Cara Mengambil Screenshot Panjang Pada Layar Android

author photo
Cara Mengambil Screenshot Panjang Pada Layar Android
AURORATEKNO.COM ~ Cara Mengambil Screenshot Panjang Pada Layar Android - Screenshot merupakan hal yang penting bagi kehidupan sehari-hari, entah untuk mengabadikan momen tertentu, bukti-bukti transfer, percakapan, ajang pamer sampai dengan mengumpulkan komentar-komentar lucu para netizen di dunia maya seperti yang saya lakukan.

Namun pada umumnya screenshot hanya mencakup satu layar, tidak bisa memanjang ke bawah. Sekarang berkat kemajuan teknologi, screenshot panjang dapat dilakukan dengan sangat mudah. Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara mengambil screenshot panjang pada layar android kita.

Khusus bagi pengguna android oreo, kalian tak perlu repot-repot, karena screenshot panjang pada Android oreo sudah tersedia oleh sistem.

Selain screenshot, banyak juga fitur android oreo yang keren dan perlu kalian coba.
Baca Juga : Wow!!! Ini Dia Fitur Keren Yang Disediakan Android Oreo
Screenshot yang saya maksud disini adalah secreenshot seperti di bawah ini :

Cara Mengambil Screenshot Panjang Pada Android Oreo


Bagi pengguna android oreo, kalian hanya perlu menangkap layar (screenshot) seperti biasa, lalu di pojok kiri bawah terdapat panah ke arah bawah dan ada keterangan "tangkapan layar panjang".

Kalian hanya perlu klik tombol tersebut sampai dengan batas screenshot yang diinginkan, secara otomatis screenshot akan tersimpan pada galeri kita. 
Klik Pada Tanda Panah
Pastikan anda mengambil screenshot pada tempat yang sesuai (dapat di scroll ke bawah). Jika layar yang tersedia hanya satu halaman maka screenshot panjang tidak dapat dilakukan dan muncul peringatan "tidak ada konten untuk ditangkap".

Cara Mengambil Screenshot Panjang Pada Android Selain Oreo


Nah pertanyaannya, bagaimana jika android kita belum Oreo? Jangan bersedih brother, karena kita akan menangis bersama pada artikel ini.

Eh kok jadi nangis? Hehehe... Tenang saja teman-teman, banyak kok orang kreatif di antara kita, buktinya ada yang menciptakan aplikasinya.

Tak perlu repot-repot mengupgrade ke android oreo, kita cukup install aplikasinya melalui playstore, kalian juga bisa download melalui tautan di bawah ini.


Berikut fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut :

Fitur Utama:

  • Secara otomatis menggabungkan beberapa tangkapan layar/gambar menjadi satu secara vertikal maupun horizontal, dengan banyak pilihan.
  • Otomatis menangkap layar setelah bergulir. 
  • Tombol tangkap-layar mengapung menjadikan melakukan beberapa tangkapan layar seperti angin.
  • Penggabungan manual ampuh untuk menyempurnakan gambaran panjang pixel secara sempurna.
  • Menangkap halaman web yang panjang hanya dengan 2 klik: set posisi mulai (opsional), atur posisi akhir - Selesai!
  • Tidak ada watermarks, fitur ini gratis, dan iklan yang tidak mengganggu (dapat ditutup).


Cara Penggunaan :

  • Buka aplikasi tersebut, klik lingkaran pada opsi yang paling atas
Aplikasi LongShot
  • Screenshot akan dilakukan ketika kita klik start/mulai, sebaiknya buka dahulu aplikasi yang akan anda ambil layarnya (screenshot) kemudian baru klik mulai.
Klik Mulai
  • Selanjutnya gulir layar ke bawah secara perlahan, jangan terlalu cepat. Garis merah dapat kalian jadikan acuan batas screenshot, setelah screenshot cukup klik saja selesai.
Gulir Layar Ke Bawah Perlahan
  • Sebelum disimpan, screenshot dapat kalian atur sesuai dengan keinginan. Setelah itu klik simpan.
Mengatur Hasil Screenshot
Gimana? Gampang sekali bukan? Baca aturan pakai, bila screenshot gagal hubungi admin Aurora Tekno segera, hehehehe..... 

0 Komentar

Jika anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal

Tidak diperbolehkan menyalin atau mencuri seluruh konten yang saya tulis di blog ini untuk di publikasi di blog lain, namun Anda boleh menyalin untuk kepentingan sekolah, tugas atau "Menyimpannya secara pribadi"

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post