author photo
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
AURORATEKNO.COM ~ Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat) - Siapa nih yang lagi panik karena mengalami flashdisk write protected? Flashdisk tidak bisa diformat? Bingung gimana cara mengatasinya? Sudah hampir menyerah? Belum nemu solusi? Tenang saja, saya akan kupas tuntas semuanya pada artikel kali ini dengan jelas dan innsyaallah mudah untuk dipahami untuk kita semua.

Penyebab masalah write protected biasanya terjadi karena kita sering mencabut flashdisk secara tiba-tiba pada saat proses pembacaan/transfer file berlangsung. "Untuk menghindari kerusakan, maka flashdisk tersebut memproteksi dirinya sendiri agar tidak terjadi bad sector / kerusakan lain".

Begitu jawaban dari mastah/teknisi komputer handal yang pernah saya tanyai. Selain karena hal itu, biasanya write protected terjadi secara tiba-tiba pada flashdisk baru (belum di apa-apakan) atau mungkin juga karena keteledoran kita sendiri.

Pada umumnya, pengaruh write protected pada flashdisk kalian adalah tidak bisa mengisi file baru atau menghapus file lama, namun kalian masih bisa mencopy file yang ada didalamnya ke flashdisk atau komputer lain.

Jadi ketika kalian mengalami hal ini, masalahnya bukanlah pada data-data penting yang ada di flashdisk (karena kalian masih bisa menyelamatkan filenya), tapi justru kegunaan flashdisk tersebut.

Sedikit Berbagi Pengalaman :

Saya jadi ingat masa-masa awal sekolah SMK dulu. Waktu itu saya belum punya PC ataupun harddisk eksternal untuk menyimpan data. Sedangkan saya adalah salah satu orang yang suka mengumpulkan software b*jakan aneh-aneh (wajar lah baru awal-awal kenal yang namanya teknologi).

Nah pada saat itu saya perlakukan flashdisk sama seperti harddisk eksternal karena segala file penting dan juga kenangan ada disitu. Namun naas, saat itu saya tak sengaja menancapkan flashdisk ke komputer yang isinya virus.

Alhasil file saya pun hilang semua dan saya merasa frustasi saat itu. Namun setelah mencari solusi dan membaca beberapa referensi akhirnya saya bisa mengembalikan file-file penting tadi, jika ada yang penasaran gimana caranya silahkan baca artikel berikut :

Baca Juga : 100% Berhasil!!! 2 Cara Mengembalikan File Yang Hilang/Terhapus Karena Virus

Tidak cukup sampai disitu, beberapa bulan kemudian saya menemukan masalah baru. Yaitu masalah tentang write protected ini. Saya sudah mencoba seluruh metode yang ada, namun hasilnya nihil.

Saya sampai pusing berhari-hari dan tak kunjung menemukan solusi. Dengan segala keterbatasan ilmu saya waktu itu, saya hanya bisa mengandalkan guru teknisi komputer yang ada di SMK sebagai solusi terakhir.

Entah beliau memang sibuk atau apa lah, setelah sekitar 2 minggu guru teknisi bilang menyerah dan mengembalikan flashdisk saya dengan keadaan masih write protected. Kata beliau, flashdisk ini beda dengan yang lain, beliau sudah mencoba beberapa cara namun masih gagal.

Setelah kejadian itu saya menganggap ini adalah masalah yang sangat serius, teman saya nggak ada yang bisa waktu itu (wajar lah baru masuk SMK belum paham masalah ginian). Kemudian saya jadi ingat teknisi komputer yang bekerja di Tata Usaha, kata orang-orang dia teknisi yang sangat handal.

Akhirnya dengan segala hormat saya minta tolong kepada beliau. Setelah beberapa hari kata beliau pun masih gagal, dalam hati pun saya berkata "duh, wassalam nih flashdisk".

Baca Juga : Cara Untuk Mengecek Dan Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu. Terbukti 100% Ampuh!!!

Namun benar kata orang-orang bahwa dia adalah teknisi yang handal, setelah beberapa hari akhirnya flashdisk saya bisa terselamatkan dan menjadi normal kembali walaupun data didalamnya hilang (sudah di backup sih, hehe).

Saya pun bertanya kepadanya bagaimana caranya, penasaran apa yang di lakukannya? Berikut akan saya bagikan pengalaman saya kepada kalian bagaimana cara jitu mengatasi flashdisk yang write protected.

Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected Dan Tidak Bisa Diformat :

# Cara 1 : Format Berkali-Kali

Entah hal tersebut hanyalah kebetulan atau bukan, tapi saya pernah mengalami write protected dimana flashdisk langsung kembali normal hanya dengan melakukan format disk berkali-kali. Kalian bisa mencoba trik yang satu ini sebagai alternatif saat mengalami write protected pada flashdisk.

Perlu diketahui, cara ini saya lakukan pada flashdisk yang baru saja dibeli (Mungkin cara ini tidak akan berhasil jika flashdisk yang terkena write protected karena ulah kalian sendiri).

Langkah-langkahnya pun sangat mudah, kalian hanya perlu mencoba format beberapa kali (jangan lebih dari 7x agar tidak corrupt) dan kemudian akan ada keterangan gagal, cabut flashdisk dan pasang kembali ke port USB dan lakukan format lagi.

Jika memang tetap gagal jangan lakukan format lagi (percuma) 😁, kita coba lakukan solusi lain dibawah ini.

#  Cara 2 : Melalui CMD (Command Prompt)

Solusi kedua ini sudah sangat populer digunakan dan terbukti ampuh, yaitu dengan memanfaatkan CMD (Command Prompt). Cara ini pun masih tergolong mudah, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tutorial berikut :
  • Buka Command Prompt dengan cara klik start lalu ketik cmd, kemudian klik kanan pada Command Prompt dan pilih "Run As Administrator". Tujuan memilih Run As Administrator adalah agar perintah yang kita jalankan sepenuhnya punya hak akses tinggi dan minim kegagalan, saya sendiri jarang sekali membuka CMD tanpa Run As Admin.
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
Buka CMD Melalui Start Via https://www.auroratekno.com
Perhatikan perintah-perintah yang saya jalankan melalui CMD pada gambar bawah ini :
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
Perintah CMD Via https://www.auroratekno.com
Penjelasan :
  • Pertama, ketik diskpart lalu enter
  • Ketik list disk untuk menampilkan drive yang terhubung ke komputer/laptop kalian
  • Kemudian ada beberapa daftar drive/disk yang terhubung. Perhatikan dan sesuaikan kapasitas flashdisk kalian yang terkena write protected. Misalnya flashdisk saya ada di disk 1, maka perintah selanjutnya yaitu ketik select disk 1 lalu enter.
  • Setelah flashdisk tujuan terpilih (cek lagi dan pastikan yang kalian pilih adalah flashdisk yang bermasalah, jangan sampai salah pilih karena bisa saja kalian memformat disk lain), sekarang ketik lagi attribute disk clear readonly dan seperti biasa tekan enter lagi.
  • Selanjutnya ketik clean untuk menghapus dan membersihkan data di flashdisk dan tekan enter.
  • Jika sudah, ketik create partition primary untuk menciptakan partisi baru dan seperti biasa tekan enter.
  • Lanjutkan dengan perintah terakhir yaitu ketik perintah format fs=fat32 dan tekan enter lagi.
  • Tunggu saja proses hingga selesai dan flashdisk telah normal kembali.

# Cara 3 : Melalui Regedit (Registry Editor)
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
Regedit Via https://www.auroratekno.com
Jika cara kedua masih gagal, maka lakukanlah cara ke-3, yaitu melalui Regedit/Registry Editor. Cara ini juga sangat ampuh untuk mengatasi write protect pada flashdisk, langkah-langkah yang harus dilakukan pun tidak sulit. Berikut selengkapnya :
  • Pertama, klik start dan langsung saja ketik regedit. Setelah muncul, klik dan buka Regedit tersebut.
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
Buka Regedit Melalui Start Via https://www.auroratekno.com
  • Fokus pada jendela sebelah kiri, cari dan buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE dengan cara mengeklik tanda panah yang ada di sebelah kiri folder/path.
  • Cari dan klik tanda panah di path SYSTEM
  • Selanjutnya klik lagi tanda panah pada path CurrentControlSet
  • Lanjutkan dengan klik lagi tanda panah yang ada pada path Control
  • Pada path Control cari dan klik pada folder StorageDevicePolicies (klik foldernya ya, bukan di tanda panahnya)
  • Setelah masuk pada StorageDevicePolicies, selanjutnya fokus pada jendela sebelah kanan. Cari dan klik 2x pada menu WriteProtect dan ganti value menjadi 0.

Catatan :
Biasanya, folder/path StorageDevicePolicies yang kalian cari tidak ada. Jika hal itu terjadi, maka permasalahan write protected yang kalian alami bukan pada komputer tersebut. Namun jangan khawatir, kita masih bisa mengakalinya dengan menambah DWORD secara manual, apa itu? Perhatikan langkah-langkah berikut :

Baca Juga : Nyesel Nggak Baca!!! Inilah 7 Manfaat Dan Kelebihan WinRAR

Menambah DWORD Registry Secara Manual :

Seperti yang saya katakan diatas, cara ini hanya dilakukan jika folder StorageDevicePolicies tidak ada. Berikut langkah-langkahnya :
  • Klik kanan pada folder Control dan pilih New ⇒ Key. Selanjutnya beri nama StorageDevicePolicies (Sesuaikan antara huruf besar, kecil, tak ada spasi dan harus sama persis dengan yang saya tulis).
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
Membuat Registry Via https://www.auroratekno.com
  • Pada path StorageDevicePolicies klik kanan di ruang kosong dan pilih New ⇒ DWORD (32-bit) value. Beri nama DWORD tersebut WriteProtected (harus sama persis dengan yang saya tulis).
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
Membuat DWORD 32-Bit Via https://www.auroratekno.com
  • Jika sudah dibuat, seperti diatas klik 2x pada DWORD yang baru saja dibuat yaitu WriteProtect dan ganti value menjadi 0.
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
Mengubah Value DWORD Via https://www.auroratekno.com

Penting :
Jika sudah mengubah value menjadi 0, cabut flashdisk dan restart komputer. Terakhir, cobalah lakukan format lagi pada flashdisk yang terkena write protected.

Baca Juga : Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasannya

# Cara 4 : Menggunakan Aplikasi

Cara terakhir merupakan senjata utama ketika ketiga cara diatas gagal. Dan inilah cara yang digunakan teknisi komputer yang berhasil menyelamatkan flashdisk saya dulu. Waktu itu belum banyak yang paham mengenai masalah ini, apalagi saya yang baru awal-awal mengenal komputer.

Aplikasi yang digunakan disini pun bermacam-macam, tergantung merk flashdisk kalian, tapi khusus untuk 3 aplikasi yang akan saya jelaskan disini bersifat universal/bisa dipakai flashdisk jenis manapun.

Berikut adalah aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi write protected pada flashdisk :

1. FAT32 Format Tool GUI
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
FAT32 Format Tool GUI Via https://www.auroratekno.com
Flashdisk yang terkena write protected bisa diatasi dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Penggunaannya pun tidaklah rumit, kalian hanya perlu menentukan drive mana yang akan diformat dan klik saja start untuk memulai format disk.

Selanjutnya, jika berhasil maka flashdisk dapat langsung dipakai. Aplikasi yang satu ini dapat kalian dapatkan secara gratis, jika kalian ingin mencobanya silahkan klik link download di bawah.

Download FAT32 Format Tool GUI

2. USB Write Protect
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
USB Write Protect Via https://www.auroratekno.com
Aplikasi kedua ini memang identik dengan masalah yang dihadapi, yaitu write protect. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat memproteksi serta membuka proteksi flashdisk tujuan.

Penggunaannya pun tidaklah sulit, hanya saja kalian perlu menjalankan aplikasi ini dengan cara klik kanan lalu pilih Run As Administrator. Terdapat beberapa menu/opsi, pilihlah USB Device Write Protection dan klik disable.

Download USB Write Protect

3. USB Disk Storage Format Tool
Berikut 4 Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat)
USB Disk Storage Format Tool Via https://www.auroratekno.com
Saya pun tidak akan menjelaskan panjang lebar mengenai aplikasi terakhir yang saya rekomendasikan ini. Untuk menggunannya jalankan saja aplikasi tersebut, tentukan drive flashdisk yang akan diperbaiki, pilih file sistem menjadi FAT32, isi volume label dengan kata-kata terserah kalian (dikosongi juga boleh).

Dan penting, ceklist semua opsi yang saya lingkari agar hasilnya maksimal (tapi proses lebih lama), dan terakhir klik Format Disk.

Download USB Disk Storage Format Tool

Selain 3 aplikasi diatas, kalian juga bisa menggunakan aplikasi lain yang saya sebutkan di bawah ini. Namun jujur saja saya belum pernah membuktikan keberhasilan menggunakan aplikasi di bawah ini :

- mUsbFixer
- Apacer USB3.0 Repair Tool
- USB Flash Driver Format Tool
- Kingston Format Utility

Baca Juga : 8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet

Demikianlah 4 cara jitu/ampuh mengatasi flashdisk yang terkena write protected dan tidak bisa diformat. Jika kalian menemukan cara lain untuk mengatasi permasalahan yang satu ini, jangan sungkan untuk berbagi kepada yang lain di kolom komentar.

Sekian dari saya, jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan. Terima kasih, dan sampai jumpa lagi di lain artikel... 😇

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post