Tips Memilih Smartphone Android Berkualitas Agar Tak Menyesal - Aurora Tekno
Artikel Terbaru
Loading...

Sabtu, 06 Oktober 2018

Tips Memilih Smartphone Android Berkualitas Agar Tak Menyesal

Tips Memilih Smartphone Android Berkualitas Agar Tak Menyesal
AURORATEKNO.COM ~ Hallo sahabat Aurora Tekno Indonesia semuanya, bingung nih bagaimana cara memilih HP Android yang berkualitas? Sekarang nggak usah bingung-bingung lagi, karena pada artikel kali ini saya akan membagikan sebuah tips bagaimana cara memilih HP android yang berkualitas yang bikin kita merasa nggak salah pilih.

Kan banyak tuh orang-orang yang menyesal setelah membeli HP android, bahkan yang didamba-dambakannya sekalipun.

Semua itu tak lepas dari pertimbangan yang salah dari kita, apalagi jika kita bukan pakar Smartphone, bisa jadi malah tergiur promosi-promosi oleh para sales 😁.

Maka saya berniat untuk membagikan sebuah tips bagaimana sih, tips memilih smartphone android yang berkualitas agar kita tidak menyesal kelak.

Saya akan sajikan artikel dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan dimengerti oleh orang awam sekalipun.

Oke gimana aja nih tips-nya? Simak artikel berikut dengan cermat.

Tips Memilih Smartphone Android Berkualitas :


1. Tentukan spesifikasi minimal, jangan tergiur dengan kelebihan yang ada di ponsel lain

Jika anda dibingungkan oleh kelebihan yang ada di smartphone A, namun smartphone standar anda adalah smartphone B maka sebelum itu anda harus menentukan spesifikasi minimal agar tidak terjadi hal seperti ini.

Jika sudah menentukan spesifikasi minimal untuk sasaran smartphone anda langkah selanjutnya adalah berpegang teguh pada prinsip anda.

Percuma saja anda menentukan spesifikasi minimal jika ada yang lebih bagus sedikit saja anda sudah langsung tergiur.

Boleh-boleh saja membanting halauan (mengganti sasaran smartphone) jika poin-poin yang saya sebutkan dibawah ini sudah terpenuhi.

2. Processor Dan RAM

Sebuah smartphone dibekali processor berbeda-beda, processor merupakan otak dari sebuah smartphone sedangkan RAM adalah tempat menyimpan tugas yang akan dikerjakan oleh processor.

Jadi ketika processor kecil atau RAM kecil, atau kedua-duanya maka yang terjadi adalah smartphone sering melambat.

Apalagi aplikasi android banyak sekali yang berjalan tanpa minta izin, sehingga ruang pada RAM seringkali tak terkendali.

Banyak orang yang mengeluh smartphone lambat, bahkan dengan spesifikasi yang tinggi pun masih saja lambat.

Masalahnya yaitu tadi, aplikasi banyak sekali yang berjalan tanpa izin, namun saya masih punya solusi untuk mengatasi hal seperti ini, silahkan baca artikel berikut ini, khususnya cara ke-3.
Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Android, Terbukti Ampuh 100% Tanpa Ribet
Untuk kapasitas RAM, saya rekomendasikan minimal sekali 2/3 GB, jangan dibawahnya.

Sedangkan untuk processor saya sarankan berjenis snapdragon seri 400/600 ke atas atau mediatek dengan core berjumlah 4 (Quad Core).

Namun untuk keperluan gaming dan multitasking, spesifikasi itu masih kurang mumpuni.

Kita membutuhkan RAM 3 atau 4 GB dan processor berjumlah 6 (hexa core) atau 8 inti (octa core).

Selain itu kita harus memperhatikan juga pengolah grafis pada sebuah android, buat apa processor dan RAM gahar tapi kualitas tampilan jelek?

Pasti hasil gambar dan videonya putus-putus, untuk itu mari beralih ke poin selanjutnya..

3. Layar Dan Grafis (VGA)

Seperti yang saya bahas diatas, processor dan RAM yang tinggi tidak akan maksimal jika pemroses grafis masih rendah.

Juru kunci pada halusnya tampilan gambar, video atau game adalah VGA. Saya sarankan untuk memilih android yang mempunyai VGA Adreno 5xx ke atas, misalnya VGA pada android saya, yaitu Adreno 506.

Untuk bermain game berat seperti asphalt 9 legends atau PUBG high graphics lancar jaya tanpa lag sedikitpun.

Jika memang anda mengincar smartphone yang standar maka anda cukup mencari android yang memiliki VGA Adreno seri 4xx.

Selain itu, perhatikan juga seberapa besar ukuran layar yang anda sukai, tidak mau kan menyesal setelah membeli?

Kalau saya sendiri lebih nyaman dengan ukuran layar 5.5 Inch, selain itu saya tidak akan membelinya walaupun spesifikasinya ada yang lebih bagus dan harga tidak berbeda jauh.

Mengapa? Karena dengan ukuran itu saya bisa menonton film, memainkan video game lebih nyaman, dan hal paling utama tidak mengganggu saat dimasukan saku.

Tapi awas hati-hati jika anda sering menyimpan HP pada saku, akan sangat berbahaya jika anda melakukannya. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel dibawah ini.
Baca Juga : Ketahuilah 12 Bahaya Radiasi HP/Ponsel Bagi Kesehatan

4. Baterai

Dengan spesifikasi processor, RAM dan VGA yang tinggi tentunya konsumsi baterai akan lebih besar pula.

Untuk apa juga spesifikasi tinggi jika mengisi daya baterai sampai 2x atau bahkan 3x dalam satu hari, tentunya sangat mengganggu jika kita orang yang sibuk atau sering bepergian.

Rasanya spesifikasi yang tinggi tersebut tidak dapat kita nikmati dengan sempurna atau bahkan tidak berguna.

Saya sendiri, jika dihadapkan pilihan smartphone dengan kapasitas baterai rendah pasti tidak akan membelinya, walaupun spesifikasi lain seperti processor dan RAM tinggi sekalipun.

Lalu berapakah kapasitas baterai yang optimal untuk sebuah android?

Saya sarankan minimal kapasitas baterai adalah 4100 mAh, atau cari aman ya 5000 mAh, dengan kapasitas itu saya yakin kalian akan jarang bersentuhan dengan charger.
Dalam dunia smartphone, kamera terkadang adalah salah satu alasan paling kuat untuk membeli smartphone.

Yup benar, saya pun demikian, karena saya juga suka dunia fotografi, namun seringkali yang saya abadikan adalah pemandangan alam.

Untuk masalah kamera, ini agak sulit, pasalnya vendor lensa optik dari masing-masing merk smartphone berbeda. Untuk lensa optik kamera terbaik pada android yaitu produk dari Sony.

Namun optik tersebut tidak semata-mata ada pada smartphone sony xperia saja, produk lain juga banyak yang menggunakan lensa hasil ciptaan sony yang kualitasnya tidak diragukan lagi, contohnya yang saya pakai yaitu Asus Zanfone Zoom S.

Selain lensa buatan sony, yang kita kenal saat ini (kamera iphone dan samsung) juga bisa menjadi pilihan bagus untuk kita.

Untuk masalah Megapixel, ini tergantung hasil cepretan dari masing-masing lensa optik.

Saya sering melihat kamera dengan Megapixel yang tinggi kalah dengan Megapixel yang rendah, jadi jangan terlalu memikirkan Megapixel.

Tapi saya sarankan untuk memilih kamera dengan 12 MegaPixel ke atas. Jika smartphone kalian menggunakan dual camera, maka 12 MP saja sudah sangat bagus hasil cepretannya.
Di bawah ini saya juga akan tunjukkan beberapa contoh hasil jepretan Asus Zenfone Zoom S yang dikhususkan untuk fotografi.
Balkis Anton Nurohman Photography
Pemandangan 1
Balkis Anton Nurohman Photography
Pemandangan 2

Balkis Anton Nurohman Photography
Pemandangan 3

6. Budget

Semua faktor saat memilih smartphone tidak lepas dari tersedianya biaya/budget. Untuk masalah keuangan memang masing-masing orang berbeda.

Jadi saya tidak akan berbicara banyak. Sebaiknya sesuaikan antara budget yang ada dengan kebutuhan yang diperlukan.

Maksudnya adalah jika anda adalah orang yang tidak memikirkan spesifikasi tinggi maka tidak perlu berlebihan dalam mengabiskan budget.

Saya sering lihat nih, ada orang yang punya HP bagus tapi tak tau apa saja kelebihannya dan tidak memanfaatkannya, bukankah mubazir? Mending beli HP yang biasa-biasa saja, nanti sisanya buat saya.. Hehehehe,,

Jadi ketika anda hanya membutuhkan kamera sebagai senjata utama ya cari saja HP yang memang dikhususkan untuk kamera.

Jika memang hanya butuh daya baterai yang besar maka cari saja yang paling unggul dalam hal baterai.

7. Brand

Brand memang bukan syarat utama dalam memilih smartphone, namun brand juga termasuk bagian dari tips memilih smartphone yang berkualitas.

Ada pepatah mengatakan "tak kenal maka tak sayang" maka saya pun membuat pepatah sendiri "sudah terkenal, nama pun dimanfaatkan", Hehehe...

Begitu besar peran dari sebuah nama dan kepopuleran untuk sebuah kesuksesan, zaman sekarang yang populer itulah yang paling unggul.

Namun perlu diketahui, beberapa perusahaan dengan nama yang sudah besar memanfaatkan nama/brand tersebut untuk menjual mahal produknya, dan parahnya terkadang ada yang mengurangi kualitasnya, namun ada juga yang mempertahankan dan mengembangkan kualitas produknya.

Tips memilih brand yang saya rekomendasikan yaitu jangan membeli brand baru yang belum diketahui kualitasnya.

Tidak perlu juga memilih brand yang sudah terkenal. Kalau saya boleh mencontohkan (mungkin agak rasis), kalau iphone dan samsung itu memang sudah teruji secara ketahanan fisiknya, namun secara performa software, s*msung terkadang masih kurang, bahkan bisa saya katakan sangat kurang.

Jika kita tidak mengeluarkan budget yang cukup besar, maka yang kita dapatkan hanyalah seri abal-abal.

Saya pun pernah menjadi korban penyesalan pada performa android tersebut. Apalagi saya tidak suka yang namanya lelet, terkadang saya agak kesal juga dengan kondisi android yang sering lag.

Akhirnya saya pun lebih memilih brand yang sedang naik daun, tetapi juga melihat pengalaman-pengalaman pengguna lain, bagaimana tanggapannya dan kepuasannya.

Untuk mengetahui apa saja obrolan terkait kekurangan dan kelebihan kita bisa bergabung di grup facebook komunitas android indonesia.

Namun jika kalian memang pengguna android yang mengutamakan ketahanan fisik saya rekomendasikan membeli rugged smartphone seperti Doogee S60 atau Blackview BV8000, disitu performa software dan ketahanan fisik sudah teruji, bagaimana tidak?

Yang satunya ditest dengan di tlindas mobil dan satunya lagi dijatuhkan dari ketinggian 30 meter dan tetap normal.

Apalagi dengan dibekali spesifikasi yang tinggi pasti banyak orang yang berminat, ditambah lagi dengan harga yang bersahabat.

Namun seri-seri baru semakin berdatangan, sebelum membeli sebaiknya lakukan tips selanjutnya di bawah ini.

8. Tunda Waktu

Mengapa saya bilang banyak orang yang menyesal setelah membeli smartphone bahkan yang didamba-dambakannya sekalipun?

Karena mereka tidak sabar, lalu selang beberapa waktu kemudian muncul tipe smartphone baru yang harganya tak beda jauh, namun spesifikasinya jauh lebih bagus. Memang sih, itu tergantung masing-masing orang.

Jika orang itu bersyukur maka Nokia jadul pun mungkin sudah cukup. Tapi tidak sabarnya itu perlu sedikit penanganan, bukankah lebih baik menangis dalam penantian daripada menangis dalam penyesalan?

Tapi ya nggak usah nangis-nangis segala, kaya anak kecil aja, Hehehehe....

Maka tips selanjutnya dari saya adalah menunda waktu untuk membeli smartphone, lalu lihat berita apakah akan ada peluncuran seri baru smartphone yang mirip dengan yang anda incar dalam waktu dekat atau tidak.

Jika tidak, dan anda memang sudah ngebet banget maka menurut saya itulah saat paling tepat. Jika 1 tahun kemudian anda merasa menyesal telah membeli smartphone tersebut maka hal itu wajar, karena waktu telah berlalu selama 1 Tahun.

Mungkin setelah kurun waktu tersebut banyak sekali seri Smartphone baru yang sangat menggiurkan.

Berbeda lagi dengan yang baru beli, tapi 3 bulan kemudian menyesal. Bukankah menunda waktu akan memberikan solusi terbaik? Apalagi kita bisa menabung untuk menambah budget kita.

Share artikel ini kepada teman-temanmu

Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Pemberitahuan
Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan, tapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya - Ali Bin Abi Thalib
Tutup