author photo
Cara Paling Cepat Membuat Bootable Hiren's Boot CD Di USB Flashdisk
Hallo sahabat Aurora Tekno semua, gimana kabarnya? Baik-baik saja kan? Semoga kita selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan selalu dalam lindungan-Nya, amiiin........ Oke pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel mengenai cara paling cepat membuat bootable hiren's boot cd pada USB flashdisk.

Memang sebelumnya saya sudah share artikel mengenai hal yang sama yaitu tentang Cara Mudah Membuat Bootable Hiren Boot CD Di USB, namun cara sebelumnya banyak yang mengalami kegagalan, untuk cara kali ini akan jauh lebih mudah dan sangat sedikit kemungkinan gagalnya, malah saya tidak pernah mengalami gagal menggunakan cara kedua ini. Hehehe...

Cara Cepat Membuat Bootable Hiren's Boot CD Di USB Flashdisk :

  • Download terlebih dahulu Hiren's Boot CD yang sudah saya sediakan pada link Tentang Hiren's Boot CD, Fungsi Dan Link Download Ada Disini
  • Download juga Universal USB Installer
  • Ekstrak dan buka aplikasi Universal USB Installer yang sudah didownload
  • Langkah pertama, cari dan pilih Hiren's Boot CD, disitu tersedia banyak sekali sistem operasi yang dapat dipilih. Kedua, klik browse dan cari dimana kita menyimpan file Hiren's Boot CD yang sudah didownload tadi, jika file masih berbentuk rar/zip silahkan ekstrak terlebih dahulu agar terbaca oleh Universal USB Installer-nya.
Memilih Sistem Operasi
  • Setelah file Hiren's-nya terbaca klik pada file tersebut dan pilih open
Mencari File Hiren's
  • Selanjutnya pilih disk (flashdisk) yang akan dipakai untuk bootable hiren's-nya, untuk formatnya pilih FAT32, jangan memilih NTFS. Jika sudah, klik create.
Memilih Dan Memformat Disk
  • Proses akan berjalan, tunggu saja sambil baca artikel saya yang lain, hehe....
Proses Berjalan

Masuk Ke Hiren's Boot CD :

1. Membuka Melalui Windows Secara Langsung / Live :

Kita dapat membuka secara langsung hiren's boot cd yang sudah dibuat bootable pada flashdisk tadi pada saat komputer sedang berada di windows, caranya sangat mudah. Buka direktori flashdisk yang sudah dibuat bootable tersebut, lalu cari dan jalankan file HBCDMenu.cmd
Menjalankan Menu Hiren Secara Langsung

2. Mengubah Urutan Booting Menjadi USB Flashdisk :

Setelah membuat bootable, agar kita bisa masuk ke Hiren's Boot CD maka kita harus membuat urutan booting/booting priority USB Flashdisk menjadi nomor 1, setiap komputer agak sedikit berbeda, disini saya akan berikan 2 contoh.

Saat pertama kali komputer menyala tekan tombol Delete/F1/F2/Yang lain untuk masuk ke BIOS, setiap komputer terkadang berbeda, dapat kita cari di google untuk tombol masuk BIOS-nya, atau jika malas kita dapat menekan semua tombol tadi berkali-kali. Hehe... Setelah itu perhatikan langkah selanjutnya.

Contoh 1 :
  • Pertama masuk ke Storage lalu pilih Boot Order
Masuk Boot Order

  • Ubah USB Hard Drive ke posisi paling atas menggunakan perintah yang ada dibawah keterangan yaitu enter untuk drag, lalu geser kursor ke atas, dan F10 untuk accept
Mengatur Boot Priority
Save And Exit

    Contoh 2 :
    • Contoh komputer kedua yaitu masuk ke Advanced BIOS Features lalu pilih Boot Sequence
    Masuk Boot Sequence
    • Gantilah 1st Boot Device menjadi USB lalu enter. Setelah itu sama dengan cara diatas yaitu F10 untuk Save and Exit
    Mengganti Boot Device Priority
    Demikianlah artikel hari ini yang dapat saya bagikan mengenai cara paling cepat membuat bootable hiren's boot cd pada USB flashdisk. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

    0 Komentar

    Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

    Postingan Berikutnya Next Post
    Postingan Sebelumnya Previous Post