Penyebab Dan Cara Jitu Mengatasi Komputer Yang Tidak Bisa Di Shutdown

author photo
Penyebab Dan Cara Jitu Mengatasi Komputer Yang Tidak Bisa Di Shutdown
AURORATEKNO.COM ~ Hallo sahabat Auroratekno indonesia semuanya... Jumpa lagi dengan saya, pada artikel kali ini saya akan membagikan tips mengatasi komputer/laptop yang tidak bisa di shutdown beserta penyebabnya.

Misalnya jika kalian pernah memasang deep freeze lalu mengalami hal seperti ini maka wajar saja, memang terkadang setelah di pasang deep freeze komputer tidak bisa di shutdown.

Ketika kita melakukan shutdown maka yang terjadi adalah kembali ke login screen, ketika dilakukan berulang-ulang maka akan sama saja hasilnya, namun penyebab komputer tidak bisa di shutdown bukan hanya itu saja.

Penjelasan secara lengkap sudah saya sediakan dibawah. Saya bisa prediksi, beberapa dari kalian pasti ada yang mematikan komputer secara paksa, hehe...

Perlu diketahui, ketika akan mematikan komputer, kita harus melakukan sesuai prosedur, tidak boleh mematikan secara paksa misalnya dengan mencabut daya dari sumber listrik secara langsung.

Atau dengan menekan tombol power dengan lama sampai komputer mati karena akan menyebabkan motherboard dan harddisk rusak.
Baca Juga : Cara Menghemat Baterai Laptop Windows 10 Agar Tidak Cepat Habis. Dijamin Awet Sampai 300%
Daripada harus melakukan install ulang komputer atau mematikan paksa komputer seperti itu lebih baik kita cari solusi dahulu agar komputer kembali normal.

Di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa sebab komputer tidak bisa di shutdown dan cara mengatasinya :

Penyebab Komputer Yang Tidak Bisa Di Shutdown :


  1. Kemungkinan dipengaruhi oleh Registry Fast Shutdown yang masih dalam kondisi aktif.
  2. Pengaturan BIOS pada komputer kalian bukanlah settingan default, sehingga mengakibatkan komputer anda tidak dapat shutdown.
  3. Masih ada program yang belum sepenuhnya di close (masih ada program yang masih dijalankan)
  4. Terlalu banyak menginstall antivirus
  5. Terdapat device driver yang tidak compatible, rusak atau ada konflik antar driver tersebut.
  6. Komputer anda mendukung Advenced Power Management (APM). BIOS di dalam komputer anda sudah ada pengaturan APM-nya lalu anda mengupgrade ke windows XP, karena secara default fitur APM ini tidak diaktifkan di dalam windows XP. Efeknya adalah anda akan menerima sebuah pesan ketika anda sedang menshutdown komputer anda, dan tiba-tiba komputer anda berhenti merespon ketika shutdown

Cara Mengatasi Komputer Yang Tidak Bisa Di Shutdown :


Cara 1 :

  • Buka control panel dengan cara klik start dan ketik "control panel", lalu masuk Hardware And Sound -> Power Options -> System Settings (lihat nomor 1 pada gambar). Lalu klik "Change Settings That Are Currently Unavailable" jika ada (lihat nomor 2), selanjutnya hilangkan ceklist pada "Turn On Fast Startup (Recomended)" dan klik save changes (lihat nomor 3 dan 4 pada gambar). Terakhir restart komputer anda (jika kalian memasang deep freeze silahkan nonaktifkan dahulu!!!)
Penyebab Dan Cara Jitu Mengatasi Komputer Yang Tidak Bisa Di Shutdown
Cara 1

Cara 2 :

  • Tekan tombol Start+R lalu ketik "regedit" dan enter
Penyebab Dan Cara Jitu Mengatasi Komputer Yang Tidak Bisa Di Shutdown
Run Regedit
  • Klik panah  folder "HKEY_CURRENT_USER -> "Control Panel"  dan klik pada folder "Desktop"Cari dan Klik dua kali pada data "Power Off Active" lalu ubah value menjadi 1
Penyebab Dan Cara Jitu Mengatasi Komputer Yang Tidak Bisa Di Shutdown
Mengedit Registry

Cara 3 :

  • Masuk ke control panel lagi seperti diatas, pilih "Performance anda Maintenance" -> "Power Options" -> "APM (Advanced Power Management)" 
  • Ceklist pada kolom "Enable Advanced Power Management Support" lalu Klik OK.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan/Solusi Alternatif Jika belum Berhasil :


  1. Jika Registry Fast Shutdown anda masih dalam keadaan aktif, silahkan buka Registry lalu non-aktifkan Fast Shutdown
  2. Tutup semua aplikasi dengan sempurna, karena di beberapa sistem operasi (misalnya windows xp) ketika aplikasi belum di tutup dengan sempurna maka komputer tidak akan shutdown sampai kita menutup aplikasi yang masih berjalan
  3. Jangan terlalu banyak menginstall antivirus, cukup 1 saja yang penting harus sering di update dan bukan yang abal-abal. Jika kalian terlalu banyak mengistall antivirus, yang dikhawatirkan adalah adanya konflik antar antivirus tersebut.
  4. Periksa kembali device driver yang baru saja anda install, pastikan bahwa device driver yang baru anda install dalam kondisi yang tidak cacat.
  5. Kembalikan settingan BIOS komputer kalian ke default (alternatif)
Baca Juga : Cara Mudah Menyelamatkan Data Penting Saat Windows Rusak
Demikianlah artikel kali ini mengenai penyebab dan cara jitu mengatasi komputer yang tidak bisa di shutdown, selamat mencoba dan semoga berhasil, jangan lupa berdoa.. Tetap baca artikel terbaru dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ditanyakan.

0 Komentar

Jika anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal

Tidak diperbolehkan menyalin atau mencuri seluruh konten yang saya tulis di blog ini untuk di publikasi di blog lain, namun Anda boleh menyalin untuk kepentingan sekolah, tugas atau "Menyimpannya secara pribadi"

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post