Skip to main content

11 Cara Membedakan Flashdisk Toshiba Asli Dan Palsu (Ori vs Kw)

11 Cara Membedakan Flashdisk Toshiba Asli Dan Palsu (Ori vs Kw)
AURORATEKNO.COM ~ Hallo sahabat Aurora Tekno Indonesia semuanya.... Gimana kabar kalian? Sehat kan? Semoga kalian tetap dalam lindungan-Nya dan selalu diberi kesehatan serta rizqi yang melimpah. Bagi yang sakit semoga lekas sembuh, jangan mengeluh pula, karena sakit akan membuat dosa-dosa kita berguguran. Oke, pada kesempatan yang baik ini saya akan berbagi pengalaman yang mungkin bisa bermanfaat, yaitu cara membedakan flashdisk Toshiba asli dan palsu (ori vs kw).

Pada artikel sebelumnya sudah saya jelaskan dengan lengkap tentang cara membedakan antara flashdisk asli dengan yang palsu secara umum.

Jadi untuk mempersingkat waktu, kali ini saya akan melanjutkan topik bahasan yang sebelumnya, namun dengan tema khusus yaitu hanya membahas tentang flashdisk Toshiba saja.

Bagi kalian yang ingin tau bagaimana cara membedakan dan mengecek antara flashdisk palsu dan yang asli secara umum silahkan baca artikel berikut ini. Kepoin aja, ilmu yang saya bagikan gratis kok... 😎
Oh iya, penting untuk membaca artikel diatas terlebih dahulu agar kalian nyambung dengan yang saya bahas pada artikel kali ini.

Seperti yang saya bilang tadi, saya melanjutkan bahasan dari artikel sebelumnya. Oke, saya rasa cukup basa-basinya, mari kita mulai studi kasus.

Pada saat itu saya ingin membeli flashdisk merk lain, namun karena stok habis dan hanya tersedia merk Toshiba saya pun terpaksa membelinya. Kenapa saya bilang terpaksa?

Karena saya sering sekali bermasalah dengan flashdisk merk ini. Ya mohon maaf seribu maaf, tapi itulah faktanya. Banyak sekali yang saya alami dengan flashdisk ini, walaupun asli tetap saja banyak masalah.

Sebelum kita menuju ke 11 cara membedakan flashdisk Toshiba asli dan palsu, saya akan menjelaskan 5 masalah yang sering muncul di flashdisk Toshiba terlebih dahulu.

Berikut ini adalah 5 Contoh masalah yang sering timbul, diantaranya yaitu :

5 Masalah Yang Sering Timbul Di Flashdisk Toshiba


1. Saat mencopy file kecepatan sangat lambat

Kecepatan transfer file maksimal hanya 3 Mb/s. Normalnya, flashdisk yang tidak abal-abal mempunyai kecepatan 8-15 Mb/s bahkan lebih untuk jaman sekarang.

Kecepatan flashdisk yang hanya berkisar dibawah 5 Mb/s rata-rata adalah flashdisk jaman dulu, yaitu flashdisk buatan sekitar tahun 2010 kebawah (saya udah sedikit lupa, hehe).

Dan pada tahun 2010 (kira-kira) keatas saya sudah bisa mendapatkan flashdisk dengan kecepatan 8-10 Mb/s. Hitungan yang saya sebutkan bukan "up to" ya, tapi kecepatan real yang muncul pada saat copy file.

"Loh bang, kecepatan transfer file kan bisa melambat secara tiba-tiba kalo kita copy file banyak tapi ukurannya kecil-kecil?".

Betul sekali, dan saya sudah melakukan beberapa eksperimen bahkan menggunakan file yang berukuran besar.

Namun fakta membuktikan bahwa rata-rata flashdisk Toshiba mempunyai kecepatan transfer yang sangat rendah (kecuali yang harganya mahal), bukan yang palsu saja namun yang asli juga.

Bagi kalian yang belum paham saat copy file lambat silahkan baca artikel di bawah ini, semoga membantu.
Baca Juga : Bukan Hoax!!! Inilah Cara Ampuh Agar Copy Paste Menjadi Lebih Cepat
Maka bisa saya patahkan pendapat seseorang yang mengatakan bahwa kecepatan transfer yang rendah adalah flashdisk palsu.

Memang bisa jadi begitu, namun tidak selalu flashdisk tersebut palsu, bisa jadi karena memang secara kemampuan kecepatan transfer flashdisk tersebut sudah mentok, ada kerusakan pada flashdisk (gagal produksi) atau mungkin file yang di copy jumlahnya banyak.

Tambahan :
Ada kabar baik untuk kalian. Walaupun kalian membeli flashdisk dengan kecepatan rendah, flashdisk tersebut masih bisa kita akali agar menjadi cepat bahkan lebih cepat 2x lipat. Namun saya akan membuat artikelnya pada lain waktu karena saya masih mempunyai target lain. Yang penting kalian rajin-rajin liat postingan saya agar lebih bersemangat untuk posting. 😁

2. Sering gagal saat copy file banyak

Nah ini adalah masalah kedua yang paling saya benci, sering sekali saya disuruh orang untuk mencopy file (backup data) ke flashdisk.

Dan flashdisk yang digunakan adalah flashdisk Toshiba. Saya sudah menduga pada saat copy file akan berakhir pasti ada error yang terjadi.

Dan ternyata benar!!! Saat proses copy file akan selesai, justru malah error yang saya dapatkan (sebenernya ngrasa buang-buang waktu aja, tapi karena suruhan orang lain jadi saya cari solusinya).

Biasanya saat akan selesai tiba-tiba proses berhenti, terkadang juga ada pesan error. Pesan error disini bermacam-macam, tidak hanya 1 pesan error saja.

Perlu kalian ketahui, format disk yang tidak sesuai juga menyebabkan file gagal dicopy, jadi kita perlu memformat flashdisk tersebut menjadi FAT32/NTFS (tergantung kebutuhan).

Solusi yang biasa saya pakai ketika terdapat error saat mencopy banyak file adalah mengarsipkan seluruh file tersebut (dibuat menjadi RAR/ZIP). Artikel selengkapnya dapat kalian baca di bawah ini :
Baca Juga : Nyesel Nggak Baca!!! Inilah 7 Manfaat Dan Kelebihan WinRAR
Catatan :
Ketika kalian membuat file menjadi RAR dengan ukuran lebih dari 4 GB, dan akan di copy melalui flashdisk, maka format terlebih dahulu flashdisk tersebut menjadi NTFS agar tidak ada error "The File Is Too Large For The Destination File System..."
Baca Juga : Mengatasi Error The File Is Too Large For The Destination File System Serta Penjelasan Lengkapnya
Walaupun masalah tersebut masih dapat diatasi, namun saya merasa terganggu. Karena saat menggunakan flashdisk lain, jarang sekali masalah muncul dan normal-normal saja tanpa harus ribet.

3. Banyak file tertinggal saat copy paste

Masalah ketiga hampir sama dengan masalah nomor 2. Namun bedanya, ketika saya lagi seneng-senengnya nggak ada error justru banyak file yang nggak ikut tercopy.

Whaaat??? Sungguh menggelikan, ada ada saja masalah yang muncul.

Ini sama aja lu diputusin pacar tapi nggak bilang, tiba-tiba ngilang gitu aja. Ngomong-ngomong, kok saya sok-sokan bilang percintaan sih, kaya udah pengalaman aja, orang gagal terus masalah cinta (curhat dikit). Heheehe... 😄

Kalau saya nggak cek total ukuran file-nya mungkin saya nggak akan tau ada file yang ketinggalan, tapi saya punya prasangka buruk (wah suuzon duluan nih), akhirnya saya cek.

Dan ternyata benar, banyak file yang ketinggalan, aduh!!!. Terus gimana solusinya bang kalo begini? Sama seperti diatas (nomor 2), yaitu membuat seluruh file menjadi RAR/ZIP.

4. Kadang tidak bisa digunakan untuk install ulang komputer melalui USB flashdisk

Untuk masalah yang satu ini memang agak menjadi kontroversial. Jujur saja saya belum membuktikan 100% ini akibat flashdisk yang kualitasnya jelek atau karena kesalahan teknis saya sendiri. Yang jelas, saat saya menggunakan flashdisk merk Sand*sk aman-aman saja.

Ketika saya kembali menggunakan Toshiba, Kingst*n kadang tak terdeteksi sama sekali walaupun sudah diganti menjadi MBR/GPT.

Kalaupun terdeteksi, kadang saat instalasi windows berjalan tiba-tiba macet di tengah jalan.

Kalau ditanya "pernah sukses nggak, install ulang pake flashdisk Toshiba/Kingst*n?". Tentu saja pernah, permasalahan ini terjadi hanya beberapa kali saja sepanjang hidup saya.

"Memangnya pake flashdisk lain nggak pernah bermasalah?". Jika ada pertanyaan seperti itu maka jawaban saya sama dengan diatas. 😎

5. Bikin laptop/komputer hang, bahkan macet total

Komputer yang tiba-tiba macet banyak sekali faktornya, tidak hanya karena masalah pada flashdisk.

Namun yang saya alami disini penyebabnya karena kualitas flashdisk yang jelek, bahkan tidak jarang saya menemukan flashdisk tersebut tidak bisa digunakan lagi walaupun telah diformat / dipartisi ulang.

Saat flashdisk ditancapkan, seketika itu komputer tidak dapat digunakan sama sekali alias macet total.

Awalnya saya bingung kenapa komputer yang spesifikasinya tinggi seperti ini bisa ngelag saking parahnya, padahal tidak ada aplikasi lain yang berjalan dan komputer tersebut aman dari virus.

Setelah saya mencabut flashdisk, ternyata komputer menjadi normal kembali dan flashdisk Toshiba yang saya tancapkan terasa sangat panas.

Jika sudah begini, lebih baik jangan tancapkan lagi kecuali anda berniat untuk memperbaiki bad sector di dalamnya.
Baca Juga : Apa Itu Bad Sector Pada Harddisk, Penyebab, Ciri-Ciri Dan Cara Mengatasinya

Yang Bermasalah Tak Hanya Flashdisk Toshiba Saja

Permasalahan yang dialami diatas itu flashdisk asli loh, iya ASLI!!! Yang asli aja udah banyak masalah apalagi yang palsu. Memang sih, itu tak hanya berlaku pada flashdisk Toshiba saja, hanya saja akhir-akhir ini saya lebih sering berhadapan dengan merk ini (padahal dahulu kualitas dari produk Toshiba tak pernah diragukan). 
Masih ada merk lain yang sering bermasalah, bahkan lebih parah. Yaitu flashdisk merk Kingst*n atau flashdisk merk lain yang tidak/kurang populer.

11 Ciri-Ciri Dan Perbedaan Flashdisk Toshiba Asli Dengan Yang Palsu


1. Hologram / segel garansi resmi

Flashdisk jenis apapaun, jika tersedia hologram/segel garansi resmi maka dapat dipastikan flashdisk tersebut adalah asli.

Seperti yang telah saya bahas pada artikel sebelumnya mengenai cara untuk mengecek dan membedakan flashdisk asli atau palsu (link ada di paragraf kedua artikel ini).

Mengecek segel adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan jika kalian tidak ingin mendapatkan flashdisk palsu dan abal-abal.

2. Warna LED

Warna LED pada flashdisk Toshiba palsu berbeda dengan yang asli. LED pada flashdisk Toshiba asli yaitu berwarna kuning ke hijau-hijauan, sedangkan yang palsu berwarna merah (flashdisk toshiba lampu merah).

Sejauh ini, saya belum pernah menemukan flashdisk toshiba asli dengan LED berwarna merah. Jadi bisa saya simpulkan, indikasi flashdisk toshiba palsu salah satunya adalah LED / lampu menyala berwarna merah.
11 Cara Membedakan Flashdisk Toshiba Asli Dan Palsu (Ori vs Kw)
Warna LED Flashdisk Toshiba Palsu Berwarna Merah

3. Setiap copy file ke flashdisk, file tersebut selalu hilang dan jika ada, file tersebut tidak bisa dibuka / corrupt

Ciri-ciri selanjutnya yaitu setiap kita copy file ke dalam flashdisk, file tersebut selalu hilang. Dan jika ada, file tersebut akan error saat dibuka.

Hilangnya file juga bisa jadi karena virus, namun pada kejadian yang saya alami kali ini bukanlah karena virus, melainkan kapasitas asli flashdisk tidak sesuai dengan tulisan yang tertera pada flashdisk.

Saya juga menyediakan artikel bagi yang mengalami file hilang karena virus, silahkan baca artikel berikut.
Baca Juga : 100% Berhasil!!! 2 Cara Mengembalikan File Yang Hilang/Terhapus Karena Virus
Sedangkan pada kasus yang saya alami kemarin, waktu itu saya menyalin file musik dengan jumlah lumayan banyak. tapi kok aneh.

Setelah saya cabut dan tancapkan lagi flashdisk tersebut, musik yang tersisa hanya berapa puluh saja.

Akhirnya saya cek kapasitas asli flashdisk tersebut, berapa sih kapasitas yang sebenarnya? Dan ternyata flashdisk yang bertuliskan 8GB ukuran aslinya hanya 107 MB, maka setiap file yang ditampung lebih dari itu akan selalu hilang.

Untuk membuktikan kapasitas flashdisk yang sesungguhnya silahkan baca artikel di bawah ini.
Baca Juga : Cara Mengetahui Kapasitas Flashdisk Sesungguhnya Dengan Mudah Dan Akurat

4. Kemasan produk

Kemasan juga penting untuk diperhatikan untuk membedakan flashdisk Toshiba tersebut paslu atau tidak. Pabrik pembuat flashdisk asli tidak asal-asalan dalam memproduksi barangnya, termasuk dalam hal kemasan.

Lalu kemasan flashdisk palsu itu bagaimana bang?

Kemasan flashdisk palsu biasanya agak burik, komposisi warna kurang jernih dan garis kurang rapi, istilah lain ya ngeblur lah.

Nah sedangkan flashdisk asli tentu tidak akan asal-asalan dalam proses produksinya, maka kecil kemungkinan flashdisk asli akan cacat, termasuk cacat dalam hal kemasan ini. Ya walaupun pasti ada yang cacat, namun kebanyakan tidak.

5. Penjual tidak berani memberi garansi yang lama

Jika kalian membeli flashdisk, pastikan garansi flashdisk tersebut lama. Sedangkan flashdisk palsu, biasanya garansi hanya 1-2 hari, 1 minggu, 1 bulan atau bahkan tidak berani memberi garansi.

Biasanya flashdisk asli dan penjual yang tidak abal-abal akan memberikan garansi yang relatif lama, entah 1 tahun, 2 atau 5 tahun atau bahkan seumur hidup.

6. Flashdisk susah terdeteksi

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, flashdisk palsu biasanya dalam proses produksi asal-asalan. Maka hasilnya pasti banyak yang error, tidak sempurna saat ditancapkan, bahkan posisi flashdisk agak miring (bengkok).

Umumnya posisi flashdisk palsu saat dicolok sedikit miring / jatuh ke bawah dan tidak kokoh, namun pada flashdisk asli posisinya tertancap kuat dan lurus.

Dengan kegagalan produksi ini, maka biasanya flashdisk palsu akan susah dideteksi di komputer, bahkan biasanya butuh beberapa kali tancap agar terdeteksi.

Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa saat saya install ulang komputer menggunakan flashdisk selalu gagal.

7. Mudah rusak / membuat komputer macet total

Ciri-ciri selanjutnya adalah flashdisk mudah rusak dan membuat komputer macet total. Nah uniknya, saya punya puluhan flashdisk Toshiba yang sudah rusak.

Beberapa teman saya ngasih flashdisk tersebut kepada saya untuk diperbaiki karena waktu itu saya sering perbaiki bad sector harddisk, flashdisk, dll.

Namun nasib malang menimpa teman saya, saya hanya bisa memperbaiki berapa butir saja. Diantaranya ada yang berhasil hanya dengan memformat-nya di linux.

Dan yang lain sudah tidak mempan diapa-apakan karena saat ditancapkan komputer justru komputer saya macet total (males amat ah, ntar malah komputer gua yang rusak).

Dan setelah itu saya sadar, kebanyakan flashdisk yang sering rusak adalah merk Toshiba.

8. Kecepatan transfer tidak stabil

Flashdisk palsu biasanya memiliki kecepatan yang tidak stabil. Awalnya kecepatan tinggi, tapi kemudian kecepatannya turun secara drastis dan tidak naik lagi.

Namun jangan langsung menyimpulkan bahwa flashdisk dengan kecepatan yang tidak stabil adalah palsu, jika anda membaca artikel secara keseluruhan pasti paham dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas. 😊
Baca Juga : 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya

9. Flashdisk palsu mudah sekali dibongkar

Saya sendiri masih memiliki flashdisk Toshiba palsu ini, mau dibuang tapi sayang. Mending saya gunakan untuk bahan percobaan, atau membagikan pengalaman serta membocorkan kejanggalan yang ada pada flashdisk palsu tersebut.

Ciri-ciri selanjutnya adalah flashdisk Toshiba palsu sangat mudah untuk dibongkar, bahkan bisa dibongkar hanya menggunakan kuku tangan saja.

Berbeda dengan yang asli, yang asli lebih/sangat susah untuk dibongkar.
11 Cara Membedakan Flashdisk Toshiba Asli Dan Palsu (Ori vs Kw)
Flashdisk Toshiba Palsu Sangat Mudah Dibongkar

10. Made in (Tempat pembuatan)

Nah jujur saja untuk yang satu ini agak membingungkan. Kenapa membingungkan? Karena toko resmi dan sumber lain mengatakan bahwa flashdisk jenis ini hanya diproduksi di Filipina, jika diproduksi oleh China maka kemungkinan besar flashdisk tersebut palsu.

Tapi nyatanya!!! Walaupun flashdisk yang saya itu beli made in Filipina, masih saja palsu tuh. Wah beneran bang yang produksi Filipina masih ada yang palsu???

Bener, nggak percaya dateng aja ke rumah saya (sambil bawa oleh-oleh, hehe), nanti saya buktikan bahwa made in Filipina juga masih ada yang palsu.

Dan belum lama saya lihat, flashdisk Toshiba yang made in Japan justru kebanyakan asli, dan setelah saya cek pabrik utama Toshiba ada di Tokyo, Jepang.

Makanya dulu kebanyakan yang bilang di Filipina saya merasa agak aneh, karena sempet denger pabrik ada di Jepang. Mari kita lihat pengakuan mereka dari Wikipedia :

Toshiba adalah perusahaan pemroduksi elektronik teknologi tinggi yang bermarkas di Tokyo, Jepang. Toshiba adalah perusahaan elektronik terbesar di dunia. Toshiba saat ini kebanyakan buatan RRC. 
Nah sudah lihat kan? Mungkin saja yang di Filipina itu cabang yang khusus memproduksi flashdisk saja.

Namun saya belum menemukan sumber yang terpercaya, satu-satunya sumber yang saya punya dan terpercaya mengatakan pabrik pusat ada di Tokyo, Jepang.

Jadi hati-hati ya sob saat membeli, dan sempat viral bahwa pabrik Toshiba bangkrut, makanya banyak produk palsu bertebaran dengan mengatas namakan Toshiba sebagai pabrik produksinya.

Namun jika mendengar pengakuan dari pihak Toshiba sendiri, pabrik tidak bangkrut, berikut kesaksiannya : “Kami terus berproduksi, Toshiba hanya diakuisisi Skyworth asal China.

Pemutusan tenaga kerja memang ada, sekitar 60% pegawai lanjut kerja di bawah bendera baru dan 40% masih proses negosiasi,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (3/2/2016).

Tapi kalian nggak usah ikut pusing-pusing ya ngeliat berita ini... 😂😂😂

11. Keterangan dan lambang di bagian belakang flashdisk

Untuk yang terakhir ini merupakan ciri-ciri yang paling mencolok dan mudah sekali untuk dijadikan acuan guna membedakan yang mana flashdisk Toshiba asli dan mana yang palsu.

Jika flashdisk yang kalian miliki itu palsu, maka tidak terdapat lambang CE dan juga tong sampah bertanda silang. Lambang yang lain pun terlihat sangat berbeda ketika kita mencoba untuk membedakannya.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut
11 Cara Membedakan Flashdisk Toshiba Asli Dan Palsu (Ori vs Kw)
Lambang Yang Tertera Pada Flashdisk
11 Cara Membedakan Flashdisk Toshiba Asli Dan Palsu (Ori vs Kw)
Flashdisk Asli Dan Palsu
Baca Juga : Flashdisk Tidak Bisa Menyimpan File Dan Tidak Bisa Diisi Data? Berikut Cara Mengatasinya!!!
Nah demikianlah 11 cara membedakan flashdisk Toshiba asli dan palsu beserta masalah yang sering timbul.

Bagaimana pendapat kalian? Cukup atau tidak informasi dari saya?

Jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan saja melalui kolom komentar yang sudah saya sediakan.

Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di lain artikel.

Kebijakan Berkomentar : Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Tutup Komentar