Cara Backup Dan Restore Kontak Telepon Tanpa Gagal

author photo
AURORATEKNO.COM ~ Hallo sahabat Aurora Tekno semua, apa kabar? Baik-baik saja kan? Semoga kita selalu dalam keadaan yang sehat wal afiat karena pada kesempatan yang baik ini saya akan membagikan artikel mengenai bagaimana cara mencadangkan (backup) kontak dan juga cara memulihkannya (restore).

Bagi kalian yang telah membeli HP baru atau me-reset hp tak perlu takut akan hilangnya kontak, zaman sekarang kan sudah banyak cara untuk mengamankan data termasuk mencadangkan, sinkron dan lain-lain.

Cara untuk mencadangkan dan memulihkan kontak ini terbilang cukup banyak, namun saya akan membagikan salah satu cara dan tentunya yang paling mudah dilakukan.

Kalian hanya perlu menginstall aplikasi kontak di playstore, kalian bisa mendownload-nya disini, setelah itu silahkan aktifkan perizinan yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.

Jika kalian menggunakan android M atau diatasnya, lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini, saya akan bahas satu per satu :

Cara Backup / Mencadangkan Kontak :


  • Buka aplikasi kontak tersebut, klik menu pada pojok kanan atas lalu pilih semua
Memilih Semua Kontak
  • Klik tombol bagikan seperti di bawah ini, jangan klik tombol tong sampah ya, hehehe.
Share Kontak
  • Disini saya contohkan untuk membagikan melalui email karena menurut saya lebih mudah, jika kalian ingin membagikan google drive atau melalui whatsapp juga tidak apa-apa, namun kalian perlu mengirimkan kembali ke nomor sendiri jika menggunakan whatsapp.
  • Penting : Kenapa saya tidak memanfaatkan fitur ekspor dan impor kontak yang ada di aplikasi agar tersimpan di penyimpanan lokal? Karena saya pernah mengalami error sebelumnya, belajar dari pengalaman tersebut maka lebih baik saya share ke email dahulu untuk menghindari error tadi. Tapi tak ada salahnya kalian mencobanya karena akan lebih mudah, tenang saja gan ini opsional, yang ini juga mudah kok..
Pilih Media
  • Setelah memilih media untuk menyimpan kontak tersebut maka proses loading berjalan
Proses Ekspor Kontak
  • Kirimkanlah ke alamat email sendiri, walaupun kalian hanya punya satu email akan tetap bisa dikirim, tulis saja alamat email tujuan pengiriman (email masing-masing) lalu kirim email tersebut
Kirim Kontak Melalui Email

Cara Restore / Mengembalikan Kontak :


  • Pastikan email sudah terkirim dan sinkronisasi aktif. Jika sudah buka saja email kalian dan download file tersebut
Download File
  • Setelah ter-download buka file kontak tersebut menggunakan aplikasi kontak yang didownload, jangan yang bawaan HP
Buka File Hasil Download
  • Nah pada langkah ini gunakanlah akun yang sama seperti akun yang kalian gunakan untuk mengirim email sebelumnya agar tidak mengalami gagal ekspor.
Pilih Akun
  • Kontak akan diekspor satu per satu, proses tidak akan memerlukan waktu yang lama, dan pastikan kalian terkoneksi ke internet, setelah selesai silahkan cek kembali isi kontak yang ada di HP kalian

Proses Impor
Demikianlah artikel yang dapat saya bagikan hari ini mengenai cara backup dan restore kontak telepon tanpa gagal, semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.
Baca Juga : Terbukti!!! Pakai 10 Cara Ini Agar Baterai Smartphone Selalu Awet Dan Tahan Lama
Tetap baca artikel terbaru dari saya, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ditanyakan.

0 Komentar

Jika anda merasa bahwa artikel di blog ini bermanfaat, Anda bisa memberikan donasi melalui Paypal

Tidak diperbolehkan menyalin atau mencuri seluruh konten yang saya tulis di blog ini untuk di publikasi di blog lain, namun Anda boleh menyalin untuk kepentingan sekolah, tugas atau "Menyimpannya secara pribadi"

Postingan Berikutnya Next Post
Postingan Sebelumnya Previous Post