Ini Dia 10 Aplikasi Yang Harus Diinstall Setelah Install Ulang Windows - Aurora Tekno
Artikel Terbaru
Loading...

Sabtu, 25 Mei 2019

Ini Dia 10 Aplikasi Yang Harus Diinstall Setelah Install Ulang Windows

Ini Dia 10 Aplikasi Yang Harus Diinstall Setelah Install Ulang Windows
AURORATEKNO.COM ~ Di zaman sekarang, melakukan install ulang komputer memang bukan lagi hal yang baru karena hampir semua orang bisa melakukannya. Apalagi dengan banyaknya tutorial yang bertebaran di Internet seperti sekarang ini, maka bukan suatu masalah lagi ketika seseorang ingin melakukan install ulang terhadap komputernya. Namun apakah kalian tahu, apa saja aplikasi yang harus diinstall setelah install ulang windows?

Disini admin akan bocorkan suatu rahasia, yaitu aplikasi apa saja yang wajib diinstall setelah melakukan install ulang komputer.

Aplikasi yang admin rekomendasikan disini sangat vital kegunaannya. Jika kalian tidak menginstallnya maka sama saja kalian mandi tanpa menggunakan sabun, wah percuma dong? 😂

Oke, disini admin tidak akan berbasa-basi terlalu panjang, lebih baik mari kita simak secara langsung apa saja list aplikasinya, cekidot.

Ini Dia 10 Aplikasi Yang Harus Diinstall Setelah Melakukan Install Ulang Windows


1. DriverPack Solution

Aplikasi yang paling utama sekaligus wajib diinstall adalah driverpack. Setelah komputer di install ulang maka seluruh driver dan pengaturan akan hilang.

Kita membutuhkan sebuah driver agar perangkat dan komponen bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Driver akan menjadi penghubung/jembatan antara perangkat keras dengan sistem operasi sehingga perangkat tersebut bisa digunakan.

Biasanya setelah membeli laptop/PC kita akan diberi kumpulan driver dalam bentuk DVD atau disimpan langsung pada Harddisk. Namun kadangkala kita lupa menyimpannya, atau bahkan tidak tahu kegunaannya untuk apa.

Jika terjadi hal tersebut, maka kita bisa menggunakan alternatif lain, yaitu menggunakan Driverpack. Driverpack berisi kumpulan driver untuk segala jenis komputer dan laptop, sehingga kita tak perlu mencari satu-per satu apa saja driver yang dibutuhkan oleh komputer tersebut.

Namun ukuran aplikasi ini lumayan besar, sehingga butuh waktu lama untuk mendownloadnya. Untuk cara penggunaanya pun sangat mudah, tinggal ceklist apa saja driver dan aplikasi yang akan diinstall kemudian klik install.

2. Activator Windows

Kebanyakan orang menggunakan windows versi b*jakan sehingga aktivasi windows tidak bisa dilakukan secara online. Windows sendiri harus diaktivasi agar sistem bisa berjalan dengan baik dan tidak ada gangguan saat menggunakan komputer tersebut.

Jika kalian membeli windows original maka proses aktivasinya sangat mudah, tinggal masuk ke pengaturan dengan cara menekan CTRL + I ⇒ Update and Security ⇒ Activation ⇒ Activate Windows.
Baca Juga : Kamu Harus Tau!!! Berikut 33 Rahasia Kode Keyboard Windows 10 Yang Jarang Diketahui Orang
Namun berbeda lagi jika windows yang kalian bukan original, proses aktivasi pun tidak dapat dilakukan secara online.

Untuk melakukan aktivasi windows wajib menggunakan aplikasi activator windows dan dilakukan secara offline.

Namun kalian harus berhati-hati saat mendownload dari Internet, karena sering sekali saya mendapat laporan bahwa terdapat virus Ransomware pada activator tersebut.
Baca Juga : Waspada Virus Ransomware WannaCry!!! Cegah Dengan 7 Cara Ini Sebelum Terlambat!!!

3. Microsoft Office

Microsoft office memang telah menjadi pilihan nomor satu dalam aplikasi dokumen editor. Tidak heran mengapa setiap orang sudah mengenal aplikasi yang fenomenal ini.

Jangan ditanya seberapa penting aplikasi tersebut, yang jelas menginstall aplikasi ini adalah wajib 'ain (wajib bagi setiap komputer dan laptop), hehehe.

4. Adobe Flash Player

User biasa mungkin tidak terlalu peduli dengan aplikasi yang satu ini. Namun bagi teknisi komputer, dulu aplikasi ini wajib diinstall pada setiap komputer yang diinstall ulang.

Fungsi umum adobe flash player adalah agar bisa memutar video berformat pada sebuah web, melakukan chat dan lain sebagainya.
Baca Juga : Kegunaan dan Fungsi Dari Adobe Flash Player
Namun sejak era HTML5, flash player tidak dibutuhkan lagi untuk bisa memutar video atau bermain game online, salah satu penyebabnya yaitu karena lemahnya keamanan yang ada.

Untuk info selengkapnya dapat kalian baca di artikel : Adobe Flash Bakal Berakhir Di Tahun 2020. Lalu Bagaimana?

5. Browser

Browser memang sangat penting dan harus terinstall di komputer, tujuannya adalah agar kita bisa terhubung dengan dunia luar melalui Internet.

Saya rasa orang di zaman sekarang pasti sangat membutuhkan Internet, baik untuk sekedar berkomunikasi, berbisnis, mencari hiburan ataupun yang lainnya. Maka browser menjadi senjata utama yang harus disediakan di komputer kita.

Browser yang saya rekomendasikan disini yaitu Google Chrome, Opera Mini, UC Browser dan Mozila Firefox.

Namun bagi kalian para pengguna windows 10 sebenarnya tidak perlu menginstall browser tambahan karena telah tersedia microsoft edge sebagai browser yang ringan.

Dengan menggunakan microsoft edge baterai laptop bisa menjadi lebih awet dan hemat data pula.
Baca Juga : Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 10 Agar Tidak Cepat Habis. Dijamin Awet Sampai 300%
Namun dengan fitur yang terbatas terkadang manusia kurang puas, sehingga tetap saja menginstall browser tambahan.

Pilihan sepenuhnya ada di tangan kalian, tapi rekomendasi browser tetap saja yang telah saya sebutkan diatas.
Baca Juga : 6 Cara Mempercepat Browsing Internet Menggunakan Google Chrome

6. PDF Reader

PDF Reader dulunya memang sangat dibutuhkan untuk membuka dokumen berbentuk .pdf, namun sekarang Google Chrome telah mendukung fitur agar dokumen .pdf bisa dibuka tanpa harus ribet install aplikasi lagi.

Saya sendiri masih setia menggunakan produk adobe, yaitu Adobe Reader untuk keperluan membuka file .pdf karena fiturnya yang lebih melimpah dibanding Google Chrome.

Google Chrome yang notabenya adalah sebuah browser tentu saja lebih memfokuskan fiturnya untuk berselancar melalui Internet. Sedangkan Adobe Reader memang dirancang khusus untuk membuka file berbentuk .pdf.

Namun bagi kalian yang tidak suka ribet dan berpegang teguh pada prinsip "asal bisa dibuka, ngapain pake aplikasi lain" maka Google Chrome sudah cukup menjadi browser plus pembuka dokumen .pdf.

7. Antivirus

Virus memang bukan lagi masalah yang ringan saat ini dengan banyaknya efek yang ditimbulkan. Karena bisa saja sebuah virus mengambil data-data pribadi tanpa sepengetahuan kita.

Untuk mencegah masalah tersebut salah satunya yaitu menginstall aplikasi Antivirus di komputer kalian. Antivirus yang saya rekomendasikan adalah Avast, Bitdeffender, Kaspersky, AVG Antivirus, Panda Antivirus dan tentunya Windows Deffender.
Baca Juga : Wah Parah!!! 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya

8. WinRAR

WinRAR juga punya peran yang sangat penting dalam pengolahan file, bisa dikatakan WinRar merupakan aplikasi yang wajib diinstall bagi setiap orang yang mempunyai komputer/laptop.

Apalagi rata-rata aplikasi yang bertebaran di Internet menggunakan format Rar/Zip agar tidak mudah terserang virus, bisa dipecah menjadi beberapa file dan banyak manfaat lainnya.

Untuk mengetahui beberapa manfaat WinRAR silahkan baca Nyesel Nggak Baca!!! Inilah 7 Manfaat Dan Kelebihan WinRAR

9. Pemutar Musik

Hiburan memang sangat dibutuhkan bagi setiap orang, memutar musik adalah salah satu cara membuang rasa jenuh maupun bosan yang amat ampuh. Untuk memutar musik tentu saja kalian memerlukan aplikasi yang bisa membuka file musik tersebut.

Windows sendiri telah menyediakan aplikasi bawaan yang dapat kita manfaatkan, namun dari segi fitur yang kurang terkadang orang-orang lebih memilih menggunakan aplikasi lain.

Ada 2 aplikasi pemutar musik yang saya rekomendasikan disini, yaitu Aimp dan Winamp. Keduanya memiliki fitur yang lengkap, namun saya sendiri lebih memilih Aimp karena sering memutar musik sambil ditinggal tidur.

Untuk mengatasinya pun saya menggunakan Aimp agar setelah waktu yang ditentukan komputer bisa men-shutdown/sleep secara otomatis.

10. Pemutar Video

Aplikasi terakhir yang wajib kalian install setelah melakukan install ulang adalah pemutar video. Sama dengan pemutar musik, windows sendiri telah menyediakan aplikasi bawaan yang dapat memutar file video maupun film yang kita simpan.

Namun lagi-lagi dengan fitur yang masih kurang, hal itu menyebabkan orang-orang enggan menggunakan aplikasi bawaan tersebut.
Baca Juga : Cara Memperkecil Ukuran Video Dengan Handbrake Tanpa Khawatir Merusak Kualitas Video
Lalu apa rekomendasi aplikasi yang bagus dan dilengkapi dengan fitur yang melimpah? Disini saya sarankan menggunakan GOM Player atau VLC Player.

Keduanya memiliki fitur yang sangat lengkap dan sangat membantu kita untuk melakukan settingan-settingan khusus. Saya sendiri memilih VLC menjadi aplikasi utama pemutar film dan video.

Alasannya karena VLC lebih stabil dari aplikasi yang lain, hampir mirip dengan Windows Media Classic. Namun Windows Media Classic terlalu jadul dan lebih minim fitur. Selain stabil, VLC juga lebih ringan saat dibuka, dan tampilannya cukup modern.

Selain itu, yang saya suka adalah sinkronisasi subtittle yang mudah ketika antara video dan subtittle tidak selaras. Masih banyak juga alasan lain mengapa saya lebih memilih VLC dibanding yang lain.

Akhir Kata


Semua aplikasi yang admin jelaskan diatas hanyalah sebatas saran, karena setiap orang berbeda-beda kebutuhannya.

Jika ia seorang desainer maka corel draw atau adobe illustrator sangat penting untuk diinstall, jika ia seorang editor video maka adobe premiere atau vegas bisa menjadi aplikasi utama yang akan ia gunakan, begitu pula dengan profesi yang lainnya.

Jadi setiap akan memasang aplikasi ya sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, namun tidak menutup kemungkinan 10 aplikasi diatas tetap diperlukan mengingat fungsnya yang begitu penting.

Diluar 10 aplikasi tersebut tentu masih ada lagi aplikasi lain yang mungkin perlu diinstall, silahkan tuliskan saja saran aplikasi kalian di kolom komentar.
Baca Juga : Cara Membuat Password File Dan Folder Dengan Notepad Pada Flashdisk / Harddisk
Demikianlah artikel hari ini tentang 10 aplikasi yang perlu diinstall setelah install ulang windows. Semoga bermanfaat, selamat melanjutkan aktifitas dan sampai jumpa lagi di lain artikel.

Share artikel ini kepada teman-temanmu

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Pemberitahuan
Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya - Ali Bin Abi Thalib
Tutup