author photo
Hallo sahabat Auroratekno Indonesia semuanya... Jumpa lagi dengan saya, pada kesempatan yang baik ini saya akan membagikan artikel mengenai cara backup, restore SMS dan juga panggilan telepon di HP Android dengan cara yang sangat-sangat mudah dilakukan. Bagi pengguna seperti saya, riwayat pesan maupun sms sangatlah perlu di abadikan, entah itu bertujuan sebagai bukti atau pengingat ataupun jadi simpanan belaka, hehe.....
Cara Mudah Backup & Restore SMS Serta Panggilan Di HP Android

Jika kalian juga demikian, tenang saja saya akan share artikelnya secara cuma-cuma. Kalau ada yang bertanya apa untungnya share artikel begini? Tentunya banyak sekali alasan untuk menjawab soal tersebut, dalam hal kebaikan seluruh alasan yang masuk akal/tak masuk akal pasti akan menjawabnya. Dalam kehidupan nyata saja, ketika ada orang yang menyedekahkan hartanya untuk kebaikan maka dia akan semakin kaya, perlu bukti? Bill gates adalah orang paling dermawan, dia juga orang terkaya di dunia.

Saya rasa cukup ngobrolnya, mari kita lanjut ke materi utama. Dalam melakukan hal ini, kalian tidak perlu repot-repot root HP. Tinggal cari, download dan install aplikasi SMS Backup & Restore di playstore masing-masing atau bisa juga klik disini. Setelah kalian download silahkan ikuti langkah-langkah backup dan restore di bawah ini, saya akan jelaskan cara backup dulu baru kemudian restore.

Biasakan membaca dengan memahami isinya, jangan dihafal, oke? Eh, ngomong-ngomong udah paham apa itu backup dan restore belum? Kalau memang ada pemula yang sedang membaca artikel ini maka saya jelaskan artinya saja, backup artinya adalah mencadangkan, sedangkan restore artinya mengembalikan.

Cara Backup SMS Dan Panggilan Di HP Android :
  • Buka aplikasi yang sudah didownload tadi, klik get started. Jika ada permintaan izin silahkan izinkan saja, di menu utama akan muncul set up a backup. Klik opsi tersebut untuk mulai melakukan backup
Set Up A Backup
  • Pilih mana saja yang akan di backup, apakah hanya sms atau riwayat panggilan atau keduanya. Lanjut dengan cara klik next, bagi yang sudah paham "advanced options" mungkin lebih membantu (lebih selektif dalam membackup data).
Memilih Yang Akan Di Backup
  • Pilih metode penyimpanan yang akan digunakan sebagai data backup tersebut lalu klik next, saya sarankan local backup/penyimpanan telpon saja agar lebih mudah ditemukan.
Pilih Local Backup/Your Phone
  • Biarkan folder penyimpanan otomatis (default), jika ingin diubah juga boleh. Klik ok, lalu next, jika ada peringatan ceklist saja lalu klik yes.
Menentukan Folder Penyimpanan Backup
  • Selanjutnya akan muncul peringatan backup otomatis, jika kalian menginginkan data kalian di backup secara otomatis silahkan pilih harian/mingguan/setiap jam, jika tidak maka nonaktifkan saja, seperti biasa klik next.
Backup Otomatis / Terjadwal
  • Proses backup akan memerlukan waktu, ditunggu saja sambil ngopi dan baca artikel saya yang lain gan. Hehehe,,,
Proses Backup Sedang Berjalan
  • Selanjutnya cek dahulu dimana kalian menyimpan hasil backup data tadi, jika kalian hanya tekan ok dan ok maka file otomatis ada di folder "/Penyimpanan Internal/SMSBackupRestore". Jika data kalian ingin dikembalikan ke HP yang lain atau diamakan ke penyimpanan lain silahkan pindah 2 data backup tersebut, 2 data tersebut adalah sms dan panggilan. 
Cek File Hasil Backup Data Tadi

Cara Restore SMS Dan Panggilan Di HP Android :
  • Setelah kalian pindah data backup seperti diatas maka kalian sudah siap untuk melakukan restore. Buka aplikasi, klik menu ( ⇶ ) yang ada di pojok kiri atas dan pilih restore.
Masuk Tab Restore
  • Jika kalian mengikuti langkah saya maka selanjutnya adalah pilih local folder
Memilih Jenis Penyimpanan
  • Temukan file backup yang kalian simpan tadi, terdapat 2 file yaitu data backup sms dan panggilan, silahkan resore satu per satu dan lakukan langkah yang sama.
Mencari Data Hasil Backup

Catatan :
Jika kalian menyimpan hasil backup tadi  di folder "/Penyimpanan Internal/SMSBackupRestore" maka kalian tidak perlu melakukan satu per satu, dan akan langsung muncul pilihan mana saja yang akan di restore. Silahkan pilih mana saja yang akan di restore, apakah hanya sms atau telepon atau keduanya, lalu klik restore di pojok kanan bawah.
Memilih Data Yang Akan Di Restore
  • Selanjutnya akan ada proses restore dan penataan, mungkin akan membutuhkan waktu yang lumayan lama tergantung jumlah pesan, panggilan dan jumlah percakapan. Ditunggu saja gan sambil baca-baca artikel saya yang lain, hehehe....
Proses Restore

Done!!!! Akhirnya seluruh percakapan, isi pesan dan riwayat panggilan telah kembali lagi seperti semula. Penting : Ketika kalian membuka aplikasi pesan mungkin akan menerima banyak sekali notifikasi pesan yang masuk dan tak ada henti-hentinya. Tips dari saya silahkan matikan notifikasi pesan tersebut sampai percakapan dan isi pesan tertata dengan rapi, lalu kalian bisa mengaktifkannya kembali.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post