author photo
Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat
AURORATEKNO.COM ~ Hallo sahabat Aurora Tekno Indonesia, jumpa lagi dengan saya yang tak ada henti-hentinya berbagi tutorial, tips dan trik seputar android, komputer, dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial tentang cara mengetahui kapasitas flashdisk yang sesungguhnya dengan mudah serta akurat.

Gimana sih caranya? Kepo aja lu!!! Hehehee..... Nggak apa-apa dibilang kepo bro, inilah yang memicu kita untuk terus belajar guna menambah wawasan serta pengetahuan. 😁

Mengetahui kapasitas flashdisk yang sebenarnya sangatlah penting, inilah salah satu senjata bagi kita untuk membuktikan flashdisk tersebut asli atau palsu. Banyak sekali masalah dan gejala yang didapatkan ketika kita menggunakan flashdisk palsu.

Mulai dari data yang selalu hilang saat di masukkan ke dalam flashdisk, file selalu corrupt saat dibuka, menyebabkan komputer macet total, sampai dengan flashdisk susah konek. Namun tidak hanya itu saja, masih banyak berbagai masalah lain yang timbul.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami cara mengecek dan membedakan antara flashdisk asli dengan yang palsu. Untuk penjelasan selengkapnya bisa kalian lihat pada artikel berikut.
Baca Juga : Cara Untuk Mengecek Dan Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu. Terbukti 100% Ampuh!!!
Kembali lagi pada topik bahasan, untuk mengecek kapasitas flashdisk yang sebenarnya memerlukan sebuah aplikasi khusus.

Aplikasi yang saya pakai disini adalah H2testw, aplikasi ini bersifat portable (langsung bisa dijalankan).

Jadi anda tidak perlu menginstallnya di komputer, cukup klik 2x langsung bisa digunakan. Dan satu lagi, aplikasi ini dapat kalian dapatkan secara gratis alias tidak berbayar.

Untuk cara menggunakannya pun sangatlah mudah, silahkan simak tutorial berikut ini :

Cara Mengecek Dan Mengetahui Kapasitas Flashdisk Yang Sesungguhnya :

  • Download H2testw
  • Ekstrak dan jalankan aplikasi tersebut dengan cara klik kanan pada aplikasi lalu pilih "Run As Administrator"
Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat
Jalankan Dengan Run As Administrator
  • Ganti bahasa jerman menjadi bahasa inggris, nggak usah diganti juga nggak apa-apa asal kalian paham bahasanya. Dua-duanya nggak paham bahasanya bang!!! Wah kalo begitu yaudah liat dan lakukan yang saya contohkan aja... 😂
Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat
Tampilan Antarmuka Aplikasi H2testw
  • Lihat pada gambar diatas, klik pada pilihan "select target" untuk menentukan target flashdisk yang akan dicek kapasitasnya. Selanjutnya pilih flashdisk kalian masing-masing dan klik "ok".
Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat
Tentukan Target (Flashdisk Anda)
  • Untuk memulai scanning, silahkan klik "Write + Verify", proses bisa berlangsung berjam-jam tergantung kecepatan transfer flashdisk serta kapasitasnya. Jika pada flashdisk tersebut terdapat "bad sector" maka proses akan memakan waktu lebih lama lagi. Ngomong-ngomong apa itu bad sector? Silahkan baca artikel tentang Apa Itu Bad Sector Pada Harddisk, Penyebab, Ciri-Ciri Dan Cara Mengatasinya untuk mengetahui lebih lanjut.
Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat
Klik Write+Verify Untuk Memulai
Catatan :
Perhatikan yang saya beri lingkaran diatas. Jika kalian menceklist "endless verify" maka proses pengecekan akan dilakukan berulang-ulang dan tidak akan berhenti sampai kalian menghentikannya secara manual. Artinya, ketika proses telah selesai maka akan dimulai dari awal lagi. 
Saya sendiri tidak menggunakan fitur ini untuk pengujian umum, tetapi jika kalian ingin lebih yakin bahwa pengecekan akan lebih bagus ketika membiarkan proses verifikasi berjalan semalaman maka ceklist dan manfaatkan saja fitur ini.
  • Setelah proses "Write+Verify" selesai, maka kita akan mendapatkan laporan. Perhatikan contoh hasil pengujian berikut :
Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat
Hasil Pengujian
  • Pada kasus yang saya alami, flashdisk tersebut adalah palsu. Disitu disebutkan bahwa "108.0 MB OK" dan "7.6 GB DATA LOST". Artinya, kapasitas asli pada flashdisk saya hanya 108 MB, sedangkan 7.6 GB atau sisanya tidak bisa dipakai untuk keperluan menyimpan file. Jadi, ketika file yang dicopy melebihi kapasitas asli maka file akan selalu hilang dan jika ada file tersebut akan corrupt saat dibuka.
Baca Juga : Bukan Hoax!!! Inilah Cara Ampuh Agar Copy Paste Menjadi Lebih Cepat
Demikianlah artikel hari ini yang dapat saya bagikan mengenai cara mengecek / mengetahui kapasitas flashdisk yang sesungguhnya dengan mudah dan akurat.

Jangan lupa untuk selalu update artikel terbaru dari saya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, salam hangat Aurora Tekno. 

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post