Kegunaan dan Fungsi Dari Adobe Flash Player - Aurora Tekno
Artikel Terbaru
Loading...

Rabu, 29 Mei 2019

Kegunaan dan Fungsi Dari Adobe Flash Player

AURORATEKNO.COM ~ Mungkin diantara kita masih banyak yang belum paham mengenai kegunaan dan fungsi dari adobe flash player. Padahal software yang satu ini termasuk penting dan sangat dibutuhkan terutama setelah komputer baru saja diinstall ulang.

Bagi seseorang yang sudah lama berkecimpung di dunia Internet tentu saja sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.
Kegunaan dan Fungsi Dari Adobe Flash Player
Flash Player
Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan mengenai aplikasi apa saja yang wajib diinstall setelah install ulang komputer, dan adobe flash masuk ke dalam daftar tersebut.

Bagi para teknisi komputer, menginstall adobe flash player adalah wajib untuk dilakukan. Terlebih lagi pada browser zaman dulu, ketika adobe flash player tidak diinstall maka tidak bisa memutar video di youtube.

Lalu apa saja pengertian, kegunaan dan fungsi adobe flash player ini? Berikut akan admin jelaskan secara singkat.

Mengenal Adobe Flash Player


Adobe flash player atau yang dahulu dikenal dengan macromedia flash merupakan salah satu perangkat lunak komputer (software) yang menjadi produk unggulan Adobe Systems. Sebelum tahun 2005, Adobe Flash Player dirilis oleh Macromedia.

Adobe Flash 0.1 diluncurkan pada tahun 1996 setelah Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash.

Macromedia 8 merupakan versi terakhir yang diluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama "Macromedia".

Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya, sehingga nama yang dahulunya Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

Adobe Flash menggunakan bahasa pemrograman yang bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.

Kegunaan dan Fungsi Adobe Flash Player


Adobe Flash Player banyak digunakan untuk membuat dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan lain-lain.

Sedangkan untuk pembuatan desain, aplikasi ini banyak digunakan untuk menciptakan animasi logo, film, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol animasi, banner, menu interaktif, form isian interaktif, e-card, screen saver dan pembuatan aplikasi web lainnya.

Dalam Flash, terdapat teknik pembuatan animasi, fasilitas action script, filter, custom easing dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV.

Sedangkan untuk fungsi lainnya, aplikasi ini akan sangat berguna saat kita menjelajah Internet dan menonton video streaming secara online.

Berikut ini telah saya rangkum beberapa kegunaan dan fungsi adobe flash player, diantaranya adalah :

  • Memutar video berformat .swf yang dipasang disitus game
  • Agar bisa melakukan chat di yahoomail, facebook dan lain-lain
  • Menampilkan dan memutar video streaming
  • Mendownload video dari youtube
  • Mengupload foto atau gambar di media sosial facebook

Demikianlah beberapa fungsi dan kegunaan dari Adobe Flash Player. Pada intinya Fungsi Adobe Flash Player yaitu untuk membuat atau memutar gambar vektor maupun animasi gambar.

Berkas yang dihasilkan dari software ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasang aplikasi Adobe Flash Player.
Baca Juga : Adobe Flash Bakal Berakhir Di Tahun 2020. Lalu Bagaimana?
Kalian bisa mendownload software adobe flash player untuk laptop / komputer di situs resmi Adobe.

Sumber referensi : wikipedia

Share artikel ini kepada teman-temanmu

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Pemberitahuan
Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya - Ali Bin Abi Thalib
Tutup