Saturday, February 23, 2019

author photo
11 Tips Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer Dalam Jangka Waktu Yang Lama
11 Tips Sehat Saat Bekerja Di Depan Komputer Dalam Jangka Waktu Yang Lama - Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan zaman membawa dampak yang sangat signifikan baik dari sisi pola kehidupan, kebutuhan sehari-hari, pekerjaan, peluang bisnis dan banyak hal lainnya. Begitu pula penggunaan komputer yang kian hari semakin diwajibkan berkat tingginya sumber informasi yang bisa di eksplor. Apalagi dengan era yang serba komputerisasi seperti sekarang ini, aktivitas di depan komputer bukan lagi menjadi hal yang baru bagi kalangan masyarakat umum.

Meski telah diketahui bahwa duduk dan berlama-lama dengan komputer tidak baik untuk kesehatan, namun tidak sedikit orang pula yang tetap melakukannya (termasuk saya sendiri, hehe). Entah dengan alasan pekerjaan, maupun hanya bersenang-senang belaka. Kurangnya gerak dan mata yang lelah karena terus bertatapan dengan layar komputer seharian selalu menjadi penyebab utama masalah kesehatan seseorang.
Bagi kalian yang mempunyai rutinitas di depan layar komputer, cobalah untuk mulai mengatur dan menyesuaikan diri guna meminimalisir masalah kesehatan yang muncul seperti gangguan persendian, nyeri punggung, dan mata sakit. Berikut adalah 11 tips sehat bekerja di depan layar komputer seharian yang dapat kita lakukan guna meminimalisir masalah kesehatan yang sering timbul.

1. Minum Air Putih

Hal yang wajib kita lakukan pertama kali adalah minum air putih secara rutin. Selain menambah konsentrasi, air putih membantu kesehatan ginjal dan membuat kita lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Tidak hanya itu, air putih yang cukup akan menjaga kulit kita tetap lembab dan tidak ngantuk saat di depan komputer. Hal ini juga sangat direkomendasikan bagi kalian yang bekerja di ruangan yang ber-AC.

2. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

Keluhan mata sakit selalu menjadi masalah utama seseorang jika sering menghabiskan waktu berhari-hari di depan komputer. Pancaran radiasi yang ditimbulkan layar komputer menyebabkan mata Anda menjadi merah dan sakit. Dengan penggunaan kacamata anti radiasi, maka akan membantu meminimalisir radiasi yang ditimbulkan oleh kayar komputer. Sekarang banyak penjual-penjual online yang menyediakan kacamata anti radiasi dengan harga murah.

Namun kita tidak boleh secara sembarangan membeli kacamata anti radiasi ini. Sesuaikan kondisi mata dan cek terlebih dahulu di optik terdekat untuk mengetahui kebutuhan kacamata Anda, apakah minus, silinder atau normal. Jika sampai salah (asal membeli dan tidak sesuai ukuran), hal ini justru akan membahayakan dan memperparah kesehatan mata Anda.
3. Sesuaikan Jarak Pandang Dan Posisi Duduk

Inilah salah satu poin yang terpenting untuk menjaga kesehatan Anda saat bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama. Jika jarak pandang dan posisi kursi tidak disesuaikan, hal ini dapat mengakibatkan mata kering, sakit punggung dan leher. Usahakan jarak antara mata dan layar komputer tidak terlalu dekat dan juga tidak terlalu jauh, jarak yang dianjurkan adalah kisaran 50-66 cm.

Begitu pula dengan tinggi dan posisi duduk, sesuaikan tinggi kursi agar sudut pandang antara mata dengan layar komputer sejajar. Posisi duduk yang salah dapat menyebabkan sakit di bagian punggung. Sebaiknya punggung lurus dan nyaman dengan sandaran kursi, leher tegak, paha lurus dengan kursi dan sejajar dengan lantai.

4. Istirahat Setiap 20 Menit Untuk Memandang Objek Yang Lebih Jauh

Peraturan ini sering disebut juga 20-20-20. Apa itu maksudnya? Yaitu istirahatkan mata dari layar komputer setiap 20 menit untuk melihat objek/benda yang jauhnya 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Jika susah untuk dilakukan, pasanglah alarm pengingat atau pasang note di komputer agar tidak lupa. Peraturan ini sangat populer dan sangat disarankan bagi pekerja yang kesehariannya di depan komputer saja. Dengan melakukan hal ini, mata Anda tidak akan terpaku pada objek yang dekat saja.

5. Mengatur Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mata Anda berair dan terasa perih, bahkan dapat menyebabkan sakit kepala. Sebaliknya jika kecerahan layar terlalu rendah maka bisa menyebabkan mata Anda cepat lelah karena kurangnya intensitas cahaya yang masuk. Maka kita perlu menyesuaikan kecerahan layar dengan lingkungan sekitar agar nyaman di pandang mata.
6. Olahraga Teratur

Kurangnya gerakan tubuh merupakan hal yang sangat berbahaya bagi kesehatan, penelitian membuktikan bahwa orang yang suka mager atau males gerak mempunyai resiko kematian lebih cepat. Tidak hanya itu, males gerak atau yang biasa disebut mager dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti gangguan fungsi kognitif, menyebabkan resistensi insulin, dan memicu osteoporosis.

"Loh bang, mati kan Tuhan yang ngatur?", memang demikian, namun apakah kita akan berlarut-larut hidup dalam keadaan yang buruk? Misalnya sisa hidup kita yang harusnya bisa digunakan untuk hal yang bermanfaat malah dihabiskan untuk bersakit-sakitan. "Loh bang, sakit kan penghapus dosa?", Tuhan tidak pernah mengajarkan kita untuk berlarut-larut pada hal yang tidak baik. Jika kalian terus mengelak dan tidak mau menerima kebenaran maka tidak ada alasan untuk hidup yang lebih baik.

Sebaiknya gunakanlah akhir pekan atau libur untuk berolahraga rutin agar kesehatan tubuh dan kebugaran jasmani terjaga. Bahkan kalau bisa setiap hari walaupun hanya olahraga kecil-kecilan, saya sendiri pun berusaha melakukannya. Jika kalian bingung apa saja olahraga apa yang harus dilakukan atau mungkin bosan karena tiap hari hanya push up saja, kalian bisa menginstall aplikasi latihan rumahan di playstore secara gratis.

7. Pola Makan Yang Sehat

Pola makan yang sehat akan membantu memelihara kesehatan tubuh Anda, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, kaya akan serat dan mengandung vitamin agar pencernaan atau metabolisme tubuh terjaga. Misalnya, dengan mengkonsumsi secara rutin wortel yang mengandung vitamin A akan menjaga kesehatan mata Anda.

8. Sirkulasi Udara Dan Cahaya Yang Baik Pada Ruangan

Jika mata terasa nyeri saat melihat ke luar ruangan, waspadalah terhadap kesehatan mata Anda. Ciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat untuk bekerja di depan komputer. Usahakan ruangan mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang cukup, jangan pula bermain komputer alam keadaan gelap/kurang cahaya (mematikan lampu pada malam hari) karena akan merusak mata Anda.

9. Lakukan Perawatan Kecil Pada Mata

Jangan remehkan tips yang satu ini, karena efeknya cukup terasa jika kita melakukannya. Kita bisa mengompress mata yang lelah atau kering dengan handuk hangat sambil mata tertutup. Bisa juga dengan menggunakan tetes mata saat mata terasa kering, namun jangan berlebihan karena akan membuat iritasi pada mata. Selain itu es batu juga dapat kita gunakan sebagai alternatif, caranya letakkan es batu pada kain atau sapu tangan kemudian kompresskan ke mata. Sensasi rasa dingin ini dapat membantu menyegarkan mata.
10. Istirahat Yang Cukup

Percuma saja kalian lakukan semua cara yang saya rekomendasikan jika tidur kalian saja tidak teratur dan sering begadang. Saya paham dengan anak muda sekarang karena saya pun mengalaminya, namun bukan tidak mungkin untuk mengubah diri menjadi lebih teratur, cobalah buat aturan untuk diri kalian sendiri dan tetapkan jam tidur serta bangun pagi yang wajib kalian patuhi.

Memang jenuh hidup dengan terlalu banyak aturan, tapi kita akan merasakan manfaatnya kelak, sebaliknya jika kita hidup dengan kebiasaan yang tidak sehat maka kita akan merasakan dampak negatifnya. Kita bukan hewan yang hidup tanpa aturan dan seenaknya saja, kita adalah manusia yang beradab dan mempunyai akal. Hal seperti harus kita paksakan, jika sudah berjalan beberapa hari/minggu maka akan membentuk sebuah kebiasaan, dengan begitu kita tidak terpaksa lagi untuk melakukannya.
Tips Bonus :

11. Interaksi Dengan Alam Sekitar

Selain mendapatkan pemandangan yang indah, memandang dedaunan, sungai dan segala hal yang berkaitan dengan alam juga akan membuat mata kita kembali segar. Hal ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang setiap harinya hanya memandangi layar komputer saja. Dengan berinteraksi dengan alam langsung kita akan mendapatkan semangat serta inspirasi baru. Biasakan dan gunakanlah waktu libur untuk melakukan interaksi dengan alam terutama di pagi hari.

Alam memberikan aura positif tersendiri, itulah salah satu rahasia dan kebesaran sang maha kuasa. Hal tersebut dibuktikan bahwa ciptaan Tuhan pasti semuanya ada manfaatnya, bahkan yang kita anggap buruk sekalipun. Jika kita sering berinteraksi dengan alam sekitar maka pikiran kita menjadi positif dan juga semakin mengagumi kebesaran Tuhan.

Baca Juga : Cara Melihat Foto Profil Instagram Teman Secara Full HD Dan Ukuran Penuh

Apakah artikel ini membantu? Jika demikian maka jangan lupa klik tombol share untuk berbagi dengan yang lain, satu kali share satu kebaikan. Banyak juga tips lain yang dapat kalian lakukan diluar 11 poin yang saya sebutkan diatas, jika ada saran tips lain jangan lupa untuk berbagi di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk selalu update artikel dari Aurora Tekno dengan cara berlangganan melalui email yang telah disediakan. Selamat melanjutkan aktivitas dan sampai jumpa lagi di lain artikel. 😇

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post