Saturday, October 20, 2018

author photo
Dalam waktu dekat, perusahaan raksasa Google bakal menghadirkan wifi gratis untuk masyarakat Indonesia, hal itu dibuktikan dari pernyataan Tony Keusgen selaku Country Director Google Indonesia dalam acara Google for Indonesia di Jakarta (Kamis, 24 Agustus 2018 - Kompas.com). Google sendiri menjanjikan akan mulai memproses pemasangan WiFi tersebut tahun ini, yap benar mulai tahun ini.

Untuk menggarap proyek ini, Google pun bekerjasama dengan partner lokal, yaitu perusahaan penyedia akses internet CBN dan FiberStar. Jangan mengira bahwa kualitas WiFi yang dipasang oleh Google adalah sama dengan yang sering kalian jumpai pada umumnya, seperti WiFi kantor, WiFi Id ataupun wifi rumahan.

Director Google Indonesia telah menjanjikan kualitas koneksi Google Station akan lebih baik dibanding kebanyakan WiFi publik. Diharapkan para pengguna bakal merasakan kecepatan internet tinggi, dengan mudah bisa streaming video HD dan mengakses berbagai layanan dasar seperti E-mail. Google Station sendiri saat ini telah hadir di India. Mereka bekerjasama dengan operator lokal, yakni RailTel dan Indian Railways.

Berikut pernyataan Tony mengenai pemasangan WiFi Google Station ini :

"Kalau di India kami pasang di lebih dari 200 stasiun kereta. Kemudian karena ada Google Station, maka 15.000 orang di India jadi mulai mengenal internet untuk pertama kali"

“Masalah India itu kurang lebih sama. Kami sangat optimis dengan peran internet dalam perkembangan Indonesia, dan dalam beberapa bulan mendatang akan meluncurkan Google Station ini,” pungkasnya.

Kalau Gratis, Dapet Untungnya Darimana?

Mungkin banyak pertanyaan dengan munculnya berita ini, salah satunya "kalau google gratis nanti ngambil keuntungannya dari mana?". Nah jika salah satu diantara kalian punya pertanyaan yang sama dengan diatas maka segeralah buang jauh-jauh pertanyaan tadi. Kita tahu jika Google adalah perusahaan yang super sibuk dengan segala urusan bisnis-nya.

Mari kita ambil beberapa contoh, berapa juta aplikasi yang tersedia di Playstore? Banyak kan? Nah kita tahu kalau Playstore adalah milik perusahaan Google. Nggak kebayang kan jumlah pendapatannya hanya dari playstore saja? Selain itu ada lagi google adwords, ini adalah salah satu media untuk beriklan website, jangan kira mereka memberi kesempatan untuk beriklan dengan murah ya.

Dan saya beri contoh satu lagi yaitu google adsense. Sering denger kan? Google adsense adalah salah satu penyedia iklan google, para pemilik iklan akan membayar ke Google dan iklannya akan ditampilkan di website-website yang sudah memenuhi syarat untuk beriklan, salah satunya mempunyai visitor yang pantas dan bebas dari pelanggaran. Alhamdulilah website saya sudah masuk dalam kategori tersebut, doakan saja agar lebih baik kedepannya.

Nah para penulis blog/blogger juga dibayar dengan seberapa banyak yang meng-klik iklan dan jumlah tayangan iklan. Namun tidak semudah itu, jumlah klik iklan maksimal hanya 10% dari jumlah tayangan (tidak boleh terlalu banyak klik), jika tidak maka akan dideteksi adanya invalid klik dan menyebabkan akun di banned 😢. Tapi disini kita bisa ambil kesimpulan bahwa Google itu perusahaan yang baik, selain dibayar, mereka pun membayar para penulis blog berkat kontribusi mereka.

Nah kira-kira sudah ada bayangan kan, betapa banyaknya bisnis yang diadakan oleh Google tadi? Saya hanya menyebutkan sedikit dari banyaknya contoh. Jadi untuk menggarap proyek seperti internet gratis ini percayalah Google tidak bakalan rugi. Bahkan di Negara-negara maju Google Station sudah tersedia hampir di pelosok-pelosok, contohnya Singapura. Maka ada beberapa turis yang heran mengapa di Indonesia mau internetan kok harus bayar... Hmmm......

Baca Juga : Terbukti!!! Pakai 10 Cara Ini Agar Baterai Smartphone Selalu Awet Dan Tahan Lama

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post