Saturday, December 29, 2018

author photo
7 Cara Mengatasi / Fix Error Occured Enhanced Native Trainer GTA V (Script Hook V Error)
Enhanced Native Trainer atau sering disebut ENT adalah sebuah trainer populer yang digunakan pada kalangan gamers GTA V. Trainer yang dimaksud disini mempunyai fungsi yang sama seperti chea*, namun disini kita tidak perlu repot-repot mencari value (pada chea* engine) atau mengetikkan kata-kata di keyboard, kita cukup memilih menggunakan arah panah dan menerapkan apa saja yang kita inginkan. Ibarat kata, ENT adalah surganya GTA V, karena kita bisa meminta apa saja disini, hehehe....

Kita tahu sendiri, pihak Rockstar telah membatasi chea* yang ada pada game sehingga terkesan kurang menarik dan kadang terasa membosankan dengan keterbatasan ini. Maka para developer/pengembang membuat trainer ini untuk memuaskan para gamers GTA V di seluruh dunia. Jujur saja, pertama kali saya menggunakan trainer ini saya terkagum-kagum 😁

Memang sih, untuk beberapa gamers justru mereka lebih memilih untuk tidak menggunakan chea* agar lebih tertantang saat menjalankan misi, selain itu ketika kita menggunakan chea* justru ini akan membuat kita cepat bosan dengan game tersebut, dan bisa saya katakan yang menggunakan chea* itu gamers cupu 😙. Eitts, tapi jangan bilang saya cupu ya, saya namatin game GTA V ini tanpa chea* lohh, sampai 100% pula. Saya memakai ENT ini setelah tamat dan menggunakannya untuk bersenang-senang saja.
Sudahlah, kita kembali ke topik utama yaitu bagaimana cara mengatasi error Enhanced Native Trainer. Kira-kira berikut ini adalah sebuah pesan error yang disampaikan saat kita menjalankan GTA V :
7 Cara Mengatasi / Fix Error Occured Enhanced Native Trainer GTA V (Script Hook V Error)
Error Enhanceed Native Trainer
Pada judul terdapat keterangan bahwa "SCRIPT HOOK V ERROR" dan pesan rinciannya adalah "CORE: An exception occurred while executing 'EnhancedNativeTrainer.asi' (0x00007FF9A71817E0), id 32" dan terakhir "Press OK to continue". Setelah kita menekan OK maka kita masih bisa masuk ke game, namun kita tak bisa menggunakan Enhanced Native Trainer seperti biasa. Perlu diperhatikan juga, kode/id diatas bisa saja berubah-ubah, tidak hanya muncul 32, kadang 34, 29, 28 ataupun beberapa nomor lainnya, namun solusinya sama dengan yang saya bahas pada postingan ini.
Sebenarnya saya ingin membuat artikel ini sejak dahulu, tapi sebelumnya saya masih terfokus pada tutorial PC dan Android. Dan jujur saja, permasalahan inilah yang menghantui saya ketika sedang asik-asiknya bermain GTA V PC. Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan yang satu ini? Simak beberapa cara di bawah ini, saya juga mengambil beberapa referensi dari forum GTA V.


7 Cara Mengatasi / Fix Error Occured Enhanced Native Trainer GTA V (Script Hook V Error) :

1. Mengupdate Script Hook V Dan Script Hook V Dot Net

Jangan bilang kalau kalian sudah menginstall Enhanced Native Trainer tapi tidak menambahkan Script Hook V Dan Script Hook V Dot Net. Atau mungkin kalian lupa tidak mengupdate 2 script tersebut, alias masih menggunakan versi jadul. Untuk mendapatkan Script Hook V dan Script Hook V Dot Net versi terbaru maka seperti biasa, pergi ke GTA V Mod dan cari apa yang kalian butuhkan, secara otomatis mereka akan menyediakan script versi terbaru untuk di download, bahkan biasanya kita masih bisa mendownload versi jadulnya. Ini adalah faktor utama mengapa Enhanced Native Trainer tidak dapat dijalankan sebagaimana mestinya, maka solusinya adalah menginstall 2 script tersebut dengan versi terbaru.

2. Menginstall Ulang / Mengganti ENT Dengan Yang Baru

Ini adalah cara alternatif kedua ketika kalian sudah mengupdate script namun hasilnya tetap nihil. Maka kita perlu menghapus dan menambahkan ENT yang masih fresh atau baru keluar dari bungkusnya, hehehe... Setelah kita mengganti dengan yang baru, jangan langsung dibuka tapi kita perlu mematikan komputer dan menghidupkannya kembali. Jangan direstart loh ya, matikan saja dulu dan biarkan beberapa saat lalu hidupkan kembali. Namun saya tidak melarang kalian melakukan restart, karena cara ini juga terkadang berhasil. Jika tidak berhasil maka wajar, lakukan solusi selanjutnya.

Baca Juga : Cara Mudah Menyelamatkan Data Penting Jika Windows Rusak

3. Menghapus File Temporary / File Setting ENT

Cara yang ini juga sangat ampuh untuk digunakan. Dengan menghapus file setting atau file temporary, maka ENT tidak ada beban apapun untuk dimuat (seperti baru menginstall). Misalnya saja kalian telah melakukan pengaturan yang terlalu banyak, maka saat GTA V dijalankan terkadang ENT akan mengalami crash. Akhirnya, mau tidak mau kita harus mencoba cara ini agar ENT normal kembali.

Terkadang ENT mengalami crash saat kita menerapkan sesuatu. Misalnya, kasus pertama yang pernah saya alami adalah saat sedang memunculkan sebuah mobil (mobil racing kalau nggak salah), entah kenapa mobil tak mau muncul, tiba-tiba ENT crash dan tak bisa digunakan lagi. Kasus kedua adalah terlalu banyak menerapkan efek, pada ENT versi 38 ada sebuah opsi dimana pejalan kaki bisa rusuh dimana-mana.

Nah saat itu saya banyak sekali menerapkan efek yang sebenarnya memberatkan ENT, akhirnya setiap saya membuka GTA V, ENT saya error terus. Bayangkan aja, baru buka game tiba-tiba langsung load banyak sekali perintah dan menerapkan efek pejalan kaki langsung rusuh (ledakan bom atau tembak menembak). Ibarat kata, belum pemanasan udah lari-lari duluan.. Terus gimana dong cara mengatasinya? Simak dengan baik langkah-langkahnya :

  • Buka windows explorer seperti biasa, lebih cepatnya dengan menekan tombol keyboard Start + E. Masuk ke tab view dan ceklist pada opsi "Hidden Items". Tujuan menerapkannya cara ini adalah agar folder yang akan kita buka bisa terlihat karena disembunyikan oleh sistem.
7 Cara Mengatasi / Fix Error Occured Enhanced Native Trainer GTA V (Script Hook V Error)
Ceklist Pada Opsi "Hidden Items"
  • Selanjutnya masuk ke folder/path "C:/ Users / Nama Komputer Kalian / AppData / Roaming / GTAV Enhanced Native Trainer /". Dan hapus file "ent.db". Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini :
7 Cara Mengatasi / Fix Error Occured Enhanced Native Trainer GTA V (Script Hook V Error)
Folder Settings Enhanced Native Trainer
  • Setelah kalian hapus file tersebut, maka seluruh pengaturan yang ada di Enhanced Native Trainer kalian akan hilang alias seperti baru. Tapi dengan menerapkan cara ini ENT akan berjalan dengan normal. Sebaiknya jangan terlalu banyak menerapkan efek pada ENT agar tidak terjadi crash lagi.

Baca Juga : 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya

4. Menggunakan ENT Dengan Versi Yang Lebih Rendah

Hingga saat ini, ENT telah banyak mengalami update dengan fitur yang jauh lebih lengkap dari versi sebelumnya. Saya sendiri telah menggunakan ENT sejak versi 27, waktu itu opsi menambah bodyguard masih error dan saya menggunakan script mod lain untuk menghadirkan bodyguard di GTA V saya. Namun saya merasa nyaman sekali menggunakan ENT versi jadul itu hingga hampir 1 tahun karena tidak ada crash sama sekali (kecuali menambah bodyguard).

Saat saya sedang iseng-iseng mencari beberapa mod GTA V, tiba-tiba saya melihat ENT sudah update menjadi 32 dan 33, akhirnya saya pun tertarik untuk mengganti ENT versi jadul saya, sampai dengan update 36 dan 37 ENT masih lancar digunakan. Tetapi saat saya update menjadi ENT versi 38 dan 39 saya sering mengalami kejadian diatas, hingga saya jenuh melihat error yang berkelanjutan pada ENT ini, akhirnya saya terpaksa mengganti ENT dengan versi yang lebih rendah dan ternyata tidak ada error yang muncul sama sekali.

Namun yang namanya sifat manusia itu tak ada puasnya, ketika itu saya sadar ada fitur yang sudah saya pakai di update 38 dan 39 dimana fitur tersebut sangat berguna bagi saya. Waktu itu kalau nggak salah ENT versi 38 bisa mengatur pejalan kaki menjadi bersenjata dan bisa bikin rusuh, wah sukanya yang rusuh-rusuh nih, hehehehe.... Nah saat saya menginstall versi lebih rendah, saya merasa kehilangan sekali dengan fitur tersebut, akhirnya saya paksa lagi menggunakan versi terbaru dan mencoba solusi lain. Apa saja solusi lainnya itu? Simak solusi selanjutnya di bawah ini.

5. Biarkanlah Settingan Menjadi Default

Jika kalian menggunakan laptop untuk bermain GTA V dan menggunakan Enhanced Native Trainer ini tanpa memasang keyboard tambahan, mungkin kalian akan melakukan sedikit perubahan konfigurasi tombol cepat (shortcut) pada ENT ini. Kebetulan saya memakai laptop dan malas untuk menambah keyboard tambahan, jadi saya mengganti beberapa fungsi Num key menjadi tombol keyboard yang ada pada laptop. Kecuali jika kalian memakai ASUS Rog atau sejenisnya (yang sudah mempunyai num key), mungkin kalian tidak perlu menambah keyboard lagi ataupun mengganti konfigurasi shortcut ENT ini.

Ini juga berlaku untuk tombol yang lain, bukan hanya untuk num key saja. Untuk menghindari crash pada ENT maka sebaiknya biarkan pengaturan sebagaimana adanya (default). Dengan melakukan hal ini, kita telah meminimalisir adanya duplikat tombol cepat (shortcut) yang memicu terjadinya crash pada ENT. Seperti pada kasus saya sebelumnya, saya mengganti fungsi belok kanan yang sebelumnya num key 6 menjadi arah panah kanan yang sudah dipakai untuk lampu riting/sen. Maka ENT saya hanya bertahan beberapa jam untuk menggunakan trainer ini, selanjutnya ENT saya mengalami crash dan tidak bisa digunakan lagi. Saya sudah menginstall ulang ENT ini namun hasilnya tetap nihil.

6. Menambah RAM pada PC

Ini hanya sebuah opsi saja dan tidak harus dilakukan. Mungkin saja komputer kalian telah mendapatkan beban yang berlebih, maka kita perlu menambahkan RAM agar lebih banyak ruang yang tersedia untuk menjalankan game GTA V dengan lancar tanpa mengalami crash. Sebenarnya masih ada alternatif untuk solusi yang satu ini, link artikelnya sudah saya sertakan di bawah tentang cara mempercepat kinerja komputer, yaitu mematikan task yang tidak perlu dan mengosongkan beberapa ruang pada RAM komputer kalian agar GTA V serta ENT bisa mendapatkan ruang lebih untuk dijalankan.


7. Membuang Beberapa MOD Yang Diinstall

Ini adalah cara terakhir yang wajib kalian lakukan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Cara ini telah terbukti berhasil oleh beberapa gamers di forum GTA V. Jika kalian sering memasang mod pada GTA V, sebaiknya urungkan niat kalian sementara agar ENT dapat dijalankan tanpa error. Dengan mengurangi mod yang ada, maka loading startup GTA V pun lebih cepat dan lebih ringan, jika kalian memasang mod yang berlebihan, maka saat pertama kali dibuka biasanya loading akan bertambah lama.

Mod yang diinstal pada umumnya di letakkan pada lokasi yang berbeda dari file asli GTA V, kecuali kalian me-replace/mengganti file asli dengan versi mod-nya (tidak di rekomendasikan). Ini juga yang memicu lambat serta error-nya GTA V saat dibuka. Apalagi dengan objek mod yang terkadang gagal dan terlalu berat untuk dijalankan, jika VGA yang kalian gunakan adalah menengah kebawah jangan heran ketika setelah memasang mod GTA menjadi sering lag bahkan macet total.

Saat menjalankan GTA V yang telah ditambah mod, maka sistem pun akan menggabungkan file asli dengan mod, pada penggabungan tersebut, kita tahu lokasi mod berbeda dengan file aslinya, maka proses loading jadi berlipat-lipat lebih lambat. Apalagi dengan kemampuan baca harddisk yang masih terbatas (belum support SSD) yang artinya kecepatan harddisk belum full speed, maka loading bisa lambat karena faktor harddisk. Masalah lambat/errornya juga bisa berasal dari kecepatan dan kesehatan harddisk. Untuk mengetes kesehatan harddisk silahkan lihat artikel di bawah ini, lalu fokus pada poin dibawah tentang Cara Mengecek Bad Sector, disitu terdapat beberapa cara mengecek kesehatan harddisk.

Baca Juga : Apa Itu Bad Sector Pada Harddisk, Penyebab, Ciri-Ciri Dan Cara Mengatasinya

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan mengenai cara mengatasi / fix error occured enhanced native trainer di GTA V. Semoga bisa bermanfaat dan semoga berhasil, jika kalian menemukan cara lain untuk mengatasi permasalahan yang satu ini, silahkan tambahkan pada kolom komentar. Jangan lupa untuk selalu update artikel terbaru dari saya, follow kami juga di instagram, youtube dan juga halaman facebook.. 😊

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post