author photo
Cara Copy Paste Agar Tidak Berubah Dan Tanpa Merubah Format
Hallo sobat Aurora Tekno Indonesia semua. Sudah lumayan lama postingan-postingan di blog ini agak melenceng dari topik utama yah 😁. Tapi tenang aja, fokus utama blog ini adalah tentang tips dan trik, jadi yang keluar topik hanya sedikit. Nah sekarang admin mau bagi-bagi tutorial lagi nih. Penasaran? Yang akan admin bagikan kali ini yaitu cara copy paste agar tidak berubah, tidak berantakan dan tanpa merubah format (berlaku juga untuk excel).

Pada saat melakukan copy paste, masalah yang paling sering muncul adalah format text yang tidak ikut tercopy, sehingga hal ini menyebabkan hasil copy paste menjadi berantakan serta berubah-ubah nilainya. Di bawah ini ada 2 kasus yang mirip-mirip dengan persoalan diatas, jadi sesuaikan dan pilih mana kasus dan solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan kalian yah.

Cara Copy Paste Agar Tidak Berubah Dan Tanpa Merubah Format :

1. Menggunakan Paste Special

Ketika kalian melakukan copy paste angka atau tulisan yang dihasilkan dari sebuah rumus (baik rumus dari tabel, microsoft excel ataupun rumus dari sebuah situs web) biasanya yang muncul adalah tanda pagar (#####), #REF!, angka 0 atau pesan error lainnya. Hal tersebut terjadi karena yang tercopy adalah rumusnya, bukan angka/value-nya, sedangkan yang kita butuhkan adalah value-nya.

Baca Juga : Tahukah Anda Dibalik Klik Tombol Accept Pada Saat Install Aplikasi Atau Membuat Akun?

Value apa sih bang? Value yang saya maksud yaitu nilai-nya, entah itu bentuknya angka maupun tulisan. Nah untuk mengatasi hal tersebut kita harus menggunakan paste special saat menempelkan tulisan/angka yang dicopy. Ini bertujuan agar format text tetap terjaga, dan yang tercopy adalah value-nya.

- Melakukan copy paste special di microsoft excel :
  • Copy tulisan yang dipilih
  • Klik kanan dan pilih Paste Special
Cara Copy Paste Agar Tidak Berubah Dan Tanpa Merubah Format
Paste Special
  • Selanjutnya pilih Values dan klik ok
Cara Copy Paste Agar Tidak Berubah Dan Tanpa Merubah Format
Pilih Value
Perhatikan gambar diatas, jika kalian ingin mencopy value/nilai-nya saja maka pilih Values. Namun apabila kalian ingin mencopy formatnya saja maka pilih Formats. Dan ingat, cara pertama yang saya jelaskan ini berlaku untuk microsoft excel.

- Melakukan copy paste special di microsoft word :
  • Copy tulisan seperti biasa
  • Pada menu home, arahkan mouse ke Paste dan pilih Paste Special, atau kita bisa menggunakan tombol kombinasi keyboard Alt+Ctrl+V untuk mempercepat
Cara Copy Paste Agar Tidak Berubah Dan Tanpa Merubah Format
Pilih Paste Special
  • Selanjutnya pilih HTML Format agar format text tetap terjaga
Cara Copy Paste Agar Tidak Berubah Dan Tanpa Merubah Format
Pilih HTML Format
Perhatikan gambar diatas, memilih HTML Format akan menjaga format text yang ada. Namun dapat membuat struktur html ikut tercopy lalu menyebabkan tulisan berantakan. Untuk menghindarinya pilih Unformatted Text atau Unformatted Unicode Text, dengan begitu hanya value/nilai-nya saja yang akan tercopy.

Baca Juga : 6 Cara Mengetahui Tulisan Hasil Copy Paste Di Word Dengan Mudah Dan Terbukti 100% Ampuh

2. Mengubah Aturan Copy Paste

Untuk cara kedua ini dapat kalian terapkan ketika ingin tulisan yang di copy paste secara otomatis mengikuti format yang telah ditentukan. Jadi kalian tidak perlu mengganti-ganti format lagi setiap melakukan copy paste. Simak langkah-langkahnya berikut ini.
  • Pada jendela menu microsoft word, klik File (Persis di sebelah menu Home)
  • Pilih Options (Ada di paling bawah)
  • Buka pilihan Advanced, cari bagian cut, copy, and paste  dan sesuaikan 4 opsi menjadi seperti di bawah ini
Cara Copy Paste Agar Tidak Berubah Dan Tanpa Merubah Format
Menyesuaikan Pengaturan Cut, Copy Dan Paste

  • Jika sudah klik ok dan lakukan copy paste lagi

Trik Tambahan :

Kalian juga bisa melakukan copy paste melalui notepad agar pengaturan tidak berubah-ubah dan hasil copy paste tidak berantakan, baik saat copy paste di word maupun excel. Selain itu terdapat banyak trik seputar copy paste yang harus kalian ketahui, selengkapnya dapat kalian lihat pada artikel tentang Cara Ampuh Agar Copy Paste Tidak Ketahuan Oleh Siapapun

Nah sob, apakah artikel ini membantu? Jika iya jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kalian yah. Jika ada pertanyaan silahkan tulis saja di kolom komentar, innsyaallah admin akan langsung membalasnya jika tak ada kesibukan lain.

Sekian artikel yang dapat saya bagikan hari ini tentang cara copy paste agar tidak berubah dan tanpa merubah format (berlaku juga untuk excel). Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa untuk selalu update artikel terbaru Aurora Tekno dengan cara berlangganan melalui email pada form yang telah disediakan di bawah.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post