Solusi Sukses dan Kampus Terbaik Masa Kini, UM Metro Pilihanku!!! - Aurora Tekno
Artikel Terbaru
Loading...

Sabtu, 04 Mei 2019

Solusi Sukses dan Kampus Terbaik Masa Kini, UM Metro Pilihanku!!!

Solusi Sukses dan Kampus Terbaik Masa Kini, UM Metro Pilihanku!!!
AURORATEKNO.COM ~ Suatu kebahagiaan tersendiri menjadi seorang pelajar, apalagi mendekati tahun ajaran baru. Di masa ini seorang siswa akan melihat hasil belajar selama satu tahun sebelumnya. Mereka akan sangat penasaran dengan nilai dan ranking di kelasnya. Namun jika hal ini menjadi suatu kebahagiaan bagi para siswa yang naik kelas, akan berbeda lagi ceritanya dengan siswa yang menghadapi suasana, lingkungan dan sekolah baru.

Bagi siswa yang mengalami suasana dan lingkungan baru (kelulusan), pasti akan lebih banyak lagi hal yang dihadapinya. Seorang siswa yang lulus dari SD, SMP dan SMA/SMK mempunyai PR yang jauh lebih banyak dibanding siswa yang hanya naik kelas.

Perasaan yang mereka hadapi sangatlah banyak, baik rasa bimbang mau lanjut lagi dimana, bingung tak ada teman, senang karena hasil belajar yang memuaskan, sedih karena berpisah dengan sahabat lama dan lain sebagainya.

Rasa tersebut memang tak dapat dipungkiri, beginilah cerita dan alur kehidupan. Banyak kejadian secara tiba-tiba yang akan dialami, dan kita harus selalu siap menghadapinya. Melalui hal inilah mental seseorang dibangun, suasana yang berbeda pasti akan kita hadapi. Oleh karena itu dibuatlah jenjang pendidikan yang berbeda, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi.

Salah satu tujuannya yaitu agar seseorang mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, seperti sebuah pepatah "jika tak bisa beradaptasi, maka bersiap-siap mengalami kepunahan". Wah pepatah darimana itu? Pepatah tersebut bukan lain adalah ciptaan saya sendiri 😁. Namun tidak perlu memandang dari siapa pepatah tersebut berasal, yang terpenting adalah bisa mengambil hikmahnya.
Kembali lagi dengan rasa bimbang yang sedang menghantui para calon mahasiswa sekarang ini. Mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya seperti ini.
"Mau lanjut kuliah dimana ya?"
"Kampus yang cocok apa ya?"
"Pilih kampus ini atau itu ya?"
Nah pada artikel inilah pertanyaan dan rasa bimbang tersebut akan terjawab. Jika masih merasa bimbang dengan pilihan kampus yang akan dijadikan sekolah masa depan, sekolah yang menjadi jalan sukses kalian, maka penulis akan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan tujuan yang dimaksud.

UM Metro, Solusi Sukses Masa Depan

Solusi Sukses dan Kampus Terbaik Masa Kini, UM Metro Pilihanku!!!
Memperkenalkan kampus ternama di Lampung yakni Universitas Muhammadiyah Metro atau yang biasa disebut UM Metro. Kampus ini adalah rekomendasi yang sangat cocok untuk kalian para calon mahasiswa/mahasiswi yang akan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi, khususnya bagi yang masih berdomisili di daerah Lampung dan sekitarnya.

Nah sebelum membahas hal yang lain, mari kita ketahui lebih lanjut mengenai sejarah, visi dan misi, serta informasi lainnya mengenai kampus UM Metro ini. Mungkin saja dapat dijadikan bahan pertimbangan, mengapa harus memilih UM Metro sebagai kampus utama dan solusi sukses masa depan kalian.

A. Sejarah

Berdasarkan data yang saya peroleh, kampus UM Metro telah berdiri sejak 30 Mei 1967 dengan Nomor SK : 20J.A.7161 dan tanggal SK : 30 May 1967. Sedangkan keberadaan Universitas Muhammadiyah Metro (yang dikutip dari situs resmi UM Metro) merupakan langkah merger/penggabungan dari:

(1) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Metro
(2) Sekolah Tinggi Ekonomi Muhammadiyah Metro
(3) Sekolah Tinggi Teknik Muhammadiyah Metro
(4) Sekolah Tinggi Ushuluddin Muhammadiyah Metro.

Keempat Sekolah Tinggi tersebut telah memperoleh status terdaftar, bahkan beberapa program studinya telah ada yang diakui dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1990.

Setelah merger, keempat Sekolah Tinggi tersebut selanjutnya menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT) serta Fakultas Ushuluddin (FU), dalam perkembangan selanjutnya Fakultas Ushuluddin menjadi Fakultas Agama Islam (FAI)

B. Visi dan Misi


VISI :

“Terintegrasinya Nilai-nilai Islam dalam Kompetensi Individu dan Lembaga Menuju Sepuluh Besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah Terbaik pada Tahun 2020”

MISI :

Menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Meningkatkan Iman dan Taqwa, Berkepribadian Profesionalitas Utama Berdasarkan NIlai Keislaman dengan Memperhatikan Situasi dan Kondisi Nasional dan Internasional di Dukung Oleh Saran dan Prasarana yang Memadai dalam Upaya:
  1. Meningkatkan sumber daya manusia yang menghayati, mengamalkan dan mengembangkan nilai Islam kedalam disain dan aktualisasi kompetensi, sehingga mencerminkan SDM yang profetis (kuat aqidah, ibadah, mu’amalah dan akhlak), intelektualis (menguasai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni), humanis (ukhuwah, bertanggung jawab dan empati), dan mempu memelihara dan mengembangkan bidang keahliannya. 
  2. Menghasilkan lulusan yang Islami dan profesional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (mubaligh).
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni (IPTEKS) yang memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat manusia (berhikmah).
  4. Mengembangkan layanan yang prima terhadap civitas akademika, keilmuan, kelembagaan, dan kemasyarakatan.
  5. Mengembangkan kelembagaan yang sehat, mandiri, dan kredibel dalam mengemban amanah persyarikatan

C. Jumlah Dosen dan Mahasiswa UM Metro

Mengutip data dari ayokuliah.id, tercatat jumlah dosen di kampus UM Metro sebanyak 177 orang dan total mahasiswa berjumlah 5.743 orang, berikut jika dilihat dalam diagram lingkaran.
Solusi Sukses dan Kampus Terbaik Masa Kini, UM Metro Pilihanku!!!
Diagram Jumlah Dosen dan Mahasiswa

Mengapa Harus UM Metro Kampus?


Ada beberapa alasan penting mengapa kalian harus menjadikan UM Metro sebagai kampus pilihan, diantaranya adalah :

1. Menjadi Salah Satu Kampus Terbaik di Provinsi Lampung

Berdasarkan data yang saya peroleh dari situs beasiswa-id.net, 4icu.org dan kampusked.com, Universitas Muhammadiyah Metro merupakan salah satu kampus terbaik di Lampung tahun 2019.

Survei tersebut tentunya tidak main-main, apalagi bukan hanya berasal dari satu sumber saja. Penilaian tersebut meliputi beberapa aspek, baik dari sisi sumber daya manusia, kelembagaan, kemahasiswaan maupun inovasi yang dilakukan.
Baca Juga : Tiba-Tiba Merasa Bijak Dan Lebih Bersemangat Setelah Nonton Film Ini
Maka dari itu, pilihlah kampus terbaik sebagai ajang pencarian ilmu di jenjang Perguruan Tinggi. Tentukan dan ambillah kesempatan berkuliah di kampus yang sudah diakui kualitasnya seperti UM Metro ini. Dengan begitu tak ada kekhawatiran lagi tentang bagaimana kualitas pendidikan yang ada di kampus tersebut.

2. Fasilitas dan Tempat Umum yang Memadai

Didukung dengan fasilitas yang lengkap dan tempat umum yang memadai, niscaya akan sangat membantu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari, baik di dalam maupun di sekitar kampus.

Berikut adalah fasilitas yang ada di kampus UM Metro serta tempat umum terdekat yang ada di kampus tersebut.
Solusi Sukses dan Kampus Terbaik Masa Kini, UM Metro Pilihanku!!!
Fasilitas dan Tempat Umum Kampus UM Metro

3. Program Studi UM Metro

Selanjutnya, kampus UM Metro sendiri membuka program studi mulai dari D3, S1 dan S2. Berikut daftar program studi yang ada di kampus UM Metro beserta akreditasinya.

1. Program Studi D-III :
NO
Program Studi
Jenjang
Akreditasi
1
Keuangan Dan Perbankan
D-III
B
2
Manajemen Informatika
D-III
B
3
Akuntansi
D-III
B

2. Program Studi S1 :
NO
Program Studi
Jenjang
Akreditasi
1
Ilmu Hukum
S1
A
2
Pendidikan Ekonomi
S1
B
3
Bimbingan Dan Konseling
S1
A
4
Teknik Sipil
S1
B
5
Akuntansi
S1
B
6
Pendidikan Matematika
S1
B
7
Pendidikan Fisika
S1
B
8
Teknik Mesin
S1
B
9
Pendidikan Sejarah
S1
A
10
Komunikasi Dan Penyiaran Islam
S1
B
11
Manajemen
S1
B
12
Pendidikan Agama Islam
S1
B
13
Pendidikan Biologi
S1
B
14
Pendidikan Bahasa Inggris
S1
B

3. Program Studi S2 :
NO
Program Studi
Jenjang
Akreditasi
1
Pendidikan Biologi
S2
B
2
Manajemen
S2
B
3
Manajemen Pendidikan
S2
B

4. Beasiswa

Selain hal diatas, program beasiswa merupakan salah satu hal yang dicari-cari para calon mahasiswa, khususnya bagi mereka yang mempunyai prestasi di bidang tertentu. Sebuah kabar gembira bagi kalian yang menjadikan kampus UM Metro sebagai kampus pilihan, karena banyak program beasiswa yang dislenggarakan, berikut selengkapnya.

- Beasiswa Potongan 50% Uang Pengembangan

Beasiswa ini didapat ketika memilih lima program studi berikut: Pendidikan Sejarah, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris, D3 Akuntansi dan D3 Keuangan dan Perbankan.

- Beasiswa Kader Utusan Persyarikatan se-Kota Metro

Beasiswa ini didapat bagi mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Beasiswa ini berupa potongan biaya SPP di setiap semesternya yang dimulai pada semester 3 hingga semester 8.

Syarat pendaftaran beasiswa ini adalah mahasiswa yang bersangkutan wajib hafal Al-Qur’an minimal 10 Juz dan melampirkan surat permohonan beasiswa dari salah satu cabang muhammadiyah di Kota Metro.

- Beasiswa Potongan 50% Biaya Kuliah Program Pascasarjana

Beasiswa ini khusus untuk masyarakat yang bekerja di amal usaha Muhammadiyah di wilayah Lampung yang ingin melanjutkan studinya di Program Pascasarjana (S2) UM Metro.

- Beasiswa Bidikmisi

Pendaftaran beasiswa Bidikmisi dapat dilaksanakan setelah calon pendaftar dinyatakan resmi menjadi mahasiswa baru UM Metro. Proses pendaftaran beasiswa ini dapat melalui Ketua Program Studi yang bersangkutan atau melalui Kabag Kemahasiswaan di Biro Administrasi, Akademik dan Kemahasiswaan yang berada di gedung Rektorat kampus I UM Metro.

- Beasiswa PPA

Beasiswa ini sama seperti BBM, tetapi untuk PPA diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi akademik baik dan sangat baik dengan dibuktikan dengan IPK terakhir pendaftaran sama seperti beasiswa BBM.

Jadilah Sukses, Tentukan Pilihanmu Sekarang Juga!!!


Nah gimana sob? Sudahkah mendapat pencerahan setelah membaca artikel ini? Siapkah menjadi bagian sukses di kampus UM Metro?
Baca Juga : 50 Kata Kata Mutiara Untuk Status WhatsApp Paling Nge-Top Dan Keren Sepanjang Masa
Jika berminat melanjutkan studi di kampus UM Metro silahkan akses website resmi UM Metro untuk mengecek apa saja syarat pendaftaran dan juga melihat informasi lainnya.

Share artikel ini kepada teman-temanmu

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Pemberitahuan
Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya - Ali Bin Abi Thalib
Tutup