Cara Ampuh Agar Copy Paste Tidak Ketahuan Oleh Siapapun - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Cara Ampuh Agar Copy Paste Tidak Ketahuan Oleh Siapapun

Cara Ampuh Agar Copy Paste Tidak Ketahuan Oleh Siapapun
Untuk pembuatan makalah, laporan, tugas akhir, skripsi, presentasi dan lain sebagainya kadang-kadang kita mengambil referensi dari google. Namun banyak dari kita yang tidak menguasai teknik pengambilan konten yang bersih dan agar tidak mudah diketahui orang lain. Disini saya akan berbagi tips yang ampuh agar copy paste tidak ketahuan oleh orang lain. Tapi jangan anggap saya sedang mengajarkan kalian agar mahir berbohong lho yaaa... Hehehe....

Silahkan gunakan tips ini dengan baik, sesuaikan dengan situasi dan kondisi. Misalnya kalian sedang banyak tugas, tiba-tiba ditambah tugas lain lagi dan harus disegerakan, dengan terjadinya hal seperti ini bukan tidak mungkin kita akan langsung mengambil mentah-mentah materi dari google. Nah itu yang sangat disayangkan, bukannya nilainya bagus malah disuruh ngulang, parahnya lagi kita bisa di skors. 😢


Cara Agar Copy Paste Tidak Ketahuan Orang Lain :

1. Hilangkan Link Yang Ada Pada Artikel

Hal pertama yang saya bahas ini mungkin hanya sedikit yang mengalaminya. Jika kalian yang membaca ini masih duduk di bangku SMP atau SMA/SMK saya yakin 60% dari kalian akan mengambil materi dari google secara mentah-mentah dan minim sekali melakukan editing. Salah satu kesalahan fatal yang sering saya lihat yaitu tidak merubah warna atau menghapus huruf yang terdapat link.

Saya punya pengalaman unik waktu saya duduk di bangku SMK, waktu itu kelas saya diberi tugas untuk membuat makalah, nah sumbernya bebas ngambil dari manapun. Tentu saja tanpa pikir panjang mereka langsung ngambil materi dari google tanpa ada editing yang berarti, paling paling ngatur ukuran kertas, rata kanan dan kiri, nomor halaman, menulis nama kelompok dan lainnya. Mereka tidak memperhatikan ada link di dalam artikel tersebut sehingga pada saat makalah dikumpulkan mereka dipanggil oleh pak Guru. "Kelompok 6, ini kok ada tulisan klik disini? Tapi kok nggak bisa diklik? Mbok ya diedit dulu kalau mau ngambil dari google, nanti kamu bikin makalah baru lagi dan maju presentasi pertama". Seketika mereka jadi bahan tertawaan oleh teman sekelas. Nah bukankah memalukan jika sampai terjadi hal seperti itu? 😄

Maka, jika terdapat tulisan yang mengandung link (misalnya baca juga, baca disini, klik disini, dsb), ubahlah warnanya atau hapus kata-kata tersebut sekaligus. Sebenarnya kita tak perlu mengecek lebih detail mengenai hal ini jika kita melakukan tips yang ke-2 berikut.

2. Copy Paste Melalui Notepad

Nah untuk tips yang ke-2 ini sangatlah penting untuk dilakukan. Karena, pada saat kalian menyalin tulisan dari blog atau situs tertentu dan langsung dimasukkan ke microsoft word maka hasil tulisan tersebut biasanya acak-acakan, tidak bisa di rata kanan kiri, berbeda jenis huruf, dan mudah sekali untuk dikenali jika tulisan tersebut adalah hasil copy paste.

Untuk menghindari hal tersebut. Maka, setiap anda melakukan copy paste taruhlah pada notepad terlebih dahulu, setelah itu baru di copy ke microsoft word. Secara otomatis, format tulisan seperti pengaturan spasi, jenis huruf, link (seperti yang saya bahas pada nomor 1), dan format tulisan lainnya akan hilang dan akan menjadi rapi. Tentu saja orang-orang akan mengira bahwa anda telah menuliskannya secara manual, dan sulit untuk membedakan apakah ini hasil copy paste atau bukan. Namun tidak cukup sampai disitu, kita harus melakukan hal selanjutnya jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.
Cara Ampuh Agar Copy Paste Tidak Ketahuan Oleh Siapapun
Proses Copy Paste
Catatan :
Ini bukan tips untuk copy paste blog orang ke blog anda sendiri, tapi copy paste untuk membuat laporan, makalah dan lain-lain. Jika tujuan anda untuk blogging, algoritma google sudah canggih dan pasti akan mendeteksi atau bahkan menghapus konten anda jika melakukan copy paste blog orang lain. Selain itu, reputasi pun akan menurun drastis di mata google.

3. Simpan Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Jika dosen atau pembimbing anda sangat teliti, pasti mereka akan mengecek secara detail pada file yang telah anda kerjakan termasuk detail waktu pengerjaan tugas. Nah inilah yang jarang diketahui orang. Misalnya saya menyalin sebuah tulisan ke dalam microsoft word, setelah itu langsung saya simpan dan proses copy paste kira-kira hanya memakan waktu 1 menit. Setelah dicek pada detail file, maka akan tampil seperti ini :
Cara Ampuh Agar Copy Paste Tidak Ketahuan Oleh Orang Lain
Detail File
Nah disitu antara content created (konten dibuat) dan date last saved (tanggal terakhir disimpan) hanya berselang 1 menit. Masa waktu pengerjaan tugas cuma 1 menit? Ngarang aja... Yang ada pembimbing kalian akan curiga. Nah oleh sebab itu, pintar-pintarlah kalian dalam save dokumen, yaitu klik simpan lagi jika sudah selang beberapa hari. Atau bisa juga majukan tanggal komputer masing-masing, lalu save dokumen kalian... 😄

Catatan :
Untuk mengecek detail seperti diatas cukup klik kanan pada file yang akan anda cek lalu pilih Properties.

4. Copy Tulisan Ke Dokumen Baru

Masih melanjutkan bahasan pada nomor 3 diatas, namun sekarang adalah author/pemilik komputer pada detail file yang anda buat. Jika anda hobi copy paste tugas teman, lakukanlah dengan cara yang agak berbeda sekarang. Jangan sampai kalian hanya copy paste file tugas teman dan HANYA melakukan editing, itu adalah kesalahan yang fatal dan percuma saja walaupun anda telah melakukan hal diatas.

Kok bisa begitu? Coba lihat gambar nomor 3 pada bagian author, dan lihat pada bagian ini :
Cara Ampuh Agar Copy Paste Tidak Ketahuan Oleh Orang Lain
Author
Nah disitu terlihat siapakah author/penulis tugas tersebut, walaupun anda yang menuliskan tapi jika di komputer orang maka authornya adalah yang punya komputer tersebut. Maka solusi dari saya, jika anda suka copy paste tugas teman copy dahulu ke dokumen yang baru dan lakukan juga langkah-langkah yang sudah saya tuliskan diatas. Dan yang terpenting, lakukanlah copy paste pada komputer anda sendiri agar author-nya adalah anda sendiri.

Bayangkan saja jika anda hanya mencopy file punya teman, isinya nggak beda jauh dan authornya sama. Gimana jawaban kalian kalau ditanya "ini kok authornya sama? Copy paste ya?". Mungkin sih, kalian masih bisa beralasan "saya nggak punya komputer pak", tapi kalau ditanya "lah terus isinya kok sama persis???". Maka skakmat sudah.

Saran dari saya sih lakukan cara ini untuk kebaikan, bukan untuk membohongi orang lain. Kalian tahu kan? Satu kebohongan akan membuka kebohongan lain? Nah begitulah, apalagi salah satu dosa terbesar yaitu munafik. Ialah orang yang suka berbohong dan bersaksi palsu. Jujur saja, saya pun menggunakan cara ini jika sudah mendesak dan banyak sekali tugas, namun jika ditanya ini hasil copy paste ya? Saya pasti akan jawab jujur. Lah gak ada gunanya juga dong? Ya tentu ada. Dan yang terpenting, jangan sampai menambah pundi-pundi dosa gara-gara tugas sepele seperti ini.

Tambahan :
Cara tambahan ini juga bisa kalian gunakan agar tugas terlihat lebih natural dan berbeda dengan yang lain. Kira-kira apa saja sih selain hal diatas yang bisa kita lakukan???

- Ambil Dari Beberapa Referensi

Kita bisa mengambil tugas dari beberapa referensi agar tidak terlalu mencolok dan akan memberikan kesan lebih kreatif. Misalnya basa-basinya menggunakan artikel blog si A, dan isi pertama kalian salin dari blog si B, selanjutnya kalian tambahkan tulisan dari blog si C.

- Pahami, Tulis dan Tambahkan Kata-Kata Lain Menggunakan Bahasa Anda Sendiri

Akan lebih baik ketika anda memahami materi dan menuliskan kembali menggunakan bahasa anda sendiri. Secara tidak langsung anda akan lebih mudah memahami materi dan menambah wawasan keilmuan. Akan lebih mantap ketika anda menambahkan pendapat atau saran agar tulisan menjadi lebih hidup dan mempunyai ciri-ciri khusus.
Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan hari ini, semoga bermanfaat, jangan lupa untuk selalu update artikel terbaru dari saya. Dan sekali lagi saya ingatkan, gunakan tips ini untuk hal yang positif. 😊