermain HP sebelum tidur dapat menyebabkan insomnia / susah tidur karena saraf mata yang tegang terkena cahaya biru dari layar smartphone

Selain itu, jauhkanlah segala masalah yang mungkin sedang dialami. Nggak usah dipikir lah.... Dipikir besok aja kalau udah pagi, kan lebih jernih tuh.

6. Lakukan Sholat Malam

"Loh mau bangun pagi kok sholat malam sih? Ngawur nih abang!!!"

Mungkin ada banyak orang yang beranggapan seperti itu, tapi nyatanya semua hal yang berhubungan dengan maha kuasa nggak bisa kita pahami bahkan dengan otak jenius sekalipun!!!

Segala yang Allah perintahkan di dunia ini sudah pasti ada manfaatnya, jadi nggak usah membantah dengan alasan apapun!!!

Kita tahu, segala kehendak datangnya dari sang maha kuasa. Kita bisa bangun pagi, itu karena Allah telah menghidupkan kita dari mati sementara.

Maka tak ada alasan kurang tidur susah untuk bangun pagi, bahkan saya merasa sangat enteng bangun pagi setelah melakukan sholat malam.
Jika dinalar, mungkin Allah akan menjamin kita untuk bangun sholat subuh karena malamnya sudah melaksanakan sholat malam.

Inilah sebuah kesempatan yang diberikan sang maha kuasa bagi kita yang sedang mencari rahmat-Nya.

Maka jika kita ingin terbangun di waktu subuh perbanyaklah sholat malam, baik sebelum tidur (setelah isya) maupun saat ada kesempatan bangun di tengah malam (tahajjud).

Jangan lupa juga untuk berdoa agar dimudahkan saat bangun di pagi hari / di waktu subuh.

Saya pribadi belum pernah bangun kesiangan setelah malaksanakan sholat malam, bahkan ketika saya tidur jam 3 pagi sekalipun.

7. Minta Dibangunkan
Susah Bangun Tidur? Lakukan 7 Cara Jitu Ini
A Couple Of Sweetheart Via  https://auroratekno.com
Nah untuk tips yang terakhir ini bukanlah sebuah hal yang asing, namun seringkali tak terpikirkan oleh kita.

Mintalah untuk dibangunkan kepada orangtua / seseorang yang bangun lebih pagi, setelah terbiasa mungkin kita akan bangun secara mandiri tanpa dibangunkan lagi.

Suruh saja mereka untuk mengguyurmu pakai air 1 ember, heehehe....

Nah dari 7 tips diatas mana nih yang baru kalian ketahui? Kasih tau ya jika ada trik ampuh lain yang bisa dilakukan. Jangan lupa share artikel ini kepada yang lain agar mereka juga mengetahuinya..
Demikianlah artikel tentang 7 Tips Ampuh Agar Tidak Susah Bangun Pagi. Semoga membantu dan bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sampai disini dulu postingan kali ini, kita lanjut lagi di lain artikel.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post