Skip to main content

Cara Membuat Taskbar Transparan Di Windows 10 Full 1000%

Cara Membuat Taskbar Transparan Di Windows 10 Full 1000%
AURORATEKNO.COM ~ Cara Membuat Taskbar Transparan Windows 10 Full - Mempunyai taskbar yang transparent akan memberikan nilai keindahan yang lebih dan membuat tampilan komputer kita lebih elit.

Fitur transparent taskbar bawaan dari windows 10 sendiri sebenarnya sudah ada, namun menurut saya fitur tersebut kurang maksimal, efeknya pun tidak terlalu terlihat dan masih terdapat solid color.

Dan kabar buruknya lagi, sekarang update terbaru dari windows 10 sudah tidak ada fitur tersebut.

Tapi tenang saja, tak perlu khawatir, masih ada solusi untuk membuat taskbar menjadi transparan full 100% tanpa ribet dan langsung jadi.

Berbicara tentang windows, windows 10 sudah sangat elegan untuk digunakan. Jika ingin membandingkan, windows terdahulu yang paling sukses justru windows 7.

Kemudian menyusul windows 10 karena dari awal peluncuran windows 10 masih banyak bug yang perlu diperbaiki, namun sekarang sudah berkurang.

Sedangkan pada windows 7 lancar hampir tak ada masalah. Secara tampilan windows 7 pun tidak kalah jauh, saya sering sekali melihat orang-orang yang memodifikasi tampilan windows 7 menjadi super keren.

Ini adalah salah satu alasan mengapa windows 7 masih menjuarai jajaran windows yang paling sukses.

Alasan lain, windows 7 masih sangat stabil digunakan pada PC low end atau kelas bawah, intinya masih friendly secara tampilannya, tidak jadul dan bisa dimodifikasi agar lebih terlihat keren.
Baca Juga : Mantap!!! Mode Ultimate Performance Kini Hadir Di Windows 10, Begini Cara Mengaktifkannya
Banyak juga aplikasi yang gagal saat diinstal di windows 10 dan harus di windows 7, aplikasi WINQ misalnya, aplikasi tersebut tidak akan bisa dipasang di windows 10 walaupun kita sudah memasang Net Framework yang terbaru sekalipun.

Kelemahan lain windows 10 masih punya 2 pengaturan utama yang sangat tidak efektif, yaitu settings dan control panel, padahal jika kita membuka settings biasanya akan lebih lambat daripada membuka control panel.

Kabarnya, perusahaan microsoft tidak akan mengeluarkan seri windows baru lagi (hanya sampai windows 10), kabar baik tentunya bagi yang mempunyai windows 10 original seperti saya, hehehe..

Mereka hanya akan terus melakukan update/pembaruan windows 10, tapi hal itu tidak bisa dijadikan acuan mengingat kemajuan teknologi yang ada saat ini sangatlah pesat.

Tentunya mereka akan terus membuat inovasi baru agar tetap bisa menjadi pilihan nomor 1 dan menjuarai persaingan yang ada.

Bisa jadi suatu saat namanya akan tetap windows 10, namun diciptakan menjadi sistem operasi berbasis hologram dengan algoritma baru yang bisa membuat kita tercengang.
Baca Juga : Cara Membuat Password File Dan Folder Dengan Notepad Pada Flashdisk / Harddisk
Nah kembali pada topik bahasan, yaitu mengenai taskbar yang transparan. Untuk windows xp tampilannya masih sangat jadul, selanjutnya diwariskan pada windows 7 yang langsung populer pada saat itu (sampai sekarang pun masih banyak digunakan).

Taskbar pada windows 7 bisa dimodifikasi menjadi sangat keren dan tidak hanya taskbar saja melainkan seluruh tampilan.

Kemudian di windows 10 tampilannya dibuat berbeda (mirip dengan windows 8 yang tampilannya didominasi untuk tampilan mobile/HP).

Karena tampilannya dibuat berbeda, maka windows 10 membutuhkan aplikasi tambahan agar tampilan seperti taskbar bisa disamarkan.

Gimana caranya? Silahkan simak artikel di bawah ini dengan baik.

Cara Membuat Taskbar Transparan Di Windows 10


1. Langkah pertama download terlebih dahulu aplikasi Translucent TaskBar Setup

2. Ekstrak dan install aplikasi tersebut. (Password File : www.auroratekno.com)

3. Jika sudah terinstall, lihat pada taskbar. Terdapat ikon huruf B, itu menandakan aplikasi sudah berjalan. Kita tinggal mengaturnya sesuai keinginan
Cara Membuat Taskbar Transparan Di Windows 10 Full 1000% Berhasil
Taskbar
4. Klik kanan pada aplikasi yang berada di taskbar tersebut, nantinya akan muncul beberapa menu, saya akan jelaskan sedikit.
Cara Membuat Taskbar Transparan Di Windows 10 Full 1000% Berhasil
Opsi Transparansi Pada Aplikasi Translucent Taskbar
Kita dapat membedakan transparansi pada beberapa kondisi, ada beberapa kondisi tampilan yang dapat kita sesuaikan, misalnya jika komputer dalam keadaan normal akan full transparan.

Namun ketika membuka jendela aplikasi maka transparansi akan sedikit disamarkan, itu bisa diatur disini, berikut beberapa opsi transparansi berdasarkan kondisi :

Regular ⇒  Ini akan mengatur seberapa transparan taskbar kita pada keadaan normal (tidak ada jendela aplikasi yang terbuka)

Maximised Window ⇒ Ini akan mengatur hanya pada saat taskbar kita membuka jendela aplikasi tertentu atau apapun yang dibuka secara layar penuh, jika jendela aktif namun tidak layar penuh maka tidak ada efeknya. Opsi ini bisa di aktifkan maupun di nonaktifkan.

Start Menu Opened ⇒ Ketika start menu aktif. Opsi ini bisa di aktifkan dan di nonaktifkan.

Cortana/Search Opened ⇒ Ketika cortana/pencarian dibuka. Opsi ini bisa di aktifkan dan di nonaktifkan.

Regular ⇒ Meliputi timeline, task view, ikon people, windows ink workspace dan touch keyboard yang bisa ditambahkan pada taskbar kita.

Show Aero Peek ⇒ Menampilkan dan menyembunyikan tombol pojok kanan bawah windows (tombol untuk menuju desktop).

Untuk pilihan warna itu selera masing-masing, berikut keterangan singkatnya :

⇒ Accent Color : Pilih warna secara manual
⇒ Normal : Tidak ada pengaruh
⇒ Clear : Agar taskbar menjadi transparan
⇒ Opaque : Warna buram
⇒ Blur : Menjadi blur/kabur
⇒ Fluent : Blur namun lebih padat

Catatan :

Jika pada saat maximised window kita ingin tampilan taskbar menjadi transparan total maka hilangkan ceklist enable pada opsi tersebut.
Cara Membuat Taskbar Transparan Di Windows 10 Full 1000%
Menghilangkan Ceklist
Setelah segala pengaturan dilakukan silahkan cek hasilnya, jika ada kesulitan silahkan hubungi admin.
Baca Juga : Cara Membuat Wallpaper Bergerak Di Windows 10 Dengan Mudah
Sekian artikel tentang cara membuat taskbar transparan windows 10 full. Semoga bisa membawa manfaat dan selamat mencoba...

Oiya jangan lupa untuk selalu update artikel terbaru dari Aurora Tekno yah... 😇
Kebijakan Berkomentar : Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Tutup Komentar