author photo
Cara Untuk Mengecek Dan Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu. Terbukti 100% Ampuh!!!
AURORATEKNO.COM ~ Cara Untuk Mengecek Dan Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu. Terbukti 100% Ampuh!!! - Akhir-akhir ini banyak sekali beredar Flashdisk, SD Card maupun Harddisk palsu. Sampai-sampai kita bingung membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Apalagi flashdisk palsu sekarang ini lebih mudah tersebar berkat hadirnya toko online.

Di toko online, kita akan lebih sulit untuk mengetahui keaslian flashdisk tersebut kecuali kita membelinya langsung dari "official store". Namun, semua itu bisa kita antisipasi jika kita sudah menguasai teknik maupun ilmunya, nantinya sebelum membeli kita sudah bisa mengetahui flashdisk tersebut palsu atau tidak.

Saya sendiri sering sekali belanja online untuk membeli barang-barang elektronik, dan alhamdulilah saya ketipu sudah 2x 😂. Waktu itu saya beli barang dengan harga 7000 rupiah dan 50.000 rupiah. Untuk itu, kita perlu lebih berhati-hati saat belanja melalui toko online. Bagi kalian yang ingin mengetahui tips belanja online agar tidak tertipu silahkan lihat artikel berikut.

Baca Juga : Tips Belanja Di Toko Online Agar Tidak Tertipu Dan Mendapatkan Barang Dengan Kualitas Terbaik

Pengalaman saya yang lebih parah justru hadir saat saya membeli flashdisk di toko terdekat secara langsung, bukan melalui online (padahal toko tersebut bisa dikatakan terbesar di daerah saya). Saat itu saya akan membeli flashdisk merk Sandisk, namun stok kosong dan saya di beri tawaran untuk membeli flashdisk merk Tosh**a.

Saya pun sempat ragu karena jujur saya paling malas berhadapan dengan flashdisk merk tersebut (kebanyakan gampang corrupt, error dan lain sebagainya). Tapi karena saya lagi banyak kerjaan saya nggak mau ribet, maka saya beranggapan "ah yang penting dapet, lagian bukan buat saya inih".

Begitu sepintas dalam pikiran saya, namun  dengan pemikiran yang kurang matang dan tidak mengecek secara detail produk tersebut, akhirnya saya pun menanggung resikonya, yaitu mendapatkan flashdisk palsu.

Berdasarkan beberapa pengalaman, serta melihat kejadian-kejadian yang teman saya alami. Saya menemukan beberapa cara yang bisa kita gunakan sebagai acuan untuk mengecek serta membedakan flashdisk dan SD Card tersebut asli atau palsu. Saya juga memutuskan untuk menuliskan dan berbagi pengalaman kepada publik, semoga tips yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Cara Mengecek Dan Membedakan Flashdisk/SD Card Asli Atau Palsu :

1. Bentuk Port USB

Bentuk dan lekukan port USB pada flashdisk yang asli akan lebih kompleks dari port USB flashdisk palsu. Jika flashdisk tersebut palsu, maka proses produksi pasti asal-asalan dan tidak memperhatikan detail seperti pada hal ini. Perhatikan lekukan pada ujung USB dan lihat gambar berikut untuk mengetahui lebih jelasnya.
Cara Untuk Mengecek Dan Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu. Terbukti 100% Ampuh!!!
Contoh Port USB Flashdisk Asli Dan Palsu Via https://www.auroratekno.com
Nah disitu terlihat bahwa motif port USB flashdisk asli sangat berbeda dengan port USB flashdisk palsu. Kalian bisa menggunakan jurus andalan ini untuk mengecek flashdisk tersebut asli atau palsu.

2. Banting Harga Terlalu Miring

Biasanya, flashdisk asli yang berasal dari luar negeri akan melalui tahap beacukai, selanjutnya dilanjutkan ke distributor resmi dan baru dipasarkan secara umum. Layaknya Smartphone, barang elektronik seperti flashdisk akan dikenakan biaya tergantung dari jumlah muatan dan harga barang.

Namun beacukai untuk flashdisk tidak semahal Smartphone ya, kalian tau sendiri lah masa flashdisk mau disamakan dengan Smartphone. 😅. Dengan adanya pajak dan beacukai setiap barang yang diimpor dari luar negeri, maka harga pun akhirnya melesat lebih tinggi dari harga asli yang diberikan pabrik produksi.

Inilah alasan utama mengapa banyak sekali kasus penggelapan pajak, yaitu dengan menyelundupkan barang impor secara diam-diam agar tidak melalui tahap beacukai serta tidak dikenakan pajak, hal ini juga biasa disebut dengan pasar gelap atau "Black Market".

Dengan begitu, maka pihak tersebut bisa menjual produk dengan harga miring/sangat murah hampir sama seperti harga yang diberikan pabrik langsung. Situasi seperti inilah yang dimanfaatkan para orang-orang yang punya niat jahat. Dengan adanya "Black Market" maka mereka menciptakan barang palsu dan dijual secara umum.

Alasan bullshit mereka memberikan harga yang terlalu miring/terlalu murah adalah karena barang tersebut tidak kena pajak/melalui pasar gelap, padahal sebenarnya barang tersebut adalah palsu. Para pembuat barang palsu tersebut bisa jadi dari luar negeri atau bahkan dalam negeri.

Jika kita membeli flashdisk hasil "Black Market" sih nggak apa-apa. Udah dapet barang asli, murah pula harganya 😁. Tapi masalahnya, sekarang produk palsu sudah bertebaran, kita tidak bisa sembarangan membeli.

Jadi, dengan kategori harga yang sangat murah sebaiknya kita hati-hati dan lebih selektif, coba untuk membandingkan dengan ciri-ciri lain yang saya sebutkan selanjutnya.

Baca Juga : 8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet

3. Warna Led Yang Menyala

Mungkin ini masih jarang diketahui oleh orang-orang, rata-rata flashdisk Tosh**a palsu sangat mudah dikenali, salah satunya yaitu masalah LED ini. LED yang menyala pada flashdisk Tosh**a palsu adalah warna merah. Jika LED pada flashdisk Tosh**a yang kalian pakai berwarna merah, bisa dipastikan flashdisk tersebut adalah palsu.

Setiap kalian memasukkan file yang besar, maka file tersebut biasanya akan hilang atau corrupt saat dibuka. Namun indikator warna LED ini hanya berlaku pada flashdisk merk Tosh**a saja, mohon maaf saya sensor kata-katanya karena pada artikel ini saya tidak memfokuskan untuk membahas merk tersebut.

Baca Juga : 11 Cara Membedakan Flashdisk Toshiba Asli Dan Palsu (Ori vs Kw) Serta 5 Masalah Yang Sering Timbul

4. Segel / Hologram Garansi

Seperti yang telah dibahas pada poin nomor 2. Setelah barang diimpor dari luar negeri dan sudah melalui beacukai, maka barang akan diteruskan ke distributor resmi yang ada di negara tersebut.

Selanjutnya logo distributor resmi ditempel pada setiap kemasan untuk memberi tanda bahwa barang tersebut adalah asli, ini adalah salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek keaslian produk sebelum membeli.

Namun tidak semua barang menggunakan hologram distributor, biasanya segel ini tersedia di barang-barang elektronik seperti flashdisk, SD Card dan lain sebagainya yang mempunyai garansi resmi. Jika segel tersedia pada produk yang akan anda beli, maka bisa dipastikan 90% barang tersebut adalah asli.
Cara Untuk Mengecek Dan Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu. Terbukti 100% Ampuh!!!
Segel Distributor Via https://www.auroratekno.com
Misalnya, hologram yang tertera pada Micro SD Sandisk diatas. Distributor asli dari Sandisk hanya ada 4, diantaranya adalah PT. Astrindo, PT. Perdana, PT. Datascrip dan PT. Indotelekomunikasi Cemerlang. Diluar segel resmi tadi, dapat dipastikan bahwa produk Sandisk yang kalian beli adalah ilegal / BM (Black Market), atau bahkan produk tersebut palsu. Bisa jadi segel yang ada pada kemasan hanyalah segel toko biasa, dan bis  produk tersebut adalah palsu.

5. Gambar Pada Kemasan Terlalu Burik Dan Warna Tidak Tajam

Kemasan pada flashdisk palsu biasanya agak berbeda, agak ngawur sedikit. Ngawurnya bagaimana bang maksudnya? Jadi, garis-garis dan gambar pada kemasannya tidak jernih serta agak burik. Berbeda dengan yang asli, sebelum diproduksi flashdisk tersebut diuji terlebih dahulu melalui beberapa test dan jika gagal di tahap tertentu maka tidak akan dijual/dipasarkan.

Jadi kecil kemungkinan flashdisk asli akan cacat, termasuk cacat dalam hal kecil seperti ini (pada kemasan produk). Industri pembuat flashdisk tersebut tidak mungkin akan membiarkan barang yang diproduksi dalam keadaan asal-asalan.

Dan untuk membedakan bahwa produk yang mereka ciptakan adalah asli, maka mereka pun memproduksi barang dengan ciri khas tertentu agar mudah untuk membedakan yang asli dengan yang palsu. Salah satu contohnya yaitu kemasan yang berkualitas, kalian bisa lihat sendiri pada kemasan flashdisk palsu. Biasanya jenis kertasnya agak beda dan gambar pada kemasan pun terkesan burik serta tidak full color.

Baca Juga : Teknik Fotografi Light Painting (Melukis Dengan Cahaya) Menggunakan HP - Tutorial Bahasa Indonesia

6. Device Manager

Cara ini adalah sebagai alternatif saja, jika ingin mendapatkan hasil cek yang maksimal maka lakukan cara selanjutnya. Namun tidak menutup kemungkinan dengan cara ini kita sudah bisa membuktikan bahwa flashdisk tersebut adalah asli, apalagi cara ini sangatlah mudah dilakukan. Berikut caranya :
  • Buka "Windows explorerpada komputer masing-masing. Klik kanan pada "My Computer" lalu pilih "Manage"
Cara Untuk Mengecek Dan Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu. Terbukti 100% Ampuh!!!
Masuk Ke Manage Via https://www.auroratekno.com
  • Masuk pada menu "Device Manager" dan cek pada "Disk Drives" apakah merk flashdisk sesuai atau tidak. Jika merk flashdisk (pada kemasan) yang anda beli berbeda dengan apa yang terdeteksi pada komputer, maka dapat dipastikan bahwa flashdisk tersebut palsu. Dan satu lagi, flashdisk palsu biasanya susah terdeteksi di komputer, kadang putus nyambung nggak jelas.
Cara Untuk Mengecek Dan Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu. Terbukti 100% Ampuh!!!
Cek Pada Disk Drives Via https://www.auroratekno.com

7. Menggunakan aplikasi

Cara terakhir untuk mengecek flashdisk tersebut asli atau tidak adalah dengan menggunakan aplikasi. Dengan begitu, kita bisa mengecek kapasitas flashdisk yang sebenarnya secara akurat. Kapasitas flashdisk yang sebenarnya tidak selalu sesuai, biasanya setelah diisi file yang berukuran besar maka file yang ada di flashdisk palsu tersebut akan corrupt saat dibuka.

Berhubung saya telah menuliskan caranya pada lain artikel, maka untuk mempersingkat waktu sebaiknya kalian baca artikel selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat

Demikianlah cara untuk mengecek dan membedakan antara flashdisk asli dengan yang palsu. Cara tersebut telah terbukti ampuh, jadi tak usah khawatir menggunakan 7 jurus tersebut. Sekian artikel dari saya pada hari ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.. 😇

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post