Skip to main content

Apa itu Source File? Penjelasan Dan Contohnya

Apa itu Source File? Penjelasan Dan Contohnya
AURORATEKNO.COM ~ Pengertian Source File - Apa itu source file? Pertanyaan semacam ini mungkin terdengar asing bagi telinga para pengguna komputer yang masih pemula, yang belum menguasai bahasa Inggris maupun yang baru belajar tentang fiver.

Apa Itu Source File? (Secara Umum)


Jika diterjemahkan secara bahasa, source file merupakan file asal / file sumber.  Source file juga biasa disebut dengan file mentah ataupun file original / aslinya.

Pada umumnya, source file merupakan file teks yang dipanggil berdasarkan perintah pada suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman.

Contoh 1 : Source file (yang akan diedit) :

Misalnya ketika kalian akan mengedit foto di photoshop, nah kalian disuruh mencari source file, foto yang belum di edit (yang akan di edit) disebut sebagai source file.

Contoh 2 (masih sama juga) yaitu saat mengedit foto di photoshop :

Ketika gambar diedit dan disimpan, biasanya akan berformat .JPG / .JPEG atau .PNG, nah biasanya kita akan menyimpan lagi dengan format .PSD agar bisa diedit lagi di photoshop-nya.

Source file pada kasus kedua tersebut yaitu file yang berformat .PSD, karena file tersebut masih bisa diedit dan merupakan file sumber / file aslinya.

2 contoh diatas memang sedikit berbeda, namun itu sebenarnya tergantung cara pandang kita. Source file yang mana dulu nih?

Karena source file bisa jadi bukan file mentah yang akan diedit, melainkan file sumber yang masih bisa diedit.

Contoh lain (Mudah dipahami) :

Hal itu pun berlaku pada kasus lain, misalnya saat akan mengedit video di adobe premiere pro :

Saat mengedit video, kita pasti membutuhkan beberapa bahan video yang akan diedit. Setelah itu kita buat videonya dengan perlahan sambil di save berulang kali, file yang di save biasanya beformat .prproj.

Jika sudah selesai, maka akan menghasilkan video baru yang telah diedit.

Nah source file pada kasus ke-3 diatas bisa disebut dengan file mentahnya (video yang belum diedit), namun juga bisa disebut file yang berformat .prproj (tergantung sudut pandang dan keperluannya untuk apa).

Selain hal diatas, masih ada contoh lain seperti file mentah / source file pada corel draw yaitu .CDR.

Source File Di Fiver :


Baru - baru ini saya mendengar fiver (sebuah pasar / market jasa terkemuka dan sumber penghasilan secara online) dan istilah source file tersebut juga ada di fiver.

Lalu apa pengertiannya? Sama seperti diatas, source file di fiver merupakan file mentah dari apa yang kalian edit sebelumnya.

Misalnya kalian di tugaskan untuk membuat desain, maka source file yang dikirim adalah file berbentuk .CDR (untuk Corel Draw) dan .AI (untuk Adobe Illustrator).

Namun alangkah baiknya kalian tanyakan dulu kepada buyer (pembeli jasa), file apa yang mereka butuhkan?

Jangan asal kirim saja, nanti sana butuhnya file .AI (Adobe Ilustrator) eh kalian malah ngirim bentuk .CDR (Corel Draw) 😁
Baca Juga : Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 10 Agar Tidak Cepat Habis. Dijamin Awet Sampai 300%
Nah demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu source file (pengertian source file) baik secara umum maupun di fiver. Semoga bermanfaat dan bisa membantu, sampai jumpa lagi di lain artikel.

Kebijakan Berkomentar : Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Tutup Komentar