author photo
Cara Membuat Dan Menambah Lokasi Baru Di Google Maps Yang Belum Ada Di Peta
AURORATEKNO.COM ~ Sebenarnya akhir-akhir ini saya lagi malas nulis artikel. Sungguh tak ada semangat mengalir sedikitpun. Mungkin sebuah kebetulan atau apa, disaat saya sedang malas begini ada saja hal yang tak terduga yang membuat semangat kembali. Salah satunya yaitu ada yang request artikel tentang cara membuat dan menambah lokasi baru di Google Maps yang belum ada di peta.

Tentu saja dengan begini saya lebih semangat menulis karena ilmu yang saya bagikan langsung tersalurkan kepada orang yang membutuhkannya.

Dengan bagitu, artikel yang saya tulis ini tidak sia-sia tenggelam karena sulitnya masuk ke tren pencarian google (halaman 1 google). Emang sulit ya bang? Jangan tanya lagi, sampai jungkir balik saya memperjuangkan ini 😁.

Oke kembali lagi ke topik bahasan seperti pada judul diatas. Membangun sebuah bisnis membutuhkan strategi khusus yang wajib dikuasai oleh setiap orang.

Salah satu metode ampuh yang sedang tren di zaman ini adalah dengan memasang iklan. Entah itu bentuknya iklan di sosmed, Tv, google, blog, story whatsapp, banner di jalan raya, plang dan lain sebagainya.

Namun apakah kalian sadar, dengan memanfaatkan fitur pada Google Maps bisnis kita akan lebih terlihat professional? Sayangnya, hanya sedikit orang yang memperhatikan hal ini.

Bagi pengguna smartphone seperti saya, jika akan mencari sebuah tempat maka yang menjadi senjata utama adalah google maps, nah yang kedua baru tanya-tanya orang terdekat.

Yaps, bagi anak milenial seperti saya ini 😂, memang teknologi sangat diandalkan. Bukan cuma saya loh, yang lain juga demikian. Jadi apa kesimpulannya? Kesimpulannya adalah manfaatkan hal yang sedang menjadi tren.

Yang sedang tren disini maksudnya adalah memanfaatkan Google Maps untuk menambah lokasi baru yang belum ada di peta.

Dengan begitu, bisnis kita akan semakin dikenal oleh kalangan umum dengan adanya lokasi di Google Maps, selain itu bisnis kita akan terlihat lebih professional. 

Oke, sebelum topik bahasan semakin panjang dan lebar, mari kita simak cara membuat dan menambah lokasi baru di Google Maps dengan mudah.

Cara Membuat Dan Menambah Lokasi Baru Di Google Maps Yang Belum Ada Pada Peta Melalui Android :


1. Jika Google Maps yang kalian gunakan adalah versi jadul, maka update terlebih dahulu aplikasi Google Maps yang ada di smartphone masing-masing.
Cara Membuat Dan Tambah Lokasi Baru Di Google Maps Yang Belum Ada Di Peta
Update Aplikasi

2. Setelah Google Maps kalian update, buka aplikasi tersebut

3. Klik menu strip tiga di sebelah kiri (⇶) atau bisa juga slide dari kiri ke kanan

4. Pastikan muncul menu seperti di bawah ini dan scroll ke bawah. Untuk menambahkan tempat, klik Tambahkan tempat
Cara Membuat Dan Tambah Lokasi Baru Di Google Maps Yang Belum Ada Di Peta
Menambahkan Tempat Di Google Maps

5. Isikan identitas yang diperlukan
Penjelasan lengkap mengenai data yang diisikan ada di bawah gambar
Cara Membuat Dan Tambah Lokasi Baru Di Google Maps Yang Belum Ada Di Peta
Deskripsi Tempat Dan Data Lengkap


Penjelasan :

  • Nama : Tambahkan nama tempat yang nantinya akan muncul di Google Maps
  • Kategori : Tentukan kategori tempat yang anda tambahkan. Apakah berupa restoran, kafe, kantor, sekolah atau yang lainnya
  • Lokasi : Nah untuk yang ini bisa kalian isi manual dan bisa juga otomatis. Saran saya, lebih baik langsung saja klik tanda titik di sebelah kanan atau klik update lokasi di peta agar data lebih akurat dan nggak perlu nulis-nulis 😁
  • Sesuaikan, geser dan letakkan pin pada tempat yang sesuai dengan lokasi sebenarnya.
  • Jika alamat masih perlu dilengkapi, maka jangan sungkan untuk melengkapinya walaupun sudah dipasang pin lokasi. Misalnya mau menambahkan keterangan tambahan mengenai nomor RT/RW atau nama jalan dan gang.
  • Tambahkan detail lainnya agar data lebih lengkap, klik saja menu Tambahkan nomor telepon, jam buka, situs, tanggal buka dan foto. Setelah itu, akan muncul menu seperti di bawah ini
Cara Membuat Dan Tambah Lokasi Baru Di Google Maps Yang Belum Ada Di Peta
Menu Selengkapnya
  • Untuk kolom terakhir terkait Jam buka, Kontak dan Situs saya rasa kalian sudah paham lah. Tinggal isi data sesuai dengan keadaan, tidak ada hal khusus yang perlu diperhatikan disini.
  • Jangan lupa klik Tambahkan foto agar lokasi tidak mencurigakan dan mudah ditemukan oleh seseorang.
  • Jika identitas dirasa sudah lengkap dan beres maka klik kirim (ikon pesawat kertas) pada pojok kanan atas layar (lihat pada gambar nomor 5 diatas).

Catatan :

Isikan semua data dengan valid, kalau mau ngarang juga nggak apa-apa, toh nanti bisa di edit 😁. Tapi usahakan langsung masukkan data yang sesuai yah, karena terkadang saat kita edit agak susah disetujui Google Maps.
6. Selesai, silahkan lakukan uji coba menggunakan Google Maps dengan smartphone / laptop orang lain. Jika belum terindex, tunggu beberapa hari dan lakukan cek lagi.

Cara Membuat Lokasi Tempat Baru Di Google Maps Melalui Browser :


Bagi kalian yang ingin menggunakan browser untuk menambah tempat baru di Google Maps jangan khawatir, admin tulis juga tutorialnya secara lengkap dan jelas. Simak selengkapnya di bawah ini :

1. Pertama-tama buka google maps di browser masing-masing.

2. Klik kanan pada map, kemudian pilih tambahkan tempat
Cara Membuat Dan Menambah Lokasi Baru Di Google Maps Yang Belum Ada Di Peta
Tambahkan Tempat

3. Untuk langkah selanjutnya sama persis dengan diatas. Silahkan sesuaikan saja data-data yang akan dimasukkan.

Nah sekarang kita bisa menambah lokasi baru di Google Maps dengan mudah. Kalian sendiri lebih suka pakai cara yang mana nih? Tenang saja, kedua cara tersebut sama-sama mudah kok 😁.

Demikianlah artikel yang dapat admin bagikan hari ini, semoga bisa bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Sampai jumpa lagi di lain artikel dan jangan lupa untuk selalu update artikel terbaru Aurora Tekno.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post