author photo
Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk Dan Perbaikannya Dengan Mudah
AURORATEKNO.COM ~ Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk Dan Perbaikannya Dengan Mudah - Pada postingan sebelumnya saya sudah membahas beberapa artikel mengenai hiren's boot cd, salah satunya yaitu Cara Paling Cepat Membuat Bootable Hiren's Boot CD Di USB Flashdisk.

Hiren's boot cd memang banyak digunakan untuk alat-alat perbaikan pada kerusakan software, kita dapat mengunakan hiren's boot cd untuk menyelamatkan file, mengecek bad sector pada harddisk, memisahkan bad sector, dan lain sebagainya.

Nah pada postingan kali ini saya akan membahas tentang cara mengecek bad sector pada harddisk dengan mudah.

Alat yang akan saya gunakan pada tutorial kali ini adalah Victoria, Victoria merupakan salah satu alat/tool yang tersedia pada hiren's boot CD.

Jika kalian belum membuat bootable hiren's silahkan baca artikel tentang Cara Paling Cepat Membuat Bootable Hiren's Boot CD Di USB Flashdisk

Khusus bagi kalian yang belum mengenal apa itu hiren's boot cd silahkan baca artikel Tentang Hiren's Boot CD, Fungsi Dan Link Download Ada Disini

Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk Menggunakan Victoria :

Sebelum kita lanjut silahkan baca artikel sebelumnya agar tidak terjadi kendala, karena artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya.

Rasanya mubazir jika saya menuliskan bahasan yang sama pada postingan yang berbeda, hehe...

Pada artikel mengenai cara membuat bootable diatas sudah saya sertakan bagaimana cara mengatur agar kita dapat masuk ke hiren's boot cd, selanjutnya simak langkah-langkahnya dibawah ini :
  • Untuk masuk ke Hiren sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya. Jika sudah masuk maka tampilan akan seperti ini, pilih mini windows xp. Kita juga dapat menjalankan aplikasi pada menu hiren di windows secara langsung, caranya silahkan simak pada artikel yang sudah saya rekomendasikan diatas tentang membuat bootable hiren's-nya.
Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk Dan Perbaikannya Dengan Mudah
Pilih Mini Windows Xp Via https://www.auroratekno.com
  • Jika sudah masuk hiren's silahkan buka HBCD Menu. Pilih programs → Harddisk/Storage → Victoria (HDD Info/Test)
Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk Dan Perbaikannya Dengan Mudah
Membuka Victoria Via https://www.auroratekno.com
  • Setelah aplikasi terbuka, perhatikan yang saya lingkari warna biru, disitu terdapat daftar disk/penyimpanan yang terhubung ke komputer kita, pilih mana yang akan di tes. Adapun untuk yang saya lingkari warna merah, itu adalah informasi dari penyimpanan tersebut.
Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk Dan Perbaikannya Dengan Mudah
Victoria HDD Test Via https://www.auroratekno.com
  • Untuk mengecek bad sector pilihlah menu/tab Tests dan klik start.
Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk Dan Perbaikannya Dengan Mudah
Victoria HDD Test 2 Via https://www.auroratekno.com
  • Berikut penjelasan dari tool yang ada pada victoria :
- Yang saya beri garis hijau, digunakan untuk melakukan scanning dari sektor harddisk / LBA tertentu.

Misalnya saya punya harddisk 931 GB, disitu terdapat 1953525167 LBA, jika kita ingin membuat proses scanning lebih cepat maka kita bisa langsung memulai scan dari 1800000000 dengan cara menuliskannya pada kolom yang saya lingkari warna hijau.

Angka tadi bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita, jika ingin men-scan secara keseluruhan maka mulailah dari 0.

- Yang saya beri garis kuning adalah "End LBA" atau total sektor pada harddisk kita yang akan di scan. Contohnya harddisk saya yang berukuran 1 TB mempunyai jumlah LBA 1953525167

- Selanjutnya yang saya beri garis biru menunjukkan LBA yang sedang di scan. Karena saya belum melakukan proses scanning maka masih 0.

- Bagian yang saya beri garis hitam merupakan hasil scanning, disitulah indikator baik tidaknya sektor pada harddisk kita. Nanti akan muncul warna-warna dari sektor yang sedang di tes, warna-warna itulah yang akan memberi tahu kita tentang kondisi harddisk yang sedang di scan

- Dan terakhir, yang saya beri garis merah adalah keterangan warna. Jika yang muncul adalah warna putih silver, dan silver agak hitam maka harddisk kita masih dalam kondisi normal.

Dan jika yang muncul adalah warna hijau dan orange maka sektor tersebut sudah setengah mati namun masih dapat digunakan jika tak terlalu banyak.

Lalu jika yang muncul dari proses scanning adalah warna merah dan biru maka harddisk tersebut sudah sangat buruk.
Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk Dan Perbaikannya Dengan Mudah
 - Perhatikan juga gambar diatas, Verify maksudnya adalah melakukan proses baca tanpa transfer data. Read maksudnya adalah memeriksa disk dengan mentransfer data kedalam disk yang sedang di scan.

Ini adalah pilihan yang sangat tepat. Dan Write berarti data-data yang ada akan ditimpa sehingga harddisk akan kehilangan data.

Jika kita memilih remap, ini akan melakukan scanning sekaligus perbaikan bad sector.
  • Lama tidaknya proses scanning tergantung dari total LBA dan kondisi harddisk. Jika banyak terdapat bad sector maka proses akan berjalan lebih lambat.

Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan hari ini mengenai cara mengecek bad sector dengan mudah, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Jangan lupa berdoa dulu guys, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita.
Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post