Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya Dengan Mudah, Sudah Terbukti!!! - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya Dengan Mudah, Sudah Terbukti!!!

Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya Dengan Mudah, Sudah Terbukti!!!
Menyimpan sebuah foto dalam jumlah banyak akan menyita dengan cepat ruang penyimpanan kita, apalagi jika hasil foto tersebut adalah berasal dari kamera DSLR. Tentu ukurannya relatif besar, rata-rata diatas 5 MB per fotonya. Nah gimana tuh kalau kita adalah seseorang yang suka mengoleksi banyak foto? Beli harddisk eksternal? Jangan dulu deh, save money untuk hal yang lebih penting. Lagian kita bisa meminimalisir jika terjadi hal seperti ini, daripada repot-repot mending kita simak artikel kali ini, yaitu cara untuk mengecilkan ukuran foto tanpa mengurangi kualitasnya.

Awalnya saya tidak percaya dengan cara ini, bagaimana mungkin ukuran fotonya jadi kecil sementara kualitasnya tetap bagus? Kemudian saya coba buktikan, ternyata aplikasi ini memang top markotop. Setelah saya melakukan kompress foto dan saya bandingkan dengan aslinya hampir tidak ada perubahan, baik dari sisi komposisi warna maupun resolusi. Malah secara resolusi tidak ada perubahan sama sekali, masih sama besar dengan resolusi foto aslinya.

Aplikasi ini hanya memainkan komposisi warna. Namun setelah kalian kompress, warna dari foto tersebut tetaplah bagus dan secara kasat mata tidak akan terlihat perbedaannya walaupun kalian melakukan zoom/memperbesar berkali-kali sampai mentok. Aplikasi ini pun mampu memperkecil ukuran foto hingga 50%, bahkan lebih. Saya pernah memperkecil salah satu foto yang berasal dari DSLR, awalnya ukuran foto adalah 9-12 MB per filenya. Setelah saya kompress, ukuran foto berubah menjadi 1-2 MB-an per filenya. Setelah itu saya cek kembali kualitas fotonya, saya bandingkan dan lakukan pembesaran sampai mentok dan sampai dengan pojok-pojok foto, hasilnya masih sama bagusnya dengan foto asli sebelum dikompres.

Bukankah akan menghemat banyak ruang di penyimpanan kita? Apalagi kita juga tidak perlu menghawatirkan kualitas fotonya. 

Baca Juga : 8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet


Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya :
  • Pertama-tama download dulu aplikasi Advanced JPEG Compressor disini.
  • Install aplikasi tersebut seperti biasa
  • Untuk mulai melakukan kompress, buka aplikasi tersebut (pastikan aplikasi sudah di aktivasi agar bisa berfungsi, jika anda membeli aplikasi tersebut maka masukkan serial number, jika anda download bajakan maka menggunakan crack)
  • Fokus pada aplikasi, klik Process Multiple Images atau tekan tombol Ctrl + M pada keyboard
Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya Dengan Mudah, Sudah Terbukti!!!
  • Pilih dan tandai foto yang akan dikompress lalu pilih "select", jika ingin 1 folder sekaligus maka ceklist pada "from this folder" lalu pilih "select all"
Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya Dengan Mudah, Sudah Terbukti!!!
  • Pertama pilih destination folder/folder tujuan dimana akan anda simpan hasil kompress tersebut, apakah menimpa file asli (source) atau tempat lain (other). Yang kedua pilih profil sesuaikan dengan yang saya pilih, yaitu "Photo, large size source image" dan yang terakhir klik Ok
Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya Dengan Mudah, Sudah Terbukti!!!
  • Setelah itu proses akan berjalan, kita juga bisa membuka beberapa jendela aplikasi ini. Jadi, kita bisa sekaligus mengkompress beberapa folder foto dalam waktu bersamaan tanpa harus menunggu selesai.

Baca Juga : Bukan Hoax!!! Inilah Cara Ampuh Agar Copy Paste Menjadi Lebih Cepat

Catatan :
Aplikasi ini direkomendasikan untuk mengkompress foto/gambar berformat .JPG atau .JPEG. Jika anda mengkompress foto/gambar yang berformat .PNG maka akan berubah menjadi .JPG.
Secara kualitas, jenis file .JPG lebih rendah daripada .PNG. Jadi wajar saja ketika kualitas gambar akan menurun ketika anda mengkompress file ber ekstensi .PNG.