author photo
Cara Lengkap Mengatasi Blue Screen Windows 7 Dan Windows 10 Beserta Penjelasannya
"A problem has been detected and windows has been shut down to prevent damage to your computer". Jika komputer anda tiba-tiba macet dan menampilkan layar biru/blue screen, lalu muncul pesan seperti diatas, maka sangat tepat jika anda membaca dengan tuntas artikel ini. Jangan panik terlebih dahulu karena error seperti ini masih bisa ditangani, bahkan tanpa install ulang sekalipun. Sebelum kita lanjut, alangkah baiknya kita pahami hal-hal dasarnya terlebih dahulu.

Apa Penyebab Blue Screen?

Pada umumnya blue screen dapat terjadi karena kegagalan sistem/crash yang terlalu parah, sehingga komputer berhenti secara mendadak. Pada saat tersebut, secara otomatis komputer akan melakukan restart secara tiba-tiba dan data/pekerjaan terakhir pun akan hilang. Sungguh menyebalkan ketika hal tersebut terjadi, apalagi pekerjaan yang sedang kita kerjakan adalah hal yang rumit, proses pengerjaannya lama, tetapi hilang seketika karena hal seperti ini. Bagi yang sering mengalami komputer restart sendiri silahkan baca artikel berikut ini.

Baca Juga : 8 Cara Ampuh Mengatasi Komputer Yang Sering Restart Atau Restart Terus Menerus

Penyebab dari blue screen itu tidak lain adalah karena masalah software dan hardware komputer itu sendiri. Jika mengutip dari pengalaman saya, penyebabnya tidak lain karena 5 hal, yaitu :

  • Terjadinya crash/kegagalan pada suatu aplikasi yang sedang berjalan
  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan sehingga RAM penuh dan akhirnya komputer pun macet secara tiba-tiba
  • Tidak ada ruang cukup di Harddisk pada partisi sistem
  • Terdapat bad sector pada Harddisk
  • Kegagalan update Windows/Sistem operasi sehingga banyak gejala yang terjadi
  • RAM yang kotor/hampir usang masa pakainya

Itulah beberapa penyebab yang memicu terjadinya blue screen pada windows berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows :

Terdapat beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi blue screen pada windows, saya akan bahas mulai dengan kemungkinan yang paling ringan, jika belum menemukan solusi silahkan baca sampai akhir artikel ini.

1. Restart Komputer

Biasanya blue screen terjadi karena kegagalan pada aplikasi yang sedang berjalan, jika memang penyebabnya karena hal ini maka blue screen sangat jarang ditemukan dan solusi untuk yang satu ini kalian hanya cukup restart komputer saja. Namun jika hal tersebut berlanjut dan sering muncul, maka lakukan hal berikutnya.

2. Scan Komputer Menggunakan Antivirus

Salah satu penyebab blue screen tidak lain adalah komputer terkena virus, virus tersebut berjalan dan memanipulasi diri sehingga aplikasi yang berjalan pun akan semakin banyak dan memenuhi ruang pada RAM sehingga menyebabkan crash pada komputer. Oleh sebab itu, kita perlu men-scan komputer secara berkala menggunakan antivirus dan membersihkan virus tersebut dari komputer.

Baca Juga : Tips Komputer Agar Terhindar Dari Virus Yang Jarang Diketahui Orang. Nomor 2 dan 3 Sangat Penting

3. Sisakan Ruang Pada Partisi Sistem Dan Set Off Automatically Restart System Failure

Kita perlu lebih banyak ruang pada partisi utama agar sistem dapat bekerja dengan lancar dan semestinya, biasakanlah menyimpan data di partisi lain agar tidak mengganggu kinerja sistem. Boleh-boleh saja kita menyimpan dokumen atau file pada partisi sistem (Partisi C: misalnya), namun lakukan dengan sewajarnya dan jangan sampai membuat komputer kita jadi lambat karena hal sepele tersebut. Dengan melakukan hal ini, tentunya akan mengurangi kemungkinan crash pada sistem, selain itu kita bisa set off automatically restart system failure, untuk lebih jelasnya baca artikel berikut ini, kalian cukup baca solusi nomor 1 dan 2 saja :

Baca Juga : 8 Cara Ampuh Mengatasi Komputer Yang Sering Restart Atau Restart Terus Menerus

4. Menggunakan System Restore

Jika solusi diatas belum membuahkan hasil, maka kalian perlu menggunakan cara ini. Pasalnya, jika kalian mengupdate windows dan ternyata update windows tersebut cacat/kurang sempurna maka besar kemungkinan komputer akan mengalami crash pada windows. Untuk itu, kita bisa menggunakan cara ini untuk mengembalikan keadaan komputer sama seperti sebelum di update. Untuk lebih jelasnya, baca artikel berikut ini :

Baca Juga : Apa Itu System Restore, Fungsi Serta Cara Menggunakannya

5. Scan Dan Perbaiki Bad Sector

Berdasarkan pengalaman saya, blue screen seperti ini penyebabnya karena bad sector. Selain blue screen, komputer terasa sangat lambat dan kadang tidak merespon lalu muncullah blue screen. Bad sector menyebabkan sistem operasi tidak terbaca dengan baik atau bahkan tidak terbaca oleh Harddisk. Kalian dapat ibaratkan manusia yang sedang sakit, lumpuh misalnya. Mana mungkin orang yang lumpuh bisa lari marathon? Nggak bisa kan? Jalan saja susah kok. Bisa aja sih kalau sudah kehendak Tuhan, wah kalau itu jangan dibahas, sudah diluar nalar kita.

Sama seperti Harddisk, Harddisk yang terkena bad sector adalah Harddisk yang sakit. Agar sistem bekerja dengan baik maka salah satu yang harus kita lakukan adalah mendeteksi adanya bad sector dan memperbaikinya. Untuk solusinya dapat kalian baca pada artikel berikut ini.

Baca Juga : Apa Itu Bad Sector Pada Harddisk, Penyebab, Ciri-Ciri Dan Cara Mengatasinya

6. Membersihkan Pin RAM

Cara ke-6 ini juga menjadi senjata ampuh jika kita mengalami blue screen yang tidak wajar. Salah satu penyebab terjadinya crash blue screen adalah kotornya pin pada RAM atau RAM yang sudah usang (hampir habis masa pakainya). Kita memang tidak bisa mengira kapan waktu usang RAM, tapi kita bisa mengerti gejala-gejala yang terjadi. Tanpa RAM, komputer pasti tak dapat dijalankan, untuk masuk ke BIOS saja tidak bisa. 

Nah saya pun sering mengalami masalah dimana RAM kotor dan menyebabkan komputer crash seperti diatas, solusinya adalah membongkar komputer, cabut RAM dan membersihkannya menggunakan penghapus. jangan sampai pin yang berwarna kuning terkena tangan. Karena nanti akan menyebabkan jamur. Saya sering menemukan orang seperti ini, mungkin dia nggak paham apa yang akan terjadi nanti, jadi jangan sampai kalian menirunya.

Biasakan setelah membongkar RAM copot dan pasang kembali baterai CMOS agar pengaturan ter-reset dan menghindari komputer yang tidak bisa hidup sama sekali. Wah kok sampai tak bisa hidup? Memang begitu, beberapa tipe komputer memerlukan reset pengaturan untuk memulai mengenali apa saja komponen yang terhubung ke komputer. Masalah komputer tidak hidup gara-gara ganti RAM bisa diatasi dengan melepas dan memasang kembali baterai CMOS yang ada.


7. Install Ulang Komputer

Nah cara ke-7 ini adalah cara terakhir yang dapat kalian gunakan. Solusi terakhir tidak lain yaitu install ulang komputer, lakukan cara ini jika solusi diatas belum menemukan hasil. Namun menurut saya, melakukan hal diatas pun sudah teratasi, kecuali jika Harddisk sudah terkena bad sector parah, kita akan melakukan repair bad sector pun tidak akan membuahkan hasil, apalagi install ulang. Karena jika Harddisk rusak parah secara fisik maka kita harus menyimpan di tempat lain, namun kita masih bisa menyelammmatkan file yang ada di dalamnya. Untuk melakukan install ulang saya rasa para pembaca sudah cukup paham, jika belum silahkan simak artikel berikut.

Baca Juga : Cara Install Ulang Komputer Menggunakan Windows 7

Demikianlah cara lengkap mengatasi blue screen pada windows 7, semoga bermanfaat, boleh dishare jika perlu, selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan berkomentar.
Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post