author photo
Wah Parah!!! 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya
AURORATEKNO.COM ~ 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya - Komputer siapa sih yang tak pernah terkena virus? Pasti hampir semua yang punya komputer sudah mengalami yang namanya terkena virus, entah itu efeknya yang langsung terlihat maupun yang terselubung.

Bahkan dengan kategori penggunaan yang aman, komputer kita masih ada peluang untuk terinfeksi virus, apalagi jika komputer kita digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain secara online.

Memang tak bisa dipungkiri, manusia adalah makhluk sosial, jadi interaksi pasti ada, entah itu bentuknya secara langsung atau melalui media seperti perangkat elektronik yang kita gunakan saat ini.

Maka dari itu untuk terhindar dari virus sangatlah sulit, mungkin sedikit cara dari saya ini bisa sedikit menanggulangi virus yang sudah merajalela, untuk artikelnya silahkan baca di bawah ini.

Baca Juga : Tips Komputer Agar Terhindar Dari Virus Yang Jarang Diketahui Orang. Nomor 2 dan 3 Sangat Penting

Pada postingan diatas sudah saya sebutkan cara-cara agar komputer aman dari virus, artikel tersebut saya buat berdasarkan pegalaman pribadi dan tentunya sudah terbukti, silahkan cermati dan lakukan dengan benar.

Sekarang kita lanjut ke topik utama sesuai judul postingan yang saya buat, berikut ini adalah efek dari komputer yang terkena virus, mulai dari komputer yang lambat sampai dengan komputer mati total.

10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Diketahui Dan Solusinya:

1. Menghapus File Dan Folder

Sebenarnya hilangnya file karena virus itu tidak terjadi, file tersebut hanya berubah menjadi file sistem yang disembunyikan. Bahkan ketika kita mengaktifkan opsi show hidden folder, terkadang file tetap tidak muncul, mengapa?

Karena seperti yang sudah saya katakan tadi, file tersebut sudah berubah menjadi file sistem, file sistem itu sifatnya tersembunyi dan tidak bisa diakses secara sembarang.

Makanya banyak orang yang mengira bahwa hilangnya file karena terhapus oleh virus. Tapi tenang saja, untuk efek virus yang satu ini masih bisa kita atasi dengan mudah.

Solusi : 

Untuk solusinya silahkan baca artikel berikut : 100% Berhasil!!! 2 Cara Mengembalikan File Yang Hilang/Terhapus Karena Virus

2. Mengubah Nama File Dan Folder Menjadi Aneh

Virus juga dapat menyebabkan nama file dan folder menjadi aneh. Pada kasus yang saya alami, nama file dan folder berubah menjadi bahasa china, rusia, thailand.

Warna folder pun berubah menjadi biru. Terkadang, nama file pun tidak bisa diubah. Jika kita mengubah nama file tersebut maka muncul error.

Kemudian sekarang ini sedang marak virus ransomware. Virus ini adalah jenis virus yang paling berbahaya, karena belum ada penangkalnya.

Virus ransomware ini akan mencegah pemilik komputer agar tidak bisa mengakses file miliknya dengan cara merubah file tersebut menjadi aneh.

Baca Juga : Waspada Virus Ransomware WannaCry!!! Cegah Dengan 7 Cara Ini Sebelum Terlambat!!!

Solusi :

1). Untuk solusi pertama, silahkan scan menggunakan antivirus dan perbaiki file yang terkena virus tadi.

Namun file yang terkena virus tidak selalu bisa diperbaiki, jika file sudah terinfeksi virus level tinggi maka file tersebut hanya bisa di karantina (dipenjara) atau di hapus.

Hmmmm, sayang juga file-nya yah kalau dihapus. Oleh karena itu, penting juga mengetahui file mana saja yang mudah terkena virus.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan baca selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Baca Juga : Mengenal 10 Jenis File Yang Mudah Terkena Virus Dan Penjelasannya

2). Untuk solusi kedua peluang keberhasilan lebih besar, tetapi scan menggunakan antivirus terlebih dahulu sangat direkomendasikan. Mengapa?

Karena biasanya jika masih terdapat virus maka pengaturan-pengaturan yang kita lakukan akan hilang dan kembali seperti semula diubah oleh si virus, termasuk pengaturan yang akan kita lakukan pada poin kali ini.

Maka sangat direkomendasikan agar membersihkan virus terlebih dahulu.

Untuk cara kedua silahkan klik kanan pada file tersebut ⇒ pilih Properties ⇒ masuk tab security ⇒ ganti profil dari system ke user biasa atau  boleh juga administrator lalu klik ok.
Wah Parah!!! 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya
Security Menu Via https://www.auroratekno.com
Setelah itu coba hapus/ganti nama file tersebut. Jika masih belum bisa dihapus atau diganti nama, maka klik edit (lihat yang diberi lingkaran kuning) dan sesuaikan lalu pilih full control agar bisa modify, read dan write seperti yang  saya beri lingkaran hijau

3. Merusak File

Tidak hanya membuat nama file menjadi aneh, file tersebut pun menjadi rusak dan terkadang tak bisa dibuka lalu mucul error.

Hal ini tidak lain karena sistem pada file tadi telah dimodifikasi oleh si virus, parameter nama file yang terlalu panjang juga menyebabkan file gagal saat dibuka.

Virus tersebut tentunya telah memodifikasi parameter file dan juga deskripsi yang ada.

Wah Parah!!! 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya

Catatan :
Gambar diatas adalah salah satu contoh pesan error yang terjadi. Namun perlu diperhatikan, pesan error yang muncul tidak selalu sama. 

Solusi :

Ini juga termasuk akibat dari nama file yang aneh, dan akhirnya file tidak bisa dibuka. Untuk solusinya masih sama dengan efek virus nomor 2.

Rusaknya file pun tidak semata-mata karena virus saja, bisa jadi karena hal lain. Misalnya harddisk kita yang sudah terkena bad sector.

Baca Juga : Apa Itu Bad Sector Pada Harddisk, Penyebab, Ciri-Ciri Dan Cara Mengatasinya

4. Membuat File Tidak Bisa Dihapus

Biasanya selain berubah menjadi nama yang aneh, file atau folder tersebut tidak bisa dihapus. Jika dihapus maka selalu gagal dan jika berhasil, maka file akan muncul kembali.

Wah bikin kesel juga yah guys.. Tapi tenang saja, untuk masalah ini masih dapat ditangani dan masih ada solusinya.

Solusi :

1). Solusi pertama cukup restart komputer lalu coba hapus file tersebut

2). Solusi kedua buatlah file yang tak bisa dihapus tadi menjadi RAR namun ceklist opsi "delete files after archiving". Setelah itu klik ok
Wah Parah!!! 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya
3). Jika masih gagal silahkan coba untuk menghentikan program yang berjalan di task manager.

Caranya klik kanan pada taskbar dan pilih task manager, pada langkah ini mungkin kita harus jeli, hentikan saja satu per satu program yang aneh atau tak masuk akal karena kita tidak paham mana saja program yang mencurigakan dan mana yang tidak.

Paling-paling jika kita salah menghentikan program, restart komputer saja maka komputer kita kembali normal. Jika sudah menghentikan program yang tidak jelas cobalah hapus file tersebut.
Wah Parah!!! 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya
Task Manager Via https://www.auroratekno.com
4). Jika masih belum membuahkan hasil silahkan lakukan solusi pada efek virus seperti nomor 2 diatas.

5. Komputer Menjadi Lambat

Nah ini adalah efek virus yang paling sering kita jumpai, saat aplikasi yang terinfeksi virus dijalankan, maka secara otomatis virus pun akan ikut berjalan.

Virus tersebut biasanya akan memanipulasi diri yang membuat proses semakin banyak dan menyebabkan komputer menjadi lelet dan sering hang.

Ketika banyak program yang bekerja pada latar belakang otomatis kapasitas RAM menipis dan Processor pun melambat karena memproses banyak antrian, jika dibiarkan maka bisa mengakibatkan hal yang fatal.

Jika komputer mulai melambat sebaiknya kita mulai analisa apa penyebab komputer lambat dan langsung menanganinya.  

Solusi : 

1). Scan komputer secara menyeluruh (full scan) dan hapus semua virus yang terdeteksi

2). Menggunakan tips mempercepat komputer. Baca Juga : Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Komputer

6. Banyak Aplikasi Yang Error Saat Dibuka

Efek virus selanjutnya adalah membuat aplikasi error saat dibuka. Hampir sama dengan poin nomor 3, namun jika nomor 3 bentuknya file, sedangkan disini bentuknya aplikasi.

Aplikasi yang saya maksud adalah aplikasi yang sudah terinstall, misalnya microsoft office word, excel, power point, photoshop, google chrome dan lain-lain.

Aplikasi tersebut akan selalu error saat dibuka dan salah satu error yang sering muncul adalah stopped working
Wah Parah!!! 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya
Gambar diatas adalah salah satu contoh error pada sebuah aplikasi, penyebabnya tidak lain karena virus telah merubah registry dan juga file pada aplikasi yang bersangkutan.

Ketika terdapat bagian yang hilang maka aplikasi tidak dapat dijalankan. Perlu diketahui juga, saat kita scan menggunakan antivirus terkadang ada file yang tidak bisa diperbaiki.

Pilihan kita hanyalah mengkarantina atau menghapusnya.

Nah ketika opsi kedua dilakukan, maka tidak jarang file aplikasi ikut jadi korban, akhirnya banyak aplikasi yang gagal saat dimulai.

Pertanyaannya "kalau aplikasi error sebelum kita scan menggunakan antivirus bagaimana?"

Jawabannya, karena registry/file pada aplikasi tersebut telah diubah menjadi bentuk lain atau bisa juga karena disembunyikan oleh virus.

Solusi :

1). Menggunakan fitur system restore untuk mengembalikan kondisi komputer sebelum terkena virus. Tutorialnya silahkan baca : Apa Itu System Restore, Fungsi Serta Cara Menggunakannya

2). Hapus (Uninstall) dan install kembali aplikasi yang error tadi

3). Install ulang komputer. Untuk cara installnya silahkan baca artikel : Cara Install Ulang Komputer Menggunakan Windows 7

7. Merusak Sistem Operasi Dan Tidak Bisa Masuk Windows

Terkadang kita gagal masuk windows karena suatu hal, salah satu kemungkinan yang terjadi adalah karena komputer terkena virus.

Jika terdapat file sistem yang terinfeksi virus maka jangan heran kalau komputer tidak bisa masuk windows.

Apalagi jika komputer kita masih menggunakan MBR, saat bootloader hilang maka komputer tak dapat masuk windows.

Berbeda lagi dengan GPT, GPT menyimpan bootloader tidak hanya 1 tempat, jadi masih terdapat cadangan.

Walaupun begitu, algoritma virus semakin modern, jika komputer kita sudah terkena virus parah lebih baik selamatkan data-data penting dan hapus saja file yang sudah terinfeksi.

Baca Juga : Pengertian Dan Perbedaan Antara MBR Dan GPT

Solusi :

1). Menggunakan fitur system restore untuk mengembalikan kondisi komputer sebelum terkena virus. Tutorialnya silahkan baca : Apa Itu System Restore, Fungsi Serta Cara Menggunakannya

2). Jika sudah tidak bisa masuk system restore maka selamatkan data penting menggunakan hiren's boot CD. Silahkan lihat tutorial berikut : Cara Mudah Menyelamatkan Data Penting Jika Windows Rusak.

3). Install ulang komputer. Untuk cara installnya silahkan baca artikel : Cara Install Ulang Komputer Menggunakan Windows 7

8. Menambah Kapasitas Dan Melipatgandakan Ukuran File

Sekilas dibaca kok malah membuat kita senang? Memang, karena kapasitas disk kita akan bertambah dengan adanya virus ini.

Tapi jangan salah, isi file tersebut pun ikut-ikutan naik drastis loh. Dari pengalaman saya sendiri, waktu itu saya punya memory card berukuran 16 GB.

Isi file pun sebelumnya sekitar 10 GB, tiba-tiba memory card saya terkena virus dan ukuran pun berubah menjadi 200 GB lebih, saya pun senang awalnya, senang bercampur gelisah si sebenarnya, hehehe....

Nah kegelisahan saya pun terjawab ketika saya melihat ukuran file-file saya yang bertambah besar, bahkan file yang berukuran 5 MB berubah menjadi ratusan MB, selain itu tipe file berubah menjadi aneh, error saat dibuka dan tidak bisa dihapus.

Ditambah lagi memory card yang tidak bisa diformat. Dan biasanya virus ini hanya menyerang media penyimpanan yang relatif kecil seperti kartu memori atau flashdisk.

Sekilas saya pun panik, karena banyak file-file penting didalamnya. Selain itu kondisi HP saya dalam posisi root dan sudah saya otak atik memory card-nya untuk menambah cache RAM, memindahkan data aplikasi, dan saya pun sudah mempartisi memory cardnya.

Tentunya kalau sudah diotak-atik seperti itu saya tidak berani untuk mencabut memory card pada saat HP menyala.

Pada saat itu, daripada HP saya bootlop maka saya matikan HP dan coba memperbaiki memory card di komputer.

Namun mohon maaf sekali saya sudah sedikit lupa bagaimana cara memperbaiki mamory card tersebut sampai normal kembali, tetapi jangan kecewa, saya masih punya beberapa solusi untuk kalian gunakan jika terjadi hal seperti ini.

Solusi :

1). Scan full menggunakan antivirus

2). Coba buka isi file tersebut pada komputer yang menggunakan sistem operasi linux dan backup file. Setelah itu format disk dan salin kembali isi file tersebut.

3). Mencoba merelakan isi file dalam disk tersebut. Hapus dan format semua file-nya (jangan lupa dibackup terlebih dahulu jika tidak ingin mengalami hal yang tak diinginkan). Setelah itu lakukan cara untuk mengembalikan file yang terhapus.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File Yang Terhapus, Bahkan Jika Drive Telah Diformat Sekalipun

9. Mengambil Data Pribadi

Data pribadi yang kita punya pada era modern ini sangatlah rentan keberadaannya, mengingat celah keamanan selalu ada dan selalu ditemukan. Tidak sedikit orang yang telah diretas dan disalahgunakan data pribadinya.

Entah untuk kepentingan bisnis, politik dan lain sebagainya. Saya pun masih heran ketika ada yang mengabaikan data pribadi miliknya.

Jawaban yang saya dengar adalah "lah wong data kaya gitu apa pentingnya" begitu rata-rata jawabannya.

Namun perlu diluruskan, data pribadi sekecil apapun sebaiknya dirahasiakan, apalagi pada era modern seperti zaman sekarang ini.

Sebagai contoh kecil saja di film fast and furious yang bisa membuka brankas berisi uang hanya dengan memanfaatkan celana yang disentuh oleh sang pemilik sidik jari brankas tersebut.

Padahal modus yang digunakan sangatlah sepele, yaitu memanfaatkan wanita untuk menggoda si pria untuk diambil sidik jarinya. Maaf agak tabu namun ambil sisi positifnya saja, ini bisa dijadikan pelajaran untuk kita.

Jika perlu contoh lagi, saya contohkan ketika kita menekan tombol accept pada saat instalasi aplikasi atau membuat akun.

Disana kita jarang sekali membaca perjanjian dan lisensi, yang ada kita hanya asal klik next, next dan accept. Padahal dengan kita mengeklik accept kita telah menyetujui perjanjian yang mereka buat.

Nah jika yang kita setujui tadi adalah jebakan sebuah perjanjian gelap gimana coba? Banyak orang yang dijadikan umpan agar tindak kriminal sesorang bisa ditutup jejaknya.

Lagi-lagi kita rakyat biasa menjadi sasarannya. Saking banyaknya bentuk modus yang digunakan terkadang membuat kita lalai.

Begitu pula modus dengan menggunakan virus untuk mengambil data pribadi anda. Berawal dari accept sampai dengan pencurian data melalui aplikasi yang berisi virus tadi.

Maka dari itu, hati-hati dengan data pribadi masing-masing. Saya pun masih berusaha agar akun aman dari peretasan.

Satu hal lagi, terdapat aplikasi yang bisa merekam semua yang kita lakukan, termasuk username dan password akun kita.

Aplikasi ini cukup populer di kalangan masyarakat, namun seringkali disalahgunakan, salah satu kasus yang sering terjadi adalah ditempelkan pada aplikasi tertentu.

Jika kita menginstallnya maka aplikasi tersebut ikut berjalan dan semua yang kita lakukan terekam oleh mereka.

Baca Juga : Tahukah Anda Dibalik Klik Tombol Accept Pada Saat Install Aplikasi Atau Membuat Akun?

Solusi :

1). Jangan menginstall sembarang aplikasi, apalagi aplikasi ilegal yang beredar di dunia internet.

2). Menscan secara berkala komputer kita menggunakan antivirus yang ter-update

3). Jangan sembarang mengisi data pribadi pada formulir pembuatan akun tak dikenal.

4). Menggunakan 2 langkah verifikasi pada akun tertentu dan mengoptimalkan fitur keamanan akun, misalnya pada gmail.

Baca Juga : 7 Cara Agar Akun Gmail Anda Aman Dari H*cker Dan Peretasan

5). Selalu gunakan jaringan/koneksi yang aman dan jangan lupa membersihkan histori serta cache browser.

6). Mengaktifkan Windows Firewall. Selengkapnya dapat kalian baca di : Tips Komputer Agar Terhindar Dari Virus Yang Jarang Diketahui Orang. Nomor 2 dan 3 Sangat Penting

10. Memanipulasi Program Latar Belakang Dan Membuat Komputer Mati Total

Pada kasus nomor 5 yaitu membuat komputer menjadi lambat, jika dibiarkan maka akan terjadi hal yang fatal. Nah akibat fatal yang saya maksud disini adalah membuat komputer mati total karena ulah virus tadi.

Mengapa bisa mati total? Penyebabnya karena virus memanipulasi diri pada proses latar belakang sehingga memenuhi ruang pada RAM, mekanisme yang dibuat oleh virus sudah modern, jadi si virus membuat proses semakin banyak dan membuat komputer kelebihan beban.

Ketika komputer kelebihan beban, otomatis komponen pada komputer menjadi panas. Panas yang berlebihan (overheat) akan merusak komponen komputer kita, sebelum hal itu terjadi mungkin komputer kita akan me-restart sendiri.


Kita dapat mengecek aktifitas dan statistik penggunaan RAM dan Processor pada task manager.
Baca Juga : 8 Cara Ampuh Mengatasi Komputer Yang Sering Restart Atau Restart Terus Menerus

Virus yang membuat komputer kita panas lalu menyebabkan mati total adalah Virus Trojan.

Komponen yang terlalu panas bisa jadi meledak, apalagi jika kualitas pendinginan pada komputer kita rendah, maka dengan cepat komputer kita jadi korban.

Untuk solusi yang satu ini juga masih ada, namun lagi-lagi kita harus teliti apa yang sedang kita lakukan dan harus disegerakan.

Solusi :

1). Menghapus program yang berjalan pada task manager seperti pada efek virus nomor 4. Task Manager disini bisa dijadikan tolak ukur, apakah komputer kita baik-baik saja atau kelebihan beban dengan cara melihat ststistik penggunaan RAM dan Processor.

2). Menghentikan startup dan service virus yang berjalan. Caranya dapat kalian lihat pada artikel dibawah ini dan lakukan langkah nomor 4 dan 5, nah disini juga kita harus paham mana saja yang mencurigakan dan mana yang tidak :

Baca Juga : Cara Lengkap Mempercepat Kinerja Komputer

3). Scan komputer secara menyeluruh menggunakan antivirus dan bersihkan semua virus yang ada. Mengapa saya tempatkan solusi ini pada nomor 3?

Karena solusi pertama digunakan untuk membersihkan seluruh proses yang berjalan, jadi ketika kita men-scan komputer tidak akan terganggu oleh banyaknya proses yang berjalan yang terkadang membuat komputer kita restart sendiri.

Nah sekarang kita scan komputer begitu lama, ketika sudah mencapai 80% tiba-tiba komputer restart dengan sendirinya karena kelebihan proses pada latar belakang, kalo gitu kapan jadinya?

Iya kan, nah menurut saya sulitnya saat menghentikan proses pada task manager. Pengalaman saya waktu itu menghentikan satu-per satu program yang menyamar, setiap beberapa detik proses tersebut bertambah banyak, jadi kecepatan juga diperlukan disini.

4). Solusi ke-4 hampir mirip dengan solusi pada efek virus nomor 1 tentang hilangnya file, tetapi disini kita hanya perlu menceklist opsi show hidden folder dan menghilangkan ceklist hide operating system files, setelah itu kita harus mencari secara manual dimana saja letak virus tersebut lalu menghapusnya.

Saya sendiri pernah menemukan file yang tersembunyi di documents, selain di documents, di program files juga ada.

Setelah ditemukan, langsung saya hapus file tersebut. Jika saya menemukan hal yang aneh maka saya basmi.

Pertama kali melakukan hal tersebut saya pun pernah keliru, waktu itu saya menghapus file untuk driver wifi dan saya pun hanya perlu menginstallnya lagi, jika kita tak pernah mencoba maka kita tak akan pernah tahu.

Apalagi kita sadar, komputer kita sudah terkena virus, jadi apa salahnya untuk dijadikan percobaan, hehehe.....

Jangan lupa backup dahulu file pentingnya yaa....

Catatan :
Ketika kita sudah melakukan solusi 3 diatas maka solusi ke-4 pun sangat dibutuhkan, mengapa? Dikhwatirkan jika file virus masih tertanam nanti bisa ter-eksekusi lagi dan kambuh lagi, selesaikanlah masalah sampai pada akarnya.

5). Sebelum terlambat, jika kita tak bisa melakukan solusi diatas dan statistik penggunaan RAM dan Processor di task manager selalu penuh maka kita perlu menginstall ulang komputer kita. Untuk cara installnya silahkan baca artikel : Cara Install Ulang Komputer Menggunakan Windows 7

Tips Membaca Agar Tidak Bingung :
Saran saya, dalam membaca artikel kali ini baca terlebih dahulu 10 efeknya. Kemudian baru pelajari solusinya, karena artikel ini saya buat berkaitan antara satu dengan yang lain.

Semua hal diatas bisa dihindari asal kita tidak sembarang install aplikasi ilegal dan menscan secara berkala komputer kita.

Tentunya dengan menggunakan antivirus yang paling update. Windows deffender pada windows 10 pun bisa digunakan untuk pertahanan utama kita.

Bagi kalian yang masih menggunakan windows 10 ke bawah agar mengupgrade ke windows 10 karena ketahanan sistem yang lebih kebal dan banyaknya pembaruan dilakukan telah memudahkan kita.

Baca Juga : Cara Untuk Mengecek Dan Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu. Terbukti 100% Ampuh!!!

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan pada hari ini tentang 10 Efek Virus Komputer Yang Wajib Kamu Ketahui Beserta Solusinya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar atau menghubungi via kontak. Jangan lupa untuk selalu update artikel dari saya. Salam hangat, Aurora Tekno.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post