5 Cara Dan 2 Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

5 Cara Dan 2 Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya

2 Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Cara Mengecilkan Ukuran Video Di HP - Banyak sekali aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk kompress video. Namun ketika cara yang kita gunakan salah, maka bisa jadi kualitas video kita yang akan jadi korbannya. Lah kok korban sih? Kaya bencana alam aja.? Bagaimana tidak jadi korbannya, jika cara yang kita gunakan sembarangan, tidak melihat pentingnya proses dan seluruh pengaturan-pengaturan untuk melakukan kompresi. Yang ada nanti hasilnya jadi burik, ngeblur dan biasanya malah tampak berasap.

Walaupun pengaturan tidak seribet di komputer namun tetap saja perlu diperhatikan poin-poin pentingnya. Kalau ditanya bagusan mana kompress di komputer atau di HP tentu saja hasilnya akan lebih baik jika kita melakukannya di komputer. Pada artikel saya sebelumnya tentang Cara Memperkecil Ukuran Video Dengan Handbrake Tanpa Khawatir Merusak Kualitas Video sudah saya jelaskan secara lengkap bagaimana cara memperkecil video dengan menggunakan komputer serta mengatur aplikasi agar video hasil kompress tidak hancur kualitasnya.

Tidak seperti foto, jika kita mengkompres video maka tetap saja akan mengurangi kualitas video aslinya walaupun hanya sedikit perubahan. Lain halnya dengan kompress foto, jika kita kompress foto seperti cara yang saya rekomendasikan maka tidak ada perubahan sedikitpun secara kualitas foto (alias tetap bagus), dan ukuran foto itu pun bisa mengecil hingga 50% bahkan lebih. Jadi jadi kita bisa mengecilkan ukuran foto dengan leluasa tanpa perlu khawatir hasil foto akan rusak atau jelek selama kita melakukan kompres foto tersebut dengan benar.

Baca Juga : Cara Memperkecil Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya Dengan Mudah, Sudah Terbukti!!!

Kembali pada topik utama yaitu cara mudah memperkecil ukuran video di HP, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk memperkecil ukuran video beserta cara menggunakannya. Tidak hanya cukup sampai disitu, saya juga akan memberikan 2 tips rahasia untuk cara mengecilkan ukuran video di android yang beberapa orang tidak sadar bahwa kita bisa melakukan tips yang sangat mudah ini. Saya akan menambahkan tips rahasia ini pada akhir artikel.

Namun sebelum melakukan hal tersebut sebaiknya kalian pertimbangkan dahulu antara mengkompres video di komputer atau di HP, jika ingin hasil yang maksimal maka kalian perlu mencobanya di komputer, akan lebih bagus pula jika kita paham mengenai format video apa saja yang ada. Namun jika ingin tetap menggunakan HP silahkan simak artikel ini dengan baik.


5 Cara Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya :

- Cara 1

Cara pertama yang saya rekomendasikan disini adalah menggunakan aplikasi Video Converter Android, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dan apa saja yang perlu diperhatikan :
  • Download Video Converter tersebut dan install ke smartphone kesayangan anda.
  • Buka aplikasi tersebut, jika muncul peringatan seperti ini download saja Codec-nya.
Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Download Codec
  • Setelah kalian download codec tersebut maka cari video yang akan di perkecil tadi, dan pilih video ke aplikasi dengan cara klik Select The File dan selanjutnya klik Convert.
Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Memilih Video Yang Akan Di Compress
  • Ganti profile menjadi Manual. Nah pada video setting aturlah dan lakukanlah percobaan bagaimana settingan yang menurut anda sesuai, terutama pada bagian resolusi, jika pada bagian resolusi terlalu kecil maka kualitas video pun akan semakin buruk. Setelah pengaturan dirasa sempurna maka klik saja Start.
Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Melakukan Pengaturan
  • Proses akan berjalan, lama tidaknya tergantung ukuran file video yang anda kompress tadi.
Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Proses Berjalan

Catatan :
Walaupun kualitas sedikit berkurang, namun jika kita pintar mengotak-atik pengaturan  lebih mendalam maka hasilnya pun akan lebih maksimal.

Baca Juga : 8 Cara Ampuh Agar Kamera HP Kembali Jernih Seperti Baru Tanpa Ribet

- Cara 2 

Cara kedua yang saya rekomendasikan selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Kompresor Video. Aplikasi kedua ini menurut saya sangat-sangat mudah untuk digunakan. Apalagi kita bisa langsung memilih mau berapa persen dari kualitas video aslinya. Oke langsung saja ke tutorial bagaimana cara menggunakan aplikasi ini.

Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Memilih Video Yang Akan Di Compress
  • Selanjutnya pilih kompress video
Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Pilih Kompress Video
  • Nah pada langkah ini kita bisa memilih berapa persen kualitas video dari video asli kita. Apakah 50% dari video asli, 70% atau yang lain. Semakin rendah resolusi semakin buruk pula hasilnya, kalian bisa melakukan riset sendiri untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.
Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Memilih Kualitas Video
  • Proses kompresi akan berjalan, lama tidaknya proses tergantung ukuran video yang di kompress.
Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Proses Berjalan

- Cara 3

Lanjut ke cara ketiga, cara ketiga pun hampir sama dengan diatas yaitu menggunakan aplikasi. Disini kita akan menggunakan aplikasi Smart Video Compressor And Resizer. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, hasilnya pun tidak kalah bagus dari cara kedua. Berikut tutorialnya :

Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Pilih Video Yang Akan Di Kompress
  • Lakukanlah pengaturan sesuai dengan keinginan masing-masing. Disini saya beri contoh menggunakan resolusi/dimension yang paling tinggi terakhir (current), compressing speed menjadi very slow agar kualitas lebih bagus dan quality menjadi 100%. Jika semuanya sudah maka klik convert untuk mulai melakukan kompres.
Cara Rahasia Memperkecil Ukuran Video Di HP Tanpa Merusak Kualitasnya
Melakukan Pengaturan
  • Tunggu proses hingga selesai. Penting untuk diketahui, biasanya jika proses kompres sudah berada di 99% aplikasi ini akan berhenti dan memakan waktu cukup lama untuk menyelesaikan kompres. Beberapa orang mengira kompresi gagal padahal tidak. Jadi tunggu saja hingga proses selesai dan jangan melakukan cancel.

- Cara 4

Mungkin ada salah satu dari kalian yang menunggu apa sih cara rahasia yang saya maksud di judul postingan? Saya akan jelaskan 2 cara rahasia yang bisa kalian gunakan untuk memperkecil ukuran video di akhir artikel ini. Cara keempat ini tidak memerlukan sebuah aplikasi khusus untuk kompress video.

Sebenarnya cara keempat ini bukanlah sebuah rahasia, hehehe.. Hanya saja mungkin orang-orang kurang memperhatikan apa yang menjadi kesehariannya. Penasaran apa yang saya maksud? Pada saat kalian mengirim video melalui whatsapp ke teman anda maka secara otomatis video akan tersimpan kembali di galeri dan ukurannya pun diperkecil, tidak hanya video, foto pun demikian. Agar kualitas foto/video tidak berkurang saat dikirim melalui whatsapp silahkan baca artikel tentang Cara Mengirim Foto di WhatsApp Agar Tidak Pecah Dan Tanpa Mengurangi Kualitas.

Adakah disini yang baru sadar bahwa kalian tidak perlu repot-repot mendownload aplikasi khusus? Kita hanya perlu mengirimkan video tersebut ke teman kita dan secara otomatis video akan tersimpan di galeri dan ukurannya pun mengecil. Tapi cara ini hanya berlaku untuk video yang ukurannya relatif kecil. Jika ukuran video lumayan besar kita bisa menggunakan 3 cara diatas dan juga cara terakhir di bawah ini.

- Cara 5

Dan akhirnya sampai pada cara terakhir, cara terakhir ini bisa dibilang serbaguna. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika menggunakan cara kelima ini, saya lihat tidak ada blog yang membahas tutorial yang satu ini. Walaupun kurang cocok diterapkan pada video, namun cara ini sangat ampuh untuk menghemat ruang penyimpanan yang ada, dan cocok tidaknya tergantung masing-masing orang.

Cara kelima yang saya maksud adalah membuat video menjadi RAR atau Zip. Untuk tutorialnya silahkan baca artikel tentang Mengenal Fungsi Alat Pada WinRAR Dan Cara Mengarsipkan File scroll ke bawah dan lihat pada poin "Cara Mengarsipkan File".

Kita juga bisa mempraktekkannya di android dengan cara download aplikasi versi androidnya disini. Proses membuat file menjadi RAR di smartphone pun hampir sama dengan tutorial diatas. Selain membuat ukuran video maupun file lainnya menjadi kecil, ada beberapa manfaat membuat file menjadi RAR, apa saja kira-kira ya? Silahkan simak artikel tentang Nyesel Nggak Baca!!! Inilah 7 Manfaat Membuat File Menjadi RAR.

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan mengenai cara kompres video di android, kita bisa memanfaatkan aplikasi untuk memperkecil ukuran video dengan mudah. Karena banyaknya aplikasi yang bermunculan maka saya rekomendasikan aplikasi tersebut untuk memperkecil ukuran video. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan sampai jumpa di lain artikel.

Baca Juga : Bukan Hoax!!! Inilah Cara Ampuh Agar Copy Paste Menjadi Lebih Cepat