Skip to main content

Mengenal Fungsi Alat Pada WinRAR Dan Cara Mengarsipkan File

Mengenal Fungsi Alat Pada WinRAR Dan Cara Mengarsipkan FileAURORATEKNO.COM ~ Hallo sahabat Aurora Tekno semua, jumpa lagi dengan saya pada pertemuan kali ini yaitu mengenal fungsi alat pada winrar dan cara mengarsipkan file atau membuat file menjadi RAR. Pada artikel sebelumnya tentang Nyesel Nggak Baca!!! Inilah 7 Manfaat Membuat File Menjadi RAR telah saya jelaskan apa saja keunggulan/manfaat jika kita menggunakan RAR untuk mengarsipkan file.

Dan pada artikel ini saya akan menjelaskan khususon bagi yang belum paham sama sekali bagaimana cara membuat file menjadi RAR, saya juga akan sedikit memaparkan apa saja fungsi dari masing-masing pilihan yang ada.

Sebelum melanjutkan ke inti bahasan, kembali lagi saya tegaskan mengenai pengertian RAR secara dasarnya.

Aplikasi yang dapat mengompresi file menjadi RAR adalah WinRAR, sedangkan pengertian RAR sendiri adalah sebuah perangkat lunak shareware (dibagikan secara gratis namun memiliki batas waktu) pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal.

WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware (gratis namun tidak boleh dimodifikasi).

Setelah membaca artikel mengenai apa saja manfaat mengompresi file menjadi RAR tentu saja kita paham sebaiknya menyimpan file harus bagaimana.

Saya tidak pilih-pilih orang untuk menjelaskan sesuatu, yang saya tau adalah ketika menjelaskan sesuatu jangan tanggung-tanggung.

Bisa saja yang membaca artikel saya adalah ibu-ibu yang tidak paham tentang komputer. Maka dari itu saya tergerak untuk menciptakan artikel yang bersifat universal yaitu mudah dipahami bagi setiap orang walaupun bahasanya agak muter-muter, hehe..

Dan yang paling penting yaitu bagi pembaca yang sudah paham agar bisa menyesuaikan diri. Oke saya rasa sudah cukup basa-basinya, sekarang kita lanjut ke bahasan inti, silahkan simak dengan baik.

Mengenal Fitur Yang Ada Pada WinRAR Saat Kompresi File :


Saat akan melakukan kompresi file, pastinya terdapat kotak dialog yang muncul. Disitu kita bisa melakukan pengaturan-pengaturan sebelum mengkompresi file, pertanyaannya.

Apakah kalian sudah paham dengan istilah-istilah yang ada? Jika belum maka sangat tepat jika kalian membaca artikel ini dengan tuntas. Berikut fitur umum yang ada saat akan mengkompresi file :
Mengenal Fungsi Alat Pada WinRAR Dan Cara Mengarsipkan File
WinRAR

Penjelasan :


1. Archiving Options :
  • Delete files after archiving : Menghapus file asli setelah melakukan kompresi, artinya file yang lama akan terganti dengan yang sudah dikompresi
  • Create SFX archive : WinRAR mempunyai fasilitas untuk membuat SFX (Self-Extracting), dengan bahasa lain membuat setup aplikasi yang dapat mengekstrak data yang ada dalam dirinya sendiri dan diletakkan pada tempat yang telah ditentukan. SFX dapat menciptakan directory, membuat shortcut dan sebagainya.
  • Create solid archive : Membuat arsip yang lebih solid atau secara istilahnya komprsai file akan dilakukan lebih padat
  • Add recovery record : Format arsip RAR mendukung tipe khusus data berlebih yang disebut rekam pemulihan. Kehadiran catatan pemulihan membuat arsip lebih besar, tetapi memungkinkan untuk memperbaikinya bahkan dalam kasus kerusakan data fisik karena kegagalan disk atau kehilangan data jenis lain, asalkan kerusakan tidak terlalu parah. Pemulihan kerusakan seperti itu dapat dilakukan dengan perintah Perbaiki arsip. Namun pada format arsip ZIP tidak mendukung rekam pemulihan.
  • Test archived files : Uji file setelah pengarsipan. Pilihan ini sangat berguna jika "Hapus file setelah pengarsipan" juga diaktifkan. Dalam hal ini file akan dihapus hanya jika arsip telah berhasil diuji.
  • Lock archive : Arsip yang terkunci tidak dapat dimodifikasi oleh WinRAR. Anda dapat mengunci arsip penting untuk mencegah modifikasi yang tidak disengaja.

2. Set Password : Mengunci file yang telah diarsipkan/dikompresi atau menambahkan password pada arsip tersebut

3. Profiles Profil kompresi adalah satu set opsi kompresi yang berbeda, yang dapat dengan cepat diambil sebelum memulai operasi pengarsipan.

Alih-alih menentukan jenis arsip, ukuran volume, metode kompresi, dan opsi lainnya setiap kali Anda perlu membuat arsip baru, Anda dapat membuat beberapa pilihan penyimpanan profil untuk operasi pengarsipan biasa Anda dan kemudian pilih profil yang diperlukan dari menu untuk mengembalikan semua opsi.

4. Archive format :
  • RAR & ZIP : Format file arsip ZIP lebih mudah diakses daripada RAR, tetapi RAR umumnya lebih baik pada kompresi data daripada dukungan default untuk ZIP. ZIP adalah umum karena sebagian besar sistem operasi memiliki dukungan bawaan untuk itu; banyak program kompresi data lain yang mendukung ZIP juga. File RAR juga umum, tetapi membuatnya membutuhkan WinRAR, yang merupakan perangkat lunak komersial. Baik ZIP dan RAR memiliki potensi untuk menjadi sangat aman.
  • RAR5 : Merupakan format kompresi dalam WinRAR 5 yang menggunakan algoritma kompresi baru tetapi masih menyediakan opsi untuk membuat arsip .rar standar. Versi baru ini memungkinkan kompresi yang lebih baik untuk file-file besar.

5. Compression method : Metode kompresi bisa anda atur sesuai kebutuhan, jika anda memilih metode yang cepat misalnya fast maka kompresi tidak akan dilakukan secara detail, namun yang diutamakan adalah kecepatan.

Namun jika anda memilih metode best maka kompresi akan mengutamakan kualitas file yang dikompresi dibandingkan kecepatannya, tentu saja ini akan menghindari kerusakan file yang ada pada arsip tersebut.

5. Dicitonary size : Adalah ukuran area memori yang digunakan untuk mencari dan memadatkan pola berulang dalam memproses data. Dicitonary size yang lebih besar terkadang memungkinkan untuk meningkatkan rasio kompresi file besar, terutama saat membuat arsip yang solid.

Tetapi kamus yang lebih besar juga mengurangi kecepatan kompresi dan meningkatkan kebutuhan memori.

Kompresi membutuhkan sekitar 6 kali lebih banyak memori daripada ukuran kamus. Dekompresi mengambil sedikit lebih banyak memori daripada hanya 1 ukuran kamus.

Jika Anda mengharapkan arsip RAR 5.0 Anda akan didekompresi pada semua jenis komputer, termasuk yang memiliki memori kecil, lebih baik hindari ukuran kamus maksimum dan pilih sesuatu di tengah, seperti 32 atau 64 MB.

6. Split to volume, size : Kita bisa memanfaatkan fitur ini jika ingin membuat satu file menjadi beberapa arsip.

Misalnya kita punya satu file berukuran 60 GB seperti GTA V, lalu memecahnya menjadi 1 GB per arsip, maka hasilnya akan menjadi beberapa part, setiap satu part berukuran 1 GB, namun ukuran tersebut masih bisa kita atur sesuai dengan kehendak kita.
Baca Juga : Cara Membagi File Ukuran Besar Menjadi Beberapa Bagian Dengan Mudah

Cara Mengarsipkan File :


Setelah mengenal beberapa fungsi dari opsi saat akan melakukan kompresi maka kita bisa melanjutkan bahasan mengenai cara mengarsipkan file menggunakan winRAR, silahkan simak caranya dibawah ini :
  • Tentukan file yang akan dikompres, lalu klik kanan pada file tersebut dan pilih "add to archive". Pastikan anda sudah menginstall winRAR terlebih dahulu, anda juga bisa mendownloadnya disini Download WinRAR
Mengenal Fungsi Alat Pada WinRAR Dan Cara Mengarsipkan File
Add To Archive
  • Selanjutnya kita menentukan folder tujuan, akan disimpan dimanakah hasil kompresi file tersebut. Jika tidak ingin mengubahnya biarkan saja. Lalu lakukan pengaturan sesuai dengan keinginan kita, apakah kita membutuhkan password atau tidak, perlu solid archive atau tidak, panduan ada diatas silahkan dibaca fungsi-fungsinya. Langkah terakhir adalah klik ok, maka pengarsipan akan berjalan
Mengenal Fungsi Alat Pada WinRAR Dan Cara Mengarsipkan File
Melakukan Pengarsipan File
Mudah sekali bukan? Memang sangat mudah, namun secara umum kita belum terlalu paham apa saja fungsi dari fitur yang tersedia saat akan melakukan kompresi file, akhirnya saya pun tergugah untuk menjelaskan apa fungsi dari tool diatas.
Baca Juga : Bukan Hoax!!! Inilah Cara Ampuh Agar Copy Paste Cepat
Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan hari ini yaitu mengenal fungsi alat pada winRAR dan cara mengarsipkan file, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua, jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan.
Kebijakan Berkomentar : Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak, komentar anda menunjukkan kepribadian diri.
Buka Komentar
Tutup Komentar