author photo
Cara Mudah Menyelamatkan Data Penting Jika Windows Rusak
Ketika kita tidak bisa masuk windows, maka yang pertama kali terpikir oleh kita adalah bagaimana cara menyelamatkan file-file yang ada didalamnya. Kalau saya jawab bisa, nanti pertanyaan yang mucul pasti "Lah gimana mau menyelamatkan wong masuk saja nda bisa?" Begitu kira-kira respon dari para pengguna komputer yang masih awam. Namun patut dimaklumi, segala sesuatu sekecil apapun jika kita belum mengenal ilmunya pasti tidak tahu. Untuk itu, jangan pernah berhenti untuk mencari ilmu, cari ilmu sebanyak-banyaknya. Ilmu komputer seperti ini juga penting, selain bisa untuk mengajarkannya pada orang lain. Tentunya kita dapat memanfaatkan untuk kepentingan bisnis.

Jadi, pada intinya saya mengajak teman-teman semua agar tidak malas membaca karena membaca adalah jendela ilmu, terutama artikel yang saya buat di blog ini, hehehehe. Oke, sebelum bahasan menjadi lebih lebar mari kita perkecil lagi.

Kembali ke windows yang rusak tadi, penyebab rusaknya sistem operasi seperti windows adalah karena hilang/rusaknya file sistem yang digunakan untuk menjalankan windows tersebut. Hilang/rusaknya file sistem tadi bisa disebabkan oleh virus, bad sector pada harddisk, terhapus atau yang lainnya. Jika komputer kita terkena virus lalu kita menscan virus secara keseluruhan, setelah itu kebetulan ada beberapa file sistem yang terinfeksi. Ternyata antivirus tidak bisa memperbaiki, opsi kedua hanyalah meng-karantina atau menghapusnya.

Ketika kita melakukan perbaikan otomatis pada antivirus, maka file sistem tadi terpaksa dikarantina (dipenjara) atau dihapus secara permanen. Akhirnya setelah komputer mati atau direstart, otomatis komputer tidak akan bisa masuk windows lagi karena hilangnya bagian dari file sistem tersebut. Kemungkinan kedua adalah harddisk terkena bad sector, informasi selengkapnya dapat kalian baca pada artikel di bawah ini.

Baca Juga : Apa Itu Bad Sector Pada Harddisk, Penyebab, Ciri-Ciri Dan Cara Mengatasinya

Cara Mudah Menyelamatkan Data Penting Jika Windows Rusak :

Memang, banyak kemungkinan mengapa sistem operasi bisa rusak. Namun pada artikel ini saya fokuskan untuk membahas bagaimana cara menyelamatkan file pada sistem operasi windows yang rusak. Disini saya terapkan 3 cara, silahkan cermati dengan baik dan lakukan cara pertama terlebih dahulu.

1. Menggunakan System Restore

Untuk cara pertama kita tidak perlu repot-repot menyelamatkan data. Mengapa? Karena dengan menggunakan system restore kita dapat mengembalikan kondisi komputer seperti sebelumnya, tentunya pada saat sebelum sistem operasi rusak. Namun permasalahannya, terkadang tidak pernah membuat cadangan pada system restore, jadi kita tidak dapat memanfaatkan fitur yang satu ini.

Tetapi tidak ada salahnya mencoba, saya pribadi pernah melihat windows melakukan pencadangan secara otomatis, pada saat itu saya kaget setelah melihat terdapat backup pada system restore, akhirnya saya pun memanfaatkan fitur tersebut tanpa menginstall ulang komputer.

Baca Juga : Apa Itu System Restore, Fungsi Serta Cara Menggunakannya

2. Mencabut Harddisk Dan Memasangnya di Lain Komputer

Cara kedua cukup mudah, kita hanya tinggal mencabut Harddisk kita, lalu menancapkannya pada komputer lain yang masih normal, tetapi repotnya Harddisk komputer berbeda dengan Harddisk eksternal. Port yang digunakan adalah SATA, bukan USB. Jadi kita perlu membongkarnya dan menancapkan ke komputer lain, sebenarnya ada converter SATA to USB yang akan memudahkan kita, silahkan pilih mana yang paling mudah.

Setelah ditancapkan, hidupkan komputer dan masuk windows seperti biasa. Setelah itu cek pada windows explorer, maka terdapat partisi harddisk yang ditancapkan tadi. File yang anda simpan pada desktop, documents masih bisa diselamatkan, caranya cari dan copy file tersebut. Pada umumnya file tersebut berada di C:/Users/Nama Komputer anda.

3. Menggunakan Hiren's Boot CD

Fungsi dari adanya hiren's boot CD adalah untuk alat perbaikan, salah satunya memperbaiki harddisk yang rusak (bad sector). Hiren's boot CD bisa dikatakan sistem operasi juga, jadi tanpa windows pun kita masih bisa menjalankan komputer seperti biasa. Hiren's boot CD merupakan versi mini windows xp, jadi fitur-fiturnya pun terbatas karena memang dikhususkan untuk perbaikan. Untuk mulai menggunakannya kita harus membuat bootable-nya terlebih dahulu.

Untuk membuat dan mengoperasikannya silahkan baca : Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk Dan Perbaikannya Dengan Mudah. Perhatikan artikel tersebut, jika sudah sampai tahap membuka mini windows xp, lanjutkan dengan membuka windows explorer seperti biasa dan mulai melakukan backup file-file penting anda.

Catatan :
Jangan menyimpan data penting pada partisi C: atau pada tempat instalasi sistem operasi agar tidak mengganggu sistem windows dan tentunya menjadikan file lebih aman. Terutama saat sistem operasi rusak.

Baca Juga : 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan hari ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Nantikan postingan-postingan terbaru dari saya. Salam hangat, Aurora Tekno. 

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post