Wow!!! Ini Dia Fitur Keren Yang Disediakan Android Oreo - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Saturday, September 1, 2018

Wow!!! Ini Dia Fitur Keren Yang Disediakan Android Oreo

Wow!!! Ini Dia Fitur Keren Yang Disediakan Android Oreo
Hallo sahabat Aurora Tekno semua dimanapun anda berada, saya yakin pasti semua yang membaca artikel ini punya ponsel Android. Ya kann??? Pada zaman seperti sekarang ini pastinya hampir semua orang sudah mengenal yang namanya teknologi. Asal kita bisa menggunakan teknologi untuk kebaikan, tidak ada salahnya untuk saling berbagi kepada orang lain. Begitupun android, sampai sekarang ini banyak sekali perkembangan yang terjadi, mulai dari versi android itu sendiri sampai dengan fitur-fitur yang disediakan. Yang akan saya bahas disini adalah fitur baru yang tersedia di android oreo yang perlu kalian ketahui, jangan sampai android keren kalian ternyata tak bisa dimaksimalkan, sayang dong.....

Android oreo belum lama muncul di kalangan kita, memang nama-nama yang digunkan sistem android adalah jenis makanan semua. Tapi hal tersebut justru menjadi ciri khas android. Oh iya, kira-kira kalian sudah mulai mengenal android pada versi apa nih? Kalau saya sih pada tahun 2014-an, waktu itu kalau nggak salah masih android Jellybean, google sudah mengumumkan Android Jelly Bean 4.1 pada Juni 2012. Sistem operasi ini berdasarkan Linux kernel 3.0.31. Lalu setelah itu muncul Kitkat, Lolipop, Marshmallow, Nougat dan terakhir (saat ini) Oreo. Disini saya akan mengenalkan beberapa fitur yang perlu kalian coba di android Oreo. Memang sih, ada beberapa fitur yang sudah tersedia pada android nougat, namun fitur tersebut mengalami perbaikan pada android terbaru saat ini (Oreo).


Fitur - Fitur Keren Yang Perlu Kalian Ketahui Di Android Oreo :

1. Twin Apps
Bagi kalian yang gemar mempunyai 2 akun sosial media fitur ini dapat kalian menfaatkan, kalian bisa menggunakan 2 akun pada 1 smartphone, tentunya dengan cara menggandakan aplikasi sosial media tersebut, misalnya kalian ingin menggunakan whatsapp, facebook, instagram dengan 2 akun yang berbeda, kalian bisa langsung memanfaatkan fitur ini tanpa repot menggunakan aplikasi pihak ketiga. Memang kita bisa menginstall aplikasi tambahan dari playstore, seperti aplikasi "paralel" misalnya. Namun aplikasi ini akan banyak menyita ruang pada RAM dan terkadang terjadi crash, daripada harus repot-repot lebih baik menggunakan fitur yang tersedia pada android langsung, satu kali klik langsung jadi. Kalian tinggal buka pengaturan ⇒ Pilih lanjutan ⇨ Twin Apps ⇨ Klik pada aplikasi yang akan digandakan, setelah itu cek di menu aplikasi, pasti terdapat 2 aplikasi yang kalian gandakan (cloning)
Twin Apps

2. Game Genie
Kalian seorang gamers? Youtubers? Fitur ini cocok sekali bagi kalian yang suka game dan upload video game ke youtube. Pasalnya kalian tak perlu repot-repot mengedit video agar terdapat pop-up wajah anda pada video yang akan anda upload. Kalian pun bisa memilih akan mengaktifkan kamera depan untuk  menampilkan wajah kalian atau tidak. Jika menggunakan game genie, rekam layar pun akan semakin stabil daripada aplikasi tambahan yang ada di playstore. Selain itu kalian juga bisa langsung merekam video untuk youtube live, wah seru juga ya? Yang lebih asik lagi kita bisa mengunci layar agar bisa fokus ke game jika terjadi klik tak sengaja (menekan tombol home misalnya) serta mencekal beberapa notifikasi yang muncul, terdapat juga pintasan percepat perangkat untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang menakjubkan. Ini adalah salah satu fitur baru yang saya sukai lho. Untuk melakukan pengaturan pada game genie cukup buka pengaturan ⇒ Pilih lanjutan ⇨ Game Genie ⇨ Lakukan pengaturan disini
Game Genie

3. OptiFlex™
Fitur ini dapat kita manfaatkan untuk mempercepat peluncuran aplikasi. Menurut saya efek dari fitur ini lumayan terasa, tapi jika ternyata aplikasi yang dipercepat kurang kompatibel, ini justru akan membuat aplikasi berjalan sangat lambat saat pertama kali dibuka. Bahkan tidak sering aplikasi tersebut berhenti dan terus berhenti. Jika kalian mengalami hal ini, kalian cukup menonaktifkan OptiFlex pada aplikasi yang tidak cocok. Yang saya alami adalah pada aplikasi instagram, waktu itu pengoptimalan otomatis diaktifkan oleh OptiFlex, bukannya nambah cepat malah jadi error. Setelah saya nonaktifkan instagram dari OptiFlex ternyata aplikasi berjalan lancar. Jadi kita harus menyesuaikan dan mencoba aplikasi mana saja yang support dan mana yang tidak. Untuk menjalankan fitur ini cukup buka pengaturan ⇒ Pilih lanjutan ⇨ OptiFlex™ ⇨ Pilih aplikasi yang akan dipercepat.
OptiFlex

4. Page Marker
Kalian suka baca artikel? Jika demikian, maka fitur ini cocok bagi kalian yang ingin membaca halaman secara offline. Kalian bisa mendownload halaman web langsung dengan menggunakan page marker, namun sayangnya fitur ini hanya dapat bekerja jika kalian menggunakan browser google chrome saja. Tapi menurut saya fitur ini akan mempermudah kita untuk membaca artikel tertentu, karena kita hanya perlu membuka aplikasi page marker (bisa juga diatur agar mulai secara otomatis) dan mulai membaca-baca artikel pada google chrome lalu menyimpan halaman tersebut. Kita juga dapat memisahkan artikel berdasarkan tag/label lho.
Page Marker

5. Multi - Window
Kelemahan android sejak dulu menurut saya adalah tidak bisa menjalankan 2 aplikasi pada waktu yang bersamaan, namun sekarang kelemahan tersebut sudah terbayar oleh kecanggihan teknologi saat ini, fitur multi window sudah ada sejak android nougat dan terdapat perbaikan pada android oreo, sekarang kita bisa menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan dalam satu smartphone. Yang saya suka adalah ketika menggunakan musixmatch untuk mengidentifikasi judul lagu sambil memainkan musik tersebut. Namun, saat ini tidak semua aplikasi mendukung split screen. Yang artinya, masih terbatas beberapa aplikasi saja yang dapat digunakan untuk menjalankan multi-window. Contohnya saja instagram, sampai saat ini belum mendukung fitur split screen, kalau facebook, whatsapp, messenger terbaru saat ini sudah mendukung fitur tersebut. Jangan pernah bandingkan dengan komputer, karena memang beda jauh, walaupun harga kadang melebihi namun tetap saja komputer didesain khusus untuk bekerja, tidak seperti smartphone yang memang dirancang lebih fleksibel dan komunikatif. Untuk cara menggunakannya sangat mudah, kalian tinggal slide panel notifikasi cari atau tambahkan multi-window. Bisa juga dengan menekan tombol recent aplikasi, di pojok aplikasi terdapat tanda silang dan kotak dua, pilihlah yang kotak dua.
Multi-Window/Split Screen

6. Booting Lebih Cepat Dan Meminimalkan Proses Latar Belakang
Kini, android oreo mempunyai kecepatan boot 2x lebih cepat dibandingkan dengan android lainnya. Saat menyalakan android, terkadang kita harus menunggu sampai 3 menit. Bahkan kadang saya tinggal sambil main game PC, hehehe.... Waktu booting ini adalah catatan yang sudah dicapai oleh Google Pixel. Android Oreo telah meminimalkan proses latar belakang pada aplikasi yang sering kita gunakan. Selain itu, kita punya hak akses lebih untuk mengontrol aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk kinerja yang lebih baik.

Sebelumnya saat saya menggunakan android marshmallow, penggunaan RAM saya sangatlah boros, RAM 4 GB pun terkadang sisa hanya 700 MB-an saja, sungguh mengganggu sekali padahal aplikasi yang berjalan pada latar belakang adalah aplikasi yang tidak saya butuhkan. Walaupun menggunakan Greenify tetap saja aplikasi tersebut bandel dan nggak bisa dibilangin.! 😁. Namun setelah saya upgrade ke Nougat dan selanjutnya ke Oreo masalah tersebut hilang sudah, ditambah pengoptimalan yang saya lakukan berdasarkan pengaturan-pengaturan yang ada di android serta pengoptimalan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu Greenify tadi.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Android, Terbukti Ampuh 100% Tanpa Ribet

7. Mengaktifkan Wi-Fi Secara Otomatis Pada Area Tertentu
Jika kalian menonaktifkan Wi-Fi, kalian tak perlu mengaktifkannya kembali untuk tersambung. Android Oreo kini telah mendukung penaktifan Wi-Fi secara otomatis agar langsung terhubung ke jaringan aman (jaringan yang pernah digunakan sebelumnya). Misalnya saja kita sudah pernah menggunakan jaringan Wi-Fi dikantor, saat kita berada dalam area tersebut lagi otomatis Wi-Fi akan tersambung walaupun Wi-Fi dalam mode off. Namun hal ini tidak berlaku jika ponsel kita berada dalam mode pesawat.

Gimana? Keren bukan? Bagi yang android belum oreo jangan bersedih hati ya, tunggu saja update android masing-masing atau bisa mengakalinya dengan custom rom bagi yang sudah nggak sabar. Hehehe.... Demikianlah fitur unggulan versi Aurora Tekno, masih banyak fitur baru lainnya yang dapat kalian eksplor, ini hanya sebagian kecil saja.

Baca Juga : Cara Mengambil Screenshot Panjang Pada Layar Android

No comments:

Post a Comment