Teknik Fotografi Light Painting (Melukis Dengan Cahaya) Menggunakan HP - Tutorial Bahasa Indonesia - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Teknik Fotografi Light Painting (Melukis Dengan Cahaya) Menggunakan HP - Tutorial Bahasa Indonesia

Teknik Fotografi Light Painting (Melukis Dengan Cahaya) Menggunakan HP - Tutorial Bahasa Indonesia
Teknik Fotografi Light Painting (Melukis Dengan Cahaya) Menggunakan HP - Tutorial Bahasa Indonesia - Hanya dengan modal menggunakan HP kita bisa menciptakan foto berupa light painting yang indah. Light painting / melukis dengan cahaya merupakan teknik fotografi yang tidak terlalu sulit dan hasilnya pun sangat indah, tergantung imajinasi dan kemampuan kita dalam memaksimalkan alat-alat yang ada.

Teknik fotografi light painting telah lama trending di kalangan masyarakat, namun tidak semua menguasai teknik ini, apalagi dengan menggunakan HP. Untuk mengambil foto light painting kita harus mempunyai kamera yang support manual mode. Dalam artikel saya sebelumnya tentang 8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet pada poin nomor 6 telah saya jelaskan mengenai mode manual pada kamera android. Ada alternatif pula bagi android yang tidak support mode manual. Nah setelah kalian paham mode manual, apa langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan? Simak artikel berikut dengan seksama. Sebelum itu, mungkin kalian perlu tips untuk membuat kamera menjadi jernih agar hasil foto lebih memuaskan. Tips-nya dapat kalian baca melalui link di atas yang sudah saya sediakan tentang cara ampuh agar kamera jernih kembali.


Apa Saja Yang Kalian Butuhkan?

Karena yang saya ajarkan disini adalah tutorial yang simpel dan hanya bermodal smartphone, maka kalian pun tidak perlu menyediakan alat-alat yang sulit untuk dicari. Berikut saya jabarkan apa saja yang perlu kalian siapkan untuk memulai foto light painting :

1. Smartphone Yang Mempunyai Mode Manual Camera

Seperti yang saya katakan diatas, jika smartphone kalian tidak support mode manual maka anda harus menggunakan aplikasi lain. Kualitasnya pun jangan disamakan!!! Karena sudah tentu hasilnya tidak akan sebagus smartphone yang sudah mempunyai mode manual.

2. Sumber Cahaya

Sumber cahaya yang akan kita gunakan disini merupakan objek yang paling utama, kita bisa menggunakan LED, lampu, senter, motor / mobil yang lewat, kembang api, atau apa saja yang bersinar, asalkan jangan wajah saya, Hehehehe..... Dan akan lebih bagus jika cahaya itu berwarna lain, tidak hanya putih saja, misalnya lampu belakang mobil yang berwarna merah, maka hasil light painting pun akan lebih bagus.

3. Ruangan / Tempat Yang Gelap

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kita harus mencari ruangan atau tempat yang gelap. Tujuannya agar tidak ada cahaya yang mengganggu sumber cahaya yang kita gunakan. Kalian bisa menggunakan tempat yang tertutup saat malam, atau bisa juga di kolam renang yang rendah (pada saat malam juga)  agar cahaya yang muncul bisa terpantul oleh air, akan lebih keren bukan?

4. Tripod (Jika Ada)

Tujuan menggunakan tripod adalah agar tidak ada guncangan saat kita mengambil foto, selain itu jika kita ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan terlihat proffesional maka kalian wajib menggunakan tripod. Jika kalian hanya ingin menguasai teknik light painting secara dasarnya dan cukup untuk menambah pengetahuan maka anda cukup memegang smartphone secara tenang dan diam tanpa ada guncangan yang berarti (memegang kamera dengan stabil).

5. Orang Lain

Kita juga butuh orang lain untuk melakukan teknik foto light painting ini. Dengan dibantu orang lain, pasti hasilnya akan lebih baik karena kita bisa mengetahui posisi yang pas dan memberikan aba-aba yang tepat untuk memulai.

6. Konsep Light Painting

Pastikan sebelum membuat light painting kalian sudah membuat konsepnya terlebih dahulu. Apakah akan dibuat spiral, tulisan, atau pola yang lain. Apakah akan menyertakan model atau hanya sebuah cahaya. Jika kalian menyertakan model maka kalian perlu menambahkan cahaya agar model tersebut terlihat dengan ISO yang rendah.

Baca Juga : Tips Memilih Smartphone Android Berkualitas Agar Tak Menyesal


Pengaturan Kamera :

1. Atur ISO Dengan Rendah Antara 50 - 100

Kita perlu mengecilkan ISO agar hasil foto lebih maksimal dan tidak ada noise yang muncul, yaitu antara 50 sampai dengan 100.

2. Atur Pencahayaan Dengan Rendah

Hampir sama dengan mengatur ISO, dengan mengatur pencahayaan menjadi rendah maka hasil foto pun akan semakin bagus.

3. Atur Shutter Speed Antara 4 - 10 Detik

Shutter speed adalah waktu/proses pengambilan foto, ini adalah hal yang paling utama untuk dilakukan. Kita perlu mengatur shutter speed menjadi 4 - 10 detik atau tergantung kebutuhan kalian. Jika ingin menciptakan light painting yang rumit maka kalian bisa mengatur shutter speed dengan lebih lama misalnya menjadi 32 second/detik, tapi kalian juga akan lebih repot dalam menstabilkan kamera dan juga membuat pola light painting tersebut.


Cara Melakukan :

Setelah semua syarat diatas terpenuhi, maka kita tinggal melakukan teknik light painting ini. Jika kalian menggunakan objek mobil / motor yang berjalan sebagai objeknya maka kalian langsung mulai foto saat kendaraan lewat. Nah disini kita harus menyesuaikan kecepatan shutter speed dengan kecepatan mobil yang lewat tersebut. Nggak mungkin kan jika ada motor yang lewat tapi kalian mengatur shutter speednya 32 detik, kelamaan. Tapi semakin banyak semakin bagus sih, hehe. Tapi saya biasa menggunakan 4 detik ketika objek fotonya adalah motor yang berjalan karena repot dalam menstabilkan kamera tanpa tripod, yang terpenting tetap pegang kamera dengan stabil dan biarkan objek tersebut berjalan melalui kamera kita. Berikut ini adalah contoh foto light trails.
Teknik Fotografi Light Painting (Melukis Dengan Cahaya) Menggunakan HP - Tutorial Bahasa Indonesia
Light Trails
Catatan :
Sebenarnya, hasil foto diatas lebih dikenal dengan istilah light trails. Namun karena teknik yang digunakan hampir sama, maka saya bahas sekaligus.

Nah untuk cara kedua ini jika kalian menggunakan LED atau lampu atau bahkan kembang api sebagai objeknya. Yang kedua ini menurut saya gampang-gampang susah, gampangnya yaitu kita tidak usah menyesuaikan waktu sama seperti motor yang berjalan tadi. Susahnya yaitu saat kita membuat pola cahaya. Ketika kita ingin membuat pola cahaya menjadi tulisan kita harus pintar-pintar melakukan gerakan. Namun jika kalian berjiwa seni tentu ini bukan sebuah masalah.

Cara melakukannya adalah menyuruh orang lain memegang lampu / LED yang sudah disediakan, setelah itu mulailah mengambil foto. Orang lain yang anda suruh pegang lampu harus membuat pola tulisan atau pola apa saja terserah anda dengan berjalan atau berlari selama proses foto berlangsung (tergantung kecepatan shutter speed), setelah selesai cobalah lihat hasilnya. Berikut ini adalah contoh light painting dengan modal senter warna anak kecil yang dijual Rp 2000-an dan hasilnya pun lumayan dengan hanya bermodal itu.
Teknik Fotografi Light Painting (Melukis Dengan Cahaya) Menggunakan HP - Tutorial Bahasa Indonesia
Light Painting Menggunakan Senter
Untuk melakukan light painting, kalian harus mencoba dan terus mencoba, tidak langsung hasilnya bagus. Kita perlu melakukan beberapa kali percobaan, apakah dengan shutter speed seperti ini hasilnya akan bagus, apakah gerakan orang tersebut harus diperlambat atau dipercepat, apakah tempat kurang gelap, apakah cahaya senter kita kurang menarik, kurang terang, dan lain sebagainya. Analisislah faktor lain yang membuat light painting semakin menakjubkan.

Baca Juga : 9 Cara Membuat Gaya Huruf Keren Di Whatsapp

Demikianlah artikel mengenai teknik pengambilan foto light painting, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih telah mengunjungi situs ini, jangan lupa untuk selalu update artikel terbaru dari saya.

Baca Juga : 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya