Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3T - Aurora Tekno
Artikel Terbaru
Loading...

Rabu, 08 Mei 2019

Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3T

Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T
AURORATEKNO.COM ~ Melakukan pembangunan Negara bukanlah semata-mata tugas pemerintah saja. Demi mewujudkan Pancasila dan sebagai warga Negara Indonesia yang baik, wajib bagi semua orang untuk ikut berpartisipasi dalam membangun Tanah Air tercinta ini.

Kita tahu, Negara Indonesia mempunyai wilayah yang begitu luas, sehingga pembangunan yang menyeluruh tidak dapat dilakukan dengan mudah, terutama pada daerah terpencil yang jauh dari perkotaan.

Pemerintah tentunya sudah berupaya keras dalam melakukan pembangunan yang merata bagi seluruh daerah di Tanah Air tercinta ini. Namun hal tersebut akan sulit terwujud jika sumber daya manusia tidak turut berperan aktif dalam program ini. Di Negara maju sendiri, para penduduknya sudah memiliki kesadaran dan sikap kepedulian yang tinggi terhadap pembangunan Negara (People power).

People power memang senjata yang sangat ampuh dalam menyelsaikan suatu persoalan karena kesadaran ada pada setiap individu. Jika ingin Indonesia menjadi Negara maju, maka mulailah dari kita sebagai kelompok terkecil melaksanakannya. Dengan begitu, pembangunan di Negara ini dapat terselesaikan dengan cepat dan lebih mudah.

Pembangunan yang saya maksud disini tidak hanya berupa gedung atau tembok penghalang yang menggunakan bahan material seperti pasir ataupun semen saja. Pembangunan disini dapat bermakna luas, yakni partisipasi dalam bentuk apapun yang dapat kita lakukan demi membangun Indonesia mulai dari daerah Terluar, Tertinggal dan Terdepan atau yang biasa disingkat 3T.

Mengapa Harus Membangun Mulai Dari Daerah 3T (Terluar, Tertinggal dan Terdepan)???


Ketidakadilan, kelalaian dan keterlambatan pembangunan oleh pemerintah lah yang menjadi 3 dari sekian banyak alasan mengapa kita harus membangun indonesia mulai dari daerah 3T. Berbeda jauh dengan daerah perkotaan, keadaan di daerah 3T sangatlah memprihatinkan.

Beberapa hal yang masih menjadi masalah diantaranya pendidikan yang rendah, infrastruktur yang minim, pengawasan yang kurang, layanan yang terbatas dan masih banyak lagi.

Kehidupan di daerah terluar dari Negara tercinta ini memang sangat membutuhkan pembangunan, baik dari segi pendidikan, pemberdayaan sumber daya manusia, pelatihan keterampilan, pembangunan infrastruktur, ekonomi dan lain sebagainya. Tentunya hal tersebut akan sulit terlaksana jika bergantung pada pihak pemerintah saja.

"Apakah kita bisa berpartisipasi dalam pembangunan Negara ini?"Tentu saja bisa!!! Misalnya dengan mengirimkan seseorang yang berkompeten guna memaksimalkan sumber daya manusia yang ada disana. Atau mungkin memanfaatkan program CPNS untuk mendaftar menjadi seorang guru dan mengajar disana.

Tidak hanya itu, kita juga bisa menjalin hubungan bisnis dengan mereka. Misalnya terdapat sumber daya alam yang melimpah disana, maka tugas kita adalah membantu memaksimalkan sumber daya alam tersebut. Namun dengan catatan, kita juga memberikan pengetahuan bagaimana cara mengelola sumber daya alam dengan baik kepada penduduk setempat.

Mengapa? Karena dengan berbagi ilmu, mereka akan memberdayakan seluruh kekayaan alam secara mandiri tanpa bantuan orang asing. Ini adalah salah satu nilai positif dan poin penting terhadap kemajuan suatu daerah. Jangan sampai kekayaan alam di Negeri ini dimanfaatkan oleh pihak luar/orang asing hanya karena kelalaian kita dalam menyampaikan ilmu pengetahuan kepada mereka.

Sebuah Negara bisa kokoh ketika pertahanan terluar-nya kuat, maka penting bagi kita membangun Indonesia mulai dari daerah 3T (Tertinggal, Terluar dan Terdepan). Ketika benteng kuat, maka seluruh isi dan segala hal yang ada didalamnya menjadi aman. Dengan begitu, tak ada lagi penjajahan yang terjadi di daerah luar perbatasan Indonesia ataupun kesenjangan sosial yang ada disana.

Membangun sebuah daerah pun bisa dalam bentuk apa saja asal hal tersebut mengarah kepada yang positif. Selain kedua hal diatas, masih banyak lagi yang dapat dilakukan dalam membangun Negara ini.

Lalu pertanyaannya "Apakah kita bisa melakukannya sendiri???". Nah inilah alasan mengapa sang penulis menciptakan tulisan ini.

Bersama KORINDO, Mari Bangun Indonesia Jadi Lebih Baik

Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T
Bersama Korindo, Mari Bangun Indonesia Jadi Lebih Baik!!!
Kita tidak sendirian dalam membangun Negara ini, KORINDO telah memulainya dari setengah abad yang lalu. Korindo merupakan sebuah perusahaan Indonesia yang didirikan pada tahun 1969 dan telah beroperasi selama 50 tahun hingga 2019 sekarang.

Bersama Korindo, kita bisa melakukan pembangunan Negeri ini jadi lebih baik. Korindo telah berkomitmen untuk mengembangan usaha di wilayah Indonesia yang tertinggal melalui program pembangunan jalan, pembangunan tempat tinggal dan pembangunan besar-besaran pada infrastruktur utama yang menjadi bagian dari usaha pengembangan daerah. Nah sebelum melanjutkan ke topik lainnya, mari kita simak sekilas tentang Korindo.

A. Sekilas Tentang KORINDO

Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T
Kami, KORINDO Grup, merupakan perusahaan terdepan di berbagai industri di pasar Asia Tenggara yang memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan. Selama 50 tahun beroperasi, kami telah membangun bisnis dengan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan ekonomi negara serta menjunjung tinggi praktik-praktik ramah lingkungan dan berorientasi masa depan. (Informasi diambil dari situs resmi Korindo yang telah disesuaikan)
Setelah melalui berbagai tantangan yang pernah dialami selama 50 tahun terakhir, Korindo kini telah menjadi salah satu perusahaan dengan peringkat tertinggi di Negeri ini. Dengan mengadopsi filosofi yang berorientasi pada masa depan, inovatif dan juga berorientasi pada konsumen, hal ini menjadikan binis KORINDO merupakan bisnis yang sehat serta memberikan keuntungan bagi semua pihak.

B. Sejarah Singkat KORINDO

Pada awalnya, fokus perusahaan Korindo ada di pengembangan hardwood yang kemudian beralih ke plywood/veneer pada tahun 1979, kertas koran di 1984, perkebunan kayu di tahun 1993 dan terakhir perkebunan kelapa sawit di tahun 1995.

1. Tahun 1969 : Mengembangkan bisnis wood plank
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

2. Tahun 1979 : Mendirikan perusahaan plywood
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

3. Tahun 1984 : Memproduksi kertas daur ulang
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

4. Tahun 1993 : Memulai bisnis perkebunan
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

5. Tahun 1995 : Memulai bisnis kelapa sawit
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

6. Tahun 1998 : Memulai menanam pohon kelapa sawit
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

7. Tahun 2013 : Membangun industri kayu terpadu
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

8. Tahun 2016 : Memulai proyek percontohan penanaman padi di Merauke, Papua
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

C. Bisnis Korindo

Berikut beberapa bisnis korindo :

1. Perkebunan :
  • Kayu
  • Kelapa sawit
  • Karet

2. Produk Kertas :
  • Produksi kertas
  • Produk kehutanan

3. Konstruksi dan Industri Berat :
  • Wind tower
  • Pabrik dan struktur baja
  • Kendaraan peruntukan khusus

4. Logistik :
  • Pelayaran
  • Transportasi
  • Pusat distribusi

5. Layanan Finansial :
  • Sekuritas
  • Multi-finansial
  • Asuransi

6. Real Estat

Seluruh bisnis yang ditekuni oleh Korindo tentunya ramah terhadap lingkungan, bersifat membangun, melestarikan lingkungan, memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pihak serta menerapkan praktik manajemen maupun prosedur yang efisien. Bahkan dalam memproduksi kertas, 100% bahan bakunya berasal dari daur ulang.

Dalam bisnisnya, Korindo berupaya membangun hutan secara proffesional dan bertanggungjawab serta menjamin keberlangsungan dalam pemenuhan kebutuhan bahan baku industri. Korindo juga berkontribusi secara aktif membangun Indonesia menjadi produsen karet terbesar kedua di dunia.

Perlu diketahui juga, Indonesia merupakan negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia, sehingga perusahaan Korindo akan terus membantu dan berperan aktif menjaga pencapaian ini serta meningkatkannya.

D. Jaringan Global

Berbicara masalah bisnis, tentu saja jaringan global sangat penting guna mendistribusikan produk serta melancarkan bisnis tersebut. Lalu, seberapa luas jaringan global yang dimiliki perusahaan Korindo ini?

Di Indonesia sendiri Korindo mempunyai wilayah operasional di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku dan Papua
  • Sumatera : Bintan
  • Jawa : Cilegon, Jakarta, Cileungsi, Surabaya
  • Kalimantan : Pangkalan Bun, Kapuas, Balikpapan
  • Maluku : Buru, Halmahera
  • Papua : Boven Digoel

Sedangkan pasar tujuan dunia diantaranya adalah :
  • Los Angeles (Amerika)
  • Amsterdam (Belanda)
  • Kotka (Finlandia)
  • Jeddah (Arab Saudi)
  • Dubai (Uni Emirat Arab)
  • Tokyo (Jepang)
  • Seoul (Korea Selatan)
  • Hongkong (China)
  • Ho Chi Minh (Vietnam)
  • Singapore (Singapura)
  • Head Quarter (Jakarta)
  • Sydney (Australia)

Peran Penting Korindo Terhadap Kemajuan Indonesia


Setelah beroperasi selama 50 tahun, Korindo telah melakukan banyak upaya guna membangun masyarakat berkelanjutan di berbagai bidang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya. Seluruh upaya yang dilakukan sesuai dengan filosofi perusahaan, yaitu hubungan yang harmonis, menguntungkan dan mengutamakan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui program dengan 5 pilar utama, yaitu :

1. Pendidkan

Dari segi pendidikan, Korindo menyadari bahwa kualitas sumber daya manusia yang berkelanjutan merupakan kunci dari sebuah kesuksesan di masa mendatang. Korindo telah berkontribusi kepada masyarakat di bidang pendidikan dengan memberikan bantuan berupa pendanaan, penyediaan fasilitas belajar dan juga bus sekolah.

Dalam lembar fakta, tercatat bahwa Korindo telah memberikan beasiswa kepada 8.792 siswa dari semua jenjang pendidikan, menyediakan perlengkapan belajar serta perlengkapan olahraga kepada 109 pra-sekolah dan sekolah menengah, membantu proses pembelajaran di 28 sekolah dengan mengirimkan 208 guru ke daerah pedalaman Indonesia, serta menyediakan 36 bus sekolah. Berikut selengkapnya :
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

2. Kesehatan

Masalah kesehatan merupakan salah satu bukti kepedulian Korindo bagi masyarakat setempat, Korindo menyediakan layanan kesehatan dan klinik gratis yang didirikan di setiap blok perkebunan. Demi menjangkau penduduk di wilayah terpencil, Korindo juga memberikan penyuluhan kesehatan melalui dokter keliling dan menyediakan mobil ambulans serta layanan kesehatan gratis setiap 2 pekan.

Melalui kegiatan tersebut, masyarakat mendapatkan pemeriksaan kesehatan, imunisasi dan obat-obatan secara gratis guna meningkatkan kesehatan ataupun mencegah segala penyakit. Selengkapnya dapat kita lihat melalui lembar fakta berikut ini :
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

3. Ekonomi

Demi mengingkatkan kualitas ekonomi dan juga kemandirian masyarakat di daerah terluar wilayah Indonesia, Korindo menyediakan bantuan berupa dukungan untuk bisnis ternak ikan, unggas, sapi, babi, mendukung bisnis perkebunan minyak kelapa sawit, karet serta kepemilikan gedung seperti ruko dan kios.

Bantuan tersebut diharapkan bisa menambah pendapatan setiap masyarakat, meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Informasi lengkap dapat dilihat di lembar fakta berikut ini :
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

4. Lingkungan

Korindo mempunyai slogan sendiri yaitu "Green Tommorow", dalam mewujudkan slogan ini Korindo selalu berupaya melestarikan lingkungan sekitar. Hal tersebut dibuktikan dengan tindakan nyata berupa penanaman pohon dan pembersihan lingkungan secara rutin.

Korindo bekerja sama dan berkolaborasi dengan masyarakat, polisi, anggota militer serta pemuka agama dan adat sehingga mereka dapat berpartisipasi secara aktif dalam melestarikan lingkungan sekitar. Melalui program CSR-nya, berikut lembar fakta yang dapat ditampilkan :
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

5. Infrastruktur

Seperti yang telah dibahas diatas, pembangunan oleh pemerintah yang tidak merata mengharuskan pihak Korindo turut serta membangun infrastruktur, terutama di daerah yang terpencil. Bentuk partisipasi pembangunan Korindo bagi daerah tersebut adalah memperbaiki jembatan dan jalan, mendirikan fasilitas umum misalnya fasilitas air bersih, listrik, sekolah, klinik, masjid dan gereja, pertokoan, pasar, lapangan olahraga, aula desa, rumah kepala suku dan lain sebagainya.

Nah untuk informasi selengkapnya mari kita lihat lembar fakta di bawah ini :
Wujudkan Pancasila, Mari Bangun Indonesia Mulai Dari Daerah 3 T

Akhir Kata


Mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur memang tidaklah mudah, namun sesuai dengan semboyan kita "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh", bahwa semua hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Indonesia tidak akan lepas dari penjajahan jika rakyat tidak bersatu. Nah dengan bersama-sama, mari kita bersatu demi mewujudkan cita-cita mulia pancasila serta membawa Indonesia terbang tinggi dengan sayap Garuda-nya.

Sebagai warga Negara Indonesia, kita harus bangga memiliki perusahaan Korindo yang mau berpartisipasi dan ikut serta dalam membangun Negeri ini. Terlebih lagi, semata-mata bukan hanya keuntungan saja yang mereka harapkan, namun kualitas dan orientasi kehidupan masa depan yang menjadi tujuan utamanya.

Oleh karena itu, mari bantu mereka untuk bangun perbatasan jadi terasnya Indonesia. Kerahkan segala pengetahuan dan tenaga yang kita miliki, karena sebuah tindakan kecil akan membuat perubahan yang besar bagi Negeri ini. Ayo dukung perubahan untuk Indonesia yang lebih baik, bersatu kita teguh, bercerai kita bangkit lagi.

Share artikel ini kepada teman-temanmu

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Pemberitahuan
Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya - Ali Bin Abi Thalib
Tutup