Friday, October 5, 2018

author photo
Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasan Lengkapnya
Virus merupakan sebuah algoritma yang membuat sistem komputer menjadi kacau dan tidak bekerja secara normal. Sebuah virus pada umumnya menempel pada suatu program, aplikasi ataupun pada suatu file. Pada jenis file tertentu, virus sangatlah mudah menyerang dan menginfeksi file tersebut. Untuk itu, kita perlu memahami apa saja jenis file yang mudah terkena virus agar kita dapat berhati-hati dan menemukan cara agar komputer kita lebih aman dari virus. Banyak dari kalangan kita yang kurang paham mana saja file-file yang mudah terkena virus dan mana yang kebal, disini admin akan kupas tuntas satu per satu menjadi bahan bacaan yang padu.

Baca Juga : Terbukti!!! Pakai 10 Cara Ini Agar Baterai Smartphone Selalu Awet Dan Tahan Lama

Tujuan virus komputer pun sangat beragam, mulai dari menyembnyikan file, mengubah format, mengubah nama file menjadi aneh, merusak sistem operasi, membuat file tidak bisa dihapus, membuat disk tidak dapat di format, menambah kapasitas disk tetapi membuat ukuran file menjadi berlipat ganda, mengambil data-data pribadi, memanipulasi program menjadi sangat banyak dan menyebabkan komputer menjadi lambat bahkan komputer restart sendiri/mati total dan masih banyak lainnya. Dan alhamdulilah, rata-rata saya pernah mengalaminya semua kecuali komputer mati dan diambil data pribadi. Sebenarnya diambil data pribadi hampir  saja terjadi, tapi saya langsung tanggap mengatasinya.

Baca Juga : 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya

Lambatnya komputer juga salah satu dari efek virus, namun tidak semua komputer yang lambat karena terkena virus. Lihat Juga :  Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Komputer. Jika anda sudah membaca artikel tersebut, maka kita bisa menyimpulkan bahwa lambatnya komputer itu terjadi karena banyak hal, silahkan pahami setiap langkah dan lakukan. Oke sekarang mari kita kembali ke topik utama, apa saja sih jenis file yang mudah terkena virus? Simak baik-baik artikel berikut ini.


Berikut Jenis File Yang Mudah Terkena Virus :

1. File Dengan Ekstensi .EXE
Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasan Lengkapnya
File jenis inilah yang paling sering terinfeksi virus, tidak perlu kaget jika banyak aplikasi dengan ekstensi ini terinfeksi virus. Banyak sekali aplikasi dengan ekstensi .exe yang digunakan untuk menaruh virus didalamnya. Jadi misalnya kita mendownload aplikasi b*jakan seperti internet download manager biasanya ada beberapa orang yang jahil. Mereka menaruh virus didalamnya agar saat kita menginstall aplikasi maka virus pun ikut ter-eksekusi.

Selain itu, ada beberapa juga yang menaruh malware serta memasang aplikasi lain. Contohnya saja kemarin, PES 2019 sepertinya belum ada yang berhasil meretasnya, tapi beberapa situs sudah menyediakaan, dan sekarang pun kebanyakan hoax/penipuan. Tidak sedikit pula yang mendownload PES 2019 yang akhirnya komputer malah terinfeksi virus malware, seperti tab browser yang membuka sendiri.

Baca Juga : Cara Mengatasi Browser Membuka Tab Sendiri Dengan Mudah Tanpa Ribet

Selain itu ada juga yang menyediakan aplikasi-aplikasi b*jakan yang justru didalamnya terdapat algoritma yang cukup berbahaya, seperti menginstall aplikasi lain di komputer. Saya pun pernah mengalaminya, dan jujur saja saya heran. Saat menginstall aplikasi tersebut malah banyak aplikasi nggak jelas bermunculan, ternyata aplikasi itu menyatu dengan aplikasi utama yang saya install tadi. Mungkin kalau aplikasi yang terinstall itu hanya aplikasi biasa masih bisa diatasi, nah masalahnya tidak semua seperti itu, ada yang tujuannya mengiklankan aplikasi dan ada juga yang meretas komputer dari dalam.

Saya jadi ingat film h*cker yang berjudul Mr. Robot, alurnya memang nggak jelas, saya pun belum selesai menonton karena modelnya season, dan saya mentok di season 2, hehe. Nah disitu ada sebuah kasus dimana seseorang menjual dvd musik untuk ditonton, tapi sang penjual dvd tersebut menaruh software yang bisa mengambil data pribadi, mengakses kamera laptop secara langsung yang menyebabkan privasi dia terancam. Apalagi privasinya menyangkut perusahaan yang dikelola-nya. Nah oleh sebab itu maka kita harus lebih berhati-hati.

Jika kalian mendapati file berekstensi .exe maka wajib untuk menscan terlebih dahulu menggunakan antivirus sebelum menjalankan file/aplikasi tersebut. Atau kalian bisa membuatnya menjadi RAR agar lebih aman.

Baca Juga : Nyesel Nggak Baca!!! Inilah 7 Manfaat Membuat File Menjadi RAR

2. Dll File
Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasan Lengkapnya
Mungkin banyak orang yang belum terlalu paham file ini, namun bagi seorang gamers ini sangat penting. Kenapa? Karena terkadang file .dll dibutuhkan untuk melengkapi sebuah game, banyak yang mengalami pesan error seperti "d3dx9.dll is missing from your computer". Sebenarnya error seperti ini bisa langsung ditangani dengan menginstall directX, namun saya tak akan bahas lebih panjang. Mungkin di lain artikel saya akan membahasnya.

File dengan ekstensi .dll sebenarnya hampir mirip dengan .exe, namun tidak bisa langsung dijalankan. File tersebut digunakan untuk melengkapi sebuah aplikasi. Namun jenis file seperti ini banyak juga yang terinfeksi virus, file seperti ini juga bisa disebut sistem. Jika sistem aplikasi kacau, maka kinerja yang dihasilkan pun kacau.

3. SYS
Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasan Lengkapnya
Kalau file jenis ini biasanya digunakan untuk driver, jadi bahaya atau tidaknya berasal dari tempat anda mendownload-nya. Pada zaman sekarang kita sudah dimudahkan menggunakan driver yang berkstensi .exe (langsung install). Bahkan di driverpack (kumpulan driver) pun sudah langsung install, tapi di dalam folder driverpack tersebut ada beberapa file yang berekstensi ini, jika file ini bermasalah maka driver yang terinstall pun ikut bermasalah.

4. Docx
File yang selanjutnya adalah berasal dari dokumen Ms. Office Word. File jenis ini pun bisa terinfeksi virus, namun secara pribadi saya jarang menemukannya. Tahun-tahun kemarin banyak sekali yang mengirimkan spam ke email-email salah satunya mengrimkan dokumen berbentuk doc ini, kalau dulu masih doc, sekarang sudah berkembang menjadi docx. Sekitar 2/3 bulan yang lalu saya mendapati teman saya yang menyimpan dokumen berbentuk docx terkena virus, memang dari flashdisk-nya sudah terlihat bahwa tempat itu adalah sarang virus. Hehe.... Nah belajar dari hal tersebut mak kita paham, dokumen seperti ini juga bisa terkena virus. Namun kemungkinannya kecil, lebih kecil dibandingkan file diatas.

5. Xlsx
Masih seputar Ms. Office, sekarang yang kita bahas adalah file berekstensi xlsx yang berasal dari dokumen Ms. Office Excel. Kasusnya pun masih sama dengan diatas, namun saya juga jarang sekali menemukan file seperti ini yang terinsfeksi virus, paling-paling file rusak. Ya mungkin karena efek virus itu juga...

6. BAT
Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasan LengkapnyaBat itu dalam bahasa jawa adalah sisa, tapi di dalam istilah komputer beda ya, jangan di sama-samain 😂. File bat yang saya maksud disini merupakan file yang berisi script dan kode-kode program yang dapat dijalankan di sistem operasi Ms Dos maupun windows. File ini bisa mengontrol sebuah sistem aplikasi maupun sistem komputer. File jenis inilah yang sering sekali dibuat untuk keperluan membuat virus, saya sarankan jangan pernah membuat script pada CMD untuk alasan yang menyedihkan, menciptakan virus misalnya. Saya heran, masih saja ada yang membuat file Bat menggunakan script khusus untuk mengerjai orang-orang.

Coba pikirkan, sekali file bat itu dijalankan maka komputer bisa lag secara langsung, mati total, dan banyak sekali fungsi lainnya. Nah sekarang kalau misalnya file tersebut tak sengaja beredar dan kebetulan ada orang yang sedang susah payah bekerja di depan komputer, secara tiba-tiba komputer error gara-gara virus yang anda ciptakan. Adakah manfaatnya? Tidak kan? Apa efeknya? Anda disumpahin, biasanya orang kalo udah kesel pasti bicaranya nyleneh, misalnya "wah kurangajar, siapa sih yang buat virus ini, gue sumpahin matinya susah" naudzubillah. Apakah anda merasa tak takut? Takut tidaknya tergantung keimanan, tapi perlu diketahui orang yang teraniaya doanya cepat dikabulkan. Saya hanya memberi saran saja, silahkan beri tanggapan positif untuk hal ini.

Lanjut ke bahasan utama, file jenis ini banyak sekali beredar, salah satunya menempel pada sebuah aplikasi seperti yang saya sebutkan di nomor 1 tadi. Selain itu, terkadang file jenis ini tersembunyi dan kita tak tahu kalau file ini menempel pada komputer kita. Tapi selama file ini belum dijalankan/dieksekusi maka komputer akan baik-baik saja. Tapi, ada tapinya, orang sekarang terlalu jenius loh. Mereka berfikir gimana caranya file ini bisa berjalan tanpa anda menjalankannya.

7. JS (Java Script) / HTM / HTML / CHM
Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasan Lengkapnya
Contoh Kode JavaScript
File javascript atau html yang biasa di halaman web juga sangat unik. Halaman web didesain khusus dimana bahasa utama yang digunakan adalah html, isinya pun script-script khusus yang jika ditampilkan di browser maka akan diterjemahkan ke tampilan yang dapat dibaca manusia. Jadi sebenarnya halaman web yang anda baca ini berasal dari script-script khusus yang didesain sedemikian rupa menjadi tampilan yang nyaman untuk dilihat dan dibaca. Tak mungkin kan, kalian membaca artikel yang masih berbentuk html/javascript? Yang ada nanti kalian malah pusing.

Nah semakin berkembang, halaman web tersebut banyak yang disisipi kode untuk menjalankan virus trojan. Wah bahaya juga ya? Makanya google sekarang membuat halaman web menjadi HTTPS, apa artinya? Dulu kan masih HTTP, sekarang ada embel-emmbel "S" di belakangnya yang artinnya "Secure" atau aman. Dan anda tak perlu khawatir, blog saya sudah menggunakan teknologi HTTPS yang aman untuk dibaca dan sudah terjamin keamanannya. Jadi hati-hati saja jika menjumpai halaman yang masih HTTP, mungkin anda bisa menjadi korbannya..
Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasan Lengkapnya
Blog Aurora Tekno Aman Dikunjungi

8. COM
Mungkin file jenis ini sudah tidak jaman untuk era sekarang ini, pasalnya file tersebut marak pada era komputer yang masih menggunakan sistem operasi MS. Dos atau windows xp, file ini juga bisa berupa text atau binary file. Karena file jenis ini sudah jarang sekali ditemukan maka saya bahas sedikit saja.

9. INF
Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasan LengkapnyaFile ini biasanya berisi teks perintah untuk menginstall driver pada perangkat tertentu. Virus seringkali merubah file tipe ini untuk menjalankan dan menyebarkan virus di komputer melalui perangkat tersebut, melalui flashdisk misalnya. Contoh kasus yang sering dialami adalah "Autorun.inf", nah file tersebut berisi teks/script yang membuat virus dijalankan tanpa kita menjalankannya, untuk itu penting sekali untuk menonaktifkan fitur autorun/autoplay agar komputer lebih aman.

Baca Juga : Apa Itu Autoplay Di Komputer, Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkannya

10. Desktop.ini
Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasan LengkapnyaYang terakhir adalah file dengan nama "desktop.ini". File jenis ini akan disembunyikan dan tidak terlihat karena ini merupakan file sistem, dan pada windows file sistem akan disembunyikan kecuali kita ingin menampilkannya. File ini berisi konfigurasi desktop yang mudah juga terinfeksi virus, apalagi ini adalah sebuah file sistem, sekali virus menempel maka dapat menyebabkan kinerja komputer tidak beraturan/tidak maksimal.


Catatan Penting :
Bagi kalian yang sering melihat folder "RECYCLER" di dalam flashdisk, hati-hati saja karena pengalaman pribadi saya, jika sudah terdapat file tersebut maka flasdisk sudah terkena virus dan perlu dibersihkan agar tidak menular pada komputer-komputer yang terhubung.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post