Siap Jadi Lebih Baik? #Ayo Hijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia - Aurora Tekno
Artikel Terbaru
Loading...

Rabu, 24 April 2019

Siap Jadi Lebih Baik? #Ayo Hijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia

Siap Jadi Lebih Baik? #Ayo Hijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia
AURORATEKNO.COM ~ Assalamu'alaikum Wr... Wb... Hari ini, tepatnya hari rabu tanggal 24 April 2019 admin mempunyai topik bahasan yang cukup berbeda dari sebelumnya. Admin harus membagikannya karena hal ini amat penting bagi semua orang terutama umat muslim dan muslimah di Indonesia. Nabi Muhammad SAW sendiri pernah bersabda yang artinya “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Siapkah Menjadi Lebih Baik? #Ayo Hijrah


Penulis sendiri mengucapkan banyak rasa terima kasih kepada pihak Bank Muamalat Indonesia yang telah membuka kesempatan kepada kita semua untuk berhijrah menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Kesempatan seperti apakah itu? Selengkapnya akan admin jelaskan di bawah. Dengan melalui tulisan ini, admin berharap seluruh umat muslim dan muslimah khususnya di Indonesia agar lebih bersemangat untuk berhijrah dan tetap berada di jalan yang lurus, yaitu jalan yang diridhoi Allah SWT.

Sebaik-baik manusia adalah manusia yang senantiasa belajar dari kesalahan dan selalu memperbaiki diri. Hal itu dijelaskan dalam sabda beliau Nabi Muhammad SAW yang artinya

Setiap anak Adam (manusia) banyak melakukan kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah yang (mau) bertobat.” (Hadits dari sahabat Anas bin Malik z, dan dinyatakan hasan oleh asy-Syaikh al-Albani dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi no. 2499, cet. al-Ma’arif)

Untuk itu, penulis mengajak kepada diri sendiri dan pembaca sekalian untuk berubah ke arah yang lebih baik. Mari kita bersama-sama meninggalkan hal-hal yang buruk, mulai dari hal kecil dan senantiasa menjaga diri agar tidak lagi melakukan segala maksiat yang pernah dilakukan.

Kita selalu butuh orang lain untuk menuntun diri kembali ke jalan yang benar dengan cara saling mengingatkan dalam hal kebaikan. Pergaulan juga menjadi hal mendasar mengapa seseorang selalu melakukan hal buruk tanpa rasa salah sedikitpun.

Tanpa sadar, jika kita selalu melakukan dosa kecil maka kita akan menganggap dosa besar sebagai hal yang biasa. Sungguh hal ini telah terjadi di tengah-tengah kehidupan kita. Bahkan banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya sedang terjerumus dalam dosa yang besar.
Baca Juga : Susah Bangun Tidur? Lakukan 7 Cara Jitu Ini. No 4 Paling Ampuh
Apa saja dosa besar yang telah Allah terangkan dalam ayat suci Al-Qur'an? Berikut 10 dosa besar yang dikutip dari Islampos :

  1. Syirik (Menyekutukan Allah SWT)
  2. Berputus asa dari mendapatkan rahmat Allah SWT
  3. Merasa aman dari ancaman Allah SWT
  4. Durhaka kepada orangtua
  5. Membunuh
  6. Menuduh wanita baik-baik berbuat zina
  7. Memakan riba
  8. Lari dari medan pertempuran
  9. Memakan harta anak yatim
  10. Berbuat zina

Nah demikianlah 10 dosa besar menurut Al-Qur'an yang harus kita hindari. Salah satu dosa besar yang sering kita abaikan adalah poin nomor 7, yaitu MEMAKAN RIBA. Sebagian orang akan merasa tersinggung ketika dijelaskan masalah ini.

Admin sendiri merasa sedih, mengapa mereka seringkali berbalik menjadi manusia arogan dan tidak menunjukkan sikap yang baik ketika mendapatkan peringatan mengenai dosa besar yang satu ini.

Benar sekali dan sangat tepat mengenai apa yang telah di sampaikan beliau nabi Muhammad SAW tentang ketidakpedulian kita sebagai manusia dalam menghadapi dosa besar. Berikut sabda beliau yang artinya

"Sungguh akan datang suatu masa, saat itu manusia tidak lagi peduli dengan cara apa dia menghasilkan harta, apakah dari sesuatu yang halal ataukah haram !" [HR. Bukhâri]

Naudzubillah.... Semoga kita tidak menjadi salah satu golongan orang yang fasik dan selalu dalam lindungan serta rahmat-Nya. Karena itu, wajib bagi kita untuk lebih berhati-hati dalam menjalani kehidupan sehari-hari, apalagi ketika berbicara mengenai masalah RIBA ini.

Selalu memohon petunjuk dan meminta ampunan dari-Nya adalah salah satu hal yang dapat kita lakukan sebagai umat muslim yang taat.

Di lain itu, admin ingin mengajak diri sendiri dan seluruh para pembaca untuk mengenal lebih lanjut tentang transaksi tanpa riba dan sesuai dengan syariat Islam, tentu saja bersama Bank Muamalat Indonesia.
"#Ayo Hijrah, Untuk Menuju Hidup Yang Lebih Baik"

Cerita Penulis Mengenai Momen #Ayo Hijrah


Sebelumnya, bahkan sampai kemarin sebelum admin menemukan postingan mengenai Bank Muamalat Indonesia, admin telah merasakan 2 hal yang membuat diri ini selalu merasa bersalah. 2 Hal tersebut adalah

"Apakah harta yang saya makan selama ini halal dan sesuai dengan syariat Islam?" dan yang kedua adalah "Apakah saya sudah lebih baik dari kemarin, atau semakin buruk?"

Pertanyaan tersebut sudah lama sekali berada dalam pikiran. Selama itu admin terus menerus merasa bersalah karena tahu, bahwa harta yang saya makan masih melalui jalan yang salah (RIBA). Dan yang telah saya lakukan selama ini adalah dosa besar.

Berat sekali rasanya meninggalkan sebuah dosa besar yang telah melekat dalam kehidupan sehari-hari, apalagi ketika sudah dianggap hal normal oleh banyak orang.

Namun lain halnya dengan hati ini yang selalu menolak dan terasa mati ketika saya terus menerus melakukan kesalahan berupa dosa besar maupun dosa kecil. Lama-kelamaan, diri ini tak kuasa menahan sakit ketika hati dibiarkan mati tanpa diisi hal-hal yang baik.
Baca Juga : Tips Mengobati Mata Yang Sakit Karena Terlalu Sering Memandang HP, Laptop Dan Lain-Lain
Akhirnya, saya pun sedikit demi sedikit memperbaiki diri mulai dengan hal kecil. Misalnya dengan sholat tepat waktu, makan dan minum sesuai sunnah rasulullah dan memperbanyak kajian ilmu.

Alhamdulilah, ditambah lagi dengan mengenal Bank Muamalat Indonesia kini admin punya solusi untuk masalah yang kerap menjadi persoalan hidup. Ditengah-tengah canggihnya teknologi, ketika kita ingin melakukan sebuah transaksi dengan mudah tanpa ada unsur riba di dalamnya, maka Bank Muamalat menjadi solusinya.

Sungguh besar manfaat yang kita dapatkan setelah berhijrah, hidup akan menjadi lebih tenang dan lebih indah. Hati pun akan terasa hidup dan lebih bersemangat untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Harapan akan selalu ada karena kita percaya bahwa Allah lah sebaik-baik sutradara kehidupan kita, dialah yang telah menciptakan skenario yang luar biasa untuk seluruh umat manusia.

Ya walaupun admin sendiri belum sepenuhnya berhijrah menjadi lebih baik, setidaknya admin selalu berusaha untuk menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, mari ramai-ramai kita dukung #Ayo Hijrah Bersama Bank Muamalat

Apa Itu #Ayo Hijrah?


Singkatnya, Hijrah sendiri bermakna berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya dan meninggalkan segala hal buruk yang pernah dilakukan. Sedangkan #Ayo Hijrah merupakan gerakan yang digalakkan untuk mengajak umat agar mengevaluasi diri dan berubah menjadi manusia yang lebih baik.

#Ayo Hijrah juga merupakan program dari Bank Muamalat dalam rangka mengajak seluruh masyarakat untuk mengelola uang sesuai dengan syariat Islam. Program ini menjadi salah satu jalan agar kita tetap menjalani hidup secara syar'i dan sesuai tuntunan Islam yang baik dan berkah.

#Ayo Hijrah yang diadakan oleh Bank Muamalat juga mengajak seluruh umat muslim dan muslimah khususnya di Indonesia untuk berhijrah dalam hal layanan perbankan (pengelolaan keuangan). Bank Muamalat sendiri telah menggunakan metode/sistem perbankan yang sesuai dengan tuntunan dan syariat islam.
Siap Jadi Lebih Baik? #Ayo Hijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia
#Ayo Hijrah

Apa Itu Bank Muamalat Indonesia?


Bank Muamalat sendiri merupakan bank syariah yang berdiri sejak tahun 1992. Bank Muamalat juga tidak menginduk dari bank lain, sehingga kemurnian syariah-nya tetap terjaga.

Pengelolaan dana di Bank Muamalat pun telah didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah.

Bank Muamalat memilki produk dan layanan keuangan yang lengkap dan ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat, jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar Negeri.

Wah sudah sampai ke luar Negri juga ternyata ya? Nah itu sebagai bukti bahwa Bank Muamalat telah menjadi salah satu bank syariah terbaik di Indonesia.

Bagaimana Cara Kerja Bank Muamalat Indonesia?


Setelah mengetahui apa itu Bank Muamalat Indonesia mungkin ada yang penasaran dengan cara kerjanya, berapa setoran awal jika ingin menjadi nasabah dan lain sebagainya. Prinsip dan cara kerja Bank Muamalat Indonesia diatur berdasarkan syariah (hukum) agama Islam.

Akad dalam perbankan syariah pun telah disesuaikan menurut ajaran islam, dan tata caranya didasarkan pada ketentuan Al-Qur'an dan Hadits.

Sekarang, mari kita mengenal lebih lanjut apa saja istilah umum yang seringkali digunakan dalam perbankan syariah :

1. Akad

Akad merupakan ikatan/kesepakatan antara nasabah dengan pihak bank, yakni Ijab (pernyataan melakukan ikatan) dan Kabul (pernyataan penerimaan ikatan)

2. Margin

Merupakan besarnya keuntungan yang disepakati antara pihak bank dan nasabah atas transaksi pembiayaan dengan akad jual beli

3. Nisbah

Merupakan porsi bagi hasil antara bank dan nasabah dengan dilakukannya transaksi pendanaan serta pembiayaan dengan akad bagi hasil

4. Murabahah

Merupakan akad jual beli dimana harga dan keuntungan akan disepakati antara pihak penjual dan pembeli

5. Mudharabah Muqayyadah

Merupakan Akad yang dilakukan antara pemilik modal untuk usaha yang ditentukan oleh pemilik modal (Shahibul Mal) dengan pengelola (Mudharib), dimana nisbah bagi hasil telah disepakati di awal untuk dibagi bersama, sedangkan kerugian akan ditanggung oleh pemilik modal

Setelah mengenal apa saja istilah yang sering digunakan dalam perbankan syariah, mungkin masih ada yang penasaran berapakah setoran awal jika ingin menjadi nasabah Bank Muamalat? Setoran awal yaitu Rp 100.000, dan setoran minimum selanjutnya adalah Rp 10.000.

Tidak memberatkan kan? Syarat untuk pembukaan rekening pun sangat mudah, cukup mengisi formulir pembukaan rekening yang telah disediakan dan melampirkan photo copy KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku dan NPWP ataupun surat pernyataan.

Nah untuk itu, mari kita bersama-sama melakukan hijrah bersama Bank Muamalat Indonesia melalui program #Ayo Hijrah yang sedang digalakkan.

Innsya allah, admin sendiri akan mulai membuka rekening di Bank Muamalat sebagai langkah awal hijrah kita dalam mengelola uang melalui perbankan agar hidup terasa lebih berkah.
Siap Jadi Lebih Baik? #Ayo Hijrah Bersama Bank Muamalat Indonesia
#Ayo Hijrah
Demikianlah postingan yang dapat saya bagikan mengenai #Ayo Hijrah bersama Bank Muamalat Indonesia.
Baca Juga : Tiba-Tiba Merasa Bijak Dan Lebih Bersemangat Setelah Nonton Film Ini
Semoga dapat menginspirasi dan memberikan semangat untuk berhijrah ke arah yang lebih baik.

Semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, amiiin ya robbal alamin.. Wassalamu'alaikum Wr.... Wb.....

Share artikel ini kepada teman-temanmu

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Pemberitahuan
Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya - Ali Bin Abi Thalib
Tutup