8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet

8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet
Jika anda mencari kata kunci cara agar kamera tidak blur, cara agar kamera HP jernih, dan cara memperbaiki kamera yang buram maka sangat tepat jika anda mengunjungi situs ini. Saya akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara agar kamera kembali jernih seperti baru dan bahkan lebih baik dari sebelumnya. Banyak sekali trik maupun teknik yang dapat kalian gunakan untuk memaksimalkan hasil jepretan kamera anda. Tidak hanya tips saja yang akan saya bagikan disini, teknik fotografi pun akan sedikit saya singgung. Awas jangan tersinggung loh ya, karena di artikel ini akan saya singgung. Hehehe....

Permasalahan pada kamera yang paling sering adalah blur, tidak fokus, buram, dan kadang brintik. Permasalahan tadi memang tidak lepas pada spesifikasi kamera tersebut. Antara kamera android dan DSLR tentu saja jauh berbeda, jika ingin mendapatkan hasil maksimal tentu saja lebih baik menggunakan kamera DSLR. Namun bukan tidak mungkin hasil jepretan kamera android bisa bersaing dengan kamera DSLR. Apalagi jika kita mahir editing, pasti hasil foto akan lebih menarik dibandingkan foto biasa yang dihasilkan kamera DSLR. Nah, sekarang kita kepoin, apa saja sih triknya? Simak artikel berikut dengan sepenuh hati...


Cara Ampuh Agar Kamera Kembali Jernih :

1. Membersihkan Lensa Kamera Menggunakan Pasta Gigi

Cara yang pertama ini mungkin sudah sedikit familiar di kalangan anda. Namun bukan tidak mungkin salah satu dari kalian ada yang belum mengetahui hal ini. Selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi pun bisa membuat lensa kamera jernih kembali. Caranya pun sangat mudah, cukup oleskan saja ke lensa kamera lalu lap dengan kain. Tidak perlu menggunakan air, jika memang sangat diperlukan maka gunakanlah sedikit saja untuk membersihkan.

Penting juga untuk diketahui, jangan lakukan cara ini terlalu sering, saya pun menggunakan cara ini jika kamera sudah benar-benar kotor dan hasil jepretan mulai buram. Saya juga punya sedikit cerita, waktu itu kamera HP paman saya ngeblur, buram, dan tidak bisa fokus. Jika dilihat, pada lensa tidak terlihat adanya kotoran yang menempel. Tapi saat kamera digunakan hasil fotonya sangatlah jelek, bahkan lebih jelek dari hasil jepretan HP Nokia dengan kamera 2 MegaPixel.

Awalnya paman saya mengira bahwa lensa kamera telah rusak, namun saya sarankan untuk membersihkan menggunakan pasta gigi terlebih dahulu. Dan ajaib!!! Kamera kembali jernih seperti baru lagi!!! Cara ini memang sudah terbukti ampuh untuk segala jenis kamera, namun kita tak boleh terlalu sering melakukannya karena dikhawatirkan akan membuat lensa terkikis jika lensa kalian kurang bagus kualitasnya.

Baca Juga : Wow!!! Ini Dia Fitur Keren Yang Disediakan Android Oreo

2. Membersihkan Lensa Menggunakan Minyak Kayu Putih

Selain menggunakan pasta gigi, minyak kayu putih adalah cairan yang paling sering saya gunakan untuk membersihkan lensa yang berdebu dan juga sekaligus membersihkan body Smartphone. Caranya pun sangat mudah, ambil kain atau tisu lalu beri sedikit tetesan minyak kayu putih, selanjutnya gunakan kain atau tisu tersebut untuk membersihkan Smartphone kalian.

Minyak kayu putih akan mengangkat semua kotoran yang menempel pada lensa kamera maupun body smartphone kalian. Mengapa harus minyak kayu putih? Karena cairan tersebut lebih cepat mengering sebab memiliki kandungan air yang lebih sedikit. Tetapi untuk lebih aman kalian bisa membeli cairan pembersih kamera yang sudah tersedia toko-toko kamera terdekat.

3. Melakukan Pembaruan Perangkat

Nah untuk cara kedua ini khusus bagi yang mengalami permasalahan pada sistem Android. Belum lama ini saya mendengar beberapa keluhan setelah melakukan update/pembaruan perangkat, keluhannya adalah kamera HP tidak bisa fokus sama sekali bahkan dalam mode manual. Selain itu hasil jepretan kamera dengan spesifikasi tinggi tersebut terlihat buram dan tidak jelas. Namun setelah melakukan update lagi kamera kembali normal.

Bahkan baru saja kemarin saya dapat cerita dari salah satu orang yang membeli HP seharga 6 Jutaan. Dia merasa sangat kecewa setelah HP yang dibelinya dengan mahal ternyata kualitas kameranya jelek sekali. Dan itu memang murni karena kegagalan sistem pada android. Agar kamera normal kembali dan berfungsi dengan baik maka kita perlu mengupdate/melakukan pembaruan perangkat. Namun bisa juga kebalikannya, setelah kita melakukan update justru kamera berubah menjadi blur. Nah kalau sudah begini mau tidak mau kita harus menunggu vendor/produsen merilis update sistemnya.

Kita juga perlu melaporkan kejadian ini kepada developer produk android kalian agar lebih cepat ditangani. Jika malas untuk menunggu kita juga bisa melakukan custom rom / penggantian sistem android. Namun hal tersebut terlalu extrim untuk dilakukan. Biasanya jika terdapat kegagalan sistem/bug maka developer akan segera mengatasinya. Jadi menurut saya santai dan sabar saja untuk menunggu, sebagai solusi alternatif, mungkin cara selanjutnya akan membantu.

4. Menggunakan Aplikasi Kamera Lain

Solusi alternatif yang saya maksud diatas adalah menggunakan aplikasi kamera lain untuk memotret gambar jika pembaruan perangkat belum dirilis. Disini saya merekomendasikan kamera FV-5 atau google camera. Kebanyakan, kamera bawaan android mempunyai fitur yang sangat terbatas, untuk memaksimalkannya kita bisa mencoba aplikasi lain seperti Camera FV-5. Dari segi fitur, Camera FV-5 sangatlah melimpah dan terkadang membuat kita kebingungan. Terus gimana kalau google camera? Secara fitur, google camera sangatlah simpel. Menurut saya, keunggulan dari google camera yaitu kamera lebih stabil dan punya fitur 360 derajat pemotretan.

Camera FV-5 ada dua versi, yang gratis dan berbayar. Jika kalian malas untuk membeli, kalian bisa download versi premium dari google yang sudah dimodif dengan kata kunci "download Camera FV-5 apk mod". Sedangkan google camera tersedia gratis di playstore, tapi jika google camera yang kalian download dari playstore tidak bisa dibuka, kalian harus download dari google dengan kata kunci "download google camera no root". Di bawah ini saya sediakan link download melalui playstore, mohon maaf karena blog ini tidak menyertakan aplikasi bajakan.

Download Camera FV-5 Lite (Playstore)

Download Camera FV-5 Pro (Playstore)

Download Google Camera (Playstore)

5. Meninggikan Resolusi Dan Menggunakan Mode HDR

Meninggikan resolusi dan menggunakan mode HDR akan membuat hasil foto lebih jernih. Meninggikan resolusi pada kamera akan menambah titik-titik yang hadir pada sebuah foto, semakin besar jumlah pixel/jumlah titik maka semakin jernih pula foto yang dihasilkan. Kalau sudah bicara masalah pixel tentu saja ujung-ujungnya budget juga. Kalau mau yang bagus ya yang mahal dan punya MegaPixel tinggi.

Tapi jangan salah, MegaPixel tinggi tidak bisa menjamin hasil fotonya bagus. Hal tersebut saya alami sendiri, beberapa tahun sebelumnya saya menggunakan ponsel merk A dengan kamera 3 MP, hasil fotonya lumayan lah untuk harga segitu. Tidak lama kemudian saya menggunakan ponsel merk B dengan kamera 5 MP. Dan anehnya, hasil foto malahan lebih bagus menggunakan merk A yang hanya 3 MP. Nah belajar dari hal tersebut, maka kita tak boleh beranggapan bahwa megapixel tinggi itu lebih bagus, tapi tergantung kualitas lensa. Dan lensa yang terkenal bagus kualitasnya serta tajam hasil jepretannya yaitu dari sony.

Silahkan tinggikan resolusi dan juga memanfaatkan mode HDR, jika terdapat fitur resolusi super maka gunakanlah.
8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet
Mengatur Resolusi Kamera
8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet
Mode HDR Dan Resolusi Super

6. Mengatur ISO

Melanjutkan cerita diatas, saat saya menggunakan ponsel merk B hasil fotonya pasti brintik dan burik. Teman-teman saya yang menggunakan merk tersebut pun mengalami hal yang sama, bukan dari kesalahan pengguna tapi memang dari kualitas lensanya yang kurang bagus. Namun jika kita menguasai teknik fotografi, dengan kamera seperti itu kita bisa meminimalisir bintik-bintik pada foto yang muncul serta memperhalus hasil foto.

Agar hasil foto lebih halus, kita perlu memperkecil ISO. Perhatikan kamera masing-masing, pilihlah mode manual pada kamera android kalian, setelah itu cari pengaturan ISO dan aturlah menjadi rendah. Jika kamera kalian tidak tersedia mode manual maka kalian bisa menggunakan aplikasi kamera lain seperti Camera FV-5 dan kalian bisa mengatur ISO disana.
8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet
Masuk Mode Manual
8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet
Mengatur ISO Melalui Mode Manual

7. Mengatur Pencahayaan Dan Shutter Speed

Mengatur pencahayaan dan shutter speed pada kamera akan memperhalus hasil jepretan kamera smartphone kalian. Shutter speed atau kecepatan pemotretan yang terlalu tinggi tidak akan cocok untuk memotret benda diam. Pasti hasilnya akan jelek, namun bagus untuk light painting. Agar hasil foto jernih kita perlu menormalkan shutter speed (jangan terlalu cepat, jangan pula terlalu lambat) serta mengatur pencahayaan pada kamera. Tentu saja fitur ini hanya ada pada mode manual. Perhatikan gambar berikut mengenai shutter speed dan juga mengatur pencahayaan.
8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet
Mengatur Pencahayaan Dan Shutter Speed

8. Memotret Dalam Keadaan Yang Optimal

Selain hal diatas, masih ada sedikit hal yang perlu kita ketahui. Anggap saja ini adalah tips bonus yang sederhana namun perlu kita pahami. Berikut tips sederhana yang perlu diperhatikan dalam fotografi :
  • Hindari cahaya yang kuat di belakang objek
  • Usahakan kamera yang membelakangi cahaya, bukan objeknya
  • Tidak perlu menggunakan zoom, tapi mendekatlah pada objek
  • Tidak perlu takut untuk mengambil banyak foto. Nanti kan bisa dipilih mana yang bagus dan menghapus yang jelek
  • Tenanglah dalam memotret, usahakan tangan atau objek bisa diam ketika mengambil foto

Baca Juga : Bukan Hoax!!! Inilah Cara Ampuh Agar Copy Paste Menjadi Lebih Cepat

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan hari ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa untuk selalu update artikel dari saya.