Mengatasi Data Flashdisk Hilang & Setiap Copy File Corrupt - Aurora Tekno
Artikel Terbaru
Loading...

Rabu, 20 Februari 2019

Mengatasi Data Flashdisk Hilang & Setiap Copy File Corrupt

Data Flashdisk Hilang Tapi Kapasitas Ada? Setiap Mengcopy File Ke Flashdisk Selalu Corrupt?
AURORATEKNO.COM ~ Belum lama ini saya mengalami kejadian yang lumayan membingungkan, dimana data flashdisk hilang tapi kapasitas ada dan setiap mencopy file ke flashdisk selalu corrupt. Awalnya saya mengira terdapat virus pada flashdisk saya, tapi setelah saya format masih tetap saja.

Lalu saya mengira komputer saya yang terkena virus, tapi setelah saya memformatnya di tempat lain masih sama saja

 Tidak cukup sampai disitu, saya masih mengira lagi bahwa ada kegagalan sistem pada flashdisk tersebut, saya tidak tahu pasti, karena ini masih perkiraan juga "Hadeeh, kebanyakan perkiraan ente bang, hehehe..."

Eitsss, tapi jangan salah paham dulu. Perkiraan saya juga ada benarnya lohh, walaupun belum 100% benar 😁.

Mengapa saya mengira ada kegagalan sistem pada flashdisk (produk gagal)? Karena saya cek hidden file dan juga mengizinkan file sistem untuk ditampilkan ternyata file yang saya cari masih ada!!!

Tapi masalahnya file tersebut gak bisa dibuka dan ekstensinya masih menjadi file sistem. Wah apaan tuh bang saya gak paham?

Jadi, ketika saya izinkan secara full untuk menampilkan segala file (sekaligus file sistem) ternyata file yang saya cari tiba-tiba muncul namun dengan format yang berbeda.
Baca Juga : Flashdisk Tidak Bisa Menyimpan File Dan Tidak Bisa Diisi Data? Berikut Cara Mengatasinya!!!
Biasanya kan kalau kita naruh file lagu pasti rata-rata formatnya mp3/wav, kalau video ya mp4/avi/mkv, kalau aplikasi android ya apk, dan lain sebagainya.

Tapi yang saya temukan disini antara lagu, video, foto dan segala macam file berubah menjadi CHK. Bagi yang belum paham tipe file CHK yaitu format file berbentuk recovery atau file yang dapat dipulihkan.

Hal ini bisa saja terjadi jika kalian sering mencabut flashdisk/harddisk tanpa di eject terlebih dahulu. File CHK tersebut tidak akan bisa dibuka kecuali kita mengconvert-nya terlebih dahulu menjadi file asli.

Akhirnya saya pun mencoba mengconvert file tersebut menjadi file yang sebenarnya menggunakan sebuah aplikasi, namun hasilnya tetap nihil.

Setelah semua perkiraan saya tak ada yang sesuai, saya pun sempat pusing berhari-hari memikirkan solusinya dan kemudian saya melakukan beberapa riset sendiri serta ngobrol dengan teknisi-teknisi di forum, akhirnya saya pun mendapatkan jawabannya.

Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan tentang data flashdisk hilang tapi kapasitas ada? Dan bagaimana pula mengatasi masalah saat mencopy file ke flashdisk selalu corrupt? Simak penjelasannya secara lengkap hanya di Aurora Tekno.

Mengatasi Data Flashdisk Hilang & Setiap Copy File Corrupt


1. Terkena Virus

Hal yang pertama kali patut dicurigai adalah flashdisk/harddisk kalian terkena virus hingga menyebabkan data selalu hilang.

Virus adalah permasalahan yang menjengkelkan, biasanya kita sempat merasa "siapa sih yang bikin virus! Bikin ribet aja!".

Virus dibuat untuk banyak tujuan dan berbeda-beda pula efeknya, ada yang menyebabkan komputer panas (karena terlalu banyak proses), menyebabkan file hilang, menyebabkan komputer lambat, menyebabkan file menjadi aneh, dan lain sebagainya.

Namun pada artikel kali ini virus yang kita bahas adalah jenis virus yang menyebabkan file hilang. Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai virus, silahkan baca lebih lanjut pada artikel tentang 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya.

Tapi ketika mengalami kejadian dimana file terkena virus maka kalian tak perlu khawatir, masalah ini masih dapat ditangani dengan mudah kok.

Berhubung saya sudah menuliskannya di lain artikel, maka untuk menghemat waktu dan memahami lebih lanjut silahkan baca pada artikel yang saya rekomendasikan di bawah ini.
Baca Juga : 100% Berhasil!!! 2 Cara Mengembalikan File Yang Hilang/Terhapus Karena Virus
Pada artikel diatas sudah saya jelaskan bagaimana cara memunculkan kembali file yang kalian anggap hilang dan mungkin bisa mengatasi permasalahan dimana data flashdisk hilang tapi kapasitas ada alias sudah terpakai.

Namun jika solusi tersebut belum membuahkan hasil, mungkin pada pembahasan selanjutnya di bawah ini bisa membantu.

2. Bad Sector

Masalah kedua yang menyebabkan setiap mencopy file ke flashdisk selalu corrupt adalah terdapat bad sector pada flashdisk/harddisk kalian.

Setiap media penyimpanan mempunyai masalah besar dalam hal bad sector ini. Jika terdapat bad sector pada flashdisk/harddisk kalian maka setiap mencopy file akan selalu gagal dan corrupt.

Hal ini tidak lain karena sektor yang digunakan untuk menyimpan file sudah rusak, maka tidak dapat terbaca oleh komputer dan parahnya lagi bisa menyebabkan komputer ngelag bahkan macet total.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara mengatasinya silahkan baca artikel tentang Mengatasi Gagal Copy File "Can't Read From The Source File Or Disk" Dan Penjelasan Lengkap

3. Flashdisk Palsu

Nah untuk topik pembahasan yang ke-3 ini mungkin sering kita hadapi. Jika flashdisk yang kalian beli adalah flashdisk palsu, maka 2 masalah bisa muncul sekaligus. Yaitu data di flashdisk hilang tapi kapasitas ada dan setiap kita mencopy file ke flashdisk selalu corrupt.

Inilah kejadian yang membingungkan saya waktu itu, setelah kesana kemari mencoba solusi akhirnya saya mengetahui bahwa flashdisk yang saya beli adalah palsu.

Namun sayang sekali, jika flashdisk kalian palsu maka jalan satu-satunya adalah mengembalikan flashdisk tersebut dan meminta gantinya dengan yang baru (jika masih ada garansi).

Biasanya jika yang dijual adalah flashdisk palsu maka mereka tidak akan memberi garansi yang lama, paling hanya 2 hari, 1 minggu, 1 bulan atau bahkan tidak memberikan garansi sama sekali.

Disini saya hanya akan membantu bagaimana cara mengenali mana flashdisk palsu dan mana yang asli, selain itu saya juga akan memberikan trik bagaimana cara mengecek kapasitas flashdisk yang sebenarnya menggunakan aplikasi.

Mungkin lain waktu saya akan membagikan trik bagaimana cara melipatgandakan kapasitas flashdisk menjadi lebih besar.

Tapi agar saya semakin rajin posting bantu saya untuk membuat website ini menjadi lebih professional dengan kunjungan kalian. 😁

Kembali pada topik bahasan diatas, jika ingin mengetahui tentang bagaimana cara membedakan antara flashdisk asli dan palsu silahkan baca +7 Cara Mengecek & Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu.

Kemudian jika kalian ragu dan penasaran berapa sih kapasitas asli yang ada pada flashdisk tersebut?

Apakah benar seperti yang ada pada tulisan atau malah kapasitasnya palsu? Baca tutorial selengkapnya pada artikel di bawah ini.
Baca Juga : Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat
Silahkan pilih solusi yang cocok dengan permasalahan kalian, jika ada kesulitan silahkan ditanyakan.

Demikianlah artikel tentang cara mengatasi permasalahan dimana data flashdisk hilang tapi kapasitas ada dan setiap mencopy file ke flashdisk selalu corrupt.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa untuk selalu update artikel terbaru dari Aurora Tekno dan sampai jumpa lagi.

Share artikel ini kepada teman-temanmu

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Pemberitahuan
Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya - Ali Bin Abi Thalib
Tutup