Tidak Bisa Masuk Facebook, Akun Saya Di H*ck !!!

author photo
Tidak Bisa Masuk Facebook, Akun Saya Di Retas !!!
AURORATEKNO.COM ~ Akhir-akhir ini banyak sekali akun facebook yang di h*ck/diretas, korbannya adalah teman saya, kemudian saya sendiri.

Beberapa teman mengaku akun facebook-nya telah diretas dan beberapa orang meminta bantuan saya untuk memulihkannya karena sudah tidak mempunyai akses ke nomor HP maupun email, alhasil ada yang jadi ada yang tidak.

Karena saya sudah tidak aktif di linux, akhirnya saya pun tidak bisa mengembalikan semua akun tadi. Sebab, butuh banyak waktu untuk mempelajarinya lagi dan tentunya menghadapi banyak kegagalan, butuh kesabaran ekstra juga (ini yang saya permasalahkan).

Di lain sisi saya juga banyak sekali pekerjaan, jadi saya malas untuk melakukan hal-hal seperti itu lagi, walaupun tujuannya mengembalikan akun temen saya sendiri, hehe.

Bagi yang merasa tidak ditolong saya, saya mohon maaf. Sekarang ini saya benar-benar sedang disibukkan banyak sekali tugas, tugas sekolah maupun rumah, apalagi saya seorang single, tahu sendiri kan? Apa-apanya serba sendiri, hehehe...

Mungkin gara-gara saya nggak tuntas bantu temen, akhirnya akun saya di h*ck juga!!! Parah banget deh!!!

Kronologi


Jadi begini ceritanya, pada minggu kemarin, ada seseorang yang mengubah password tanpa sepengetahuan saya.

Bahkan saya pun baru mengetahui password saya diganti selang 2 hari kemudian. Itupun gara-gara temen saya pinjem HP untuk buka facebooknya, akhirnya saya logout dan digantikan akun miliknya.

Besoknya saya mau login ke akun saya, eh passwordnya kok salah terus. Terasa ada yang aneh, akhirnya saya buka lewat komputer, dan benar!!!

Ternyata password akun fb saya sudah diganti pada hari minggu kemarin!!! Saya pun kaget, kagetnya bukan karena akun facebook saya, tapi akun email tertaut yang saya gunakan untuk bisnis.
Baca Juga : Data Flashdisk Hilang Tapi Kapasitas Ada? Setiap Mengcopy File Ke Flashdisk Selalu Corrupt? Begini Penjelasannya
Namun tiba-tiba saya berfikir saya masih merasa aman karena saya menggunakan 2 langkah verifikasi pada akun email saya.

Memang secara ketahanan, gmail punya keamanan yang lebih tinggi daripada facebook, buktinya jarang sekali ada akun gmail yang di h*ck, yang banyak justru facebook.

Kalaupun di h*ck, pasti kesalahan berasal dari pengguna itu sendiri.

Lho kok bisa?

Ya iya, harusnya kita itu meningkatkan keamanan login agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab, semua akun sosmed itu rata-rata tertaut ke akun email.

Perlu contoh?

Facebook butuh email jika ingin membuat akun, begitu pula instagram, pinterest, twitter, linkedin, blogger, dan banyak lainnya. Jika akun email kita aman pasti akun yang lain juga aman.

Yang saya suka adalah ketika saya menghapus akun email dari facebook, kita masih bisa memverifikasi, apakah itu kita yang melakukannya atau bukan.

Jika bukan, maka kita diberikan link untuk memulihkannya kembali. Maka, saran saya kita harus meningkatkan keamanan email agar akun yang lain bisa selamat.
Baca Juga : 7 Cara Agar Akun Gmail Anda Aman Dari h*cker Dan Peretasan

Benarkah Akun Kita Diretas Hanya Untuk Keperluan Bisnis? Atau Lebih Dari Sekedar Itu?


Kembali ke topik utama sesuai judul post, mengapa akun facebook kita di h*ck? Benarkah akun kita doretas hanya untuk keperluan bisnis saja atau lebih dari sekedar itu?

Untuk zaman sekarang ini tentunya semakin banyak mafia-mafia yang menyalahgunakan akun orang lain untuk transaksi gelap.

Namun yang saya heran kenapa harus akun kedua saya, padahal akun facebook yang dia h*ck nggak ada apa-apanya, informasi identitas nggak ada, post terakhir sudah sekitar 1 tahun yang lalu, jumlah teman pun cuma 200-an 😂.

Namun setelah melihat kasus yang sama pada teman-teman saya, mereka menggunakan akun hasil h*ck ini untuk bisnis, mungkin karena bisnis mereka hoax, jadi menggunakan identitas kita untuk menyamarkannya, bahaya juga kalo kita yang kena imbasnya, iya kan?

Uniknya lagi, rata-rata akun teman saya dan saya sendiri yang diretas adalah buatan tahun 2015-2016.

Karena kebetulan email saya aman-aman saja maka akun facebook saya langsung kembali, walaupun dia sudah menambahkan email utama menjadi miliknya namun saya masih bisa menyelamatkan berkat email yang punya kuasa penuh. Berikut emailnya :

Tidak Bisa Masuk Facebook, Akun Saya Di Retas !!!

Email saya pun masih mendapat pemberitahuan untuk mengamankan akun, berikut penampakannya :

Tidak Bisa Masuk Facebook, Akun Saya Di Retas !!!
Terdapat juga perangkat yang aktif pada facebook saya, namun lokasinya di Bekasi
Tidak Bisa Masuk Facebook, Akun Saya Di Retas !!!
Setelah saya dapat masuk ke akun facebook saya, dia sudah memasukkan saya ke grup-grup marketing nggak jelas. Pemberitahuan pun penuh dari grup tersebut, intinya dia ingin menggunakan akun ini untuk bisnis.

Tidak Bisa Masuk Facebook, Akun Saya Di Retas !!!
Teman saya malah ada yang lebih parah lagi, yaitu memposting foto-foto dan video tak pantas.

Bayangkan saja jika akun facebook anda digunakan untuk berbisnis, pasti hancur sudah bisnis anda, maka jangan sungkan untuk sering mengganti password dan selalu menggunakan verifikasi 2x pada email ataupun facebook anda.
Baca Juga : 7 Cara Agar Akun Gmail Anda Aman Dari h*cker Dan Peretasan
Satu hal lagi yang membuat saya bingung adalah, terdapat ucapan selamat datang member baru pada suatu grup, banyak nama yang disebutkan termasuk akun fb saya.

Saya mulai berimajinasi, apakah ini peretasan akun serentak yang direncanakan? Entahlah, karena banyak akun yang disebutkan pada grup tersebut, sebenarnya sih nggak baik suuzon dulu, hehe..
Tidak Bisa Masuk Facebook, Akun Saya Di Retas !!!

Tapi saya heran kenapa saya disebut member, yang namanya member kan sudah punya kesepakatan, iya kan?

Maka mungkin saja mereka membuat suatu komunitas, merekrut anggota untuk meretas akun-akun facebook yang akan dijadikan bisnis tadi.

Saya juga punya teman yang dulu kerjanya membuat akun fb sebanyak-banyaknya, mungkin karena keamanan facebook sekarang baik maka mereka tidak membuatnya lagi, melainkan meretas akun-akun yang sudah ada. Tapi itu baru perkiraan saja, tidak ada salahnya kan kalau kita lebih hati-hati? 😀

Berawal dari suuzon tadi maka saya laporkan grup tadi ke facebook, ternyata benar. Banyak postingan-postingan yang tidak pantas dan ilegal, berikut keterangan yang diberikan.

Memang sih, nggak semua postingannya jelek, tapi kebanyakan begitu.
Tidak Bisa Masuk Facebook, Akun Saya Di Retas !!!

Bagi yang nggak paham bahas inggris saya terjemahkan artinya :
Kami meninjau Affiliate Marketing - Worldwide dan menemukan konten dalam grup ini yang tidak mengikuti Standar Komunitas kami. Kami menghapus konten spesifik tersebut (contoh: foto, posting), bukan seluruh grup.
Harap beri tahu kami jika Anda melihat hal lain yang mengkhawatirkan Anda. Jika Anda ingin kami melihat sesuatu yang spesifik dalam suatu grup, pastikan untuk melaporkan konten (contoh: foto), bukan seluruh grup. Kami ingin menjaga agar Facebook tetap aman dan ramah bagi semua orang.
Baca Juga : Cara Membuat Password File Dan Folder Dengan Notepad Pada Flashdisk / Harddisk
Jika akun anda diretas, jangan terlalu lama ataupun menunda-nunda pemulihan akun, karena nantinya akan bermasalah.

Yang terpenting adalah meningkatkan keamanan pada email anda, sudah saya sediakan artikelnya diatas.

Semoga dapat bermanfaat, jika ada yang perlu di sharing silahkan berkomentar. Jika dirasa perlu di share silahkan di share. Salam hangat, Aurora Tekno.

0 Komentar

Jika anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal

Tidak diperbolehkan menyalin atau mencuri seluruh konten yang saya tulis di blog ini untuk di publikasi di blog lain, namun Anda boleh menyalin untuk kepentingan sekolah, tugas atau "Menyimpannya secara pribadi"

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post