Cara Mengatasi SD Card / Micro SD Write Protected Di Android Dengan Mudah - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Tutorial, Tips Dan Trik Komputer, Android, Serta Pengetahuan Lainnya

Wednesday, February 13, 2019

Cara Mengatasi SD Card / Micro SD Write Protected Di Android Dengan Mudah

 Cara Mengatasi SD Card / Micro SD Write Protected Di Android Dengan Mudah
Hallo sahabat Aurora Tekno Indonesia semuanya.... Jumpa lagi dengan saya yang tiada henti-hentinya membagikan tutorial, tips dan trik seputar android, komputer serta pengetahuan umum lainnya pada blog Aurora Tekno ini. Kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara mengatasi SD Card / Micro SD write protected di android dengan mudah. Semoga permasalahan yang kalian alami bisa teratasi setelah melakukan apa yang saya tulis disini.

Sebelumnya, pada artikel Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat) sudah saya jelaskan panjang lebar mengenai kasus write protected ini. Jika ingin mengetahui lebih detail mengenai masalah tersebut alangkah baiknya kita membaca artikel diatas terlebih dahulu. "Ah males bang, buruan nih dah pusing saya cari solusinya", wah kalo kalian sampe gak baca kebangetan, pasti nyesel deh. Heheheehe....

Pada umumnya, masalah write protected pada flashdisk dan sd card itu nggak jauh berbeda. Karena mereka sama-sama berfungsi sebagai media penyimpanan, hanya bentuk dan ukuran saja yang berbeda. Apalagi pesan error yang disampaikan pun sama, maka solusinya pun hampir sama. Namun menurut saya saat mengatasi masalah write protected pada sd card / micro sd agak lebih istimewa dibandingkan saat mengatasi write protected pada flashdisk. Wah kok bisa? Ya bisa, karena di sd card masalah ini lebih mudah ditangani, hehehee..
Tapi walaupun begitu yang di flashdisk pun tidak sulit kok untuk ditangani, hanya saja jika masalah write protected ini timbul di sd card ada salah satu solusi yang sangat mudah untuk dilakukan. Penasaran gimana caranya? Oke simak artikel ini dengan baik, jangan lupa sambil ngopi yah gan... 😁


Cara Mengatasi SD Card / Micro SD Write Protected Di Android :

1. Format Berkali - Kali

Cara pertama ini memang masih tergolong sangat mudah untuk dilakukan, namun kemungkinan berhasilnya pun sedikit. Disini kalian hanya tinggal memformatnya berkali-kali, tapi bukan berarti dengan saya menyarankan solusi ini kalian malah seenaknya sendiri memperlakukan sd card. Lakukanlah format yang sewajarnya, misalnya maksimal hanya sampai 7x (ini adalah batasan yang saya tentukan, lebih sedikit juga nggak apa-apa).

Setelah kalian melakukan format, maka akan ada keterangan gagal (jika langsung berhasil maka kalian adalah orang yang beruntung). Rata-rata akan mengalami gagal, kemudian lepaskan sd card dan pasang lagi. Lalu format lagi (cukup 1-2x), jika masih gagal silahkan lanjut ke solusi nomor 2. Perlu diketahui, untuk hasil yang maksimal lakukanlah format di komputer. Kalian tahu sendiri lah, ada beberapa HP yang tidak support format sd card.

Cara ini pernah saya lakukan dan terbukti langsung berhasil mengatasi masalah write protected pada sd card. Waktu itu saya beli sd card merk sandisk berukuran 64 GB di toko online, namun alangkah terkejutnya ketika saya memformatnya di komputer (saya terbiasa setelah membeli flashdisk/sd card baru maka yang pertama dilakukan adalah memformatnya dan mengecek kapasitasnya), saat saya memformatnya, tiba-tiba muncul peringatan "the disk is write protected". Waktu itu saya punya beberapa solusi yang ingin saya coba, namun setelah saya melakukan solusi pertama ternyata masalah sudah teratasi 😁😁😁. Oh iya, bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana cara mengecek kapasitas flashdisk maupun sd card bisa melihat artikel di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat

2. Geser Pengunci Adapter

Jika cara pertama masih gagal, cara kedua ini mungkin bisa menjadi solusinya. Solusi kedua ini adalah cara yang paling sering dan paling ampuh digunakan jika sd card mengalami write protected. Caranya pun sangatlah mudah, geser saja pengunci yang ada pada adapter sd card ke arah open (kebalikan dari arah lock).
 Cara Mengatasi SD Card / Micro SD Write Protected Di Android Dengan Mudah
 Menggeser Pengunci Adapter
Biasanya saat membeli sd card kita akan mendapatkan bonus adapter ini untuk keperluan transfer data ke perangkat lain. Nah rata-rata permasalahan write protected pada sd card bermula dari sini, entah kita lupa/tidak sengaja menggesernya, tidak tahu atau bahkan terjadi pada sd card yang baru saja dibeli. Jadi solusinya lihat pada gambar diatas, jika arah pengunci (lock) adapter adalah ke kanan, maka untuk membukanya (open) kita geser saja ke arah kiri, setelah itu sd card kita akan normal kembali.


3. Cara Lain (Sangat Ampuh)

Karena solusi lain sudah saya tuliskan dan jelaskan di postingan sebelumnya, untuk menghemat waktu kalian bisa melihat solusi selanjutnya pada artikel Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat). Cara tersebut sudah terbukti sangat ampuh untuk mengatasi write protected baik pada flashdisk maupun sd card. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan 4 solusi lain yang mungkin bisa kalian coba, semoga dapat membantu..

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan hari ini. Semoga bisa bermanfaat, selamat mencoba dan jangan lupa nantikan update terbaru artikel dari saya. Silahkan share artikel ini jika kalian menyukainya. Thanks and goodbye..

No comments:

Post a Comment