author photo
Cara Membuat Huruf Kecil Di Adobe After Effects / Mematikan Caps Lock Di After Effects
AURORATEKNO.COM ~ Apakah kalian sedang bingung bagaimana cara menulis huruf kecil di adobe after effects? Mengapa caps lock selalu aktif dan kita tidak bisa membuat huruf menjadi kecil pada project yang sedang kita kerjakan?

Oke kali ini admin akan bantu jelaskan mengapa kita tidak bisa menulis huruf kecil pada project yang sedang dikerjakan di adobe after effects.

Kejadian ini saya alami saat baru belajar adobe after effects, tepatnya tadi siang. Dan ada-ada saja masalah yang muncul, pertama saya mendapatkan pesan error bahwa disk cache penuh.

Kemudian ada peringatan saat membuka project versi lama, dan lagi-lagi masalah saat ingin menulis huruf kecil di after effects ini.

Namun tidak lama kemudian saya menemukan solusi dari seluruh permasalahan tersebut, untuk solusi kedua masalah diatas silahkan baca pada artikel di bawah ini.
Baca Juga :  Peringatan Harddisk Penuh Di Adobe After Effects (Artikel sedang dibuat)
Baca Juga : Mengatasi Error After Effects "This project must be converted from version ... The original file will be unchanged"
Nah sekarang kita fokus pada masalah tentang huruf kapital yang selalu aktif di after effects ini. 

Bagaimana Cara Menulis Huruf Kecil Di Adobe After Effects?


Awalnya saya sedang mengedit intro yang akan saya gunakan untuk channel youtube yang baru saya (jangan lupa subscribe yah, hehe)

Namun berkali-kali saya ganti huruf kok tetap kapital semua? Saya pun mencoba beberapa solusi yang mungkin bisa menyelsaikannya.

Pertama saya tekan berkali-kali tombol caps lock dan mencoba menulis huruf baru, namun tidak ada perubahan yang terjadi.

Kedua, saya ganti gaya huruf menjadi yang lain, karena memang ada beberapa jenis huruf yang hanya menyediakan kapital saja (tidak ada huruf kecilnya).

Namun hasilnya zonk / tetap sama, lalu kemudian saya coba menambahkan text baru, mungkin saja format text-nya akan berbeda, eh malah tetap saja hurufnya besar.

Nggak sampai disitu, saya pun mencoba solusi lain, yaitu dengan cara mencopy huruf kecil yang saya buat di corel draw, namun hasilnya tetap nihil.
Karena masih penasaran, saya pun membuat project baru dan mencoba mengkombinasikan seluruh cara diatas, namun lagi-lagi hurufnya tetap kapital.

Rasa penasaran saya tak akan pernah hilang sampai menemukan solusinya, dan akhirnya cara terakhir ini berhasil.

Saat itu saya sedang iseng-iseng mencari menu, karena saya berfikiran "buah jatuh tak jauh dari pohonnya, ah pasti ada di sekitar sini nih sumber masalahnya".

Dan saat saya eksplor menu-menu edit text secara tidak sengaja saya membaca opsi All Caps aktif, wah saya baru sadar ternyata sumber masalahnya disini.

Maka untuk mengatasi masalah ini, cukup klik garis 3 pada menu Character di sebelah kanan lembar project (menu edit text) dan hilangkan ceklist All Caps, lebih jelasnya lihat gambar berikut:
Cara Membuat Huruf Kecil Di Adobe After Effects / Mematikan Caps Lock Di After Effects
Pilih Character
Cara Membuat Huruf Kecil Di Adobe After Effects / Mematikan Caps Lock Di After Effects
Hilangkan Ceklist All Caps
Dan sekarang cobalah lihat hasilnya...

Didalam hati saya berkata "lah cuma kaya gini aja ternyata" 😂. Tapi namanya juga masih tahap belajar, jadi wajar saja masalah sekecil ini bisa membuat pusing.

Jangan berhenti untuk selalu belajar karena dunia ini maha luas ilmunya, bagikanlah ilmu yang kau miliki kepada orang lain agar bisa bermanfaat dan bisa menjadi amal jariyah untukmu kelak.
Baca Juga : Waspada Virus Ransomware WannaCry!!! Cegah Dengan 7 Cara Ini Sebelum Terlambat!!!
Demikianlah artikel tentang cara membuat huruf kecil di adobe after effects. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post