Saturday, September 29, 2018

author photo
Tahukah Anda Dibalik Klik Tombol Accept Pada Saat Install Aplikasi Atau Membuat Akun?
Sekilas pertanyaan itu muncul, mengingat banyaknya kejadian-kejadian yang merugikan para pengguna perangkat elektronik. Pada zaman sekarang ini, banyak sekali oknum-oknum tak bertanggungjawab yang memanfaatkan aplikasi atau situs web untuk mengambil data-data pribadi kita. Bagi anda yang pernah diretas akunnya cobalah untuk mengingat kembali apa saja yang pernah anda lakukan sebelumnya. Apakah pernah memberikan informasi pribadi pada situs tak terpercaya, atau mungkin pernah memasang aplikasi illegal.

Pada umumnya saat kita menginstall sebuah aplikasi maka yang kita lakukan hanyalah klik next, next, accept dan install. Hayooo ngaku saja, saya pun begitu, hehehe….. Selain menginstall aplikasi kita juga sering membuat akun media social, facebook misalnya. Kalau facebook sih sudah terjamin kepercayaannya. Nah kan diluar sana kan banyak sekali yang punya niat tak baik dengan berbagai motif kejahatan, salah satunya membuat website palsu dengan berbagai macam keperluan, maka membuat website-website palsu agar pengguna mau menyerahkan identitasnya untuk dijadikan mangsa. Kejahatan jenis ini biasa disebut Phising.

Baca juga : 7 Cara Agar Akun Gmail Anda Aman Dari H*cker Dan Peretasan


Tahukah Anda Apa Arti Dibalik Tombol Accept?

Sekarang mari kita bahas lebih lanjut mengenai hal yang satu ini. Accept berarti menyetujui persyaratan yang di buat oleh pihak pengembang aplikasi ataupun pemilik website. Dengan bacaan yang Panjang tentunya membuat kita malas untuk membacanya, padahal efek dari klik tombol accept tadi sangatlah berpengaruh. Saya ibaratkan kalian tanda tangan diatas meterai 5000 dalam sebuah perjanjian terikat. Loh kok meterai 5000? Iya dong, kalau meterai 6000 kan langsung berkaitan dengan hukum, nah kalau meterai ini saya ngarang sendiri karena cuma sebagai contoh. Hehehe…. Intinya tombol accept tadi adalah perjanjian yang anda setujui sepenuhnya, dan tanggungjawab pun sepenuhnya ada pada pihak kedua (kita sebagai pengguna). 

Jika anda sering aktif di grup tanya jawab seputar teknologi maka tak jarang ada orang yang membagikan tool-tool gratis illegal yang dimanfaatkan untuk mengambil data-data pribadi anda. Contohnya saja kemarin, di grup ada yang membagikan alat untuk viewer youtube secara otomatis. Namun karena para anggota grup sudah paham maka banyak yang berkomentar begini : “hapus aja posingan ini, phising”, “laporkan ke admin aja nih”, “ati-ati phising, kalo minta masukkan akun dan password mending jangan” dan lain sebagainya. Jadi pesan saya, jika ada aplikasi-aplikasi nggak jelas hati-hati saja, jika mau mencoba lebih baik di komputer yang aman dari data pribadi, jika tidak maka bisa saja data pribadi kita dicuri untuk kepentingan tertentu tanpa sepengetahuan kita.

Saya pribadi pun pernah menjadi korbannya beberapa kali, waktu itu efeknya adalah komputer saya terkena virus. Yang pertama adalah virus malware yang membuka tab browser sendiri. Setiap beberapa detik broser saya membuka tab baru dan tidak ada henti-hentinya. Saat itu aplikasi yang saya install kalau nggak salah adalah internet download manager versi b*jakan alias gratisan. Yah mau gimana lagi, saya juga masih suka yang gratisan. Hehehe…. Kalau bicara gratisan ya terkadang ada efek sampingnya, contohnya yang saya alami diatas, dari awal saya memang sudah curiga, namun perlu saya coba karena saya sudah paham cara mengatasinya, untuk cara mengatasinya dapat kalian lihat 2 artikel dibawah ini.

Baca Juga : Apa Itu System Restore, Fungsi Serta Cara Menggunakannya

Baca Juga : Cara Mengatasi Browser Membuka Tab Sendiri Dengan Mudah Tanpa Ribet

Yang kedua adalah virus trojan, virus ini termasuk virus yang sangat ganas. Efek komputer yang terkena virus jenis ini bisa menyebabkan komputer mati total (jika tidak segera diatasi). Pada saat itu statistik penggunaan RAM dan Processor saya naik drastis dan tidak mau turun. Proses latar belakang beberapa aplikasi pun mencurigakan, saya lihat pada details di task manager. Disitu deskripsi aplikasi adalah dari system windows, tetapi user yang digunakan user biasa bukan system/local service, akhirnya saya paksa berhenti satu-per satu dengan cepat agar tidak menggandakan diri, setelah itu langsung saya lihat asal file tadi dan menghapusnya secara permanen. Tidak lupa juga saya scan komputer secara keseluruhan menggunakan antivirus. Aplikasi yang saya install waktu itu kalau nggak salah yaitu software untuk keperluan h*cking aplikasi, dan kesalahan fatal saya waktu itu adalah menonaktifkan windows defender dan tidak membuat restore point pada system restore.

Baca Juga : Tips Komputer Agar Terhindar Dari Virus Yang Jarang Diketahui Orang. Nomor 2 dan 3 Sangat Penting

Semua hal diatas adalah keteledoran saya dalam menekan tombol accept. Jadi bagi kalian yang sudah membaca artikel ini agar lebih berhati-hati dan selektif terhadap hal baru. Yang saya contohkan diatas baru hal kecil, belum lagi pencurian data dan lain sebagainya. Peretasan akun pun marak terjadi, biasanya kita daftar pekerjaan, masuk akun, membuat akun pada tempat yang salah, maka mudah sekali para peretas mendapatkan akun kita. Tidak hanya itu, virus pun ada juga yang berfungsi mengambil data-data pribadi serta merekam seluruh kejadian di komputer kita, virus Panda Viewer misalnya. Untuk info selengkapnya tentang virus dapat kalian baca pada artikel di bawah ini : 

Baca Juga : 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post