Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu
Storage, Artikel PC, Tips & Trik PC

15 Cara Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu (Semua Merk)

Banyak flashdisk palsu dari berbagai merk terutama Toshiba dan Sandisk. Kita harus tau cara mengecek dan membedakan antara yang asli vs palsu

RajaTips.com ~ Saat ini banyak beredar flashdisk palsu dari berbagai merk, terutama Toshiba dan Sandisk. Untuk itu, kita harus tau cara mengecek dan membedakan antara yang asli vs palsu.

Dengan iming-iming harga yang jauh lebih murah dari flashdisk pada umumnya, ini membuat kita makin tergoda untuk membelinya.

Apalagi flashdisk palsu sekarang ini lebih mudah tersebar berkat hadirnya toko online.

Di toko online, kita akan lebih sulit untuk mengetahui keaslian flashdisk tersebut kecuali kita membelinya langsung dari Official Store.

Namun, semua itu bisa kita antisipasi jika kita sudah menguasai teknik maupun ilmunya.

Saya sendiri sering sekali belanja online untuk membeli barang-barang elektronik, dan alhamdulilah ketipu sudah 2x. 😂

Untuk itu, kita perlu lebih berhati-hati serta mempelajari tips belanja online agar tidak tertipu dan mendapatkan barang terbaik.

Pengalaman saya yang lebih parah justru hadir saat saya membeli flashdisk di toko terdekat secara langsung, bukan melalui online (padahal toko tersebut bisa dikatakan terbesar di daerah saya).

Saat itu saya akan membeli flashdisk merk Sandisk, namun stok kosong dan saya diberi tawaran untuk membeli flashdisk merk Toshiba.

Saya pun sempat ragu karena jujur saya paling malas berhadapan dengan flashdisk merk ini (kebanyakan gampang corrupt, error dan lain sebagainya).

Tapi karena lagi banyak kerjaan dan nggak mau ribet maka saya beranggapan “ah yang penting dapet, lagian bukan buat saya inih“.

Dengan pemikiran yang kurang matang dan tidak mengecek secara detail produk tersebut, akhirnya saya pun menanggung resikonya, yaitu mendapatkan flashdisk Toshiba palsu.

Nah dari situ saja kita bisa memahami bahwa flashdisk palsu tidak hanya tersebar di toko online saja, namun bisa saja di toko offline tempat kalian tinggal.

Berdasarkan pengalaman dan melihat kejadian sekitar, saya merangkum beberapa cara yang bisa kita gunakan sebagai acuan untuk mengecek dan membedakan flashdisk asli atau palsu.

Berikut hasil rangkumannya.

1. Bentuk Port USB

Bentuk dan lekukan port USB pada flashdisk yang asli akan lebih kompleks dari port USB flashdisk palsu.

Jika flashdisk tersebut palsu, maka proses produksi pasti asal-asalan dan tidak memperhatikan detail seperti pada hal ini.

Perhatikan lekukan pada ujung USB dan lihat gambar berikut untuk mengetahui lebih jelasnya.

Flashdisk Asli Dan Palsu
Port USB

Nah disitu terlihat bahwa motif port USB flashdisk asli sangat berbeda dengan port USB flashdisk palsu.

Kalian bisa menggunakan jurus andalan ini untuk mengecek dan membedakan flashdisk tersebut asli atau palsu.

2. Banting Harga Terlalu Miring

Biasanya, flashdisk asli yang berasal dari luar negeri akan melalui tahap beacukai, selanjutnya dilanjutkan ke distributor resmi dan baru dipasarkan secara umum.

Layaknya smartphone, barang elektronik seperti flashdisk akan dikenakan biaya tergantung dari jumlah muatan dan harga barang.

Namun beacukai untuk flashdisk tidak semahal Smartphone ya, kalian tau sendiri lah masa flashdisk mau disamakan dengan Smartphone. 😅

Dengan adanya pajak dan beacukai setiap barang yang diimpor dari luar negeri, maka harga pun akhirnya melesat lebih tinggi dari harga asli yang diberikan pabrik produksi.

Inilah alasan utama mengapa banyak sekali kasus penggelapan pajak, yaitu dengan menyelundupkan barang impor secara diam-diam agar tidak melalui tahap beacukai serta tidak dikenakan pajak, hal ini juga biasa disebut dengan pasar gelap atau “Black Market“.

Dengan begitu, maka pihak tersebut bisa menjual produk dengan harga miring/sangat murah hampir sama seperti harga yang diberikan pabrik langsung.

Situasi seperti inilah yang dimanfaatkan para orang-orang yang punya niat jahat.

Dengan adanya “Black Market” maka mereka menciptakan barang palsu dan dijual secara umum.

Alasan bullshit mereka memberikan harga terlalu miring/murah adalah karena barang tersebut tidak kena pajak/melalui pasar gelap, padahal sebenarnya barang tersebut adalah palsu.

Para pembuat barang palsu tersebut bisa jadi dari luar negeri atau bahkan dalam negeri.

Jika kita membeli flashdisk hasil “Black Market” sih nggak apa-apa. Udah dapet barang asli, murah pula harganya. 😁

Tapi masalahnya, sekarang produk palsu sudah bertebaran, kita tidak bisa sembarangan membeli.

Jadi, dengan kategori harga yang sangat murah sebaiknya kita hati-hati dan lebih selektif, coba untuk membandingkan dengan ciri-ciri lain yang saya sebutkan selanjutnya.

8 Cara Membuat Kamera HP Menjadi Jernih Seperti Baru

3. Segel / Hologram Garansi

Seperti yang telah dibahas pada poin nomor 2. Setelah barang diimpor dari luar negeri dan sudah melalui beacukai, maka barang akan diteruskan ke distributor resmi yang ada di negara tersebut.

Selanjutnya logo distributor resmi ditempel pada setiap kemasan untuk memberi tanda bahwa barang tersebut adalah asli, ini adalah salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek keaslian produk sebelum membeli.

Namun tidak semua barang menggunakan hologram distributor, biasanya segel ini tersedia di barang-barang elektronik seperti flashdisk, SD Card, Harddisk dan lain sebagainya yang mempunyai garansi resmi.

Jika segel tersedia pada produk yang akan anda beli, maka bisa dipastikan 90% barang tersebut adalah asli.

Hologram Segel Distributor
Hologram Segel Distributor

Misalnya, hologram yang tertera pada Micro SD Sandisk diatas. Distributor asli dari Sandisk hanya ada 4, diantaranya adalah :

  1. PT. Astrindo
  2. PT. Perdana
  3. PT. Datascrip dan
  4. PT. Indotelekomunikasi Cemerlang.

Diluar segel resmi tadi, dapat dipastikan bahwa produk Sandisk yang kalian beli adalah ilegal / BM (Black Market), atau bahkan produk tersebut palsu.

Bisa jadi segel yang ada pada kemasan hanyalah segel toko biasa, dan kualitasnya abal-abal.

Flashdisk jenis apapun, jika tersedia hologram/segel garansi resmi maka dapat dipastikan flashdisk tersebut adalah asli.

Setiap merek mempunyai ciri khas segel yang berbeda-beda, oleh sebab itu kita harus paham mana saja distributor resmi yang mendistribusikan produk tersebut.

4. Warna Kemasan Burik Dan Tidak Tajam

Kemasan pada flashdisk palsu biasanya agak berbeda, agak ngawur sedikit.

Ngawur gimana maksudnya?

Jadi, garis-garis dan gambar pada kemasannya tidak jernih serta agak burik.

Berbeda dengan yang asli, sebelum diproduksi flashdisk tersebut diuji terlebih dahulu melalui beberapa test dan jika gagal di tahap tertentu maka tidak akan dijual/dipasarkan.

Jadi, kecil kemungkinan flashdisk asli akan cacat, termasuk cacat kemasan produknya.

Ya walaupun pasti ada yang cacat, tapi kebanyakan tidak.

Industri pembuat flashdisk tidak mungkin akan membiarkan barang yang diproduksi dalam keadaan asal-asalan.

Dan untuk membedakan bahwa produk yang mereka ciptakan adalah asli, maka mereka pun memproduksi barang dengan ciri khas tertentu agar mudah untuk membedakan yang asli dengan yang palsu.

Salah satu contohnya yaitu kemasan yang berkualitas dan warna yang tajam.

Kalian bisa lihat sendiri pada kemasan flashdisk palsu, biasanya agak burik, komposisi warna kurang jernih dan garis kurang rapi, istilah lain ya ngeblur lah.

Tips Agar Komputer Terhindar Dari Virus Jarang Diketahui

5. Garansi

Jika kalian membeli flashdisk, pastikan garansi flashdisk tersebut lama.

Jika yang dijual adalah flashdisk palsu, biasanya garansi hanya 1-2 hari, 1 minggu, 1 bulan atau bahkan tidak berani memberi garansi.

Sedangkan jika flashdisk tersebut asli & penjualnya tidak abal-abal maka biasanya garansi yang diberikan relatif lama, entah 1 tahun, 2 atau 5 tahun atau bahkan seumur hidup.

6. Made In (Tempat Pembuatan)

Ini adalah ciri-ciri khusus flashdisk merk Toshiba

Jujur saja, untuk yang satu ini agak membingungkan.

Kenapa membingungkan?

Karena toko resmi dan sumber lain mengatakan bahwa flashdisk Toshiba hanya diproduksi di Filipina, jika diproduksi oleh China maka kemungkinan besar flashdisk tersebut palsu.

Tapi nyatanya!!! Walaupun flashdisk Toshiba yang saya itu beli made in Filipina, masih saja palsu tuh.

Wah beneran bang yang produksi Filipina masih ada yang palsu???

Bener, nggak percaya dateng aja ke rumah saya (sambil bawa oleh-oleh, hehe), nanti saya buktikan bahwa made in Filipina juga masih ada yang palsu.

Justru saya lihat flashdisk Toshiba made in Japan kebanyakan adalah asli. Setelah saya cek, pabrik utama Toshiba memang ada di Tokyo, Jepang.

Makanya dulu yang bilang pabrik pusatnya ada di Filipina saya merasa agak aneh, karena sempet dengar pabriknya ada di Jepang.

Mari kita lihat pengakuan mereka dari Wikipedia :

https://id.wikipedia.org/wiki/Toshiba

Toshiba adalah perusahaan pemroduksi elektronik teknologi tinggi yang bermarkas di Tokyo, Jepang. Toshiba adalah perusahaan elektronik terbesar di dunia. Toshiba saat ini kebanyakan buatan RRC.

Nah sudah lihat kan? Mungkin saja yang di Filipina itu cabang yang khusus memproduksi flashdisk saja.

Namun saya belum menemukan sumber yang terpercaya. Satu-satunya sumber yang saya punya dan terpercaya mengatakan pabrik pusat ada di Tokyo, Jepang.

Jadi hati-hati ya sob saat membeli, dan sempat viral bahwa pabrik Toshiba bangkrut, makanya banyak produk palsu bertebaran dengan mengatas namakan Toshiba sebagai pabrik produksinya.

Namun jika mendengar pengakuan dari pihak Toshiba sendiri, pabrik tidak bangkrut, berikut kesaksiannya :

“Kami terus berproduksi, Toshiba hanya diakuisisi Skyworth asal China. Pemutusan tenaga kerja memang ada, sekitar 60% pegawai lanjut kerja di bawah bendera baru dan 40% masih proses negosiasi,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (3/2/2016).

Tapi kalian nggak usah ikut pusing-pusing ya ngeliat berita ini… 😂😂😂

7. Keterangan & Lambang Flashdisk

Ini adalah ciri-ciri khusus flashdisk merk Toshiba

Ini merupakan ciri-ciri yang paling mencolok dan mudah sekali untuk dijadikan acuan guna membedakan yang mana flashdisk Toshiba asli dan palsu.

Jika flashdisk Toshiba yang hendak dibeli itu palsu, maka tidak terdapat lambang CE dan tong sampah tanda silang.

Lambang yang lain pun terlihat sangat berbeda ketika kita mencoba untuk membedakannya.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :

Lambang Tong Sampah
Lambang Tong Sampah
Cara Membedakan Flashdisk Toshiba Asli Dan Palsu
Logo Flashdisk Asli Dan Palsu

8. Warna LED

Ini adalah ciri-ciri khusus flashdisk merk Toshiba

Warna LED pada flashdisk Toshiba palsu berbeda dengan yang asli.

LED pada flashdisk Toshiba asli yaitu berwarna kuning ke hijau-hijauan, sedangkan yang palsu berwarna merah.

Sejauh ini, saya belum pernah menemukan flashdisk toshiba asli dengan LED berwarna merah.

Jadi bisa saya simpulkan, flashdisk toshiba lampu merah adalah produk PALSU.

Flashdisk Toshiba Lampu Merah
Flashdisk Toshiba Lampu Merah

9. Setiap Copy File Ke Flashdisk Selalu Hilang

Ciri-ciri selanjutnya yaitu setiap kita copy file ke dalam flashdisk, file tersebut selalu hilang.

Dan jika ada, file tersebut akan error/corrupt saat dibuka.

Hilangnya file juga bisa jadi karena virus. Namun pada kejadian yang saya alami bukanlah karena virus, melainkan kapasitas asli flashdisk tidak sesuai dengan tulisan yang ada.

Parah!!! 10 Dampak Virus Komputer Yang Wajib Diketahui

Saat itu, saya menyalin file musik dengan jumlah lumayan banyak.

Tapi kok aneh, setelah saya cabut dan tancapkan lagi flashdisk tersebut, musik yang tersisa hanya berapa puluh saja.

Akhirnya saya cek kapasitas asli flashdisk tersebut, berapa sih kapasitas yang sebenarnya?

Ternyata, flashdisk yang bertuliskan 8GB ukuran aslinya hanya 107 MB, itulah sebabnya ketika setiap file yang ditampung lebih dari 107 MB akan selalu hilang.

10. Flashdisk Susah Terdeteksi

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, flashdisk palsu biasanya dalam proses produksinya asal-asalan.

Maka hasilnya pasti banyak yang error, tidak sempurna saat ditancapkan, bahkan posisi flashdisk agak miring (bengkok).

Umumnya posisi flashdisk palsu saat dicolok sedikit miring / jatuh ke bawah dan tidak kokoh, namun pada flashdisk asli posisinya tertancap kuat dan lurus.

Dengan kegagalan produksi ini, maka biasanya flashdisk palsu akan susah dideteksi di komputer, bahkan biasanya butuh beberapa kali tancap agar terdeteksi.

Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa saat saya install ulang komputer menggunakan flashdisk selalu gagal.

4+ Cara Ampuh Mengatasi Flashdisk Write Protected

11. Mudah Rusak & Membuat PC Macet Total

Ciri-ciri selanjutnya adalah flashdisk mudah rusak dan membuat komputer macet total.

Nah uniknya, saya punya puluhan flashdisk yang sudah rusak.

Beberapa teman saya ngasih flashdisk tersebut kepada saya untuk diperbaiki karena waktu itu saya sering perbaiki bad sector harddisk, flashdisk, dll.

Namun nasib malang menimpa, saya hanya bisa memperbaiki berapa butir saja. Diantaranya ada yang berhasil hanya dengan memformat-nya di linux.

Dan yang lain sudah tidak mempan diapa-apakan, karena saat ditancapkan komputer justru komputer saya macet total (males amat ah, ntar malah komputer saya yang rusak).

12. Kecepatan Transfer Tidak Stabil

Flashdisk palsu biasanya memiliki kecepatan yang tidak stabil. Awalnya kecepatan tinggi, tapi kemudian kecepatannya turun secara drastis dan tidak naik lagi.

Apa Itu SSD (Solid State Drive), Fungsi, Kelebihan, Kekurangan & Perbedaan

Banyak referensi yang membuktikan bahwa kecepatan yang tidak stabil (tinggi, lalu menurun) adalah flashdisk palsu.

Namun jangan langsung menyimpulkan bahwa flashdisk dengan kecepatan yang tidak stabil adalah palsu.

Jika anda membaca artikel secara keseluruhan pasti paham dengan apa yang saya maksud. 😊

13. Mudah Dibongkar

Ini adalah ciri-ciri khusus flashdisk merk Toshiba

Saya sendiri masih memiliki flashdisk Toshiba palsu ini, mau dibuang tapi sayang.

Mending saya gunakan untuk bahan percobaan, atau membagikan pengalaman serta membocorkan kejanggalan yang ada pada flashdisk toshiba palsu tersebut.

Ciri-ciri selanjutnya adalah flashdisk Toshiba palsu sangat mudah untuk dibongkar, bahkan bisa dibongkar hanya menggunakan kuku tangan saja.

Berbeda dengan yang asli, yang asli lebih/sangat susah untuk dibongkar.

Flashdisk Toshiba 64GB Palsu
Flashdisk Toshiba 64GB Palsu

14. Device Manager

Cara ini adalah sebagai alternatif saja, jika ingin mendapatkan hasil cek yang maksimal maka lakukan cara selanjutnya.

Namun tidak menutup kemungkinan dengan cara ini kita sudah bisa membuktikan bahwa flashdisk tersebut adalah asli, apalagi cara ini sangatlah mudah dilakukan.

Berikut caranya :

  • Buka File Explorer pada komputer masing-masing. Klik kanan pada My Computer lalu pilih Manage
Manage
Manage
  • Masuk pada menu Device Manager dan cek pada Disk Drives apakah merk flashdisk sesuai atau tidak
  • Jika merk flashdisk (pada kemasan) yang anda beli berbeda dengan apa yang terdeteksi pada komputer, maka dapat dipastikan bahwa flashdisk tersebut palsu
Device Manager
Device Manager

15. Cek Menggunakan Aplikasi

Langkah terakhir untuk cara mengecek flashdisk asli atau palsu adalah dengan menggunakan aplikasi.

Dengan begitu, kita bisa mengecek kapasitas flashdisk yang sebenarnya secara akurat.

Kapasitas flashdisk yang sebenarnya tidak selalu sesuai, biasanya setelah diisi file yang berukuran besar maka file yang ada di flashdisk palsu tersebut akan corrupt saat dibuka.

Berhubung saya telah menuliskan tutorialnya di lain artikel, maka untuk mempersingkat waktu silahkan baca tentang cara mengecek kapasitas asli flashdisk.

Kesimpulan Flashdisk Asli Dan Palsu

Diantara 15 cara membedakan flashdisk asli dan palsu diatas, poin 1-7 adalah metode yang bisa kita terapkan sebelum membeli.

Sedangkan poin 8-15 hanya bisa kita lakukan setelah membeli barangnya. Jadi, hati-hati dalam memilih ya gaes.

15 Cara Mempercepat Laptop & PC Paling Ampuh 7x Lipat

Bagi kalian yang sudah terlanjur membeli yang palsu, langsung tukarkan saja dengan yang baru (jika masih ada garansi).

Jika masa garansi sudah lewat, boleh dicoba juga, siapa tau boleh. 😇

Posted by
Balkis Anton Nurohman

Allohumma Sholli ‘Alaa Muhammad

16 Replies to 15 Cara Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu (Semua Merk)

  1. saya juga kecolongan beli 3 biji di laz*d* sama seperti yg dibahas, jadi gak kepake tug barang, ga bisa buat install ulang windows dan copy file mp3

  2. Wah sabar ya gan.. Lain kali hati-hati kalau harga yang ditawarkan nggak sesuai harga pasaran 🙂

  3. Sama gan, saya juga udah terlanjur jatuh cinta sama merk ini, hehe…

    Bukan maksud menjatuhkan merk lain, tapi memang Toshiba sendiri sudah dikuasai oleh pasar palsu…

  4. Iya bang,punya saya made in filipina ternyata palsu.beli di online 17 ribu 16 gb😂😂😂😂😂😂.karena nggak bisa dipakai saya beli lagi di official store daerah saya.alhamdulillah flashdisk nya asli dan awet sampai sekarang🥰🥰

  5. Wah ternyata saya ketipu bang… Flashdisk yang saya beli di toko online ternyata palsu😊😊😊… Terima kasih atas infonya dan flashdisk yan saya beli persis yang Abang jabarkan ini…😊😊😊

  6. Saya kepengen beli flashdisk Sandisk online. Tpi pas cek di office store banyak juga yg bilang kapasitas ga sesuai dan error’. Tolong dong bang recomend toko online Sandisk yg bener² ori

  7. Saya punya 2 Flasdisk Sandisk yang satu asli yang satu palsu. Saya beli seharga 65rb yang asli 8GB. Terus yang palsu 4GB terdeteksi 2TB ini gila. Yang palsu buat copy paste selalu error file teidak bisa terkopy dengan sempurna. Setelah saya amati ternyata perbedaan yang terlihat pada sablon merek dimana yang palsu itu halus warna tidak cerah sedang yang asli timbul warna putih cerah. Body flashdisk mengkilat untuk yang asli yang palsu kusam. Sampai sekarang yang asli masih awet dan aman saya pakai buat mastering OS.
    Kenapa di toko online banyak yang palsu? konon kabarnya niya banyak mereka membeli produk2 yang tidak lolos uji yang seharusnya tidak dipakai tapi dijual dengan harga murah, makanya gak beres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *