Nyesel Nggak Baca!!! Inilah 7 Manfaat Dan Kelebihan WinRAR - Aurora Tekno

Aurora Tekno

Belajar Tips Dan Trik Komputer, Android, Dan Pengetahuan Lainnya

Tuesday, August 7, 2018

Nyesel Nggak Baca!!! Inilah 7 Manfaat Dan Kelebihan WinRAR

Manfaat Dan Kelebihan Membuat File Menjadi RAR - Hallo sahabat Aurora Tekno semua, pernahkah kalian dengar istilah file yang dikompres? Dibuat RAR? Dibukukan? Diarsipkan? Ya, empat istilah tadi artinya sama, bisa kalian artikan dengan dibuat RAR, dikompres, dibukukan maupun diarsipkan. Lalu apa sih kelebihan membuat file menjadi RAR? Banyak sekali, saya akan jelaskan secara lengkap dan tentunya mudah untuk dipahami, pokoknya sayang kalau sampai kalian lewatkan begitu saja. Ini juga ilmu lho, kalau kalian mempelajari hal ini, file kalian bakalan aman dari yang namanya virus komputer. Nggak cuma itu saja lho guys tapi masih banyak yang lainnya, sebelum lanjut ke apa saja kelebihan membuat file menjadi RAR akan saya jelaskan sedikit mengenai apa itu RAR.

Aplikasi yang dapat mengompresi file menjadi RAR adalah WinRAR, sedangkan pengertian RAR sendiri adalah sebuah perangkat lunak shareware (dibagikan secara gratis namun memiliki batas waktu) pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware (gratis namun tidak boleh dimodifikasi).

Itulah pengertian dasar mengenai RAR. Ibaratnya, misal saya mempunyai banyak buku yang berceceran maka saya akan mengumpulkannya pada sebuah rak, nah proses mengumpulkan tadi bisa diartikan sebagai mengkompresi. Contoh lain, misalnya saya punya kertas yang acak-acakan dan terpisah maka akan saya jilid dan dibukukan, maka proses menjilid bisa kalian artikan dengan membukukan. Jika kalian memang belum terlalu paham apa itu RAR silahkan langsung pelajari kelebihan membuat file menjadi RAR, dari hal ini diharapkan kalian akan paham secara langsung apa itu RAR sekaligus kelebihannya.

7 Kelebihan Membuat File Menjadi RAR :

1. Membuat Ukura File Menjadi Lebih Kecil Dari Sebelumnya
Inilah keunggulan pertama jika kalian menggunakan WinRAR untuk mengompresi file, ukuran file tersebut akan mengecil dibandingkan sebelumnya. Tidak tanggung-tanggung, file yang dikompresi akan mengecil sampai dengan 40%, tergantung bagaimana metode kompresi yang kalian gunakan. Misalnya saya punya game PES 2018 yang berukuran 26 GB, maka setelah saya kompresi file akan menjadi 23 GB, bukankah ini akan menghemat ruang penyimpanan kita? Apalagi kita bisa memanfaatkan fitur solid archive dengan menggunakan aplikasi sejenis WinRAR yang akan membuat file kita terkompres lebih kecil, bahkan file 10 GB bisa dikompres menjadi 5 MB, gila!!!! 5 MB!!! Yang bener aja gan? Iya bener, tapi resiko kerusakan file lebih besar, hehehe... Lebih baik lakukan dengan cara normal saja untuk menghindari kerusakan file.

2. Lebih Aman Dari Serangan Virus
Keunggulan kedua adalah akan membuat file anda aman dari serangan virus, loh kok bisa? Gampangannya begini, misalnya kalian punya 2 kertas. Yang satu kalian biarkan dan yang satunya kalian bukukan dan kalian beri sampul plastik, kira-kira kalau kita buat percobaan disiram dengan air lebih aman yang mana? Yang sudah dibukukan dan diberi sampul bukan? Namun ini hanya perumpamaan, kalau kita bandingkan tentunya tak akan sebanding, masalahnya walaupun buku itu sudah diberi sampul plastik tetap saja kalau disiram dari pinggir akan tetap basah, hehehe... Sedangkan jika kalian menggunakan RAR file akan tetap aman selama kalian tidak membuka kompresi file tersebut.
Sekedar cerita saja, dulu saya adalah kolektor aplikasi-aplikasi unik. Karena belum punya komputer/laptop maka semuanya saya simpan dalam flashdisk, singkat cerita saya pergi ke warnet waktu itu, sebetulnya saya terpaksa, namun karena ada tugas sekolah mendadak dan harus diselesaikan maka saya pun nekat melakukannya, setelah tugas saya selesai saya pun langsung cek file yang ada di flashdisk saya. Alangkah terkejutnya, setelah saya scan menggunakan antivirus ternyata file yang saya koleksi terinfeksi virus semua, dan kabar buruknya antivirus tersebut tidak bisa menangani virus yang hinggap di flashdisk saya. Plakk!!!

Seketika itu saya marah, namun marahnya saya mencari solusi apa yang dapat menenangkan saya kembali, akhirnya saya amankan file yang tidak mungkin terkena virus seperti foto, video, dan musik. Setelah itu saya hapus aplikasi yang sudah lama saya kumpulkan, besoknya saya melihat kok ada aplikasi WinRAR. Kesan pertama saya melihat file yang di RAR adalah membuat ribet, lalu saya melakukan percobaan di warnet untuk mengisi virus lagi, hehe... Dan setelah saya cek di antivirus ternyata file yang telah dikompresi tidak terkena virus sama sekali, sedangkan aplikasi yang saya biarkan terkena virus lagi.. Maka dari pengalaman ini, setiap saya menyimpan aplikasi-aplikasi portable yang dapat diinstall langsung saya kompres menjadi RAR, untuk file lain seperti foto, video, musik kalian tidak perlu khawatir, file tersebut tidak akan terinfeksi virus, kalaupun terkena virus paling-paling hanya akan hilang, untuk mengatasinya silahkan baca artikel dibawah ini.


Penting :
Sebelum mengompresi file, pastikan sebelumnya file belum terinfeksi virus dengan men-scan terlebih dahulu file tersebut. Jika tidak terinfeksi virus barulah kita mulai mengompres file tadi.

3. Lebih Cepat Saat Disalin Atau Dipindahkan (Copy Paste)
Apa maksudnya nih min? Jadi gini, jika kalian punya banyak file yang berukuran kecil-kecil misalnya per file adalah 1 mb, dan kebetulan kalian punya 100 file yang berukuran sama. Maka saat kalian salin ke penyimpanan lain misalnya ke harddisk eksternal yang mempunyai kecepatan transfer 100 mb/s (100 mb/detik), proses transfer tersebut akan memakan waktu 1x100 detik, berbeda sekali ketika 100 file tersebut kalian kompresi menjadi RAR, kecepatan akan naik 100x lipat. Jadi misalnya 100 file tersebut berukuran 100 mb setelah dikompresi kira-kira file tersebut akan mengecil menjadi 80 mb-an, dan saat kalian transfer ke harddisk lain hanya membutuhkan waktu 1 atau 2 detik saja (tergantung kecepatan harddisk tersebut).

Gimana? Keren kan? Iya dong, masalahnya walaupun kalian punya harddisk dengan kecepatan tinggi tetap saja transfer file akan dilakukan satu-per satu, kalau tidak ya per 2 file atau beberapa, tidak langsung 100 sekaligus, sedangkan jika kalian membuat file tersebut menjadi RAR maka akan terbaca 1 file. Jadi jika kalian punya banyak file dengan ukuran kecil-kecil sebaiknya kalian kompres saja file tersebut supaya lebih cepat saat di salin atau di pindah ke tempat lain.


4. File Tidak Terhapus Oleh Antivirus
Kelemahan yang dimiliki oleh antivirus salah satunya adalah suuzon, lha kok jadi suuzon sih? Apa maksudnya nih? Sabar dulu gan, jangan langsung ambil kesimpulan, emang kalian mau disamakan kaya antivirus yang suuzon tadi? Hehehehe..... Bagi seseorang yang biasa menjadi tukang install aplikasi ataupun install ulang komputer pastinya tak asing dari yang namanya keygen/crack/activator, fungsinya agar men-crack aplikasi berbayar menjadi gratis. Emang siapa yang mau beli windows seharga 1,5 Juta sedangkan keperluannya buat itu-itu saja, maka sebuah crack atau activator telah menjadi senjata utama agar kita bisa menggunakan aplikasi secara gratis untuk keperluan sehari-hari.

Lalu apa hubungannya dengan suuzon tadi? Jadi gini, sebuah crack atau activator adalah hal yang ilegal, merusak sebuah sistem, sistem yang dimaksud disini adalah sistem aplikasi berbayar tadi, crack akan merusak sistem aplikasi yang berbayar menjadi gratis, yang membuat tentunya adalah orang yang jenius. Lah fenomena di Indonesia yaitu yang pakai crack kadang udah sok-sokan ngaku jadi hacker, padahal mereka hanya pemakai saja, hehehe...

Kira-kira kalau saya udah bilang ilegal kesimpulannya gimana nih? Kalau sudah dicap ilegal maka antivirus pun turun tangan membasmi aplikasi-aplikasi seperti ini, jadi sesekali kalian menyimpan crack tanpa mengkompres-nya menjadi RAR maka akan terhapus dengan sendirinya, sebenarnya bukan terhapus tapi di karantina (dipenjara). Apalagi untuk pengguna windows 10, keamanan pada windows deffender sudah sangat kuat sehingga sesekali terdeteksi file mencurigakan akan ter-karantina tanpa bertanya terlebih dahulu. Bener kan kata saya? Mereka suuzon duluan? Padahal crack tidak akan merusak komputer kita, tapi antivirus malah suuzon duluan, hehehehe......


5. Aman Dari Kerusakan Dan Hilangnya File
Pada postingan sebelumnya tentang Cara Mudah Backup Dan Restore Data Aplikasi Dan Game Android Work 100% No Root sudah saya jelaskan bahwa kita harus membuat file cadangan menjadi RAR agar semua file cadangan yang dipindah terbawa semua. Jika tidak, maka file yang dianggap sebagai file sistem akan tertinggal karena file sistem sifatnya tersembunyi, nah kalau ada file yang tertinggal otomatis backup dan restore-nya pasti gagal. Maksudnya file sistem itu apa min? Salah satu contoh file sistem di android adalah file/folder yang berawalan huruf titik (.). Jarang kan kalian menemukannya? Ya iya, biasanya file akan tampil jika HP kita terkoneksi ke komputer atau bisa juga memanfaatkan opsi di file manager yaitu menampilkan file tersembunyi. Silahkan lihat contoh gambar dibawah ini, folder yang ada tanda titik di depannya merupakan folder sistem.

Contoh File Sistem 
Kalau kalian kirim file cadangan hasil backup di android tersebut menggunakan shareit tentunya file sistem tidak ikut terbawa, solusinya kalian harus membuat file cadangan menjadi RAR terlebih dahulu. Selanjutnya kalian mau kirim lewat apapun jadi, asal jangan kirim lewat JNE/Tiki, hehehehe.... Awalnya saya bingung kenapa saat melakukan restore selalu gagal, setelah saya cek properties ternyata ukuran file tidak sama dan terdapat file yang hilang, saya pun langsung merujuk ke file tadi, setelah melakukan kompresi file ternyata berhasil.

Kejadian kedua juga saya alami sendiri, dimana saya menyimpan aplikasi di dalam flashdisk. File tersebut sudah saya gunakan beberapa kali, dan waktu itu masih aman dari virus. Namun tiba-tiba saat saya buka dan akan menginstall-nya malah rusak, akhirnya saya pun download lagi. Sebelumnya saya pun tidak tau mengapa file bisa rusak seperti ini. Jadi ketika kalian mengubah file menjadi RAR, otomatis file akan dibekukan dan lebih aman.

6. Memberikan Proteksi (Password) Pada File-File Penting
Kita bisa memanfaatkan fitur yang satu ini, jika dirasa ada privasi yang perlu dijaga, menjaga hak cipta karena telah menciptakan sesuatu, atau mungkin menjaga keamanan file. Dengan menggunakan WinRAR untuk mengarsipkan file maka kita bisa memberikan password untuk arsip tersebut agar orang lain tidak bisa sembarangan membuka file kita.

7. Membagi File Berukuran Kecil Menjadi Beberapa Bagian (Part)
Kita bisa membagi 1 file berukuran besar menjadi beberapa bagian agar ukuran lebih kecil. Ini sering digunakan oleh orang-orang untuk mengupload game berukuran puluhan GB, tujuannya agar upload file bisa dilakukan satu-per satu dan yang orang yang ingin mendownload pun bisa menunda besoknya lagi untuk mendownload part selanjutnya. Kita juga bisa memanfaatkan fitur ini saat ada file berukuran besar yang ingin kita salin namun media penyimpanan kita tidak cukup, memecah menjadi beberapa bagian (part) adalah solusi termudah, kita bisa menyalin file secara bergantian tanpa harus bingung harus bagaimana. Ukuran part-nya pun dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita lho.

Baca Juga : Cara Membagi File Ukuran Besar Menjadi Beberapa Bagian Dengan Mudah

Gimana guys? Keren kan? Nggak nyesel kan bacanya? Hehehe,,, disini kita bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman, bukan hanya saya saja. Jika kalian punya pengalaman silahkan sharing di kolom komentar yang sudah disediakan.