author photo
Hallo sahabat Auroratekno indonesia semuanya... Pada postingan kali ini saya akan membagikan artikel yaitu cara mengatasi error saat melakukan backup menggunakan aplikasi helium. Sebelumnya sudah saya bahas pada artikel Cara Mudah Backup Dan Restore Data Aplikasi Dan Game Android Work 100% No Root, dan sekarang saya akan membagikan solusi pada saat gagal melakukan backup dan restore di beberapa android.

Perlu diketahui juga, penyebab gagal backup yaitu dikarenakan android kita dienkripsi, apa maksudnya? Maksud enkripsi disini adalah menyimpan data dalam bentuk yang hanya dapat dibaca jika kunci ponsel atau tablet dibuka. Membuka kunci perangkat yang dienkripsi akan mendeskripsi data. Enkripsi dapat memberi perlindungan tambahan jika perangkat dicuri.

Maksud dari “kunci ponsel atau tablet” disini bukanlah seperti saat kalian berada di lockscreen. Memang metode tersebut mirip seperti lockscreen, hanya saja penggunaannya berbeda, jika biasanya kalian membuka ponsel saat berada di lockscreen menggunakan PIN, sandi atau pola, maka enkripsi pada Android akan memberi perlindungan ekstra karena akan membuat ponsel kamu memerlukan PIN, sandi atau pola saat mengaktifkannya.

Cara Mengatasi :

Oke mari kita lanjut bagaimana cara agar backup dan restore berjalan dengan lancar tanpa masalah. Simak langkah-langkah yang saya tuliskan di bawah ini :
  • Setelah kalian mengalami error seperti diatas, klik saja set password. Lalu kalian akan diarahkan ke mode pengembang, selanjutnya masuk pada pilihan sandi cadangan desktop
Masuk Ke Sandi Cadangan Desktop
  • Kosongkan kolom pertama, lalu masukkan password yang sama pada 2 kolom dibawahnya (password terserah anda) tapi saya sarankan 1 karakter saja biar kalian nggak ribet. Disini saya contohkan password saya isi adalah angka 1, ya cuma angka 1 lalu klik setel sandi cadangan
Setel Sandi Cadangan Desktop
  • Masuk ke helium lagi dan seperti biasa pilih pada aplikasi yang akan dibackup datanya. Nah disini kalian harus berusaha untuk menekan kolom diatas, lalu klik berulang kali pada kolom pertama sampai aplikasi tidak menggerakan layar sendiri, tujuannya agar kita bisa memasukkan password yang anda setel tadi yaitu sandi cadangan desktop. Kalau kalian tidak melakukan klik berkali-kali, yang terjadi nanti adalah helium akan langsung backup aplikasi sendiri dan otomatis error lagi.
Klik Berulang Agar Tidak Backup Otomatis
- Setelah aplikasi berhenti menggerakan layar, silahkan isi password yang anda setel tadi pada kolom pertama dan biarkan kolom kedua kosong lalu klik cadangkan data saya...

Mencadangkan Data Aplikasi
Backup Sukses
Done.... Akhirnya anda tidak akan mengalami error lagi, jika anda sudah memasukkan password maka otomatis aplikasi akan merekam perintah terakhir yang dijalankan. Maksudnya adalah, ketika anda mengetik password pada saat backup atau restore maka ketika anda akan melakukan backup lagi otomatis password akan terisi dengan sendirinya dan anda tidak perlu melakukan klik-klik berulang kali. Jika ingin melakukan restore anda juga harus mengisi password yang sudah diset tadi, jika tidak maka yang terjadi adalah error.

Demikian artikel hari ini yang dapat saya bagikan mengenai cara cepat mengatasi error backup data menggunakan helium. Tetap baca artikel terbaru dari saya, jika ada yang ditanyakan silahkan berkomentar atau direct message melalui kontak yang sudah disediakan di tab features.

0 Komentar

Silahkan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post