Saturday, August 25, 2018

author photo
Apa Itu Bad Sector Pada Harddisk, Penyebab, Ciri-Ciri Dan Cara Mengatasinya
Hallo sahabat Aurora Tekno semua, pasti nggak asing lagi kan dengan yang namanya harddisk? Yap, media penyimpanan data dengan kapasitas dan kecepatan yang relatif besar dibanding media penyimpanan lainnya. Sebuah perangkat elektronik terkadang mempunyai penyakit yang serius dan efeknya pun sangat menjengkelkan. Salah satunya yang akan saya bahas pada postingan kali ini mengenai bad sector pada harddisk. Apa itu bad sector? Kalian tau ngggak? Jangan taunya cuma bad bad boy doang dong!!! Hehehehhe.....

Apa itu Bad Sector?

Wikipedia - Bad sector adalah suatu tanda yang menyatakan bahwa ada bagian tertentu dari fisik perangkat keras yang mengalami kerusakan sehingga tidak digunakan lagi. Tanda bad sector biasanya dibuat pada saat memformat perangkat keras dan oleh program diagnosa.

Itulah pengertian menurut wikipedia, gimana? Bisa dipahami? Atau masih bingung? Jadi gini, di dalam sebuah harddisk terdapat piringan yang mirip seperti CD/DVD yang bermaterial besi, fungsi dari cakram/piringan tersebut adalah tempat menyimpan data. Namun berbeda sekali dengan CD pada umumnya, mengapa berbeda? Karena cakram yang satu ini sangatlah sensitif, jika cakram tersebut terkena hembusan angin saja maka rusaklah harddisk tersebut. Maka jangan coba-coba untuk membongkar harddisk untuk diperbaiki, karena tidak akan bisa, yang ada malah tambah rusak. Kalau sudah sampai bongkar harddisk dapat dipastikan 95% akan rusak total, yang 5% tadi sudah diluar kemampuan saya, hehehe....
Sebuah cakram tersebut berputar sesuai dengan kecepatannya selama harddisk menyala. Dan terdapat sebuah alat yang bernama head. Fungsi dari alat tersebut adalah membaca apa isi dari cakram besi tadi. Nah yang boleh menyentuh cakram tadi hanyalah head tersebut, lalu apa bad sector tadi? Ketika harddisk menyala maka head pun akan bekerja untuk membaca apa isi dari harddisk tersebut. Lama kelamaan head akan merusak cakram karena tergores, goresan tersebut akan menyebabkan beberapa sektor pada cakram mati dan tak dapat digunakan untuk menyimpan data, kerusakan yang terjadi akibat goresan tadi disebut bad sector. Lah kok bisa begitu gan, kenapa? Untuk alasannya dapat kalian baca dibawah ini.

Inilah Beberapa Penyebab Harddisk Mengalami Bad Sector :

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan harddisk mengalami bad sector, antara lain :
  • Melemahnya magnetik dari piringan harddisk dan terjadinya kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet lalu terjadilah ketidakmampuan untuk menyimpan data.
  • Akibat guncangan atau getaran. Dimana saat mengoperasikan komputer/laptop lalu pada saat itu juga harddisk sedang melakukan proses baca tulis dan tiba-tiba terjadi guncangan yang cukup kuat, maka ini dapat menyebabkan head menggesek piringan pada harddisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan
  • Daya listrik yang menurun atau mati secara tiba-tiba pada saat harddisk bekerja. Sehingga head akan terhenti mendadak dan menggores cakram pada harddisk tersebut lalu menyebabkan bad sector.
  • Akibat dari susunan file pada harddisk yang tidak teratur, sehingga head kesulitan dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi atau yang lain, lama-kelamaan pun head dapat menggesek cakram pada harddisk lalu mengakibatkan bad sector
  • Kemampuan dari harddisk tersebut yang sudah lemah, mungkin karena kualitas yang kurang bagus atau mungkin masa pakai yang sudah lama.
  • Sering mematikan komputer tidak sesuai prosedur, misalnya mematikan komputer dengan menekan tombol daya atau mencabut langsung dari sumber listrik. Tentu saja ini juga akan menyebabkan bad sector pada harddisk

Ciri-Ciri Harddisk Terkena Bad Sector :

  • Biasanya harddisk yang telah terkena bad sector tidak akan bisa untuk menyimpan file (gagal saat menyimpan file)
  • Selalu gagal saat akan mengeksekusi/membuka program yang tersimpan, dokumen, film atau file lainnya
  • Selalu gagal saat melakukan copy file (transfer file)
  • Harddisk sangat lambat dalam membaca file
  • Komputer sering macet total saat sedang membuka file/folder yang ada pada harddisk (bahkan terkadang bisa macet total walaupun tidak digunakan)
  • Komputer tidak bisa masuk windows
Saya sendiri mempunyai pengalaman dimana harddisk komputer terkena bad sector parah. Gejala yang ditimbulkan adalah komputer lambat sekali masuk windows, kadang bisa masuk kadang tidak. Loading pun lambat sekali dan setelah itu komputer hang dan tidak bisa diapa-apakan. Setelah saya perbaiki bad sector, komputer tidak pernah hang dan lancar saat digunakan.

Namun hal diatas jangan dijadikan acuan karena bad sector, bisa jadi karena hal lain. Untuk mengetahui lebih jelasnya apakah harddisk kita terkena bad sector atau tidak silahkan baca selanjutnya dibawah.

Cara Mengecek Dan Mengatasi Bad Sector :

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi bad sector, tentu saja jika kondisi harddisk belum terlalu parah, jika sudah parah maka relakan saja daripada tetap digunakan namun membahayakan file-file penting yang ada didalamnya. Berikut tool atau alat yang dapat digunakan untuk mengecek dan menyelamatkan data yang ada serta memperbaiki bad sector yang timbul :

Cara Untuk Mengecek :

1. Mengecek Bad Sector Menggunakan Victoria

Kita dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengecek apakah terdapat bad sector pada harddisk kita. Fitur ini terdapat pada Hiren Boot CD, selengkapnya dapat kalian baca pada artikel Cara Mengecek Bad Sector Pada Harddisk Dan Perbaikannya Dengan Mudah.

2. Mengecek Kesehatan Harddisk Mengggunakan Harddisk Sentinel

Aplikasi yang satu ini berfungsi untuk mengecek kesehatan/health pada harddisk kita, aplikasi ini dapat kita manfaatkan untuk berjaga-jaga, apakah harddisk kita telah rentan atau belum. Kita bisa melihat performa, level kesehatan harddisk, estimasi waktu harddisk dapat bertahan dan beberapa detail lainnya
Harddisk Sentinel
Download : Harddisk Sentinel

Cara Untuk Memperbaiki :


1. Menggunakan Fitur Error Checking Untuk Memperbaiki Sektor Yang Rusak Ringan

Untuk memperbaiki sektor yang rusak ringan bisa kita lakukan dengan cara checkdisk atau biasa disebut dengan error checking, untuk caranya dapat kalian lihat pada artikel saya sebelumnya mengenai Mengatasi Gagal Copy File "Can't Read From The Source File Or Disk" Dan Penjelasan Lengkap. Disitu kalian bisa lihat solusi ke 2 dan 3 lalu kalian dapat melakukan sedikit perbaikan untuk menyelamatkan file penting seperti yang saya alami.

2. Menggunakan HDD Regenerator Untuk Memperbaiki Bad Sector

HDD Regenerator juga merupakan tool dari Hiren Boot CD yang memungkinkan kita untuk memperbaiki bad sector pada harddisk tanpa kehilangan data yang ada. Untuk totorialnya baca artikel berikut : Begini Nih Cara Cepat Untuk Memperbaiki Bad Sector Pada Harddisk

Demikianlah artikel hari ini yang dapat saya bagikan mengenai apa itu bad sector pada harddisk, penyebab, ciri-ciri dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat mencoba dengan tutorial yang ada, semoga berhasil dan jangan mudah menyerah.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post